tips menurunkan berat badan

12 Tips Menurunkan Berat Badan secara Efektif dan Cepat

Diposting pada

Ingin memiliki berat badan ideal? Tidak percaya diri dengan badan yang terlalu gemuk? Mulai saat ini Anda harus memperhatikan berat badan. Karena selain mempengaruhi penampilan, itu juga bisa berdampak pada kesehatan. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang 12 tips menurunkan berat badan secara efektif dan aman yang dapat dicoba.

Berikut 12 Tips Menurunkan Berat Badan secara Efektif

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari cara alami hingga menggunakan obat dokter bahkan sedot lemak. Namun, Anda disarankan untuk menggunakan cara alami dengan mengatur pola makan dan pola hidup sehari-hari karena relatif lebih aman.

Berikut beberapa kiatnya:

1. Mengurangi Jumlah Kalori yang Masuk

Naiknya berat badan sangat dipengaruhi oleh jumlah kalori yang masuk. Semakin banyak kalori yang masuk, kemungkinan berat badan Anda bertambah juga akan semakin besar. Oleh karena itu, pastikan jumlah kalori yang dibutuhkan dengan masuknya kalori seimbang.

Misalnya dalam sehari Anda membutuhkan 1500 kalori, maka usahakan kalori yang masuk tidak melebihi 2000 kalori. Karena jika tidak, akan terjadi penumpukan lemak karena energi yang harusnya dikeluarkan dengan pembakaran kalori tidak berjalan semestinya.

2. Olahraga Setidaknya 30 Menit dalam Sehari

Selain memperhatikan asupan kalori, cara lain yang tidak kalah efektif untuk menurunkan berat badan adalah olahraga. Olahraga tidak hanya akan membuat badan ideal, namun juga membantu menyehatkan badan.

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan, mulai dari yang paling berat hingga paling ringan. Jika Anda adalah tipe orang yang tidak begitu suka olahraga, bisa membiasakan diri lari pagi secara rutin setidaknya 30 an menit sehari.

3. Mengkonsumsi Makananan Kaya Serat

Asupan makanan juga harus diperhatikan agar proses diet berjalan lebih optimal. Pastikan mengkonsumsi jenis makanan dengan kandungan serat tinggi. Hal ini disebabkan karena makanan yang kaya akan serat membuat seseorang tidak cepat lapar.

Banyak sekali makanan kaya serat yang dapat dijadikan pilihan, misalnya kacang-kacangan, sereal dari gandum, buah-buahan, sayur-sayuran, biji rami dan sebagainya. Di samping itu, serat juga bisa didapatkan melalui suplemen makanan tertentu.

4. Hindari Makanan yang Kadar Gulanya Tinggi

Di antara kandungan yang bisa menyebabkan badan cepat gemuk adalah gula. Oleh karena itu, pastikan menghindari aneka makanan yang memiliki kadar gula tinggi, khususnya pada aneka snack. Untuk melihat seberapa tinggi kadar gulanya, Anda bisa membaca di tebal gizi kemasan makanan atau minuman.

Selain meningkatkan risiko obesitas, makanan dengan kadar gula tinggi juga bisa memicu berbagai gangguan kesehatan. Di antaranya adalah kadar kolesterol tinggi, gigi berlubang, diabetes mellitus dan banyak lagi yang lainnya. Selain itu, usahakan juga menghindari aneka minuman bersoda.

5. Lebih Aktif Bergerak

Aktif dalam bergerak adalah salah satu dari 12 tips menurunkan berat badan secara efektif yang bisa dilakukan. Beberapa orang yang mengalami obesitas terkadang cenderung malas untuk bergerak. Padahal, kurangnya gerak tersebut menyebabkan energi dan kalori gagal dikeluarkan tubuh.

Bergerak tidak harus dengan melakukan olahraga berat. Cukup lakukan beberapa aktivitas yang menuntut Anda untuk bergerak. Misalnya dengan berjalan kaki saat pergi ke suatu tempat; mencuci piring dan baju sendiri tanpa bantuan mesin dan lain sebagainya.

6. Jangan Makan Setelah Jam 7 Malam

Selain beberapa tips di atas, untuk menurunkan berat badan hindari makan apapun setelah jam 7 malam. Terlebih mengkonsumsi makanan yang berat. Mengingat saat malam hari mayoritas orang sudah tidak melakukan kegiatan apapun.

Jika terpaksa makan karena sangat lapar saat malam, usahakan mengkonsumsi apel dan minum air putih saja. Dan hal lain yang penting diperhatikan adalah jangan sampai langsung tidur setelah makan. Setidaknya beri jeda antara 30 sampai 60 menit.

7. Minum Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu ramuan tradisional yang dipercaya ampuh turunkan berat badan secara alami. Selain itu, masih banyak lagi khasiat dari ramuan ini dari segi kesehatan. Namun, pastikan mengkonsumsinya secara teratur agar benar-benar menghasilkan berat badan ideal.

Konsumsi teh hijau sebelum makan dengan tanpa gula. Meski rasanya pahit, namun khasiatnya sudah terbukti. Dengan mengkonsumsinya sebelum makan, maka perut akan cenderung merasa kenyang. Selain itu, metabolisme lemak juga akan semakin lancar sehingga lemak tubuh mudah hilang.

8. Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber dari lemak jenuh yang paling utama. Oleh sebab itu, mengurangi konsumsi karbohidrat sangat penting agar berat badan dapat turun secara optimal. Tapi ingat, mengurangi bukan berarti berhenti sama sekali karena itu bisa berbahaya bagi kesehatan.

Dengan begitu, kurangi asupan karbo dan ganti dengan beberapa jenis makanan lain seperti sayuran yang bergizi. Apabila perut masih terasa lapar, tambahkan camilan sehat yang kadar kalorinya di bawah 150 atau dengan mengkonsumsi jus buah tanpa gula.

9. Tidur Cukup

Ternyata tidur yang cukup setiap harinya juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Selain itu, ini juga sangat penting untuk kesehatan. Karena jika waktu tidur sangat minim, tubuh akan mudah merasakan lapar dan cenderung suka ngemil sana sini.

Oleh karena itu, biasakan tidur lebih awal jika Anda termasuk orang yang suka begadang dan tidur larut malam. Apabila masih kesulitan, lakukan hal-hal yang bisa membuat tertidur. Dengan begitu, lama-lama akan terbiasa dan mendapatkan tidur berkualitas.

10. Jangan Tinggalkan Sarapan Pagi

Asupan saat pagi hari tetap wajib meskipun Anda sedang menjalankan diet. Sarapan pagi dibutuhkan karena setelah itu Anda membutuhkan cukup banyak energi. Yang perlu diperhatikan adalah jenis makanan yang dimakan saat sarapan.

Usahakan mengkonsumsi jenis makanan dengan kandungan gizi tinggi. Misalnya saja susu, gandum, telur, buah bahkan yoghurt. Tetapi pastikan mengkonsumsinya dalam takaran yang wajar dan tidak berlebihan agar asupan kalori Anda tetap terkontrol dengan baik.

11. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air adalah komponen utama yang diperlukan tubuh sehingga pastikan meminum air yang cukup setiap harinya. Selain itu, bahan tersebut juga efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Seseorang yang mau meminum air putih sebelum makan akan dapat mengurangi porsi makan secara alami karena ia mudah kenyang.

Sebaliknya, orang yang mengalami dehidrasi akan mudah merasa lapar karena otak menjadi sulit mendeskripsikan sinyal tubuhnya. Oleh karena itu, pastikan Anda meminum air setidaknya 0,5 liter sebelum makan. Cara ini sudah dibuktikan oleh penelitian dan berhasil.

12. Hindari Stress

Tips menurunkan berat badan berikutnya adalah dengan menghindari stress. Seseorang yang sedang stress hormon Kortisol akan mengalami peningkatan. Hormon ini juga bisa mempengaruhi kinerja dari hormon yang lain.

Hal itu bisa menyebabkan rasa lapar yang meningkat. Oleh karena itu, usahakan sebisa mungkin untuk menghindari stress.

Itulah 12 tips menurunkan berat badan secara efektif yang bisa dijadikan solusi untuk mendapatkan berat badan ideal. Pastikan melakukannya dengan sungguh-sungguh dan teratur agar hasilnya semakin maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *