10 Tips Berhenti Merokok yang Terbukti Ampuh

Diposting pada

Tips Berhenti Merokok

Bahaya merokok telah terbukti dengan jelas dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti serangan jantung, kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Namun kenyataannya masih banyak orang-orang yang belum memahami hal tersebut sehingga jumlah perokok aktif terus meningkat. Setidaknya, ada 10 tips berhenti merokok yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

10 Tips Berhenti Merokok Paling Ampuh

Jika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, itu berarti memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk hidup lebih panjang. Namun masalah umum yang sering terjadi pada perokok adalah sulit untuk menghentikannya. Berikut 10 tips berhenti merokok paling ampuh:

  1. Mengelola Rasa Stres

Sering kali rasa stres yang timbul menjadi salah satu alasan menjadikan seseorang merokok karena sugesti terhadap aktivitas rokok yang bisa membuatnya lebih tenang. Oleh sebab itu, mengelola rasa stres merupakan cara paling ampuh untuk berhenti merokok.

Untuk bisa mengelola rasa stres, Anda dapat melakukan beberapa cara ini yaitu dengan mendengarkan musik, meredakan tekanan, yoga, pijat, atau melakukan aktivitas lain seperti hobi dan lainnya. Namun, lakukan hal tersebut secara bertahap apabila merasa sedikit sulit.

  1. Membuat Sebuah Alasan yang Kuat

Berhenti merokok tidak bisa dilakukan begitu saja, melainkan membutuhkan sebuah proses dan motivasi. Ada banyak alasan kenapa seseorang memilih untuk merokok dan begitu pula pada orang-orang yang tidak merokok.

Untuk bisa berhenti merokok, cobalah untuk membuat sebuah daftar alasan kenapa harus berhenti merokok seperti masalah kesehatan dan keuangan misalnya. Dengan begitu, Anda akan lebih terdorong untuk mulai berhenti merokok.

  1. Jauhi Pemicu

Terkadang seseorang memilih untuk merokok bukan karena memiliki alasan seperti sedang merasa stres atau lainnya. Namun, ini juga bisa berpengaruh pada suatu lingkungan atau hal-hal yang mengharuskan orang tersebut merokok.

Cara berhenti merokok selanjutnya yaitu menjauhi pemicunya. Usahakan untuk menghindari faktor dan kebiasaan yang bisa membuat Anda tergoda sehingga kembali merokok. Faktor tersebut seperti mengonsumsi minuman beralkohol, berkumpul bersama perokok serta masih banyak lagi.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Tips berhenti merokok yang satu ini, selain mampu membuat seseorang stop untuk merokok tapi juga memberikan dampak yang baik untuk kesehatan. Yaitu dengan cara mengkonsumsi makan-makanan sehat dan bergizi.

Hampir semua orang merokok tidak memiliki selera makan yang cukup baik. Hal tersebut dikarenakan efek dari nikotin dan juga terganggunya indera perasa. Konsumsilah makan-makanan sehat guna memenuhi nutrisi esensial untuk tubuh.

  1. Rutin Olahraga

Alasan paling umum para perokok ketika berolahraga ialah, nafas tidak kuat serta fisik terasa lemah yang pada akhirnya membuat orang-orang tersebut enggan melakukan aktifitas olahraga. Namun hal tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja ketika Anda ingin berhenti merokok.

Pada tahap awal proses berhenti merokok, mulailah dengan aktivitas olahraga-olahraga ringan dan dilakukan secara bertahap serta rutin. Dengan begitu, perlahan tubuh Anda akan kembali pulih kemudian terbiasa terhadap aktivitas olahraga dan membuat badan menjadi bugar kembali. Setelah melakukanya Anda dapat merasakan manfaat olahraga secara teratur.

  1. Bersihkan Rumah

Rokok tidak hanya memberikan dampak buruk pada tubuh perokok saja, melainkan pada lingkungan sekitarnya. Baunya menyengat serta menempel di setiap benda di dekatnya. Hal tersebut mengakibatkan rasa ingin merokok terus timbul.

Untuk berhenti merokok, mulailah dengan membersihkan rumah dari bau menyengat yang berasal dari rokok seperti pakaian, sprei, gorden dan lain-lain. Anda bisa menambahkan pengharum ruangan agar terasa lebih segar.

  1. Terapi Perilaku

Tips untuk bisa berhenti merokok dapat dilakukan dengan metode terapi perilaku. Terapi perilaku merupakan sebuah konseling, ini bisa membantu Anda terfokus pada strategi-strategi dan memanfaatkan diskusi bersama konselor dalam tahap psikoterapi.

Agar terapi bisa mendapatkan hasil yang bagus dan benar-benar berhenti total, sangat disarankan untuk melakukannya secara rutin. Hal ini tidak hanya bermanfaat agar berhenti merokok, tapi juga dapat mengatasi masalah pada mental.

  1. Hipnosis

Hipnosis merupakan salah satu tips untuk bisa berhenti merokok yang dianggap sangat efektif dan mendapatkan efek positif. Cara ini dilakukan oleh praktisi ahlinya dengan mempengaruhi alam bawah sadar serta memberikan saran-saran.

Dengan mempengaruhi alam bawah sadar dimana nantinya praktisi membuat situasi terbuka dan sesantai mungkin agar saran dapat diterima dengan mudah. Hal itu bertujuan untuk memperkuat motivasi ataupun tekad seseorang agar bisa berhenti merokok.

  1. Terapi dengan Mengganti Nikotin

Nikotin adalah sebuah zat yang terkandung dalam rokok dan menyebabkan seseorang menjadi ketagihan. Terapi dengan mengganti nikotin merupakan salah satu cara dengan tingkat keberhasilan cukup tinggi guna berhenti merokok.

Terapi ini memiliki beberapa jenis yaitu, patch sejenis plester yang ditempelkan pada bagian kulit di titik tertentu, lalu permen nikotin serta inhaler dengan resep dokter. Para ahli mengklaim terapi pengganti nikotin mampu membuat seseorang berhenti merokok sebesar 70%.

  1. Menggunakan Obat-obatan

Jika cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya tidak memberikan hasil positif, maka sangat disarankan untuk mengambil langkah secara medis. Mintalah kepada dokter mengenai resep obat-obatan guna membantu mengurangi keinginan merokok.

Obat-obatan ini akan bersinggungan secara langsung dengan otak sehingga membuat lidah tidak menerima lagi rasa pada rokok bahkan terkesan tak enak. Selain itu, hal semacam itu juga dapat membantu atas kecanduan pada nikotin.

Apa saja Bahaya Merokok untuk Kesehatan?

Rokok merupakan salah satu penyumbang angka kematian sekitar 20% disebabkan oleh penyakit jantung diakibatkan kebiasaan merokok. Selain itu, di dalamnya terkandung 4000 bahan kimia yang buruk guna kesehatan. Berikut bahaya merokok untuk kesehatan:

  1. Kerusakan pada Saluran Pernapasan

Dampak bahaya merokok untuk kesehatan yang pertama yaitu dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pernapasan sehingga menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Racun pada rokok mengakibatkan iritasi serta munculnya lendir pada saluran pernapasan.

Hal tersebut mengakibatkan terjadinya infeksi pada paru hingga tenggorokan. Selain itu, dampak dari merokok membuat kerusakan pada silia atau rambut kecil di saluran pernapasan yang bermanfaat untuk menangkap kotoran (debu).

  1. Meningkatkan Sel Darah Putih

Dampak bahaya yang ditimbulkan oleh rokok bagi kesehatan adalah meningkatkan sel darah putih yang memiliki fungsi melawan virus-virus. Merokok mengakibatkan kerusakan dan peradangan sehingga berdampak kadar sel darah putih.

Hal tersebut mengakibatkan sel darah putih menjadi kurang responsif terhadap serangan-serangan penyakit yang tertuju pada tubuh. Selain itu, dampak parahnya adalah dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke seiring waktu berjalan.

  1. Berkurangnya Kadar Antioksidan

Senyawa antioksidan berasal dari vitamin C dan memiliki fungsi guna memperbaiki kerusakan pada organ serta menangkal radikal bebas. Efek dari merokok membuat senyawa tersebut menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan kondisi umumnya.

Selain mengakibatkan berkurangnya kadar antioksidan, merokok juga berdampak mengurangi jumlah antibodi pada tubuh melalui aliran darah. Antibodi merupakan protein darah yang memiliki peran untuk meminimalisir jumlah bibit penyakit.

Itulah tadi 10 tips berhenti merokok paling ampuh serta pembahasan mengenai bahaya merokok bagi kesehatan. Setelah Anda melakukan cara-cara di atas inilah tips hidup sehat yang terdapat pada situs Jendelo. Seperti yang sudah dibahas di atas, berhenti merokok memerlukan proses serta keinginan kuat pada diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *