pemanasan global dan bagaimana cara mencegahnya

Apa itu Pemanasan Global dan Bagaimana Cara Mencegahnya? Berikut Ulasannya

Diposting pada

Apa itu pemanasan global dan bagaimana cara mencegahnya? Pertanyaan itu kerap diperbincangkan oleh masyarakat apalagi di saat cuaca sedang ekstrim. Fenomena alam ini sangat mengkhawatirkan karena jika terjadi terus-menerus bisa mengganggu ekosistem. Oleh karena itu, Anda juga harus mencari solusi terbaik untuk mengurangi efeknya.

Apa itu Pemanasan Global?

Pemanasan global ialah meningkatnya suhu secara menyeluruh di bumi yang diakibatkan oleh efek rumah kaca. Peningkatan itu terjadi secara merata baik di bagian atmosfer maupun permukaan suhu bumi. Penelitian akan hal ini terus-menerus dilakukan demi menjaga ekosistem alam.

Terbukti, selama kurang lebih 100 tahun suhu bumi makin meningkat. Peningkatan ini bukan terjadi secara tiba-tiba. Tiap tahun es di kutub mencari secara signifikan, selain itu air laut pun naik dalam kadar tertentu. Adanya pemanasan global tersebut merupakan akibat dari efek rumah kaca.

Terjadinya efek rumah efek ini terjadinya karena tingginya C02 dan beberapa gas kimia yang ada di bumi. Alhasil, bumi pun mengalami peningkatan suhu karena panasnya dipantulkan sehingga tidak keluar melewati atmosfer. Jika keadaan itu berlangsung secara terus menerus, akan sangat berbahaya.

Salah satu efek buruk yang diperoleh dari pemanasan global ialah cuaca yang tiba-tiba ekstrim. Saat panas menyengat dapat turun hujan, bahkan bisa pula terjadi badai di daerah gurun. Ketidakseimbangan ini dihasilkan karena adanya efek rumah kaca pada bumi.

Cara Cerdas Jika Ingin Mencegah Pemanasan Global

Sekarang suhu makin meningkat secara signifikan. Untuk menghindari pemanasan suhu terjadi, ada banyak hal sederhana yang bisa dilakukan. Dengan melakukan tips di bawah ini, diharapkan bumi semakin membaik kondisinya. Berikut adalah beberapa langkah jitu yang bisa dilakukan:

1. Mengurangi Penggunaan Bahan Bakar

Salah satu cara mencegah meningkatnya pemanasan global ialah dengan mengurangi penggunaan bahan bakar pada kendaraan. Memang, orang terbiasa menggunakan transportasi pribadi saat sekolah maupun bekerja. Namun, ini tidak efisien karena bisa memicu terjadinya efek rumah kaca.

Bila jarak rumah dengan kantor dekat, maka sebaiknya jalan kaki. Namun jika terlampau jauh dan tersedia transportasi umum, maka gunakanlah kendaraan tersebut. Adanya penghematan bahan bakar ini dapat sedikit banyak mengurangi efek rumah kaca yang berpotensi terjadi sewaktu-waktu.

2. Memanfaatkan Energi Alternatif (Pengganti)

Ada lagi hal yang bisa dilakukan yakni dengan memanfaatkan energi alternatif. Kini telah tercipta banyak teknologi canggih dari sumber daya di sekitar masyarakat. Salah satu contohnya ialah PLTA yakni Pembangkit Listrik Tenaga Air yang mampu menghemat listrik PLN.

Selain itu bila Anda memiliki dana berlebih, maka bisa menggunakan PLTS yang memanfaatkan matahari sebagai sumber dayanya. Jika mengombinasikan energi surya dengan PLN, maka pemanasan global bisa sedikit cegah. Metode ini sangat ampuh mengurangi efek rumah kaca.

3. Menghemat Penggunaan Energi Listrik

Ada hal sederhana yang bisa dilakukan oleh tiap orang di rumah yakni menghemat penggunaan listrik. Bila tidak sedang menonton TV, maka sebaiknya dimatikan. Membiarkan acara berlangsung tanpa ditonton merupakan pemborosan daya. Jika ini berlangsung lama, maka memberikan efek buruk.

Penghematan listrik juga bisa dilakukan saat malam hari. Saat tidur, sebaiknya matikan lampu agar hemat daya. Selain menghemat, ini pun berdampak baik bagi kesehatan. Mengurangi efek rumah kaca sebenarnya tidak susah, namun perlu kesadaran pada masyarakat untuk menjaga bumi.

4. Mengurangi Penggunaan Air Conditioner

Jika di rumah Anda terdapat AC, maka batasi penggunaannya. Alat pendingin udara tersebut mengandung HFC yang dapat berpotensi memperburuk kondisi bumi. Apabila mesin canggih itu digunakan setiap hari oleh orang banyak, secara otomatis akan meningkatkan efek rumah kaca.

Efek rumah kaca memicu terjadinya pemanasan global. Jika sampai ini terjadi, maka keadaan bumi takkan aman sebab banyak wilayah mengalami bencana seperti banjir serta kekeringan di sana sini. Agar terhindari dari dampak buruk tersebut, sebaiknya lakukan hal sederhana seperti mengurangi AC.

5. Menggunakan Bohlam Hemat Daya

Apa itu pemanasan global dan bagaimana cara mencegahnya? Untuk menghindarinya, Anda bisa mengganti lampu di rumah dengan LED. Metode ini jauh lebih hemat dari merk biasanya sehingga dapat menghemat penggunaan listrik. Penghematan akan terasa bila dilakukan dalam jangka waktu lama.

Selain ikut serta dalam kegiatan mencegah pemanasan global, Anda pun bisa menghemat biaya bayar listrik. Adanya penghematan dapat sedikit banyak mengurangi bencana global yang berpotensi menyerang umat manusia. Agar itu tidak terjadi, jangan lupa mengganti bohlam dengan LED.

6. Menanam Pohon (Reboisasi)

Apabila ingin melakukan tindakan yang bermanfaat bagi lingkungan, tanamlah pohon. Keberadaan tanaman akan mengurangi kadar CO2 sehingga udara menjadi lebih bersih. Jika pepohonan diperbanyak, maka gas karbondioksida dalam udara bisa berkurang secara signifikan.

Penurunan zat karbondioksida ini sangat mempengaruhi suhu global sebab emisi yang tinggi mampu membentuk efek rumah kaca. Jika penanaman itu dilakukan secara serempak oleh masyarakat, dijamin pemanasan global dapat dicegah. Untuk mewujudkannya, diperlukan kesadaran diri terlebih dulu.

7. Menggunakan Barang yang Recycle

Bicara tentang global warming, diperlukan wujud nyata masyarakat untuk memeranginya, salah satunya ialah menggunakan bahan yang didaur ulang. Anda bisa memakai recycled paper dibandingkan barang baru. Penggunaan barang tersebut dapat menghemat persediaan kertas di dunia.

Seperti yang diketahui, kertas dibuat dari kayu dan jika menebangnya, berarti sumber daya alam mengurangi karbondioksida akan berkurang. Pengurangan penebangan tanaman akan menyelamatkan bumi secara signifikan, maka dari itu gunakanlah barang-barang yang didaur ulang.

8. Mengurangi Penggunaan Kulkas

Kulkas ialah salah satu terbesar penyebab mengapa bumi mengalami peningkatan suhu. Jika mencintai lingkungan dan ingin mengurangi pemanasan global, maka kurangi penggunaannya. Memang, ini terlihat sulit karena benda tersebut dapat membuat makanan menjadi awet.

Namun, alat pendingin tersebut dapat meningkatkan emisi di udara. Agar global warming tidak ingin terjadi, kurangi pemakaian kulkas atau pendingin lainnya dan pilihlah yang hemat listrik. Dengan melakukan poin ini, pemanasan suhu bumi bisa sedikit dicegah.

9. Membawa Tas Kain Saat Belanja

Ada lagi cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek rumah kaca yakni membawa tas kain saat berbelanja di pasar maupun supermarket. Penggunaan kantong tersebut dapat mengurangi pemakaian plastik sebab bahan itu sangat sulit diuraikan dalam tanah.

Jika terjadinya penumpukan sampah, maka secara tidak langsung menimbulkan pencemaraan lingkungan. Oleh karena itu, mulai kini terapkan menggunakan tas kain dibandingkan plastik. Tips ini yang termudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja baik tua maupun muda.

Apa itu pemanasan global dan bagaimana cara mencegahnya? Pertanyaan ini telah terjawab. Kini masyarakat hanya perlu menyadari bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi terjadi masalah tersebut. Anda dapat memulainya dari hal kecil seperti mematikan lampu saat tidak diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *