9 Tips Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Boros

Diposting pada

Tips Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Boros

Kebutuhan dalam keluarga sangatlah banyak. Hal ini membuat seseorang terkadang merasa bingung tentang bagaimana cara untuk mengatur pengeluaran keluarga agar bisa lebih hemat. Perlu untuk diketahui bahwa sebenarnya Anda bisa menghemat pengeluaran asalkan mengetahui caranya yang tepat. Disini kita akan membahas mengenai beberapa tips mengatur keuangan keluarga agar tidak boros.

Sebenarnya untuk bisa mengatur keuangan agar lebih hemat tidaklah sulit. Asalkan Anda mampu melakukannya secara konsisten. Mengatur uang yang benar penting untuk diketahui agar pengeluaran bisa diminimalisir. Dengan mengatur keuangan Anda bisa menyisihkan uang lebih banyak dan bahkan bisa terhindar dari hutang.

Tips Mengatur Keuangan yang Mudah dan Efektif

Kemampuan untuk mengatur keuangan sangatlah penting dikuasai oleh setiap orang terutama bagi ibu rumah tangga. Penghasilan berapapun akan mudah habis apabila memiliki gaya hidup yang berlebihan serta tidak mampu mengelola pengeluaran dengan baik. Ada beberapa tips menarik yang perlu untuk diketahui. Seperti kiat mengelola anggaran belanja keluarga secara bijaksana yang terdapat pada situs jendelo.com. Berikut ini adalah beberapa tips mengatur keuangan keluarga agar tidak boros yang bisa Anda lakukan :

1.      Mencatat Setiap Kebutuhan Keluarga

Tips pertama yang bisa dilakukan agar dapat menghemat pengeluaran keluarga adalah dengan mencatat setiap kebutuhan bulanan sebelum Anda membelanjakan uang. Dengan mencatat semua kebutuhan maka Anda akan terhindar dari membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Buatlah catatan belanja juga apa saja yang harus dibayar mulai dari kebutuhan dapur, kebutuhan mandi, kebutuhan sekolah, tagihan listrik, tagihan air dan berbagai macam kebutuhan pokok lainnya. Dengan mencatat semuanya maka Anda bisa dengan mudah menggetahui kira-kira berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membeli kebutuhan pokok setiap bulannya.

Selanjutnya Anda tinggal membeli semua kebutuhan dan membayar semua tagihan sesuai dengan yang sudah tercatat. Selain itu, cara menghemat pengeluaran dapur perlu Anda ketahui juga. Banyak dari ibu rumah tangga yang gagal mengelola pengeluaran bulanan karena tidak pernah mencatat kebutuhan bulanan sehingga menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang justru tidak terlalu dibutuhkan.

2.      Membeli Apa yang Dibutuhkan Bukan yang Diinginkan

Tips mengatur keuangan keluarga agar tidak boros yang berikutnya adalah Anda perlu untuk memastikan jika apa yang dibeli memang merupakan kebutuhan keluarga. Jika Anda   sering berbelanja kebutuhan tersier terlebih dahulu tentu kebutuhan primer tidak akan dapat terpenuhi. Hindari membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan sebelum Anda membeli dan memenuhi kebutuhan pokok keluarga.

Apabila Anda ingin membeli produk misalnya saja kosmetik atau peralatan elektronik maka Anda harus membuat target atau menabung terlebih dahulu sehingga uang tidak dihabiskan hanya dalam satu kali belanja.

3.      Jangan Mudah Tergiur dengan Diskon

Banyak dari ibu rumah tangga yang akhirnya terpaksa berhutang ke tetangga untuk membeli kebutuhan pokok karena kehabisan uang sebelum membeli kebutuhan harian. Salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap pengeluaran keluarga adalah jika seorang ibu rumah tangga mudah tergiur dengan produk diskon.

Di jaman sekarang, belanja online sudah menjadi tren sehingga kapan saja kita membuka marketplace akan dengan  mudah menemukan yang namanya diskon atau bahkan flash sale. Penting sekali bagi setiap manager keuangan keluarga untuk berhati-hati dengan hal ini. Hobi wanita memang belanja, akan tetapi jika mudah kalap dan senang membeli produk yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan akan membuat seseorang mengalami masalah yang serius karena dianggap gagal dalam mengelola keuangan.

4.      Hindari Menggunakan Kartu Kredit

Berapapun besar gaji seseorang apabila tidak memiliki managemen keuangan yang baik tentu nantinya bisa menyebabkan seseorang mudah terjebak hutang atau bahkan mengalami kebangkrutan. Manusia memiliki sifat yang tidak pernah merasa puas padahal sebenarnya rejeki yang Tuhan berikan sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan. Rejeki yang banyak memang cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok akan tetapi tidak akan pernah cukup untuk memenuhi gengsi.

Bagi yang sering menggunakan kartu kredit, terkadang memang mudah sekali berbelanja barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan meskipun pada akhirnya harus rela mengalami kesusahan karena kartu kredit yang over limit.

Tagihan dibelakang bisa menjadi beban yang sangat berat apalagi kita tidak pernah tahu apa yang bisa saja terjadi dimasa depan. Kehidupan ini tidak selalu berjalan mulus jadi kita harus tetap berhemat dan berhati-hati dalam membelanjakan uang.

5.      Jangan Sering Makan Diluar

Tips mengatur keuangan keluarga agar lebih hemat selanjutnya yaitu Anda sebaiknya mengurangi kebiasaan jajan atau makan diluar dengan keluarga. Makan diluar memang enak dan praktis akan tetapi akan sangat membebani pengeluaran keluarga. Uang seratus ribu untuk sekali maka bersama dengan keluarga apabila dibelanjakan menjadi bahan makanan mentah maka bisa dimasak berkali-kali bahkan bisa juga untuk makan 3 hari lebih.

Kebiasaan makan diluar adalah salah satu kebiasaan yang membuat pengeluaran keluarga tanpa sadar sangatlah besar. Jika Anda ingin makan diluar maka pastikan jika Anda sudah mencatatnya dan memberi batasan berapa kali makan diluar dalam satu bulan.

6.      Tabung Sebagian Uang Setelah Terima Gaji

Menabung merupakan kebiasaan yang perlu untuk dilakukan mulai dari sekarang. Banyak keluarga yang mudah terlilit hutang karena tidak memiliki kebiasaan menabung. Dengan menabung maka Anda akan merasa tenang bila sewaktu-waktu ingin membeli barang impian atau terjadi keperluan mendadak.

Berapapun gaji Anda jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk ditabung di tabungan. Paling tidak Anda menabung sekitar 10 persen atau bahkan lebih. Semakin besar tabungan maka Anda akan semakin mudah terhindar hutang.

7.      Buat Target Tabungan dan Target Belanja

Setiap manusia memiliki keinginan yang tidak pernah ada habisnya dalam hidup. Jika dituruti tentu akan dibutuhkan biaya yang sangat besar hingga berapapun uang yang dimiliki tidak akan pernah cukup. Tips mengatur keuangan keluarga agar tidak boros yang satu ini penting sekali untuk dipraktekan. Setiap Anda menerima gaji pastikan jika membuat target tabungan. Misalnya saja bulan ini menabung satu juta maka bulan berikutnya juga satu juta. Dengan konsistensi yang tinggi maka tabungan akan semakin banyak sehingga apabila memiliki target belanja atau target investasi bisa tercapai.

8.      Hindari Berhutang atau Kredit

Berhutang memang sangat menarik apalagi kredit produk. Hanya dengan beberapa rupiah sebagai uang muka, Anda bisa membawa pulang kendaraan impian atau bahkan produk yang diinginkan. Namun tahukah Anda jika kredit bukanlah kebiasaan orang cerdas. Jika dihitung-hitung harga motor kredit dengan harga motor cash akan sangat jauh berbeda. Jika Anda bersabar untuk menabung maka Anda bisa memiliki barang yang diinginkan dengan harga yang jauh lebih murah.

Kredit juga membuat Anda terlilit hutang sehingga tidak akan merasa tenang disetiap bulannya. Jadilah orang yang sabar dan tidak mudah menuruti gengsi maka keluarga Anda akan lebih tenang dan hemat.

9.      Banyak Sedekah

Tips yang terakhir yaitu banyak sedekah. Sedekah adalah sifat yang sangatlah terpuji dan merupakan perintah Tuhan yang telah memberikan rejeki kepada kita. Sedekahkan 2,5% dari penghasilan Anda karena itu adalah hak dari orang lain. Nantinya rejeki akan semakin berlimpah dan penuh dengan keberkahan. Ada banyak sekali manfaat sedekah yang bisa dirasakan secara nyata. Jadi jangan terlalu pelit untuk menyisihkan uang atau penghasilan bagi orang lain yang membutuhkan.

Demikian beberapa tips mengatur keuangan keluarga agar tidak boros yang bisa Anda coba lakukan. Semoga informasi ini menjadikan pengeluaran semakin hemat dan hidup semakin tenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *