Mengapa Saya Susah Menabung Demi Masa Depan

Diposting pada

Mengapa Saya Susah Menabung

Menabung merupakan salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat, selain melatih kedisiplinan, uang yang ditabung juga berguna di kemudian hari apabila suatu waktu ada kebutuhan mendesak. Akan tetapi mengapa saya susah menabung?, sebenarnya hal itu ada banyak faktor yang mempengaruhi baik dari kebutuhan yang ada maupun kebiasaan.

Sebenarnya menyisihkan penghasilan untuk menabung cukup mudah, akan tetapi yang manjadi sulit ialah bagaimana cara Anda tidak tergoda untuk mengambil uang dari tabungan yang sudah ada. Tabungan sendiri sangat bermanfaat, tidak hanya sekedar uang penolong ketika mendesak namun juga akan sangat membantu Anda di hari tua kelak.

Terkadang semakin bertambahnya jumlah penghasilan yang didapatkan namun tidak juga menambah pemasukan saldo tabungan Anda. Semakin bertambahnya penghasilan yang didapatkan seseorang, terkadang juga semakin meningkatnya gaya hidup yang mereka lakoni, hal inilah yang juga sebagai penyebab tidak bisa menabung.

Ubah Kepribadian Demi Masa Depan

Hal yang paling utama dari menabung adalah adanya keniatan dalam diri Anda sendiri, demi mencapai tujuan yang diinginkan. Terkadang beberapa faktor baik internal maupun eksternal sangat memengaruhi pundi – pundi tabungan. Berikut ini beberapa faktor yang harus Anda rubah agar tidak ada lagi pertanyaan mengapa saya susah menabung?.

  1. Gaya Hidup

Gaya hidup menjadi penentu pertama keberhasilan Anda ketika hendak menyisihkan pendapatan sebagai tabungan di kemudian hari. Gaya hidup yang Anda lakoni haruslah sesuai dengan besaran nominal gaji yang masuk setiap bulannya, agar masih tersedia uang untuk ditabung.

Bergayalah sesuai dengan isi dompetmu, kata – kata ini perlu Anda pikirkan baik – baik agar tidak terjerumus pergaulan dengan gaya hidup yang melampaui kemampuan ekonomi Anda sndiri. Gaya hidup seperti nongkrong dan lainnya memanglah mengasyikan dan juga bisa menyegarkan otak setelah lelah bekerja, akan tetapi harus sesuai dengan porsinya.

Dengan nongkrong setiap hari tentunya bukan hanya senang yang Anda dapat, melainkan saldo rekening Anda juga ikutan menjadi kering. Dengan menjaga gaya hidup yang tepat tentunya menabung bukan lagi menjadi sebuah angan tanpa adanya tindakan yang dilakukan.

  1. Buang Kebiasaan Menunda

Berikutnya kebiasaan yang perlu diubah agar cara menyisihkan uang menjadi sukses adalah menunda. Tentunya kebiasaan menunda – nunda sangat tidak baik, bahkan tidak hanya saat menabung saja melainkan di setiap keadaan yang ada.

Selayakanya ketika Anda suka menunda untuk menyelesaikan pekerjaan, bukannya cepat selesai malah pekerjaan yang ada akan semakin menumpuk. Sama halnya dengan menunda menabung, paling baik untuk mulai menabung memang sudah Anda lakukan ketika masih muda. Dengan demikian Anda tidak lagi merasa keberatan ketika hendak menyisihkan uang demi menabung.

Memang saja terkadang kebutuhan yang ada membuat kita lebih susah untuk menabung, akan tetapi tabungan yang Anda miliki kelak akan sangat berguna, apabila sewaktu – waktu ada kebutuhan yang mendesak.

  1. Khawatir Kekurangan

Tentu saja setiap orang kerap merasa kekurangan, terlebih dengan semakin meningkatnya harga kebutuhan. Hal inilah yang kebanyakan menjadikan menabung lebih menyusahkan, namun apabila Anda bisa mengatur pengeluaran dengan bijak, maka pikiran mengapa saya susah menabung? Akan sirna dari isi kepala Anda.

Pengeluaran haruslah sebanding dengan pemasukan yang Anda miliki setiap bulannya, utamakan hal yang bersifat pokok ketimbang tersier. Dengan demikian Anda masih bisa menyisihkan sedikit uang untuk memenuhi isi tabungan. Selain itu, cara menghemat pengeluaran dapur pada situs jendelo perlu Anda ketahui agar keuangan terjaga.

  1. Terlalu Royal Dengan Uang

Menjadi seorang yang dermawan tentulah merupakan sesuatu yang mulia, akan tetapi Anda juga harus memperhatikan kondisi keuangan yang dimiliki. Sesekali menjadi sesorang yang royal dengan uang tentunya tidaklah apa – apa, namun Anda juga harus tepat untuk siapa memberikan maupun menggunakan uang tersebut.

Dengan demikian menjadi seorang yang royal dengan uang sekalipun tidak akan mempengaruhi kebutuhan Anda sendiri. Inilah tips mengatur keuangan keluarga agar tidak boros yang perlu Anda ketahui.

Tips dan Trik Menabung

Bagi Anda yang masih merasa kesusahan saat hendak menabung, kami memberikan beberapa tips dan trik cara menabung yang ampuh.

  1. Manfaatkan Fasilitas Bank

Kebiasaan menabung yang tidak ditanamkan sejak usia muda tentunya akan sangat mempengaruhi kebiasaan Anda di masa mendatang. Hal inilah yang kerapkali menimbulkan pertanyaan mengapa saya susah menabung?.

Apabila Anda sudah merasa terlalu sulit untuk menabung dengan kebiasaan yang ada, coba manfaatkan fasilitas yang disediakan oleh pihak bank. Kebanyakan bank yang ada menawarkan sistem transfer otomatis, sehingga dengan demikian Anda tidak perlu lagi kewalahan menyisihkan uang secara mandiri.

Sistem transfer otomatis atau autodebet ini sendiri akan secara otomatis mentransferkan sejumlah uang kepada rekening tabungan Anda. Jumlah nominal maupun tanggal bisa Anda atur sesuai keinginan, sehingga setiap Anda gajian pundi – pundi tabungan juga akan terisi secara otomatis.

  1. Belikan Aset

Menyisihkan sejumlah uang demi mengisi tabungan tentulah sangat sulit, karena apabila tabungan dalam bentuk uang lebih mudah untuk diambil dan dipergunakan. Tentunya dengan begini pertanyaan mengapa saya susah menabung? Akan membayangi Anda selamanya.

Sebenarnya selain uang ada banyak sekali barang yang bisa dijadikan sebuah tabungan, bahkan tidak sedikit yang mengalami kenaikan nilai jual setiap tahunnya. Dengan bentuk tabungan sebuah aset yang nyata, tentunya Anda akan lebih berhati – hati untuk menjualnya.

Contoh aset tabungan yang nominal uangnya cukup rendah adalah emas, sehingga misalkan saja setiap bulannya Anda memiliki kelebihan uang satu juta sudah bisa menukarnya semua dengan emas yang banyak di pasaran.

Namun bagi Anda yang memiliki penghasilan cukup besar mungkin bisa mencoba membeli tanah ataupun suatu aset yang memang sejalan dengan hobi Anda. Aset yang sejalan dengan hobi tentunya akan lebih mudah untuk disimpan, bahkan Anda memiliki kepuasan tersendiri dengan adanya aset tabungan tersebut.

  1. Menabung Dengan Nominal Terkecil

Untuk biasa dan bisa membiasakan diri menabung memang tidaklah mudah, terkadang Anda terburu – buru dalam menabung agar saldo tabungan cepat terkumpul. Namun biasanya tabungan yang cepat terkumpul juga lebih cepat habis, karena melihat nominal yang ada di tabungan itu sendiri.

Menabung dengan pecahan yang kecil bisa menjadi salah satu cara yang efektif, karena terkadang kita menyepelekan nominal tersebut. Akan tetapi sekecil apapun pecahan yang kita tabung dengan tekun tentunya juga akan membuahkan hasil yang melimpah dan juga dengan cara ini Anda lebih bisa menahan diri untuk tidak menggunakannya.

Menabung sejatinya sangatlah bermanfaat, selain sejumlah uang yang terkumpul kita juga bisa belajar kedisiplinan, ketekunan dan juga hidup hemat. Hidup hemat dalam artian tau mana uang yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan pokok maupun kebutuhan sekunder.

Demikian pembahasan kali ini mengenai mengapa saya susah menabung? Sekiranya beberapa tips dan trik tersebut dapat membantu Anda ketika hendak ataupun sudah mulai menabung demi masa tua yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *