Saya Cocok Jadi Pengusaha

Apakah Saya Cocok Jadi Pengusaha? Berikut Karakter yang Harus Anda Miliki

Diposting pada

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya apakah Saya cocok jadi pengusaha? Padahal, berbicara soal pengusaha itu hubungannya dengan karakter dan sikap, bukan bakat semata. Dengan demikian, setiap orang sesungguhnya berpeluang menjadi pengusaha jika dibarengi upaya yang sungguh-sungguh.

Apakah Saya Cocok Jadi Pengusaha? Berikut Beberapa Ciri-cirinya

Meski semua bisa menjadi pengusaha, namun hanya orang tertentu saja yang cocok untuk menduduki gelar tersebut. Ada beberapa tanda atau ciri seseorang cocok menjadi pengusaha. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Memiliki Pandangan Jauh ke Depan

Seseorang dikatakan cocok menjadi pengusaha apabila ia punya pandangan yang jauh ke depan. Dengan demikian, apa yang ia lakukan bukan hanya untuk saat ini saja. Namun, selalu berhubungan dengan kesuksesan dan planning masa depan.

Pandangan yang jauh ke depan tersebut juga selalu diiringi dengan visi misi yang jelas. Bahkan, time line tentang target dan capaian yang ingin diraih pun tertulis jelas. Karena serius menatap masa depan tersebut, peluang Anda untuk sukses sebagai pengusaha semakin tinggi.

2. Kreatif dalam Menciptakan Inovasi

Jangan mengaku punya mental pengusaha jika Anda tidak kreatif. Kreativitas mutlak diperlukan agar bisa menciptakan hal baru dan unik. Bahkan, ide-ide tersebut seringkali tidak pernah terfikirkan oleh orang lain sebelumnya serta sulit untuk ditebak.

Di antara karakteristik orang kreatif adalah bisa memilih strategi yang tepat sesuai dengan bisnis yang sedang digeluti. Di samping itu, ia juga sangat mudah beradaptasi dengan apa yang sedang trend dan dibutuhkan oleh pasar secara umum.

3. Mau Mengambil Risiko

Dalam setiap usaha, pasti ada risiko tersendiri. Pengusaha sungguhan adalah mereka yang mau mengambil risiko kegagalan. Tidak peduli sudah berapa banyak modal uang yang dikeluarkan untuk bisnis tertentu. Belum lagi waktu serta tenaga yang telah dibuang selama ini.

Dan yang paling menakutkan adalah risiko kebangkrutan atau gulung tikar. Meski demikian, pengusaha sejati akan dengan berani mengambil semua risiko tersebut. Tanpa keberanian, seseorang tidak akan pernah menjadi pengusaha sukses sehingga satu-satunya jalan adalah menghadapinya.

4. Percaya Terhadap Diri Sendiri

Menjadi pengusaha sejati tidak cukup hanya dengan mempunyai banyak modal. Anda harus memiliki rasa percaya diri yang lebih. Tidak peduli seberapa banyak orang yang menganggap remeh. Dengan demikian, meski sedang dalam kondisi buruk alias tidak baik, sebaiknya tetaplah menanamkan rasa percaya diri tinggi. Karena setiap orang diberi bekal berupa kemampuan serta kesempatan yang sama.

Seseorang yang memiliki rasa percaya diri akan memiliki kekuatan lebih untuk mengembangkan usaha yang dijalankan. Ia juga akan membuat visi misi yang jelas serta terarah dalam rangka memajukan bisnis. Dengan demikian, tingkat keberhasilan sebagai pengusaha juga akan semakin tinggi.

5. Tetap Bangkit Meski Pernah Gagal

Pengusaha harus memiliki jiwa yang ulet. Kegagalan tidak akan mengusiknya sama sekali sehingga tetap berusaha untuk bangkit meski telah terpuruk. Bahkan, ia akan menjadikan kegagalan sebagai bentuk pembelajaran yang harus diperbaiki lagi di kemudian hari.

Untuk menjawab pertanyaan apakah Saya cocok jadi pengusaha, lihatlah seberapa kuat diri Anda bertahan saat menghadapi masalah. Jika tetap memiliki hasrat untuk maju, maka posisi tersebut sangat tepat. Sebaliknya, orang yang tidak mampu bertahan di kondisi susah tidak cocok menjadi seorang pengusaha.

6. Mampu Melihat Peluang

Karakteristik seorang pengusaha yang harus dimiliki adalah kemampuan dalam melihat peluang. Potensi bisnis ada dimana-mana, namun tidak semua orang memiliki keahlian memanfaatkannya. Maka dari itu, kemampuan memanfaatkan peluang bisnis ini perlu dilatih sejak awal.

Peluang bisnis antara satu daerah dengan daerah lain tidaklah sama. Bisa jadi sesuatu yang laku keras di daerah A tidak efektif dijadikan usaha di daerah B. Namun, saat ini pengusaha sudah bisa memasarkan produknya secara global dengan bantuan internet dan marketplace sehingga lebih memudahkan. Meski demikian, kompetitornya pun juga semakin banyak.

7. Memiliki Rasa Ingin Tahu Tinggi

Jika Anda memiliki rasa ingin tahu tinggi, maka karakter itu cocok untuk menjadi seorang pengusaha. Bahkan, kemajuan sebuah bisnis terkadang diawali dengan adanya pertanyaan-pertanyaan di luar dugaan. Namun, tentu saja harus tetap diimbangi dengan usaha dan kiat yang jitu.

Rasa ingin tahu yang tinggi tersebut akan memunculkan penasaran tentang seberapa efektif dan bergerak bisnis yang dijalankan. Dengan demikian, akan muncul berbagai inovasi dan strategi baru dalam dunia bisnis yang akan membuatnya semakin melejit di pasaran.

8. Selalu Melakukan Evaluasi

Dalam kehidupan ini, evaluasi sangat penting untuk dilakukan, termasuk dalam dunia bisnis atau usaha. Mental seorang pengusaha yang berani mengambil risiko juga harus dibarengi dengan kebiasaan melakukan evaluasi berkala.

Dengan evaluasi yang memadai, diharapkan akan muncul upaya untuk memperbaiki kekurangan di sana sini. Sedikit demi sedikit, lama-lama semua lini dari bisnis yang dijalankan akan sempurna dan menjadikan usaha Anda lebih baik.

9. Beralih dari Zona Nyaman

Seseorang dikatakan cocok menjadi pengusaha apabila ia selalu mencari tantangan dan juga hal baru. Artinya, ia tidak suka berada di zona nyaman yang kerap melemahkan seseorang. Hanya saja, untuk beralih ke zona nyaman dibutuhkan keberanian yang besar.

Sebagai seorang pengusaha, Anda harus memiliki hal baru sekalipun itu berisiko tinggi. Semakin tinggi dan besar sebuah pohon, maka kemungkinan terkena badai juga akan semakin tinggi. Namun, ia akan semakin kuat dalam menghadapi apapun.

10. Menikmati Semua Proses

Pengusaha berbeda dengan karyawan yang cenderung melakukan pekerjaan sesuai standar sekalipun itu memberatkannya. Pengusaha harus menikmati semua proses yang dijalani dari nol. Mulai dari membuat perencanaan, melakukan organisasi bisnis hingga proses eksekusi dan memajukannya.

Di samping itu, seorang pengusaha juga dituntut untuk selalu gesit, telaten dan juga ringan tangan dalam menjalankan bisnisnya. Tentu saja hal itu harus disertai dengan optimisme yang tinggi. Dengan menikmati proses, secara tidak sadar Anda akan bisa berada di puncak kesuksesan.

11. Siap Bersaing dengan Kompetitor dan Terbuka Akan Hal Baru

Selain beberapa ciri mental pengusaha di atas, seorang pengusaha harus siap untuk bersaing dengan kompetiror. Bahkan, menjadikan kompetitor sebagai tempat belajar untuk lebih baik lagi sehingga tidak akan berhenti sebelum mencapai kesuksesan diri.

Selain itu, pengusaha juga harus terbuka terhadap hal baru yang akan membuat bisnisnya berkembang lebih pesat lagi. Di samping itu, ia juga harus mampu berpikir di luar kebiasaan. Dari sinilah bisnis Anda akan menjadi spesial dan lain dari pada yang lain.

Beberapa poin di atas adalah jawaban apakah Saya cocok jadi pengusaha. Selain itu, masih banyak lagi karakter dan sifat yang harus dimiliki seseorang jika ia ingin menjadi pengusaha sukses. Meskipun tidak mudah, Anda harus tetap memperbaiki diri dan melakukan berbagai inovasi di dunia bisnis.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *