pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa

Pekerjaan yang Cocok untuk Mahasiswa di Tahun 2020

Diposting pada

Menggeluti pekerjaan tertentu tidak harus menunggu jadi sarjana. Ada banyak pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa. Tidak harus full day bekerja di kantor ataupun menjadi guru di sekolah-sekolah. Beberapa pekerjaan bahkan bisa dilakukan secara part time dan freelance.

Rekomendasi Pekerjaan yang Cocok untuk Mahasiswa Saat Ini

Sebenarnya, pemilihan pekerjaan untuk mahasiswa perlu disesuaikan dengan passion dan bakat masing-masing. Namun, beberapa jenis pekerjaan bisa dipelajari secara otodidak sehingga tidak harus sesuai dengan jurusan saat kuliah. Berikut beberapa rekomendasi pekerjaan yang cocok bagi kalangan mahasiswa:

1. Jual Pulsa dan Paket Data

Saat ini, pulsa dan internet adalah kebutuhan pokok, terlebih untuk kalangan mahasiswa. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba bisnis berjualan pulsa dan paket data. Terlebih, bisnis tersebut tidak membutuhkan modal yang besar.

Untuk strategi pemasaran bisa dilakukan via internet dan medsos. Misalnya promosi via WhatsApp, Facebook, chat langsung dengan teman dan sebagainya. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan sudah terkenal, omzet mingguan bahkan bulanan Anda akan semakin besar. Lumayan untuk menambah penghasilan sebagai seorang mahasiswa.

2. Bisnis Loundry Online

 

Berada di lingkungan yang ramai akan memberikan Anda peluang pekerjaan yang lebih besar. Salah satunya adalah bisnis loundry. Terlebih jika kawasan di sekitar banyak tempat kos-kosan mahasiswa ataupun dosen di dekat kampus.

Manfaatkan peluang tersebut dengan membuat inovasi baru dalam bisnis loundry, yaitu loundry online. Bisnis ini cukup prospek mengingat kesibukan mahasiswa dan dosen setiap harinya sangat padat sehingga banyak dari mereka yang membutuhkan jasa loundry. Agar modalnya semakin ringan, pekerjaan ini bisa dilakukan secara bersama-sama.

3. Jual Minuman Kekinian

Saat ini, di media sosial seperti Facebook dan Instagram sedang populer yang namanya minuman kekinian. Ini bisa dijadikan sebagai inspirasi bisnis atau pekerjaan bagi mahasiswa. Apalagi kampus adalah kawasan yang ramai orang sehingga potensi untuk laku keras semakin besar.

Jika kebetulan tidak memiliki modal untuk menyewa tempat, Anda bisa memanfaatkan outlet kecil di pinggiran jalan. Namun, harus disertai dengan promosi secara berkala di media sosial. Jika ingin bekerja di bidang ini, pastikan minuman yang ditawarkan memiliki rasa yang enak dibandingkan lainnya agar semakin diminati pembeli.

4. Menjadi Reseller Buku-Buku Kuliah

Selain beberapa pilihan pekerjaan di atas, ada juga pekerjaan lain yang cocok untuk mahasiswa, yaitu menjadi reseller. Sedangkan di lingkup kampus, yang cocok adalah berjualan buku-buku kuliah secara online.

Cara kerjanya cukup menjadi suplier terbaik dan terpercaya. Kemudian promosikan jenis buku yang dijual secara online. Selain melalui media sosial, Anda juga bisa menawarkannya lewat grup-grup wa. Akan lebih efektif lagi jika menerima pesanan sesuai jurusan masing-masing.

5. Jual Baju dan Jilbab

Adapun pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa selanjutnya adalah berjualan baju dan jilbab. Fashion khususnya baju saat ini seolah menjadi trend tersendiri yang banyak diminati. Apalagi untuk kalangan mahasiswa yang menyukai gaya baru dan kekinian.

Potensi tersebut bisa Anda manfaatkan untuk berjualan baju via online. Cara ini cukup mudah dan tidak memerlukan banyak modal karena cukup menjadi reseller dari tangan pertama. Namun, pastikan antara yang ada di gambar dengan real picturenya sama agar pelanggan merasa puas dan tidak tertipu.

6. Jual Tas Kekinian

Selain baju, saat ini tas juga menjadi kebutuhan yang utama, khususnya bagi kalangan wanita. Oleh sebab itu, mahasiswa sangat cocok jika mau mencoba bisnis satu ini. Apalagi, desain dan model tas sendiri semakin hari semakin berkembang. Pastinya orang akan semakin semangat membeli tas baru.

Pilih suplier yang akan Anda jadikan rujukan. Setelah itu, tentukan model-model tas yang sesuai dengan pangsa pasar. Jika sasarannya adalah mahasiswa, maka pilihlah model tas yang casual ala anak muda. Beda lagi jika sasarannya adalah dosen dan ibu-ibu rumah tangga. Kemudian, lakukan promosi secara rutin dengan memanfaatkan media efektif.

7. Menjadi Translator

Selain beberapa pilihan pekerjaan di atas, ada lagi jenis pekerjaan lain yang dapat dijadikan pilihan. Salah satunya adalah dengan menjadi translator. Hal ini dilatarbelakangi oleh semakin besarnya kebutuhan komunikasi antar negara di era global.

Dengan demikian, translate antar bahasa semakin diperlukan, khususnya dari bahasa Inggris. Karena itu, pekerjaan translate ini cocok untuk mahasiswa dengan jurusan bahasa Inggris. Namun, tidak menutup kemungkinan jurusan lain yang pandai bahasa tersebut menggeluti pekerjaan ini.

8. Penulis Lepas

Dunia blog dan website online kini semakin gencar. Sehingga, jasa penulis untuk memenuhi isi website tersebut semakin dibutuhkan. Pekerjaan ini sangat cocok untuk mahasiswa yang pandai merangkai kata. Atau setidaknya menggeluti jurusan bahasa.

Untuk menjadi penulis lepas, Anda bisa bekerja kepada seseorang atau membuka jasa sendiri. Namun, membuka jasa sendiri tidaklah mudah, khususnya untuk mendapatkan pelanggan.

9. Bekerja Part Time di Warkop

Jika merasa kurang ahli dalam membuka bisnis sendiri, Anda bisa memilih untuk bekerja di warung kopi secara part time. Dengan begitu, kuliah dan bekerja akan sama-sama jalan. Namun, pastikan warkop tersebut memahami bahwa Anda adalah mahasiswa sehingga waktu kerjanya bisa disesuaikan.

Bekerja secara part time ini lebih fleksibel dan mudah dibandingkan dengan kerja kantoran yang sangat terikat oleh waktu. Namun, mahasiswa yang ingin bekerja di bidang ini harus pandai menyajikan minuman dan makanan tertentu.

10. Membuka Bimbel

 

Pekerjaan lain yang tidak kalah prospek untuk menambah penghasilan mahasiswa adalah membuka bimbingan belajar. Bimbel ini sangat cocok bagi mahasiswa yang menekuni bidang pendidikan. Selain untuk memperoleh penghasilan tambahan, pekerjaan tersebut juga melatih skill mengajar Anda.

Pertama, tentukan jenis mata pelajaran apa yang paling dikuasai. Bisa memilih satuan seperti bahasa Inggris saja atau paket lengkap dimana semua mata pelajaran bisa. Untuk paket ini memang lebih berpeluang karena banyak dicari oleh para orang tua.

11. Jasa Pengetikan

Adapun jenis pekerjaan yang recommended untuk mahasiswa selanjutnya adalah jasa pengetikan. Beberapa dosen atau mahasiswa sangat sibuk dengan urusan pribadi atau pekerjaan sehingga tidak sempat mengetik untuk tujuan tertentu.

Untuk membantu mengatasi beban tersebut, Anda bisa mulai membuka jasa pengetikan. Baik itu laporan, data, tugas kuliah, transkip dan banyak lagi lainnya. Tarif pengetikan tersebut bisa ditetapkan sesuai jumlah halamannya. Sebagai permulaan, buatlah poster atau pamflet khusus jasa pengetikan. Setelah itu, posting di media sosial dan grup-grup mahasiswa.

Selain beberapa daftar pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa di atas, masih banyak lagi referensi pekerjaan yang bisa dijadikan pilihan. Namun, pastikan pekerjaan tersebut sesuai dengan keahlian, pengalaman dan kesukaan Anda agar hasilnya semakin maksimal.

Untuk memulai sebuah bisnis atau pekerjaan memang tidak mudah, namun dengan usaha yang sungguh-sungguh itu akan membawa Anda kepada keberhasilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *