7 Tips Hidup Sehat dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Diposting pada

Tips Hidup Sehat

7 tips hidup sehat di bawah ini tentu akan sangat bermanfaat jika Anda memulai untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan seperti ini memang diakui sangat susah ketika dilakukan namun tidak ada salahnya apabila ingin mencobanya.

Daftar Lengkap 7 Tips Hidup Sehat

Menjaga kesehatan tentu sudah menjadi tanggung jawab masing-masing individu. Jangan menunggu untuk terserang penyakit terlebih dahulu sebelum benar-benar menerapkan tips hidup sehat. Lantas apa saja kebiasaan yang perlu dilakukan? Berikut ulasannya:

  1. Menghindari Stress

Tentu banyak sekali penyebab yang bisa menimbulkan rasa stress tiap seseorang. Pastinya hal ini pun berbeda-beda mulai dari macet di jalan, keuangan tersendat, kerjaan terganggu, hubungan asmara sedang renggang atau bahkan banyaknya deadline bagi kaum pelajar.

Perlu Anda ketahui jika stress yang sedang dialami ini mampu menurunkan sistem imun pada tubuh. Daya tahan di dalam jaringan akan merespon dengan cara berbeda-beda. Agar terhindar dari stress, simak cara menghadapi masalah agar tidak stress hanya di situs Jendelo. Keadaan seperti ini pun bisa saja membuat setiap orang lebih mudah untuk terserang penyakit sehingga harus dihindari.

  1. Bijak saat Memilih Makanan

Apa yang Anda makan tentu mempengaruhi kesehatan tubuh masing-masing. Jadi penting sekali untuk bijak dalam memilih makanan. Pastikan jika semua asupan tersebut mampu memenuhi kebutuhan zat gizi mulai dari karbohidrat, protein, lemak, mineral dan juga vitamin serta jangan lupa dengan airnya.

Tidak hanya memperhatikan komposisi apa saja yang akan dimakan, melainkan harus mengetahui seberapa banyak porsi makannya. Jangan sampai mengonsumsi terlalu banyak sehingga menimbulkan resiko obesitas. Tentu saja keadaan tubuh seperti ini juga meningkatkan penyakit.

  1. Menyempatkan Olahraga Setiap Hari

Olahraga tidak harus selalu melakukan aktivitas yang berat seperti berenang, pergi ke gym atau jogging. Anda pun bisa secara bebas berolahraga ringan sesuai keinginan meskipun hanya menyempatkan waktu sebentar saja dikala kesibukan setiap harinya asalkan membuat tubuh bergerak.

Anda bisa naik turun tangga berkali-kali, bersepeda memutari kompleks atau sekedar jogging di pagi hari sebelum hendak beraktivitas. Aktivitas seperti ini mampu membakar kalori pada tubuh sehingga akan terasa sehat jika dilakukan. Intinya pastikan jika badan selalu bergerak meski hanya sebentar.

  1. Mengurangi Konsumsi Gula Setiap Harinya

Bagi Anda penyuka makanan manis seperti es krim, cupcake, biskuit atau bahkan hanya minuman kemasan, perlu dikurangi lagi untuk mengkonsumsinya. Perlu diketahui bahwa di dalam olahan tersebut, terkandung gula yang cukup tinggi dimana jika dikonsumsi berlebihan tentu tidak sehat bagi tubuh.

Anda bisa memulai secara perlahan. Misalnya jika biasanya minum kopi dengan gula dua sendok, maka cobalah untuk hanya menggunakan satu sendok saja. Jangan tunggu hingga resiko penyakit diabetes pada tubuh meningkat. Gangguan kesehatan ini pun nyatanya tidak memandang usia.

  1. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Perlu Anda ketahui bahwa sekitar 60% dari keseluruhan komposisi di dalam tubuh ialah terdiri dari air. Sayangnya cairan tersebut akan terus berkurang seiring dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan seperti dalam bentuk urin, keringat atau bahkan saat bernafas.

Keadaan tersebut mengharuskan Anda untuk tidak menganggap remeh konsumsi air putih. Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan karena kondisi ini cukup berbahaya bagi sistem metabolisme khususnya organ ginjal. Tipsnya yaitu bawalah botol minum sendiri ke mana pun.

  1. Istirahat yang Cukup

Kebiasaan hidup yang sehat tentu akan menjadi sia-sia jika pola tidur pun masih kurang. Menurut Carl Mah, pakar masalah gangguan istirahat di Stanford University, hal ini menjadi kebutuhan paling mendasar jika ingin meningkatkan kesehatan bagi masing-masing tubuh.

Bisa dikatakan jika tidur ini merupakan sebuah kondisi dimana tubuh dan pikiran sehat akan terbentuk. Menurut pernyataan dari National Sleep Foundation, durasi istirahat ideal bagi manusia dewasa ialah sekitar 7 sampai 8 jam setiap harinya. Jadi pastikan jika Anda tidak sering begadang di malam hari.

  1. Makan di Piring yang Lebih Kecil

Tips yang terakhir yakni masih berkaitan dengan pola konsumsi harian Anda. Beberapa ilmuwan pernah menemukan sebuah fakta jika orang makan dengan mangkuk saji berukuran besar, akan mengonsumsi 56% lebih banyak makanan daripada ukuran relatif kecilnya.

Tentu saja hal ini menjadi tips bagi Anda jika ingin mengurangi porsi makan yang biasanya berlebihan. Terlebih apabila merasa jumlah nasi terlalu banyak dan hendak menggantinya dengan komposisi karbohidrat lainnya seperti kentang, jagung atau nasi merah. 

Manfaat Menjalankan Pola Hidup Sehat

Bagi Anda yang belum menerapkan pola hidup sehat, pasti bertanya-tanya apakah ketujuh tips di atas sebenarnya sangat memberikan efek secara langsung atau tidak. Tentunya kebiasaan tersebut mampu menurunkan resiko terserang berbagai jenis penyakit baik ringan maupun degeneratif.

  1. Meningkatkan Imun Tubuh sebagai Pencegahan Penyakit

Pola hidup sehat yang tengah dijalankan oleh masing-masing orang tentu mampu meningkatkan imun tubuh. Intinya, daya tahan di dalam setiap badan seseorang akan menjadi lebih kuat dan mampu mencegah adanya serangan penyakit baik mulai dari virus, bakteri ataupun lainnya.

Asupan makanan nyatanya menjadi faktor paling penting yang mampu meningkatkan imun tubuh. Hal ini berkaitan dengan sistem metabolisme agar selalu berjalan lancar dan maksimal. Badan dengan asupan penuh gizi tentu bisa menerima nutrisi lebih merata dan memacu kerja organ secara optimal.

  1. Memacu Semangat Baru Selama Menjalani Aktivitas

Kebiasaan hidup yang sehat nyatanya juga mempengaruhi mood seseorang untuk menjalani aktivitas. Tentu Anda seringkali merasa jika perasaan terkadang menjadi pengendali utama ketika sedang menjalani kegiatan setiap hari. Ternyata kondisi seperti ini bisa saja dipengaruhi oleh keadaan tubuh.

Tubuh yang mendapat pasokan energi dari asupan makanan bergizi tentu mampu memberikan semangat baru bagi pemiliknya. Perasaan pun menjadi lebih bergairan dalam melakukan aktivitas terlebih jika sedang menjalani banyak kegiatan baik di kantor, perkuliahan atau hanya di rumah saja.

  1. Mengontrol Berat Badan

Sebuah pendapat dari ADA (American Dietetic Association) menyatakan bahwa salah satu manfaat yang akan diperoleh ketika seseorang menerapkan pola hidup sehat bisa membuat berat badan akan lebih terjaga.

Keinginan untuk menjaga berat badan tetap terkontrol pun bisa dilakukan. Hal ini dapat diperoleh ketika Anda memperhatikan asupan makan agar memenuhi kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan. Harapannya agar tubuh pun tidak kekurangan atau kelebihan nutrisi misalnya karbohidrat, lemak dan protein.

  1. Meningkatkan Aura Menjadi Lebih Positif

Pola hidup yang sehat nyatanya memberikan manfaat serupa khususnya pada suasana hati. Mood akan terasa menjadi lebih baik dan positif ketika seseorang menjalani aktivitas. Hal ini pun pernah dilansir oleh American Journal of Health Behavior.

Media tersebut menyatakan jika pola hidup sehat merupakan perpaduan antara pengaturan makanan bergizi, istirahat cukup dan juga olahraga teratur. Ketiganya mampu meningkatkan aura menjadi lebih positif sehingga bisa semangat untuk menjalani hari-hari.

Itulah tadi 7 tips hidup sehat dan manfaatnya bagi tubuh yang bisa Anda ketahui sebagai pentingnya menjaga kesehatan. Selain 7 tips berikut Anda juga harus tau dan kenali gejala-gejala usus buntu tersebut. Bisa dikatakan badan dengan kondisi prima merupakan sebuah investasi untuk masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *