Tips Mengatur Menu Keluarga dengan Efektif

Diposting pada

Tips Mengatur Menu Keluarga

Bagi setiap ibu rumah tangga khususnya yang masih awal menjalani masa pernikahan. Hal ini tentu harus memikirkan bagaimana agar semua orang bisa makan makanan bergizi meskipun tidak selalu menggunakan bahan mahal. Jangan khawatir, sebab ada beberapa tips mengatur menu keluarga dengan mudah.

Beberapa Tips Mengatur Menu Keluarga

Setiap ibu rumah tangga memang memiliki kewajiban untuk mengolah bahan makanan menjadi olahan yang bergizi dan enak. Tidak hanya itu saja, mereka pun terkadang juga diharuskan membuat menu bervariasi agar anggota keluarga bisa memakan beragam sayur dan lauk pauk.

  1. Menentukan Menu Masakan

Pertama-tama, Anda perlu menentukan menu masakan apa yang akan dihidangkan nantinya sebelum membeli bahan mentah. Jangan lupa untuk menanyakan terlebih dahulu kepada anggota keluarga lain jika mereka sedang menginginkan olahan tertentu sehingga memudahkan saat membuatnya.

Anda bisa membuat daftar menu masakan untuk mengetahui bahan mentah apa saja yang perlu dibeli. Selain itu, Anda juga harus tau tips agar anak suka makan sayur. Pastikan jika anggota keluarga memang menyukai dan tidak memiliki alergi dari olahan tersebut. Harapannya agar makanan habis sempurna tanpa ada sedikitpun terbuang.

  1. Menghitung Jumlah Bahan Makanan

Perhitungkan juga jumlah bahan makanan yang perlu dibeli. Tujuannya agar tidak ada komposisi terbuang atau disimpan di dalam lemari pendingin terlalu lama. Penyimpanan seperti ini hanya akan membuat zat gizinya menurun atau bahkan rusak sehingga menghilangkan nutrisi di dalamnya.

Takaran bahan makanan ini juga bergantung dengan banyaknya anggota keluarga yang ada di rumah. Biasanya komposisi mentah seperti ini akan lebih mudah diaplikasikan dengan jumlah lebih kecil sehingga meminimalkan adanya olahan terbuang.

  1. Tidak Sembarangan Mencuci Daging dan Sayur

Perlu Anda ketahui jika pencucian bahan mentah menjadi titik paling krusial selama pengolahan. Usahakan tidak terjadi kontaminasi silang selama mencucinya. Caranya jangan membasuh daging dan sayuran dalam wadah yang sama, produk hewani dinilai memiliki lebih banyak bakteri patogen.

Selanjutnya cucilah sayuran tepat ketika sebelum dimasak untuk menghindarinya agar tidak cepat layu setelah dicuci. Berikutnya lakukan hal yang sama pada bahan mentah berupa daging karena air hanya akan membuat bakteri di dalamnya cepat menyebar dan tentunya berbahaya jika belum diolah.

  1. Menggunakan Wadah yang Tepat

Tidak hanya pencucian, penggunaan wadah yang tepat untuk menyimpan bahan makanan pun juga sangat penting diperhatikan. Anda bisa menggunakan food container berbahan kaca, keramik atau plastik asalkan memiliki penutup rapat sehingga meminimalkan adanya kontaminasi dari luar.

Bahan plastik tidak semuanya aman digunakan. Material ini bisa mengeluarkan senyawa kimia di dalamnya apabila sudah digunakan dalam waktu lama misalnya jika terkena suhu tinggi dari bahan yang disimpan. Jadi pastikan untuk memilih dengan label BPA free atau approved by FDA.

  1. Mengetahui Banyak Menu Olahan dalam Seminggu

Tentu bukan hal yang mudah untuk membuat menu makanan secara bervariasi dalam seminggu. Jadi Anda perlu kreatif dalam mencari referensi baik di internet maupun dari buku masakan. Buatlah sebanyak mungkin agar anggota keluarga pun tidak merasa bosan ketika memakannya di rumah.

Tentukan menu makanan yang bervariasi setiap harinya meski menggunakan bahan mentah serupa. Misalnya jika di hari Senin memasak ayam goreng mentega lalu besoknya bisa mengolahnya menjadi ayam sambal matah. Jadi kreasikan olahan tersebut sesuai keinginan dan pastikan selalu bergizi.

Rekomendasi Menu Masakan yang Cukup Menggoyang Lidah

Jumlah makanan di Indonesia tentu sangat beragam. Hal ini bahkan menjadi PR tersendiri bagi ibu rumah tangga karena harus bingung menentukan menu apa yang akan dimasaknya untuk anggota keluarga di rumah apalagi kalau mereka memiliki ketertarikan cukup berbeda. Berikut rekomendasinya:

  1. Sop Rumahan

Sop ayam rumahan nyatanya menjadi alternatif paling ampuh untuk membuat menu masakan di rumah dengan variasi banyak sayuran. Bahannya pun terbilang cukup murah, mudah diperoleh dan proses memasaknya pun juga tidak memerlukan waktu lama.

Anda bisa memasukkan banyak jenis sayuran sesuai dengan keinginan misalnya wortel, buncis, kol, seledri dan lainnya. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa unsur protein seperti udang, bakso, sosis, tahu sutra, kacang polong dan masih banyak lagi.

  1. Capcay

Menu olahan lain yang menggunakan variasi sayur ialah capcay. Anda bisa mengolahnya dengan memasukkan berbagai macam sayuran mulai dari wortel, baby corn, buncis, kacang kapri, jamur atau lainnya. Jangan ragu untuk menambahkan daging ayam, bakso, sosis atau irisan nugget.

Capcay pun dianggap sebagai alternatif lain dari sayur sop lantaran tidak memerlukan banyak bahan ketika diolah. Anda pun bisa menyesuaikan apa saja komposisi di dalamnya sesuai dengan selera masing-masing. Biasanya akan dipadukan menggunakan saus tomat atau cabai agar lebih pedas.

  1. Udang Goreng Asam Manis

Bagi Anda yang gemar menyantap olahan seafood namun tidak ingin ribet saat mengolahnya, udang goreng asam manis pun bisa menjadi pilihan terbaiknya. Bahan ini memang cocok dipadukan dengan bumbu apapun bahkan hanya digoreng menggunakan marinasi garam dan bawang putih.

Udang goreng asam manis pun dianggap sebagai olahan sederhana meskipun terlihat cukup mewah bagi kebanyakan orang. Anda bisa menjadikan menu masakan ini untuk memenuhi kebutuhan protein seluruh anggota keluarga. Jangan lupa menambahkan bahan lain seperti bawang bombay dan seledri.

  1. Ayam Goreng Mentega

Tentu Anda sudah mengetahui jika ayam merupakan salah satu bahan yang paling mudah diperoleh dan dapat diolah menjadi olahan apa saja. Salah satunya yaitu ayam goreng mentega dimana menu ini dianggap cukup sederhana padahal memiliki rasa sangat enak saat disantap.

Ayam goreng mentega memiliki rasa yang manis dan asin sehingga bisa dipadukan dengan olahan sayur lainnya. Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya dengan membuat menu lain seperti tumis kangkung atau pakcoy.

  1. Sayur Bening

Tentu Anda setuju jika sayur bening merupakan olahan sayuran yang paling sederhana. Cara mengolahnya pun sangat mudah dan tidak memerlukan waktu lama sampai siap matang. Banyak ibu rumah tangga muda memilihnya sebagai makanan bagi si kecil.

Anda bisa menggunakan sayur bayam untuk membuatnya. Selanjutnya padukan dengan olahan ikan yang umumnya memiliki bumbu kuat seperti bali ayam dan telur, pepes ikan atau sekedar bakwan jagung karena merupakan perpaduan paling cocok.

  1. Pepes Ikan

Rekomendasi terakhir yakni Anda bisa mengolah berbagai jenis ikan menjadi olahan pepes. Proses memasaknya memang membutuhkan waktu lama namun akan seimbang dengan rasa nikmat yang dihasilkan nantinya.

Isiannya pun bisa saja bervariasi meskipun hanya menggunakan satu jenis bumbu saja. Anda bisa memilih mulai dari udang, ikan, ayam atau bahan sederhana seperti tahu. Olahan seperti ini biasanya mampu disimpan selama beberapa hari dengan cara dihangatkan kembali sebelum dikonsumsi.

Itulah tadi beberapa tips mengatur menu keluarga yang bisa dikatakan cukup sulit bagi sebagian orang. Jika Anda ingin tau tips hidup sehat dan manfaatnya bagi kesehatan silahkan kunjungi situs jendelo.com. Pastikan jika memilih bahan dengan komposisi zat gizi cukup baik dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan juga mineral agar anggota keluarga pun terpenuhi nutrisinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *