Tak Perlu Kesal, Ini Tips Menghadapi Orang Egois

Diposting pada

Tips Menghadapi Orang Egois

Pernah mendengar ungkapan kepala sama hitam, namun isinya tiada yang tau? Dalam kehidupan sehari-hari kita akan banyak bertemu manusia dengan latar belakang sifat dan kepribadian yang berbeda. Ada yang berhati baik bak malaikat, ada pula yang sifatnya egois tak mau peduli dengan orang lain di sekitarnya. Jika Anda menemukan teman yang memiliki sifat egois, tak perlu kesal. Berikut tips menghadapi orang egois yang bisa Anda praktekkan!

Tak dapat dipungkiri, dalam keseharian kita akan bertemu orang dengan sifat egois yang hanya memikirkan keuntungan bagi dirinya sendiri. Entah itu di lingkungan sekolah, kampus, masyarakat bahkan di dalam ruang lingkup keluarga.

Pada dasarnya, rasa ego memang dipunyai setiap manusia, hal ini memang lumrah. Namun, kadar dari rasa ego ini berbeda-beda dalam diri manusia, ditambah lagi ada yang dapat memposisikan ego dengan baik, sedangkan ada pula mereka yang mempunyai kadar ego yang tinggi.

Memiliki, bergaul serta berinteraksi dengan orang-orang egois memang sangat menyebalkan. Ternyata, kadar ego yang berbeda pada setiap manusia ini bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Seperti atmosfer yang ada dalam lingkup keluarga sampai dengan pengalaman hidup yang cukup berat. Selain itu, cara menghadapi orang sombong juga wajib Anda ketahui melalui situs https://jendelo.com/.

Lantas, bagaimana tips menghadapi orang egois ini? Sebagai teman, kita tidak bertanggung jawab untuk merubah sifat seseorang, kita tidak memiliki kemampuan membentuk seseorang sesuai dengan apa yang kita mau. Hal baik yang bisa kita lakukan terhadap orang egois adalah mengingatkan dan merangkulnya sehingga menjadi lebih baik. Terlepas apakah ia akan benar-benar berubah atau tidak, bukan tanggung jawab kita lagi.

Pada ulasan kali ini, telah kami rangkum beberapa tips menghadapi orang egois yang bisa Anda praktekkan. Berikut uraian lengkapnya!

Perhatikan! Ini Tips Menghadapi Orang Egois

  1. Sampaikan Keluhan Anda dengan Cara yang Baik

Saat bertemu dengan orang egois, hal wajar ketika Anda menyimpan dendam sebab perlakuannya yang tak menyenangkan. Jangan terus-terusan menyimpan rasa kesal, sebab hal ini hanya akan merugikan diri Anda sendiri dan tak berdampak apapun bagi mereka yang sifatnya egois.

Sebagai teman, Anda bisa menyampaikan keluh kesah kepada mereka. Anda bisa berkata terus terang bahwasanya tak dapat menerima perlakuan yang ia berikan. Dengan cara ini, ada peluang teman dengan sifat egois tadi sadar akan perlakuannya dan mencoba memperbaiki diri. Ingat! Sampaikan keluhan Anda dengan cara yang baik-baik ya, jangan terbawa emosi sampai tercetus pertikaian antar teman.

  1. Pahami Siapa Dia dan darimana Asalnya

Dalam kehidupan sehari-hari, stereotip bahwa anak bungsu atau anak orang kaya pasti manja dan egois. Sekalipun hal ini tak sepenuhnya benar, terkadang hal ini dapat pula menjadi kenyataan. Sebab latar belakang keluarga akan berpengaruh terhadap bagaimana cara ia bersikap, bergaul serta bagaimana kepribadiannya terbentuk.

  1. Menerima dengan Tangan Terbuka

Apakah Anda mengaku sebagai teman atau bahkan sahabat? Jika benar, bukankah Anda harus menerima apa adanya karakter dari sahabat Anda ini? Jangan keliru, pada beberapa kasus kita mengeluhkan sikap orang egois dan memaksa mereka agar berlaku sebagaimana yang kita ingin.

Dengan artian, kita tidak bisa menerima mereka apa adanya dan menuntut mereka merubah karakter seperti yang kita mau. Coba pikirkan, siapakah yang lebih egois disini? Sebagai seorang manusia, kita tidak bertanggung jawab untuk merubah kepribadian seseorang. Jika Anda belum bisa menerima orang egois dengan baik, lebih baik Anda menghindar sebisa mungkin.

  1. Jangan Mudah Baper

Bagaimana tips menghadapi orang egois supaya tetap berteman dengan baik? Jangan baper. Ketika Anda sadar bahwa memiliki teman yang sifatnya egois, Anda harus mampu menempatkan diri supaya tidak mudah tersinggung dengan apa yang ia katakan. Hal ini harus Anda lakukan agar Anda tetap berteman baik dengan mereka.

  1. Tukar Posisi

Sekali-kali, orang egois ini harus ditampar cukup keras agar ia sadar apa yang telah ia perbuat bukanlah suatu hal yang benar. Hal ini bukan bermaksud untuk jahat, ya. Terkadang tindakan seperti ini memang harus dilakukan.

Hal ini bertujuan untuk memberikan sudut pandang berbeda kepada teman Anda, sehingga ia mampu memahami bagaimana perasaan orang lain. Dalam hal sederhana misalkan, sesekali cobalah Anda yang datang terlambat dan biarkan ia yang menunggu. Pada saat ia protes, cukup katakan, bagaimana rasanya diperlakukan seperti itu? Hal ini bisa jadi tips menghadapi orang egois yang cukup ampuh.

Anda hanya perlu bertindak santai seolah tidak terjadi apa-apa atau berusaha menjelaskan hal apa yang menjadi alasan mengapa Anda terlambat untuk datang. Jika Anda beruntung, dengan sendirinya ia akan sadar bahwasanya apa yang telah dilakukannya selama ini bukanlah suatu hal yang benar. Pada dasarnya orang egois tidaklah sadar bahwasanya ia egois.

  1. Batasi Interaksi dengan Orang Egois

Bukankah kita bebas menentukan dengan siapa kita akan berteman? Jika Anda tak sanggup menaham emosi ketika bersama dengan orang egois, lebih baik ketika Anda menghindar dan membatasi interaksi dengan mereka.

Dengan begini, Anda tak perlu membuang energi dan waktu untuk menerima dan meladeni perlakuan buruk darinya. Ketika Anda merasa tak nyaman dalam sesuatu, lebih baik Anda mengindar dan mencoba menemukan hal baru dimana Anda merasa nyaman didalamnya.

Sadarlah bahwa waktu yang Anda punya sangatlah berharga. Lebih baik menghabiskan waktu untuk mencari kesibukkan yang bermanfaat bagi diri, atau sekedar berdiam di dalam kamar seharian penuh, ketimbang menghabiskan waktu bersama dengan orang yang egois.

  1. Tinggalkan!

Tips menghadapi orang egois sebenarnya tidaklah sulit. Tak hanya sabar, Anda juga perlu sadar. Anda harus sadar bahwasanya menjaga interaksi dengan orang-orang egois hanya akan menyakiti diri Anda sendiri.

Sadarlah bahwa waktu yang Anda punya terlalu sia-sia jika digunakan untuk mempertahankan interaksi dengan orang yang tak dapat menerima dan menghargai Anda dengan baik. Anda tak perlu takut dan sibuk memikirkan perasaan orang lain.

Meninggalkan sesuatu bukanlah suatu hal buruk apabila apa yang Anda tinggalkan adalah hal terbaik bagi diri Anda sendiri. Terkadang, sesuatu memang harus ditinggalkan agar mereka belajar dan menyadari kesalahan apa yang ia perbuat sampai harus mengalami hal seperti ini.

  1. Ciptakan Circle Pertemanan yang Baru

Urutan terakhir dalam tips menghadapi orang egois adalah berusaha keluar dari tempat dimana Anda harus bertemu dan berinteraksi dengan orang yang seperti ini. Anda bisa mencoba untuk membuat circle pertemanan yang baru. Sadarlah bahwa di dunia ini ada banyak orang yang bisa Anda temukan.

Jangan menghabiskan waktu dengan sia-sia. Carilah lingkungan pertemanan yang bisa membuat Anda menjadi lebih baik. Ciptakan pertemanan yang sehat bersama dengan orang-orang yang baik. Sebab dengan siapa kita berteman akan menjadi faktor lain dalam pembentukan kepribadian.

Ternyata, tips menghadapi orang egois cukup sederhana, bukan? Jangan terlalu baper dengan apa yang mereka lakukan, cukup bersikap santai sehingga tak ada dendam atau emosi yang bisa menciptakan keretakan dalam pertemanan. Anda juga perlu tau cara menghadapi masalah agar tidak stress berkelanjutan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *