Penyebab Mimisan

Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya yang Perlu Diketahui

Diposting pada

Mimisan merupakan fenomena keluarnya darah dari hidung secara spontan. Banyak orang yang merasa khawatir saat alami gangguan ini. Hal itu wajar, terlebih jika masih belum mengetahui apa saja penyebab mimisan dan cara mengatasinya. Oleh karena itu, pada ulasan berikut akan dijelaskan secara detail tentang mimisan.

Beberapa Penyebab Mimisan yang Tidak Banyak Dipahami Orang

Pada dasarnya, mimisan disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari faktor yang paling ringan hingga paling berat. Oleh karena itu, seseorang perlu memahami penyebab-penyebabnya agar lebih mudah dalam penanganan. Inilah beberapa sebab mimisan yang seringkali tidak dipahami seseorang:

1. Terjadinya Perubahan Cuaca atau Iklim

Penyebab mimisan yang pertama adalah karena perubahan iklim. Secara teori, sistem imun tubuh akan menjadi lemah lantaran kondisi iklim yang berubah-ubah. Seseorang akan rentan terkena penyakit jika tidak mengimbanginya dengan pola hidup sehat.

Adanya cuaca yang tidak pasti kerap menyebabkan hidung alami iritasi. Lapisan hidung akan retak dan kering saat cuaca panas. Hal inilah yang dapat menyebabkan keluar darah dari hidung. Oleh sebab itu, untuk menghindarinya pastikan menjaga kekebalan tubuh dengan baik di saat cuaca sedang tak menentu.

2. Mengkonsumsi Obat Pengencer Darah

Selain karena faktor alamiah seperti berubahnya cuaca, ada kalanya mimisan disebabkan karena penggunaan obat pengencer darah tertentu. Jenis obat satu ini menjadikan darah membeku dan menggumpal menjadi encer sehingga akan terjadi pendarahan yang disebut mimisan.

Adapun jenis obat pengencer darah yang dapat memicu mimisan adalah Coumadin, Aspirin, Antiplatelet Plavik serta Anti inflamasi Nonsteroid. Obat-obat tersebut biasanya diberikan kepada orang yang alami masalah detak jantung tidak teratur.

3. Gangguan Sinusitis

Ada kalanya mimisan disebabkan karena seseorang yang mengalami sinusitis. Merupakan peradangan yang terjadi pada rongga udara beberapa bagian tengkorak. Seperti Maxillary, Frontal, Ethmoid dan juga Sphenoid.

Seseorang yang mengalami sinusitis kerap kali mengalami mimisan sebab hidung memproduksi lendir yang terlalu banyak. Di samping itu, penderita juga kerap membuang ingusnya terlalu kencang sehingga mimisan pun tak terhindarkan.

4. Hormon Kehamilan

Selain beberapa penyebab di atas, ternyata adanya perubahan hormon ketika hamil juga bisa menyebabkan mimisan. Hormon yang dimaksud adalah Estrogen dan Progesteron di selaput lendir tubuh. Semuanya akan cenderung meningkat, termasuk di bagian hidung.

Selaput yang ada di hidung akan mengalami pelebaran serta pembengkakan sehingga pembuluh darah yang terdapat di dalamnya akan tertekan. Bahkan, jika sudah terlalu tertekan akan menyebabkan pecahnya mukosa hidung. Hal inilah yang memicu pendarahan hidung atau mimisan.

5. Hidung Mengalami Infeksi

Iritasi atau infeksi pada hidung menjadi penyebab mimisan selanjutnya. Fenomena ini kerap terjadi ketika seseorang mengalami gangguan influenza. Gangguan kesehatan yang disebabkan oleh virus tersebut dapat memicu iritasi pada hidung.

Proses pernapasan sendiri akan melambat lantaran saat flu hidung tersumbat oleh kotoran-kotoran. Dalam taraf tertentu, seseorang yang hidungnya iritasi bisa mengalami mimisan. Oleh karena itu, saat flu sebaiknya lakukan penanganan yang tepat untuk mencegah terjadinya mimisan.

6. Hidung Mengalami Cedera

Penyebab mimisan berikutnya adalah hidung yang alami cedera. Fungsi hidung akan cenderung mengalami pelemahan apabila hidung seseorang pernah terbentur. Terlebih jika sampai mengalami pergeseran pada tulang.

Karena hal itu, hidung pun rentan alami pendarahan atau mimisan. Adapun cara mengatasi hal tersebut adalah dengan mengurangi aktivitas berat. Kelelahan menjadi salah satu pemicu pendarahan. Jika pendarahan yang terjadi sangat parah, sebaiknya segera periksa ke dokter.

7. Konsumsi Alkohol Berlebih

Tidak hanya itu, ada kalanya mimisan disebabkan karena seseorang terlalu sering mengkonsumsi alkohol. Kegiatan tersebut bisa menyebabkan trombosit terhambat. Akibatnya, dapat terjadi pembekuan darah. Bahkan, dalam kondisi tertentu pembuluh darah akan melebar.

Mimisan secara tiba-tiba bisa terjadi karena hal itu. Oleh sebab itu, pastikan menghindari konsumsi alkohol yang berdampak kurang baik bagi kesehatan, termasuk mimisan.

Cara Ampuh Atasi Mimisan yang Dapat Dijadikan Pilihan

Cara Ampuh Atasi Mimisan

Anda yang kebetulan mengalami mimisan tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Mulai dari melakukan gerakan tertentu hingga menggunakan beberapa obat atau ramuan khusus. Berikut solusi-solusi yang ditawarkan:

1. Kompres Hidung

Salah satu cara menghentikan mimisan adalah dengan mengkompres bagian hidung, lebih tepatnya adalah pangkal hidung. Langkah ini cukup efektif untuk atasi mimisan karena pendarahan yang terjadi akan semakin lambat saat hidung dikompres.

Caranya cukup dengan menggunakan handuk atau washlap yang telah dicelupkan ke air dingin. Kemudian, letakkan pada pangkal hidung selama beberapa saat.

2. Duduk Tegak

Selain mengkompres, Anda juga bisa mengatasi mimisan dengan duduk tegak. Hindari berbaring karena ini dapat menyebabkan mimisan semakin parah. Dengan duduk tegak, pembuluh darah yang ada pada hidung berangsur-angsur akan menipis sehingga mimisan pun cepat berhenti.

Caranya cukup dengan duduk tegak selama beberapa saat sembari bernapas perlahan. Lakukan ini sampai pendarahan berkurang.

3. Bernapas dengan Mulut

Cara lainnya adalah bernapas menggunakan mulut. Hal ini disebabkan karena pernapasan yang dilakukan melalui hidung akan menyebabkan darah mimisan tetap mengalir dan tidak segera berhenti. Oleh karena itu, Anda disarankan bernapas dengan mulut.

Tekniknya adalah dengan menekan hidung selama kurang lebih 15 menit sembari bernapas memakai mulut secara teratur.

4. Konsumsi Vitamin K

Untuk menghindari terjadinya mimisan, makanan yang mengandung vitamin K sangat penting untuk dikonsumsi. Kandungan tersebut akan membantu meningkatkan produksi Kolagen dalam tubuh sehingga lapisan hidung pun akan menjadi lembab.

Di samping itu, mengkonsumsi vitamin K secara cukup akan menghindarkan pecahnya pembuluh darah, termasuk di hidung. Di antara makanan yang memiliki kandungan vitamin K tinggi adalah kol, bayam, sawi dan lain sebagainya.

5. Larutan Air Garam

Solusi lain untuk atasi mimisan adalah penggunaan air garam. Bahan ini cukup ampuh dalam melembabkan bagian selaput hidung. Mengingat salah satu faktor penyebab mimisan adalah hidung yang kering ketika cuaca sedang dingin.

Caranya cukup dengan melarutkan garam di air dengan wadah mangkuk. Kemudian, masukkan beberapa tetes dari larutan tersebut pada hidung agar menjadi lembab.

6. Cuka Apel

Adapun cara mengatasi mimisan selanjutnya adalah menggunakan cuka dari sari apel. Kandungan yang terdapat di dalam bahan ini sangat efektif dalam mempersempit pembuluh darah. Dengan demikian, pendarahan pada hidung atau mimisan bisa cepat berhenti.

Caranya cukup dengan mencelupkan kapas ke dalam cuka. Setelah itu, masukkan kapas tersebut ke rongga hidung selama kurang lebih 10 menit.

7. Daun Sirih

Bahan alami lain yang efektif atasi mimisan adalah daun sirih. Bahkan, sejak dulu hingga sekarang bahan ini dipercaya sebagai obat mimisan alami. Ternyata, penelitian telah membuktikan bahwa proses pendarahan akan semakin cepat dengan kandungan Tannin di dalam sirih.

Di samping itu, penyembuhan luka juga akan semakin cepat. Cara pengaplikasiannya adalah dengan menyiapkan 2 helai daun sirih yang telah dicuci bersih. Kemudian gulung sampai berukuran kecil. Masukkan ke dalam hidung yang mimisan. Diamkan selama 5 menit hingga darah berhenti.

Itulah beberapa penyebab mimisan dan cara mengatasinya yang wajib diketahui. Dengan memahami solusinya, Anda tentu tidak akan merasa bingung lagi saat mengalami gangguan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *