Mengapa Saya Selalu Gagal dalam Menjalankan Usaha/Bisnis?

Diposting pada

Mengapa Saya Selalu Gagal dalam Menjalankan Usaha/Bisnis?

Untuk memulai usaha sendiri, Anda haruslah memiliki semangat tinggi dalam mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Selain itu, Anda harus sadar bahwasanya kemungkinan gagal dalam menjalankan usaha/bisnis adalah sesuatu yang wajar. Sehingga Anda tak perlu pusing memikirkan, mengapa saya selalu gagal dalam menjalankan usaha/bisnis ketika menemukan situasi ini dalam perjalanan bisnis yang panjang.

Anda harus sadar bahwasanya bisnis bukanlah sesuatu yang dapat dibangun dengan mudah. Untuk itu, Anda perlu menyusun dan mempersiapkan strategi se-matang mungkin. Rencana yang matang sejak awal akan membantu Anda dalam memeperkirakan resiko kedepan, sekaligus menyusun step-step antisipasi untuk resiko yang dapat saja terjadi.

Dalam berbisnis, Anda akan menemukan banyak tantangan. Tantangan ini bukan sesuatu yang harus Anda hindari, tantangan ada agar bisnis yang Anda rintis dapat bersaing dan menjadikan bisnis Anda semkain berani. Anda harus sadar pula, bahwa kegagalan adalah satu dari sekian banyak tantangan yang ada.

Mengapa saya selalu gagal dalam menjalankan bisnis/usaha? Sebetulnya, kegagalan bukan sesuatu yang patut membuat kita malu lantas berpikir mundur dan menyerah. Dengan adanya kegagalan, menandakan bahwa Anda sedang ada dalam proses belajar untuk menjadi lebih baik.

Himkah Tersimpan dibalik Kegagalan dalam Usaha/Bisnis

Tahukah Anda, bahwasanya ada hikmah baik dibalik kegagalan yang Anda alami? John Tarnoff adalah seseorang yang telah menghabiskan beberapa dekade dalam hidupnya mulai dari menjadi produser sampai dengan pemimpin eksekutif. Selama 35 tahun penuh ia mengabdikan dirinya pada industri teknologi dan hiburan. Tahukah Anda bahwa seorang John Tarnoff pernah dipecat oleh perusahaan sebanyak 7 kali?

Ada lagi co-founded Gusto, yakni Tomer London yang kini sukses mendirikan partoll Gusto yang telah melayani hampir 60 ribu bisnis. Tahukah Anda bahwa Tomer London ini pernah mengalami kegagalan berkali-kali sampai ia berada pada kesuksesan seperti sekarang?

Tomer London besar di Israel, dan menghabiskan masa remajanya di London untuk memperdalam ilmu coding. Ia bertujuan untuk bisa bergabung dengan pasukan Israel di unit teknologi, alasan inilah yang menjadikan Tomer belajar dan berusaha sedemikian keras. Namun sayang, impiannya harus pupus sebab ia gagal dalam menjalami semua tes yang diberikan.

Dari sini kita bisa belajar, bahwasanya tak semua kegagalan akan berujung pada akhir dari apa yang sudah kita rintis sejak awal. Ada ungkapan yang mengatakan bahwa kegagalan adalah batu loncat menuju kesuksesan yang lebih besar. Ternyata, ungkapan ini bukanlah diksi indah semata. Dengan banyak kegagalan yang dihadapi, seseorang akan belajar semakin banyak dan dirinya akan semakin terlatih dalam menghadapi persaingan yang tak mudah.

Mengapa Saya Selalu Gagal dalam Menjalankan Usaha/Bisnis? Simpan Pertanyaanmu, Lakukan Hal Ini!

Mengapa saya selalu gagal dalam menjalankan usaha/bisnis? Yakinlah bahwa suatu keberhasilan tak akan didapat tanpa adanya kerja keras. Tidak ada keberhasilan yang didapat secara instan dalam waktu hanya semalam saja.

Bagaimana cara sukses dalam berbisnis? Tentunya Anda harus fokus dan bekerja lebih giat, mengerahkan segala kemampuan yang Anda miliki untuk mengembangkan bisnis dan mencapai kesuksesan.

Dalam hal ini, pastinya tak akan mudah seperti berkata-kata saja. Akan ada banyak sekali rintangan bahkan berkali-kali kegagalan yag mungkin Anda temui. Bisnis yang ditekuni dengan kerja keras, lambat laun pasti mencapai puncak kesuksesannya ketika waktunya sudah tepat.

  1. Bangun dan Kembangkan Ide Kreatif

Apa modal awal untuk Anda membangun bisnis? Selain uang, Anda membutuhkan ide yang akan menjadi pondasi dalam usaha yang Anda rintis. Ide yang Anda usung haruslah berbeda atau out of the box jikalau dibanding dengan ide-ide bisnis lain yang sudah ada.

Mengapa ide-ide kreatif ini dibutuhkan? Sebab ide akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis yang Anda rintis. Ide bisnis yang unik akan menarik minat pelanggan untuk mengetahui lebih dalam terkait bisnis yang sedang Anda perjuangkan.

  1. Fokus Pada Proses Bukan Resiko

Jangan memikirkan kegagalan atau kerugian terlebih dahulu. Fokuslah pada tujuan awal yang Anda susun, dan berasumsi bahwa resiko dan kegagalan adalah sesuatu yang pasti terjadi sebagai bukti bahwa Anda sedang belajar.

Ketika mendapati kegagalan yang cukup memukul, jangan patah semangat dan kehilangan hasrat melanjutkan apa yang sudah dirintis. Ingatlah pada tujuan awal yang Anda punya. Dengan ini Anda bisa mengusir jauh-jauh keinginan untuk menyerah dan pasrah terhadap kegagalan.

  1. Optimis

Segala sesuatunya akan terlihat sulit, terlebih Anda belum memiliki pengalaman bisnis sebelumnya. Dengan menanamkan sikap optimis dalam diri, maka hal yang semula terlihat sukar bisa dihadapi dengan baik secara perlahan.

  1. Open Minded

Mengapa saya selalu gagal dalam menjalankan usaha/bisnis? Jangan pusatkan pikiran Anda terhadap resiko yang akan terjadi. Anda harus membangun sudut pandang berbeda dalam menyikapi persoalan yang terjadi. Misalkan dengan berpikiran terbuka, menilai kegagalan dari sudut pandang berbeda dan mencoba untuk menemukan hikmah dibaliknya.

Dengan ini, tidak akan terjadi apa-apa dengan kondisi mental Anda sebagai pebisnis. Pastikan Anda seseorang dengan sikap open minded dalam segala hal, sehingga dapat menghadapi segala gejolak perubahan yang terjadi.

  1. Berdoa

Bisa saja bisnis yang Anda rencanakan diam ditempat dan tak mengalami kemajuan sedikitpun jika hanya bergantung dengan waktu. Jangan lupakan sang pencipta dalam segala hal. Kunci meraih kesuksesan dalam waktu singkat adalah berdoa dan memohon pada-Nya agar diberikan kemudahan serta keridhoan dalam apa yang sedang Anda coba.

  1. Jadilah Profesional

Sekalipun usaha yang Anda jalankan dalam skala kecil, Anda tetap harus menjadi seseorang yang profesional. Sikap ini akan membantu Anda menjadi tegas dalam membenahi kesalahan yang ada sehingga tujuan dari bisnis segera tercapai.

  1. Dukungan Lingkungan Sekitar

Manusia adalah makhluk sosial yang tak akan pernah lepas dari orang-orang di sekitar. Kita membutuhkan manusia lain untuk meminta pertolongan ataupun memberi. Dalam perjalanan bisnis, gagal atau mengalami proses pasang surut pasti akan terjadi dalam suatu waktu.

Bangunlah relasi sebanyak mungkin dengan orang-orang yang memiliki pengaruh baik bagi perkembangan bisnis Anda. Selain itu, mintalah dukungan dari lingkungan orang-orang terdekat. Pada saat Anda mengalami masalah serius, Anda bisa meminta mereka membantu dalam banyak hal, seperti dukungan, masukan yang positif, saran yang membangun sampai dengan modal dalam bentuk uang.

  1. Bangun Motivasi dalam Diri

Apa motivasi Anda dalam menjalankan bisnis? Apa yang akan menjadikan Anda tetap semangat dan mau bekerja dua kali lebih keras untuk bisnis? Anda membutuhkan motivasi dalam hal ini.

Semakin kuat motivasi yang Anda bangun, maka semakin tedorong pula keinginan Anda mencapai kesuksesan. Bangunlah motivasi dalam diri, sehingga semangat Anda dalam berbisnis akan terus membara seiring waktu yang berjalan.

Selain itu, Anda harus pula melatih mental dengan baik untuk menghadapi tantangan yang datang tanpa henti. Apabila mental Anda lemah, bukan suatu hal yang mustahil usaha Anda akan putus di tengah jalan.

Sudahkah terjawab, mengapa saya selalu gagal dalam menjalankan bisnis/usaha? Ketika Anda menjalankan bisnis dengan cara diatas, peluang Anda dalam menghadapi kegagalan akan semakin sedikit. Tapi, perlu diingat, bahwa kegagalan adalah bagian dari proses yang pasti akan terjadi. Pada situs jendelo.com juga terdapat informasi tentang ide bisnis di desa dan ide bisnis di daerah wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *