Usaha yang Cocok bagi Pensiunan

Usaha yang Cocok bagi Pensiunan yang Dijamin Prospek

Diposting pada

Meski telah mendapatkan tunjangan hari tua, bukan berarti pensiunan harus berdiam diri saja di rumah. Ada berbagai peluang yang bisa diambil untuk menambah pemasukan Anda. Pastikan memilih jenis usaha yang cocok bagi pensiunan agar proses menjalankannya semakin mudah dan lancar.

Bagi seorang pensiunan, tidak semua usaha efektif untuk dilakukan. Hal ini mengingat usia yang sudah tidak muda lagi. Oleh karena itu, hanya pekerjaan atau usaha tertentu yang bisa dijalankan untuk meningkatkan pundi-pundi rupiah setiap harinya.

Beberapa Rekomendasi Usaha yang Cocok bagi Pensiunan

Usaha yang Cocok bagi Pensiunan yang Dijamin Prospek

Di antara jenis usaha yang cocok untuk pensiunan adalah usaha yang risiko kerugiannya rendah. Selain itu, juga tidak membutuhkan managemen yang begitu sulit. Berikut adalah beberapa rekomendasi usaha yang tepat untuk para pensiunan.

1. Membuka Kos-Kosan

Kos-kosan saat ini menjadi tempat tinggal yang banyak dicari. Terlebih di kawasan-kawasan strategis seperti kampus, sekolah, tempat kerja dan lain sebagainya. Oleh karena itu, membuka usaha kos-kosan adalah pilihan tepat jika Anda memiliki lahan di lokasi yang strategis.

Untuk membuka usaha kos-kosan, dibutuhkan modal cukup besar guna melakukan pembangunan. Akan tetapi, jika kebetulan Anda memiliki hunian cukup luas dengan banyak kamar, bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka kos-kosan tanpa harus menghabiskan modal besar untuk pembangunan kos. Hanya saja, jumlah kamar yang bisa disewakan biasanya tidak begitu banyak.

2. Usaha Makanan Kekinian

Jenis usaha berikutnya yang cocok untuk pensiunan adalah usaha makanan. Namun, pastikan memilih makanan kekinian agar lebih laku di pasaran karena dicari banyak orang. Bahkan, saat ini sudah banyak bermunculan outlet-outlet makanan kekinian di berbagai tempat, khususnya yang berada di dekat keramaian kota.

Ada berbagai pilihan jenis makanan kekinian yang recommended. Misalnya saja ayam geprek, bakso mercon, aneka minuman hits seperti kopi dan banyak lagi lainnya. Namun, pastikan makanan kekinian yang Anda jual memiliki cita rasa khas, enak dan berbeda dari lainnya.

3. Jasa Rental Mobil

Berikutnya adalah jasa rental mobil. Hampir setiap orang membutuhkan perjalanan ke suatu tempat. Mereka yang tidak memiliki mobil pribadi biasanya akan menyewa di jasa rental mobil. Peluang ini bisa dijadikan pilihan bisnis untuk pensiunan yang menarik.

Membuka jasa rental mobil cocok untuk Anda yang kebetulan memiliki mobil pribadi. Dari pada nganggur di rumah karena hanya digunakan saat-saat tertentu saja, akan lebih baik jika ia disewakan dengan tarif tertentu. Penghasilan dari usaha ini bisa menambah penghasilan. Apalagi jika setiap hari ada yang rental pastinya cukup menjanjikan.

4. Membuka Kursus atau Les

Saat ini, kebutuhan untuk belajar di luar jam sekolah semakin tinggi. Terlebih dengan diterapkannya K-13 yang mendorong anak agar belajar lebih mandiri dan berkarakter. Hal ini bisa dijadikan peluang bisnis membuka usaha kursus atau les bagi anak sekolah.

Usaha ini sangat cocok untuk para pensiunan, khususnya Anda yang dulunya berprofesi sebagai guru. Dalam membuka kursus, bisa memilih satu jenis mata pelajaran seperti Bahasa Inggris saja atau semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Usaha ini cukup prospek ke depannya terlebih jika sudah terkenal kualitas dan kredibilitasnya.

5. Bisnis Loundry

Jenis usaha yang cocok bagi pensiunan berikutnya adalah jasa loundry. Padatnya kegiatan sehari-hari membuat sebagian orang tidak sempat melakukan berbagai kegiatan rumah, seperti masak dan cuci baju. Dengan kondisi tersebut, membuka bisnis loundry akan menjadi peluang besar karena bisa melayani mereka-mereka yang sibuk.

Namun, pastikan Anda tinggal di kawasan strategis seperti dekat kampus, pondok pesantren, komplek perumahan padat penduduk, komplek perkantoran dan lain sebagainya. Tempat-tempat tersebut akan membuat jasa loundry laris manis di pasaran. Bahkan, tidak menutup kemungkinan mereka akan berlangganan.

6. Jual Pulsa

Selain beberapa usaha di atas, jual pulsa juga tak kalah cocok untuk para pensiunan. Bisnis ini cukup menjanjikan dan mudah dilakukan. Di samping itu, kebutuhan akan pulsa dan paket internet saat ini semakin pesat sehingga peluang untuk laris di pasaran juga lebih tinggi.

Untuk menjadi penjual pulsa, Anda bisa memilih suplier terpercaya dan termurah. Ini akan memberikan keuntungan yang lebih besar. Sedangkan untuk promosi agar lebih dikenal banyak orang, bisa menawarkannya via sosial media seperti Facebook, WhatsApp, Instagram dan lain sebagainya. Selain jualan pulsa, juga bisa menambahkannya dengan aksesoris handphone dan sebagainya.

7. Menjadi Reseller

Berbisnis di era saat ini tidak harus mengeluarkan modal besar. Terlebih, dengan semakin maraknya jualan dan belanja online. Menjadi reseller adalah pilihan mudah untuk orang-orang yang minim modal. Pensiunan yang terbilang minim modal sangat cocok untuk mencoba bisnis ini.

Ada banyak barang yang bisa dijual kembali. Namun, sebelum itu pastikan melakukan survei pasar terlebih dahulu. Peluang apa yang sekiranya dibutuhkan banyak orang namun belum banyak yang menjualnya. Dengan begitu, peluang untuk laku keras di pasaran semakin tinggi. Mulai dari menjual aneka jenis aksesoris seperti tas, baju dan masih banyak lagi lainnya.

8. Ternak Ayam

Kebutuhan akan daging dan telur tidak akan pernah ada habisnya. Oleh karena itu, usaha ternak ayam akan cukup menjanjikan jika dijalankan dengan baik dan maksimal. Khususnya bagi pensiunan yang merasa bingung akan membuka usaha apa.

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ayam memang tidak sedikit. Akan tetapi, hal itu sebanding dengan keuntungan yang akan diperoleh nantinya. Dalam membuka usaha tersebut, Anda juga harus pandai-pandai memilih lokasi. Pastikan lokasinya strategis namun tidak begitu dekat dengan komplek perumahan warga.

9. Usaha Catering

Berikutnya adalah membuka usaha catering. Bisnis ini cocok untuk Anda yang kebetulan sudah pensiun namun memiliki skill memasak yang cukup baik. Atau jika tidak demikian, bisa juga memanfaatkan tetangga atau teman yang pintar memasak berbagai menu. Sedangkan Anda sebagai promotor yang menghandle semuanya.

Usaha catering ini memiliki prospek yang cukup baik ke depannya. Bahkan, banyak dicari untuk dipesan dalam berbagai kegiatan. Mulai dari tasyakuran, ulang tahun, pernikahan, aqiqah dan masih banyak lagi lainnya.

10. Investasi Property

Tidak hanya itu, sebagai rekomendasi usaha terbaik untuk pensiunan adalah investasi properti. Bisnis ini terbilang menjanjikan namun membutuhkan modal awal yang besar. Sebagai pilihan, Anda bisa investasi tanah, rumah, emas dan banyak lagi lainnya. Hanya saja, semakin besar jenis properti yang dipilih, modal yang diperlukan juga semakin besar.

Menariknya, investasi properti tidak akan pernah rugi karena semakin tahun harganya akan semakin naik. Namun, pastikan menemukan properti yang dalam beberapa tahun ke depan memiliki nilai jual tinggi.

Itulah beberapa usaha yang cocok bagi pensiunan dengan risiko yang kecil. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, itu akan menjadi usaha yang sangat menjanjikan dan memberikan keuntungan besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *