Origami, Seni Melipat Kertas yang Menakjubkan

Diposting pada

Origami Seni Melipat Kertas

Origami, seni melipat kertas yang sudah terkenal sejak beberapa tahun silam. Bahkan sampai saat ini kegiatan tersebut masih banyak disukai oleh masyarakat dan jenisnya pun semakin beragam. Saat memainkannya bisa melatih kreativitas serta kesabaran karena rumusnya cukup sulit. Pengapliasiannya pun sudah cukup meluas, salah satu yang paling menonjol adalah pendidikan TK.

Apa Sebenarnya Origami itu?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) origami adalah seni melipat kertas dari Jepang. Bentuknya sendiri juga sangat beragam, kertas yang digunakan jenis khusu yang bisa didapatkan di toko kertas atau lainnya. Berikut ini akan dijelaskan pengertian menurut beberapa ahli:

  1. Hira Karmachela (2008)

Berpendapat bahwa kata origami berasal dari bahasa Jepang yaitu oru yang berarti melipat, sedangkan kami adalah kertas. Maka jika digabungkan memiliki makna seni melipat kertas. Alhasil, seseorang dapat mengoperasikannya sesuai dengan imajinasi atau objek-objek alam tertentu.

Namun saat membentuk kertas menuntut untuk memiliki konsentrasi tinggi, karena beberapa bentuk menuntut ketelitian. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan imajinasi bisa berkaitan dengan alam misalnya bangau, serangga, burung, bunga, kura-kura, pesawat terbang, dan masih banyak lainnya.

  1. Sumantri (2005)

Menyatakan bahwa origami adalah kegiatan melipat kertas untuk melatih ketrampilan tangan agar dapat menciptakan bentuk baru sehingga kreativitasnya semakin terasah. Hal tersebut akan membentuk mental yang tidak pantang menyerah karena akan mencoba sampai berhasil.

Melipat pada hakekatnya adalah ketrampilan tangan untuk menciptakan bentuk-bentuk tertentu tanpa menggunakan bahan perekat atau lem. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan mulai dari kerapian, ketelitian dan juga pola yang diambil.

  1. Sumanto (2006)

Beliau berpendapat bahwa origami merupakan kerajinan tangan, umumnya dibuat dari bahan kertas dengan tujuan untuk menghasilkan berbagai macam bentuk hiasan, mainan, alat peraga, benda fungsional, serta karya seni lainnya. Terdapat pula beragam manfaat serta filosofi di setiap bentuk.

Seni ini sangat cocok untuk anak, karena selain mengasyikkan juga memberi manfaat salah satunya melatih kreativitasnya. Kegiatan tersebut memerlukan keterampilan khusus agar dapat membuat bentuk yang diinginkan, kesabaran memiliki peran penting terhadap hal tersebut.

  1. Aishah (2008)

Origami merupakan aktivitas yang dijalankan untuk mengisi waktu luang dengan melipat kertas untuk melatih otot telapak dan jari tangan anak. Biasanya diterapkan di sela-sela pembelajaran agar tidak bosan sehingga mudah menerima pelajaran dari para pendidik, baik berbasis umum maupun seni.

Kertas yang digunakan berbentuk persegi dengan berbagai warna, kegiatan menekan dapat melatih kekuatan otot serta kreativitas. Kegiatan ini dianggap menyenangkan bagi anak-anak, karena dapat dibentuk menjadi berbagai macam misalnya burung, bunga, stroberi atau bahkan kura-kura.

  1. Maya Hirai (20010)

Menyatakan bahwa kegiatan yang dilatih bagi anak usia dini untuk mengembangkan kemampuan motorik halus dalam masa perkembangannya. Hal ini tentu sangat perlu untuk merangsang kreativitas serta kinerja otaknya dan bisa membuat semakin semangat belajar.

Selain merangsang kinerja motoriknya manfaat origami yaitu untuk melatih anak berkomunikasi dengan teman maupun guru, karena kegiatan tersebut dilakukan secara bersama-sama. Bentuk yang dihasilkan sangat beragam namun memiliki tingkat kesulitan berbeda-beda.

Beberapa Manfaat Origami bagi Anak

Seni melipat kertas ini memiliki banyak manfaat terutama untuk anak-anak. Sebenarnya beberapa bentuk memiliki filosofi salah satunya adalah bangau sebagai pengharapan agar keinginannya terkabul. Meski memiliki tingkat kesulitan tinggi, namun tetap banyak yang menyukainya.

1. Meningkatkan Ketekunan dan Ketelitian

Origami memiliki banyak bentuk dengan tingkat kesulitan beragam. Meski pada kemasan saat membeli kertas sudah terdapat contohnya, namun terkadang tidak mudah dimengerti begitu saja. Perlu untuk selalu mencoba dan tidak mudah menyerah dan selalu berani mencoba.

Kemampuan tersebut harus dilatih sejak dini agar nantinya dapat melakukan semua hal dengan tekun sehingga hasil terbaik bisa didapatkan. Perkembangan teknologi saat ini memberi banyak peluang terutama untuk masyarakat dengan kemampuan khusus salah satunya adalah origami.

2. Melatih Kemampuan Mengikuti Arahan

Saat membuat origami, tentu anak-anak diarahkan untuk membentuk kertas menjadi beberapa bentuk. Meskipun simpel, namun setiap stepnya harus diikuti dan diperhatikan dengan seksama. Akan tetapi jangan memberikan pola yang terlalu sulit untuk usia anak yang masih dini.

Anak-anak yang sudah dilatih sejak dini untuk berkonsentrasi kemungkinan besar nantinya akan mudah untuk mempraktekkan banyak hal yang diajarkan. Alhasil, kemampuan motorik halusnya semakin terasah sehingga akan memberi dampak positif di kemudian hari.

3. Mengasah Daya Ingat dan Imajinasi

Membuat bentuk baru dari kertas origami akan melatih kreatifitas serta kemampuan berpikir menjadi berkembang lebih baik. Saat menerapkan setiap bentuk, maka daya ingat menjadi salah satu hal penting untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.

Origami, seni melipat kertas memerlukan kemampuan daya ingat agar saat menerapkan bentuk yang sama sudah tidak kesulitan. Kreatifitas disini berperan untuk menciptakan bentuk baru dan berkreasi sesuai imajinasi, baik berdasarkan contoh maupun inspirasi dari benda di sekitar.

4. Sarana Menyalurkan Kreativitas dan Seni

Seni merupakan penyaluran kreativitas serta pengekspresian dari perasaan pembuatnya sehingga setiap bentuk yang tercipta memiliki makna dan pengharapan khusus. Kertas origami dibuat berwarna-warni, jika dijadikan hiasan bisa terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.

Inspirasi sendiri bisa tercipta dimanapun dan kapanpun. Jika ingin mendalaminya sebaiknya selalu sediakan kertas saat bepergian. Anda bisa memanfaatkan platform online untuk memperdalam bakat tersebut dan mengembangkan bentuk baru yang ada di alam atau sesuai imajinasi.

5. Melatih Kemampuan berpikir

Kemampuan berpikir akan diolah saat memperhatikan contoh untuk diterapkan pada bentuk yang diharapkan. Saat Anda sudah mahir maka akan selalu berpikir untuk menciptakan bentuk baru agar dapat mengikuti trend perkembangan zaman sehingga bisa disukai banyak orang.

Tidak jarang, juga ada petunjuk yang cukup rumit namun pemaparannya kurang jelas sehingga sangat diperlukan pemahaman lebih. Hal ini akan melatih Anda untuk menemukan solusi saat setiap stepnya bisa diterapkan, bahkan saat proses tersebut memungkinkan memunculkan teknik baru.

6. Menemukan Solusi

Seni origami ini memiliki tingkat kesulitan tersendiri terutama jika mencoba hal baru, meskipun sudah terdapat arahannya namun terkadang masih kurang paham. Sebab, setiap kombinasi warna yang ada juga harus diperhatikan secata seksama dengan penempatan dan kesesuaian.

Anak-anak maupun dewasa sangat dianjurkan untuk melatih kesabaran menggunakan kesenian ini. Selain bisamenambah pengalaman juga dapat menghilangkan stres terutama untuk Anda yang menyukainya. Berbagai kreasi juga bisa dibuat untuk mengungkapkan perasaan dalam diri sendiri.

Itulah beberapa penjelasan terkait pengertian serta manfaat origami, seni melipat kertas yang banyak digemari saat ini. Untuk kisaran harga dan jenis, Anda bisa cek langsung di beberapa merketplace. Baik itu Shopee, Lazada, Bukalapak atau beberapa platform lain yang sejenis. Di situs jendelo Anda bisa menemukan beragam informasi seperti cara menghemat listrik di rumah dan tips merencanakan liburan keluarga. Semoga bermanfaat bagi pemaca sekalian, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *