Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar Finansial Lebih Tertata

Diposting pada

Finansial atau keuangan adalah hal yang sangat penting dan paling berpengaruh dalam kehidupan rumah tangga. Kesuksesan finansial dipengaruhi oleh seberapa pandai seseorang dalam mengatur keuangannya. Oleh karena itu, suami ataupun istri perlu memahami bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga yang mudah agar keuangan keluarga lebih terjamin.

Beberapa Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Efektif

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Untuk bisa mengatur keuangan rumah tangga, seseorang tidak harus memiliki gaji yang besar. Gaji pas-pasan pun asalkan Anda pandai dalam mengatur juga bisa mencapai kesuksesan finansial. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar keuangan rumah tangga menjadi lebih efektif:

1. Merencanakan Kebutuhan Belanja dengan Matang

Keuangan akan lebih tertata jika direncanakan dengan baik. Oleh karena itu, buat rencana belanja yang terstruktur setiap bulannya. Untuk lebih mudahnya, buat catatan khusus daftar belanja kebutuhan pokok yang dibutuhkan dalam sebulan. Mulai dari beras, minyak, kecap, gula dan lain sebagainya.

Pastikan tidak ada yang terlewat agar Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk belanja. Tujuan dari perencanaan yang matang ini adalah untuk menghindari pembengkakan belanja. Khususnya dalam membeli hal-hal yang sebenarnya tidak begitu diperlukan.

2. Kalkulasi Semua Pendapatan Anda

Agar keuangan rumah tangga semakin tertata dengan baik, jangan lupa untuk mengkalkulasikan seluruh pendapatan dalam sebulan. Hal ini sangat penting dilakukan agar dapat diketahui apakah pemasukan dan pengeluaran seimbang atau sebaliknya.

Jika dalam rumah tangga yang bekerja adalah suami dan istri, maka pendapatan keduanya perlu disatukan dan dijumlah dengan benar. Sedangkan apabila ada kerjaan sampingan, itu juga harus ditambahkan. Dengan demikian, dalam sebulan akan diketahui berapa total pemasukan yang dimiliki.

3. Bedakan Antara Kebutuhan dengan Keinginan

Tips berikutnya yang tidak kalah penting untuk dilakukan agar keuangan rumah tangga stabil adalah membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Dua hal ini sangat berbeda namun seringkali orang ctmbuh antara keduanya sehingga keuangan menjadi kurang tertata karena terlalu mengikuti keinginan.

Dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan, Anda akan terhindar dari membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Terlebih barang-barang yang sifatnya tidak penting. Akan tetapi, untuk bisa menerapkan hal ini tidaklah mudah. Butuh menahan diri sekuat mungkin di era seperti sekarang ini.

4. Kurangi Kebiasaan Foya-Foya

Orang kaya dengan finansial yang tertata justru akan mengurangi kegiatan bersenang-senang atau foya-foya. Kebiasaan hedon tersebut apabila dituruti akan membuat konfisi finansial rumah tangga berantakan. Misalnya kebiasaan jalan-jalan, belanja ini itu, nongkrong di sana sini dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak tergoda dengan foya-foya dan manfaatkan waktu untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Bersenang-senang boleh saja asalkan dalam batasan yang wajar. Misalnya satu bulan dua kali bersama dengan keluarga tercinta.

5. Manfaat Promo saat Belanja

Adapun cara mengatur keuangan rumah tangga berikutnya adalah dengan memanfaatkan promo atau diskon saat belanja. Meskipun tidak seberapa, tetapi diskon akan sangat membantu dalam menghemat pengeluaran. Dengan demikian, Anda bisa menyisihkan sedikit untuk kegiatan menabung.

Jika sudah terbiasa memanfaatkan barang promo, saat membeli apapun Anda pasti cenderung mempertimbangkan soal harga. Dengan begitu, pengeluaran bisa diminimalisir dan disisihkan untuk keperluan penting lainnya. Inilah yang sebenarnya memiliki mental kaya.

6. Alokasikan Sebagian Penghasilan untuk Tabungan dan Investasi

Hidup tidak hanya saat ini saja, tetapi juga untuk esok hari. Oleh karena itu, jangan habiskan uang rumah tangga untuk kebutuhan saat ini. Pastikan menyisihkan sebagian penghasilan untuk menabung dan investasi. Tujuannya agar di hari tua nanti keluarga bisa hidup enak.

Ada banyak jalan yang dapat dipilih untuk menabung. Mulai dari memanfaatkan pihak bank untuk menyimpan uang, membeli logam mulia atau emas, membeli tanah, membeli rumah dan lain sebagainya. Pastikan memilih metode investasi yang tidak berisiko tinggi agar uangnya tetap ada dan tidak hilang.

7. Persiapkan Dana Darurat

Dana darurat mutlak diperlukan dalam kehidupan rumah tangga. Fungsinya adalah untuk persiapan jika tiba-tiba ada keperluan mendadak. Adapun yang dimaksud dengan dana darurat di sini bukanlah tabungan atau investasi, melainkan dana yang sengaja disimpan saat terjadi hal di luar dugaan.

Dana darurat tidak harus banyak. Namun, pastikan setiap bulan Anda menyisihkannya sehingga lambat laun akan terkumpul banyak. Dengan memiliki dana darurat, rumah tangga tidak akan gagal finansial saat terjadi suatu hal karena sudah dipersiapkan sedemikian rupa sejak dini.

8. Masak Sendiri Lebih Hemat

Salah satu tips agar mendapatkan kesuksesan finansial rumah tangga adalah dengan masak sendiri. Dibandingkan dengan beli makanan setiap hari, dengan masak sendiri Anda akan hemat banyak. Selain itu, hasil masakannya juga lebih terjamin higienis dan gizinya terjaga.

Sesekali bolehlah untuk membeli makanan di luar, namun jangan pernah menjadikannya sebagai kebiasaan. Cukup dijadikan hiburan dan mengobati keinginan untuk beli di luar. Terlebih, saat ini jenis makanan yang bisa dibeli semakin banyak dan beragam.

9. Lebih Hemat Listrik

Salah satu kebutuhan rumah tangga yang cukup menguras kantong adalah listrik. Terlebih jika rumah Anda memiliki fasilitas lengkap seperti mesin cuci, kulkas, laptop atau komputer, televisi, setrika, kipas angin, sanyo dan lain sebagainya. Pastinya, pengeluaran untuk listrik semakin besar.

Namun demikian, usahakan untuk menerapkan hemat listrik agar pengeluaran untuk ini bisa dipangkas. Misalnya dengan tidak menyalakan AC atau kipas angin ketika hawa tidak terlalu panas. Selain itu, tidak menghambur-hamburkan alias lebih hemat air.

10. Sebisa Mungkin Hindari Hutang

Selain beberapa cara di atas, cara agar keuangan rumah tangga terstruktur dengan baik adalah dengan menghindari hutang. Kelihatannya hutang memang gampang, Anda tidak perlu susah payah kerja di awal tapi mendapatkan talangan dana. Bahkan, nominalnya bisa besar.

Namun, pikirkan kembali ketika akan berhutang. Hutang mengharuskan bunga yang tidak kecil. Selain itu, juga akan membuat pikiran rumah tangga menjadi tidak tenang. Apalagi jika cicilan per bulannya tidak sebanding dengan penghasilan setiap bulan. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan sampai berhutang.

11. Lakukan Kerja Sampingan

Kerja sampingan sangat diperlukan agar keuangan rumah tangga menjadi terbantu. Hasil kerja sampingan nantinya bisa dimanfaatkan untuk tabungan atau investasi hari tua. Tidak perlu bingung dalam memilih jenis pekerjaan sampingan yang tepat karena saat ini sudah banyak pilihan mudah.

Misalnya saja dengan berjualan online. Menjadi reseller terbilang cukup menarik karena tidak membutuhkan modal besar dan dapat dilakukan kapanpun dimanapun. Di samping itu, Anda juga bisa bekerja sampingan dengan menjadi penerjemah dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips atau cara mengatur keuangan rumah tangga yang sangat efektif apabila diterapkan dengan sungguh-sungguh. Pastikan melakukan managemen keuangan rumah tangga dengan baik agar mendapatkan keuangan yang tertata dan membawa kebahagiaan di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *