mengenal lidah buaya

Mengenal Lidah Buaya: Karakteristik, Manfaat dan Cara Budidayanya

Diposting pada

Ada banyak tanaman di sekitar yang bermanfaat dalam kehidupan, salah satunya adalah Lidah Buaya. Tumbuhan satu ini terbilang sangat unik karena hanya berbentuk batang berwarna hijau. Pada ulasan kali ini, Anda akan diajak mengenal lidah buaya, termasuk manfaat dan tips budidayanya yang mudah.

Sekilas Mengenal Lidah Buaya

Lidah Buaya memiliki nama lain Aloe Vera yang memiliki daging tebal. Meski awal mulanya tumbuh di kawasan Jazirah Arab, namun Lidah Buaya bisa hidup di berbagai iklim. Mulai dari kering, tropis hingga semi tropis. Karena itu, kini tanaman tahunan tersebut bisa ditemui di berbagai belahan dunia.

Karakteristik Lidah Buaya adalah memiliki batang yang pendek bahkan bisa dibilang tidak mempunyai batang. Ketinggian rata-rata tanaman tersebut adalah 60 sampai dengan 100 cm. Ciri lainnya adalah Lidah Buaya memiliki daging berwarna hijau tebal.

Beberapa varian daunnya memiliki bintik putih sebagai ciri khas. Adapun bagian pinggir daun memiliki gerigi layaknya gergaji. Tanaman ini juga memiliki bunga yang baru muncul ketika musim panas tiba. Di dalam Lidah Buaya sendiri terdapat aneka kandungan yang bermanfaat dalam kehidupan. Saat ini, tanaman tersebut tidak hanya bermanfaat untuk tanaman hias, namun juga industri dan lain-lain.

Manfaat Lidah Buaya dalam Kehidupan

Aloe Vera memiliki beberapa kandungan senyawa yang telah teruji. Kandungan yang ada di dalamnya tersebut memiliki manfaat dalam beberapa sektor. Misalnya bidang kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah manfaat dari Lidah Buaya tersebut:

1. Mengatasi Plak Gigi

Manfaat pertama dari Lidah Buaya yang dapat dinikmati adalah membantu meningkatkan kesehatan mulut dan gigi. Kandungan Anti Bakteri yang ada pada Aloe Vera ini sangat baik untuk kesehatan gigi. Khususnya dalam mengatasi plak gigi. Maka dari itu, beberapa jenis pasta gigi diberi campuran bahan tersebut.

2. Menghilangkan Noda Hitam atau Stretch Mark

Selain untuk kesehatan gigi, Lidah Buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan stretch mark. Peregangan kulit yang cukup lebar akibat kehamilan atau berat badan menurun bisa memicu munculnya garis stretch mark tersebut. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan kandungan Aloe Vera untuk mengatasinya.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Tidak hanya untuk tubuh bagian luar, Lidah Buaya juga memiliki khasiat tersendiri untuk pencernaan. Di dalam tumbuhan ini terdapat enzim khusus yang efektif memecahkan lemak serta gula sehingga pencernaan pun semakin lancar. Bahkan, bahan ini sangat efektif dalam mencegah iritasi usus serta lambung.

4. Meningkatkan Kualitas Rambut

Sejak dulu, Lidah Buaya memang dipercaya mampu tingkatkan kesehatan rambut. Karena itu, berbagai industri shampo banyak yang menggunakannya sebagai bahan baku. Kandungan di dalamnya dapat memperkuat rambut hingga ke akar, menjaga rambut agar tetap hitam berkilau, mengatasi ketombe dan masih banyak lagi lainnya.

5. Menghaluskan dan Memerahkan Bibir

Selanjutnya, Lidah Buaya juga sangat efektif dalam menjaga kualitas dan kecantikan bibir. Dengan memanfaatkan gel tanaman ini untuk dioleskan pada bibir secara rutin, bibir akan semakin halus dan merah alami. Selain itu, juga akan tetap dalam kondisi lembab.

6. Mengatasi dan Mencegah Jerawat

check skin and acne closeup

Jika sudah mengenal Lidah Buaya, Anda akan tahu bahwa bahan ini dapat mencegah dan mengatasi jerawat. Hal itu disebabkan karena kandungan antimikroba dan antiradang di dalamnya. Berbagai industri kecantikan pun membuat masker dari bahan ini.

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat selanjutnya dari Lidah Buaya adalah membantu melembabkan dan menjaga kesehatan kulit. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan Sterol dan zat Polisakarida. Banyak perusahaan yang membuat produk sabun, lulur, lotion dan sebagainya dari bahan Aloe Vera ini.

8. Menyembuhkan Luka

Lidah Buaya juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka karena mengandung Antioksidan dan Kalsium tinggi. Baik itu luka lecet akibat terjatuh, lecet karena gatal bahkan luka bakar yang cukup parah sekalipun.

9. Meningkatkan Sistem Imun

Penyerapan vitamin dan juga mineral dalam tubuh akan semakin optimal dengan Lidah Buaya. Penyerapan tersebut juga berdampak pada sistem imun akan kekebalan tubuh yang semakin optimal. Termasuk membantu menangkal berbagai jenis bakteri ataupun virus yang masuk.

10. Membuat Awet Muda

Manfaat lain dari Aloe Vera adalah mencegah penuaan dini sehingga seseorang tampak awet muda. Kandungan Kolagen di dalamnya sangat efektif dalam menyamarkan garis halus pada kulit yang menjadi tanda penuaaan dini.

11. Melindungi Organ Hati

Kesehatan organ hati Anda juga akan semakin terjaga dengan Lidah Buaya. Hal itu disebabkan karena di dalamnya terdapat kandungan Fitonutrien. Kandungan tersebut akan meningkatkan nutrisi dan proses hidrasi pada organ hati sehingga fungsinya semakin optimal.

Cara Budidaya Lidah Buaya Sendiri

Budidaya Lidah Buaya bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja karena prosesnya terbilang simpel dan mudah. Berikut adalah langkah budidaya Lidah Buaya sendiri:

2. Pilih Daun yang Sudah Matang

Langkah budidaya Lidah Buaya yang pertama adalah memilih daun yang telah berusia tua. Ciri dari Lidah Buaya yang usianya telah matang adalah memiliki panjang minimal 8 cm. Pastikan juga daunnya segar dan masih benar-benar sehat.

2. Potong Daunnya

Setelah mendapatkan daun terbaik, langkah selanjutnya adalah memotong memakai pisau tajam. Pastikan juga pisaunya tajam agar daunnya tidak terkena infeksi. Caranya, potong pangkal daun dengan sudut menghadap ke bawah.

3. Letakkan di Tempat Hangat

Berikutnya, letakkan daun yang telah dipotong di tempat yang hangat dan diamkan. Tunggu sampai lapisan tipis di potongan daunnya muncul. Adapun jangka waktu mendiamkan ini adalah sekitar 2 minggu. Tujuan dari proses tersebut adalah menghindarkan kebusukan pada daun ketika berinteraksi dengan tanah.

4. Siapkan Pot

Proses berikutnya yaitu menyiapkan pot khusus untuk menanam Lidah Buaya. Pastikan ukuran potnya standar. Lubangi bagian bawah pot agar air yang digunakan untuk menyiram dapat keluar. Meskipun Lidah Buaya suka air, namun akan tetap membusuk jika ada genangan di dalam potnya.

5. Isi Pot dengan Tanah

Isilah pot dengan menggunakan tanah pilihan agar Aloe Vera bisa tumbuh dengan maksimal nantinya. Caranya isi bagian bawah pot dengan kerikil agar airnya bisa turun dengan lancar. Setelah itu, masukkan tanah yang kadar pHnya antara 6 sampai 8. Ini bisa juga dicampurkan dengan kapur pertanian.

6. Masukkan Daun Lidah Buaya ke Dalam Tanah

Langkah budidaya Lidah Buaya selanjutnya adalah proses penanaman. Tancapkan potongan yang telah disiapkan dengan sepertiga bagiannya tertutup. Namun, sebelum menanam pastikan mencelupkan potongan Lidah Buaya tersebut memakai hormon pertumbuhan tanah atau madu.

7. Letakkan di Tempat Hangat dan Cerah

Setelah proses penanaman selesai, pastikan terus melakukan perawatan agar dapat hidup maksimal. Pastikan juga tanaman tetap lembab. Letakkan di tempat yang cerah dan hangat agar mendapatkan asupan matahari cukup. Selama sekitar 4 minggu, sirami Lidah Buaya secara teratur.

Setelah mengenal Lidah Buaya dan manfaatnya yang kaya, pasti Anda ingin melakukan budidaya sendiri terhadap tanaman ini bukan? Pastikan menanam dengan benar agar Lidah Buaya hidup dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *