Usaha Musiman yang Cocok di Bulan Ramadhan

Diposting pada

Bulan Ramadhan menjadi bulan suci yang dinanti-nanti oleh umat Islam. Di bulan yang penuh berkah ini terdapat berbagai peluang usaha yang bisa dijadikan pilihan. Di antaranya adalah jenis usaha musiman yang cocok di bulan Ramadhan. Ini bisa Anda manfaatkan sebaik-baiknya untuk menambah pemasukan sebagai bekal hari raya.

Beberapa Pilihan Usaha Musiman di Bulan Ramadhan yang Menjanjikan

Usaha Musiman di Bulan Ramadhan

Peluang usaha atau bisnis selalu tersedia kapan saja, termasuk saat bulan Ramadhan. Salah satu yang cukup menjanjikan adalah bisnis musiman. Ada beberapa bisnis musiman yang mudah dan praktis untuk dijadikan pilihan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Jual Alat Ibadah

Ramadhan identik dengan ibadah kepada Allah. Oleh karena itu, umat Islam cenderung melakukan berbagai rangkaian ibadah dalam kesehariannya. Momen ini bisa dijadikan peluang untuk berjualan berbagai perlengkapan ibadah.

Di antara alat ibadah yang bisa dijual adalah tasbih, mukena, sarung, peci, sajadah dan masih banyak lagi lainnya. Anda pun juga bisa menjual Al-Qur’an karena di bulan puasa biasanya seseorang lebih giat bertadarus. Jika pemasarannya efektif, ini bisa memberikan keuntungan yang besar.

2. Jual Busana Muslim

Selain menjual aneka perlengkapan ibadah, bulan Ramadhan juga identik dengan baju baru yang akan dikenakan ketika menyambut hari raya Idul Fitri. Adapun jenis baju yang paling banyak dicari adalah busana muslim. Ini bisa dijadikan kesempatan untuk bisnis jualan busana muslim.

Anda bisa menjual busana muslim untuk laki-laki maupun perempuan. Sediakan juga busana untuk berbagai usia mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa agar peluang lakunya semakin besar. Jika kebetulan tidak memiliki model yang cukup, bisa menjadi reseller atau dropship yang saat ini sedang booming.

3. Jual Hidangan Hari Raya

Usaha Musiman yang Cocok di Bulan Ramadhan

Peluang bisnis musiman lain yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah berjualan kue atau hidangan hari raya. Hal ini didasari oleh mayoritas orang yang biasa mencari kue-kue lebaran sebelum hari raya tiba. Jika Anda pandai dalam promosi, maka akan mendapatkan banyak pelanggan dengan keuntungan menggiurkan.

Untuk proses penjualannya, bisa dengan menyetok barang dari suplier ataupun menjadi reseller. Kelebihan menyetok barang adalah penjual tidak perlu repot dalam menunggu proses kirim dan sebagainya. Hanya saja, dibutuhkan modal yang besar untuk ini.

4. Jasa Membuat Parsel Lebaran

Beberapa perusahaan atau lembaga akan memberikan parsel kepada kolega atau karyawan mereka. Ini bisa Anda manfaatkan untuk menyediakan jasa pembuatan parsel dengan berbagai penawaran menarik. Namun, pastikan melakukan promosi sejak jauh-jauh hari agar semakin banyak konsumen yang membelinya.

Untuk menjalankan bisnis musiman satu ini, seseorang harus pandai dan kreatif dalam menghias parsel. Usahakan untuk menyediakan berbagai contoh karya parsel yang menarik agar pembeli semakin percaya saat akan menggunakan jasa Anda.

5. Jual Kembang Api

Kembang api tidak hanya populer saat tahun baru saja. Permintaan akan barang satu ini di bulan Ramadhan terbilang tinggi sehingga cocok untuk dijadikan ladang bisnis. Anda bisa menjual aneka jenis kembang api dari yang ukurannya paling kecil hingga paling besar.

Agar bisnis jualan kembang apinya laku keras, penjual dapat membuka lapak di tempat-tempat ramai dan strategis. Bisa juga menawarkan produknya secara online seperti yang saat ini sedang banyak dilakukan. Biasanya, penjual kembang api akan memperoleh keuntungan hampir dua kali lipat dari harga satuannya.

6. Bisnis Rental Mobil

Usaha musiman yang cocok di bulan Ramadhan berikutnya adalah bisnis rental mobil. Hal ini disebabkan karena banyaknya orang yang mudik ke kampung halaman dan membutuhkan armada khusus untuk sampai ke rumah. Karena itu, bisnis rental mobil bisa menjadi peluang cukup menjanjikan.

Bisnis ini cocok untuk Anda yang kebetulan memiliki mobil pribadi. Omsetnya pun lumayan besar jika sering dirental. Adapun untuk tarif per rental dapat disesuaikan dengan jauhnya perjalanan mudik. Per harinya, seseorang bisa meraup keuntungan hingga ratusan ribu.

7. Menjual Aneka Gorengan

Usaha Musiman yang Cocok di Bulan Ramadhan

Selera seseorang untuk ngemil saat bulan Ramadhan biasanya meningkat. Namun, sebagian dari mereka enggan untuk membuat camilan sendiri. Terlebih untuk kalangan dengan aktifitas padat setiap harinya. Ini bisa dijadikan kesempatan untuk membuka bisnis musiman berjualan gorengan.

Agar semakin menarik minat pembeli, sediakan aneka pilihan gorengan terbaik yang banyak diminati. Mulai dari onde-onde, bakwan, molen, pisang goreng, kue basah dan masih banyak lagi aneka jajanan yang kerap dicari konsumen. Pastikan juga rasanya mantul agar para pelanggan kembali lagi.

8. Jualan Es Buah

Selain berjualan aneka gorengan, Anda juga bisa menjual es buah atau es campur sebagai takjil saat buka puasa. Membuka bisnis es buah sangat mudah dan tidak membutuhkan modal besar. Namun, Anda harus pintar-pintar menciptakan cita rasa yang terbaik agar disukai pelanggan.

Selain es buah atau es campur, penjual juga bisa melengkapinya dengan jus buah, es teh dan lain sebagainya. Jika strategi pemasarannya baik, Anda bisa meraup keuntungan besar dari bisnis ini. Agar semakin laku, tawarkan sistem pengantaran untuk lokasi tertentu. Bisa juga dengan melayani pesanan jumlah besar untuk buka puasa dan sebagainya.

9. Jual Amplop Lebaran

Tidak hanya itu, masih banyak lagi peluang usaha musiman yang bisa dipilih saat bulan Ramadhan. Salah satunya adalah jual amplop lebaran. Seperti yang diketahui bahwa tradisi di Indonesia saat hari raya Idul Fitri adalah berbagi amplop lebaran kepada sanak saudara dan para tetangga.

Tradisi tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis dengan berjualan amplop lebaran. Untuk membuat pembeli tertarik, sediakan berbagai ukuran dan motif amplop yang kekinian. Lakukan promosi secara intens via media sosial seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya.

10. Jasa Penukaran Uang Baru

Adapun peluang usaha berikutnya yang recommended untuk Anda adalah membuka jasa penukaran uang baru. Seperti disebutkan sebelumnya, ini untuk menyediakan stok uang baru bagi orang-orang yang akan memberikan amplop lebaran kepada saudaranya.

Umumnya, penukaran uang baru dihitung per 100 ribu rupiah. Pembeli harus memberikan upah dalam jumlah tertentu untuk dapat menukarnya dengan uang utuh. Untuk jenis uangnya sebaiknya sediakan aneka pilihan, mulai dari 10 an ribu, 20 an ribu, 50 an ribu dan seterusnya.

11. Jual Toples dan Tempat Tisue

Selanjutnya adalah usaha jual toples dan tempat tisue saat Ramadhan. Usaha ini cukup menjanjikan karena kebanyakan orang akan mempersiapkan momen lebaran sedemikian rupa. Di antara kebutuhan pokok saat hari raya adalah toples dan tempat tisu. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan berjualan barang-barang tersebut.

Berbagai usaha musiman yang cocok di bulan Ramadhan di atas sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Namun, pastikan memilih usaha yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda. Dengan begitu, akan memberikan keuntungan yang besar.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *