Profesi yang Cocok bagi Orang Introvert

Profesi yang Cocok bagi Orang Introvert

Diposting pada

Salah satu tipe kepribadian yang dianggap sebagai kelamahan dalam dunia kerja adalah introvert. Hal ini disebabkan karena mereka dianggap kurang memiliki rasa percaya diri untuk bekerja dengan tim serta bersosialisasi. Namun, seseorang dengan kepribadian tersebut tidak perlu khawatir karena sebenarnya ada beberapa profesi yang cocok bagi orang introvert.

Rekomendasi Pekerjaan atau Profesi bagi Kepribadian Introvert

Seseorang dengan kepribadian introvert memiliki banyak karakteristik. Seperti lebih suka mendengar dibandingkan berbicara, lebih suka bekerja mandiri, lebih detail dan banyak lagi lainnya. Beberapa profesi atau pekerjaan berikut sangat cocok untuk Anda yang kebetulan berkepribadian introvert.

1. Profesi Fotografer

Jenis profesi pertama yang cocok untuk orang introvert adalah fotografer. Dikatakan cocok bukanlah tanpa alasan. Sebabnya adalah orang dengan kepribadian demikian memiliki perhatian yang lebih detail terhadap suatu hal. Bahkan, cara pandangnya bisa dibilang lebih tajam dibanding orang lain.

Dengan kelebihan tersebut, seorang introvert bisa menjadi seorang fotografer handal apabila kemampuan di bidang ini diasah dengan benar. Bahkan, hasil fotonya akan lebih keren dengan angle yang unik. Kelebihannya lagi, seorang introvert yang menjadi fotografer tidak perlu terikat dengan perusahaan karena bekerja secara independen.

2. Profesi Pilot

Selain fotografer, seorang introvert juga cocok berprofesi sebagai pilot. Menjadi seorang pilot harus memiliki fokus dan konsentrasi yang lebih. Itulah mengapa pekerjaan ini relevan untuk tipe kepribadian tersebut. Dalam keseharian pun tidak perlu berkomunikasi dengan banyak orang, hanya sebatas dengan co-pilot; petugas ATC dan juga awak kabin saja.

Selain memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri, profesi pilot juga memungkinkan Anda untuk berkunjung ke berbagai tempat dan negara. Selain itu, juga bisa berjumpa dengan orang baru dari berbagai kalangan. Profesi pilot ini tidak hanya cocok untuk pria, namun juga para wanita.

3. Profesi Social Media Manager

Profesi selanjutnya untuk Anda yang berkepribadian introvert adalah menjadi sosial media manager. Hal itu dikarenakan profesi tersebut mayoritas dilakukan di balik layar dan sendiri. Dengan demikian, seseorang tidak perlu banyak muncul di publik serta berinteraksi dengan banyak orang. Tugasnya hanya membuat konten dan menghandle platform online.

Sebagian perusahaan mengharuskan sosial media manager untuk datang ke kantor. Namun, ada juga yang tidak mewajibkan hal itu sehingga lebih fleksibel dan bisa dilakukan dimana saja. Menariknya, pekerjaan atau profesi ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi secara online tanpa bertemu langsung setiap harinya.

4. Profesi Seniman

Apabila Anda memiliki bakat seni sekaligus kepribadian introvert, maka profesi seniman sangat cocok untuk dipilih. Bakat kreatif dan artistik tersebut akan menjadi profesi yang sempurna jika diasah sejak dini secara maksimal. Ada banyak cabang seni yang bisa dipilih sesuai dengan kecenderungan masing-masing.

Dalam hal ini, Anda bisa memilih tekstil, patung, lukisan dan lainnya. Seorang introvert biasanya memiliki imajinasi yang tinggi seiring dengan kesukaannya menyendiri. Bahkan, dalam berkarya pun mereka umumnya membutuhkan waktu sendiri lebih banyak agar hasilnya lebih memuaskan.

5. Profesi Penulis

Profesi yang cocok bagi orang introvert berikutnya adalah penulis. Hal ini sejalan dengan banyaknya penulis kondang yang menobatkan diri mereka sebagai introvert. Sebabnya adalah penulis lebih cenderung memilih waktu sendiri dan suasana yang tenang untuk menghasilkan karya.

Karir ini sangat cocok untuk Anda karena pikiran-pikiran akan lebih banyak dituangkan dalam tulisan. Menariknya, saat ini ada banyak sarana bagi seorang penulis untuk mempublikasikan karyanya. Mulai dari menerbitkan di penerbit, membuat blog, melalui sosial media dan banyak lagi yang lainnya.

6. Profesi Penerjemah

Hampir sama dengan penulis, profesi penerjemah juga cocok untuk seorang introvert. Namun, tidak sembarang orang bisa menduduki profesi ini karena dibutuhkan kemampuan berbahasa asing. Profesi tersebut cocok untuk seorang introvert karena sistem kerjanya lepas.

Sekalipun tergabung menjadi sebuah perusahaan, seorang penerjemah tetap akan mengerjakan proyek secara mandiri. Meski terbilang sederhana, profesi ini cukup prospek ke depannya. Apalagi jika Anda memiliki keahlian dalam melakukan kerja sama.

7. Profesi Desainer Grafis

Tidak hanya itu, masih banyak lagi pekerjaan yang cocok untuk orang introvert seperti menjadi desainer grafis. Profesi ini umumnya melakukan pekerjaan seorang diri dan tidak terikat dengan perusahaan tertentu. Hanya saja, untuk negosiasi Anda harus melakukan komunikasi dengan klien.

Untuk menduduki profesi ini, seseorang harus menguasai ilmu desain grafis. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda bisa belajar sendiri di rumah secara otodidak ataupun kursus kepada kalangan yang sudah ahli.

8. Profesi Akuntan

Karena seorang introvert cenderung lebih teliti dan detail dalam segala hal, maka ia sangat cocok bekerja sebagai akuntan. Pekerjaan tersebut mengharuskan seseorang mengolah angka-angka secara tepat. Namun, biasanya yang bisa menjadi akuntan adalah mereka yang pernah mempelajari ilmu satu ini secara formal.

Adapun tugas utama seorang akuntan adalah memeriksa berbagai catatan, operasi finansial hingga mempersiapkan dokumen yang diperlukan oleh perusahaan. Meski berhubungan dengan instansi, Anda tidak perlu khawatir karena pekerjaan ini lebih banyak dilakukan sendiri.

9. Profesi Teknisi Laboratorium

Adapun profesi berikutnya yang cocok untuk seorang introvert adalah teknisi laboratorium. Hal itu disebabkan karena pekerjaan ini lebih banyak dikerjakan di balik layar. Yakni melakukan analisa hasil tes di laboratorium.

Namun, tidak sembarang orang bisa menduduki posisi ini. Mereka harus mampu bekerja dengan presisi dan pandai mendiagnosa secara tepat. Hal menarik dari seorang teknisi laboratorium adalah suasana saat bekerja terbilang sangat tenang.

10. Profesi Market Research Analyst

Selanjutnya adalah profesi yang berhubungan dengan data. Dikatakan cocok untuk orang-orang introvert karena pekerjaannya mencari serta melakukan analisa data mengenai pasar. Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui potensi dalam menjual barang atau jasa tertentu.

Dalam kesehariannya, seorang market research analyst bekerja secara individu. Namun, tetap dibutuhkan komunikasi untuk presentasi dengan pihak direksi. Meski demikian, waktu bekerjanya akan lebih banyak dihabiskan di depan komputer atau laptop.

11. Profesi Video Editor

Adapun profesi lain yang recommended untuk seorang introvert adalah video editor. Profesi ini membutuhkan keahlian khusus di bidang editing. Hanya saja, tidak semua orang ahli di bidang tersebut karena harus memiliki kreativitas tinggi.

Profesi tersebut cocok untuk orang introvert karena biasanya dikerjakan di ruangan pribadi dan dikerjakan secara independen. Biasanya, mereka akan nyaman dengan pekerjaan ini lantaran tidak terikat dan bisa dikerjakan kapan saja.

Selain beberapa profesi yang cocok bagi orang introvert di atas, masih ada lagi berbagai profesi yang bisa dijadikan pilihan. Pada intinya, pekerjaan yang cocok untuk kepribadian tersebut adalah jenis profesi yang tenang dan tidak membutuhkan banyak aturan. Selain itu, pekerjaannya juga lebih banyak dilakukan di balik layar sehingga hampir tidak ada komunikasi langsung dengan klien.

Baca Juga:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *