Tips Agar Anak Suka Makan Sayur Setiap Hari

Diposting pada

Tips Agar Anak Suka Makan Sayur

Seringkali si kecil selalu susah jika disuruh makan sayur-sayuran, padahal ada banyak manfaat yang sangat diperlukan oleh tubuh mereka dengan mengkonsumsi sayur. Untuk itu, Anda perlu mengetahui berbagai macam tips agar anak suka makan sayur dan tips agar anak betah di rumah.

Beberapa Tips Agar Anak Suka Makan Sayur

Para orang tua pasti akan dibuat pusing jika si kecil susah atau bahkan tidak mau untuk makan sayur-sayuran, seringkali akan kesal karena kesulitan untuk menyiasati si buah hati yang sangat susah makan sayur. Padahal sayur memiliki peran cukup penting untuk asupan gizi mereka.

  1. Menyajikan Sayuran Tersebut Sejak Kecil

Supaya anak-anak suka makan sayur, Anda harus membiasakan hal ini kepada mereka untuk makan sayuran sejak kecil atau lebih tepatnya di saat si buah hati mulai mengkonsumsi MPASI. Sajikan menu makanan sayuran di hadapan anak sebagai makan siang maupun saat malam hari.

Agar si kecil tidak merasa bosan, sajikan beberapa menu sayur-sayuran di dalam menu makanannya tiap hari. Anda berikan menu berbeda, jadi jangan itu-itu saja supaya mereka mau mengkonsumsi sayur secara rutin. Hal ini bisa dilakukan / praktikan ke si kecil yang susah sekali untuk makan sayur.

  1. Menceritakan Sayuran Melalui Dongeng

Jika Anda susah untuk makan sayur, mengapa tidak menggunakan cara lain yaitu menceritakan sebuah dongeng terkait sayur mayur tersebut. Para orang tua bisa mencari cerita terkait sayuran itu yang berperan sebagai pahlawan yang dapat membasmi semua jenis kejahatan (penyakit).

Anda juga dapat menganggap bahwa mengkonsumsi sayur itu akan menjadikannya sehat dan juga kuat bagaikan pahlawan yang ada di dalam dongeng tersebut. Dengan begitu, mereka akan tertarik dan akhirnya mau memakan menu sayurannya.

  1. Menawarkan Semua Jenis Sayuran

Ketika si kecil memuntahkan beberapa menu masakan yang terdapat sayur-sayurannya, jangan pernah menyerah. Jika memungkinkan, Anda cobalah ganti menu lainnya yang tak kalah bergizi seperti pada selada, brokoli, buncis, sawi, wortel, kangkung, kacang panjang dan masih banyak lagi.

Dengan menawarkan berbagai macam sayuran tersebut, maka si kecil akan menjadi lebih banyak mengenal macam-macam sayur-mayur beserta dengan rasanya. Jadi, gunakanlah selalu cara ini untuk mengenalkan mereka sayuran sampai mereka menemukan jenis sayur kesukaannya.

  1. Mengajak Si Kecil Masak Bersama

Tips agar anak suka makan sayur berikutnya agar mereka mau memakan menu makanan sayurnya ialah dengan mengajak mereka masak bersama. Dengan cara ini, si buah hati juga bisa mengenal berbagai macam sayuran serta rasanya ketika masakan tersebut sudah siap untuk dihidangkan.

Dengan mengajak si kecil masak bersama juga dapat menggugah selera makan mereka. Pada akhirnya si kecil penasaran dengan rasa sayur tersebut dan merekapun memakan menu sayurannya. Namun pastikan pula tidak memegang beberapa perabot berbahaya seperti pisau dapur.

  1. Jangan Pernah Menyembunyikan Sayuran

Biasanya para orang tua akan memilih dengan cara menyembunyikan sayuran tersebut pada suatu menu masakannya. Namun, hal ini tak sepenuhnya berhasil apalagi si kecil juga harus mengetahui bentuk dan juga rasa sayur yang asli.

Hal ini juga biasanya dapat menjadi boomerang untuk Anda, si kecil bisa saja kehilangan kepercayaan ketika tahu bahwa mereka telah tertipu selama ini. Parahnya, mereka mungkin tidak mau lagi makan sayur-sayuran. Oleh karena itu, buatlah menu masakan yang sewajarnya saja.

  1. Jadilah Teladan untuk Si Kecil

Bila Anda menginginkan si kecil menyukai sayuran, maka salah satu cara yang bisa digunakan ialah menjadi teladan untuknya. Pastikan sebagai orang tua juga menyukai sayuran tersebut, sebab anak merupakan cerminan orang tuanya.

Tunjukkanlah sayuran mana yang enak untuk dikonsumsi dan juga dapat menyehatkan tubuh. Jangan lupa juga untuk menunjukkan cara makan yang menyenangkan dan buatlah menu masakan yang menggugah selera si kecil. Sampai pada akhirnya mereka bisa lebih menyukai makanannya.

  1. Mengajak Si Kecil Makan Bersama

Selain mengajak masak bersama, Anda juga bisa makan bersama si kecil. Hal semacam ini adalah sebuah kesempatan emas bagi semua orang tua, jadilah panutan yang baik agar si buah hati mau memakan sayuran tersebut.

Berikan mereka contoh yang baik seperti halnya mengajak bergurau sambil makan, atau main tebak-tebakan terkait sejarah unik dari suatu sayuran yang terdapat pada menu masakan tersebut. Buatlah senyaman mungkin terhadap topik pembicaraan sehingga bisa terbujuk untuk makan sayur.

  1. Berikan Si Kecil Makan Sayur Baik di Awal atau Akhir

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan ialah biarkan si kecil memakan sayurannya di awal atau di akhir atau bahkan sambil memakan makanan lainnya. Berikan mereka keleluasaan saat makan menu masakan sayur tersebut. Biasanya anak kecil adalah tipe yang pemilih, maka hargai pilihan mereka.

Jika si kecil memilih untuk makan sayur bersama dengan orang yang dipilihnya, seperti ibu, ayah atau bahkan kakaknya biarkan saja. Dengan begitu, waktu makan akan lebih terasa menyenangkan karena ditemani dengan orang-orang kesayangan sehingga mereka mau makan sayur.

  1. Jangan Pernah Memaksa Anak

Jika memang si kecil susah untuk makan sayuran, sebagai orang tua jangan pernah memaksa untuk memakan makanan itu. Biasanya seringkali ada sebagian orang tua yang melakukan pemaksaan terhadap anak yang sulit diajak makan sayur (mengingat sayuran sangat berperan penting).

Jangan jadikan hal tersebut sebuah trauma untuk si kecil, jadi jika memang mereka tidak ingin jangan dipaksakan. Anda cukup memberikan pengertian kepada si buah hati betapa pentingnya mengkonsumsi sayuran bagi kesehatan tubuh. Yaitu agar badan menjadi lebih kuat dan selalu sehat.

  1. Membujuknya dengan Sayuran Kesukaan

Anda juga bisa membujuk mereka dengan sayuran kesukaannya, misalnya saja wortel atau bahkan bayam (sayuran paling umum). Setelah itu, masaklah sayur tersebut dengan cara direbus atau bisa juga ditumis. Lakukan sesuai dengan keinginannya sampai pada akhirnya si kecil mau makan sayur.

Jangan lupa juga untuk menghindari jenis sayuran yang memiliki kesan rasa pahit atau teksturnya keras atau a lot. Sebab biasanya si kecil akan susah mengunyah dan pada akhirnya tidak menyukai sayuran tersebut.

  1. Menjelaskan Secara Jelas Manfaat Sayur

Anda bisa memberikan mereka sedikit demi sedikit penjelasan secara rinci terkait apa saja manfaat sayuran terhadap kesehatan tubuh. Jelaskanlah dengan cara yang menarik dan unik agar si kecil mudah tertarik.

Ketika mereka sudah memahami salah satu manfaat sayur tersebut, masakkan si kecil sayur yang diingatnya. Tunjukkan padanya bahwa sayur itulah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuhnya. Dengan begitu, rasa penasarannya akan terbayar dengan makan sayur yang dimaksud.

Demikian penjelasan secara rinci terkait berbagai macam tips agar anak suka makan sayur. Anda juga harus tahu mengapa anak suka jajan, hanya di website jendelo.com. Dengan beberapa cara di atas, tentunya Anda tidak akan kehabisan ide lagi dalam menentukan strategi terbaik demi kesehatan buah hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *