Mengapa Kita Harus Menjaga Kelestarian Lingkungan?

Diposting pada

Mengapa Kita Harus Menjaga Kelestarian Lingkungan

Manusia dapat hidup dengan tenang dan nyaman salah satu faktornya adalah apabila kelestarian lingkungan terjaga. Apabila di lingkungan sudah rusak dan mengalami pencemaran tentu kehidupan menjadi tidak seimbang. Setiap individu memiliki kewajiban untuk menjaga kelestarian lingkungan. Penting untuk diketahui mengapa kita harus menjaga kelestarian lingkungan.

Menjaga kelestarian lingkungan memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan. Bukan hanya berdampak pada kehidupan manusia saja akan tetapi juga untuk keseimbangan alam. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini kelestarian lingkungan sedang terancam. Banyak kerusakan lingkungan disebabkan oleh keserakahan manusia. Apabila kesadaran akan menjaga kelestarian lingkungan semakin rendah tentu akan ada dampak besar yang nantinya memberi masalah serius pada kehidupan makhluk hidup.

Pentingnya Menjaga Kelestarian Lingkungan

Mengapa kita harus menjaga kelestarian lingkungan adalah pertanyaan yang sangat menarik. Masyarakat saat ini banyak yang acuh tak acuh dengan kelestarian lingkungan. Bagi para perusak lingkungan hal yang terpenting adalah keuntungan materil dan banyak yang mengesampingkan kelestariannya.

Saat ini bahkan semakin banyak gunung-gunung yang di gunduli hanya untuk dibuat sebagai perumahan atau bahkan gedung-gedung. Ketika lingkungan seperti gunung yang seharusnya menjadi pelindung dari tsunami dan longsor di ubah menjadi perumahan tentu keseimbangan alam juga akan rusak.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kita harus menjaga kelestarian lingkungan yang wajib untuk diketahui oleh setiap orang:

1.       Lingkungan yang Lestari Nyaman untuk Ditinggali

Alasan pertama mengapa kita harus menjaga kelestarian lingkungan adalah karena lingkungan yang terjaga akan menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali. Anda tentu bisa membandingkan sendiri betapa kehidupan di desa dengan alam yang terjaga terasa lebih nyaman dan sejuk dibandingkan dengan kehidupan di perkotaan yang padat penduduk.

Lingkungan yang masih terjaga baik itu hutannya, sungainya dan lain sebagainya tentu memiliki udara yang lebih segar serta suhu yang nyaman. Apabila lingkungan sudah mengalami kerusakan akibat pencemaran atau perusakan secara sengaja tentu lingkungan tersebut tidak akan nyaman untuk ditinggali.

2.       Lingkungan yang Rusak Menyebabkan Bencana Alam

Alasan berikutnya adalah apabila lingkungan mengalami kerusakan bukan hanya menyebabkan tempat tersebut tidak nyaman untuk ditinggali akan tetapi meningkatkan risiko terjadinya bencana alam.

Sudah terbukti jika kerusakan lingkungan dapat menyebabkan bencana yang mengancam jiwa seperti terjadinya bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung, kebakaran dan lain sebagainya.

Semakin tinggi tingkat kerusakan lingkungan tentu resiko terjadi bencana juga akan semakin besar. Salah satu tempat yang sudah banyak mengalami kerusakan lingkungan dan banyak terjadi bencana alam adalah di wilayah perkotaan. Biasanya pada wilayah perkotaan sering terjadi banjir karena banyak lingkungan yang rusak serta tidak ada daerah resapan air.

3.       Lingkungan yang Terjaga Menyediakan Sumber Daya Alam

Alasan berikutnya mengapa kita harus menjaga kelestarian lingkungan adalah karena apabila lingkungan tersebut terjaga tentu kita bisa mendapatkan sumber daya alam yang melimpah. Misalnya saja kita menjaga agar tanah tetap subur dan terhindar dari pencemaran maka kita bisa menanami tanah tersebut dengan berbagai macam tumbuhan.

Contoh lainnya adalah ketika sungai di sekitar kita masih terjaga tentu di sana banyak sekali sumber daya alam yang bisa kita manfaatkan seperti ikan untuk di konsumsi, air untuk diminum dan lain sebagainya. Namun jika lingkungan rusak tentu sumber daya alam juga akan musnah sehingga ketersediaan sumber pangan semakin sedikit.

4.       Lingkungan yang Lestari Menawarkan Pemandangan Indah

Lingkungan yang lestari bukan hanya menjadi tempat yang nyaman serta menyediakan sumber daya alam yang melimpah, akan tetapi juga menyediakan pemandangan yang indah. Banyak sekali wisatawan dari kota yang lebih senang untuk berlibur ke tempat-tempat yang lingkungan alamnya masih terjaga.

Banyak sekali objek wisata alam yang berusaha untuk dipertahankan kelestarian lingkungannya agar tetap nyaman untuk dikunjungi serta mampu menyediakan udara yang sejuk. Udara yang sejuk serta pemandangan yang indah mampu membuat seseorang memiliki pikiran yang rileks dan fresh.

5.       Kerusakan Lingkungan Menurunkan Kualitas Sumber Daya Alam

Kelestarian lingkungan sangatlah sebanding dengan sumber daya alam yang ditawarkan. Semakin lestari lingkungan dan sumber daya alam yang dimiliki juga akan semakin melimpah begitu juga sebaliknya.

Kerusakan lingkungan dapat menyebabkan kualitas sumber daya alam menurun. Salah satu contoh kerusakan lingkungan adalah pada lingkungan perairan. Apabila sungai tercemar sehingga airnya keruh dan kotor tentu Anda tidak akan menemukan ikan-ikan berenang dengan riang di sana. Manfaat sungai bagi manusia sangat banyak seperti yang terdapat pada situs https://jendelo.com/.

6.       Kerusakan Lingkungan Sejalan dengan Kerusakan Perilaku Manusia

Alasan selanjutnya adalah karena lingkungan yang rusak mencerminkan kepada perilaku manusia yang ada di sekitarnya. Bisa dilihat bagaimana sebuah lingkungan yang kumuh dan tidak terawat adalah karena manusia yang tinggal di sana juga memiliki kesadaran yang rendah terhadap kelestarian lingkungan. Semakin tinggi kesadaran manusia akan pentingnya kelestarian lingkungan akan menghasilkan lingkungan yang terjaga keasriannya.

Namun ada juga kerusakan lingkungan yang terjadi akibat dari perbuatan oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga menyengsarakan masyarakat serta lingkungan yang ada di sekitarnya. Perbuatan seperti penerbangan liar dan penggalian tambang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang serius apabila tidak dipertimbangkan mengenai kelestarian lingkungannya.

7.       Kerusakan Lingkungan Merugikan Semua Makhluk Hidup

Alasan mengapa kita harus menjaga kelestarian lingkungan berikutnya yaitu kerusakan lingkungan dapat merugikan semua makhluk hidup. Bukan hanya manusia saja yang akan merasakan dampaknya akan tetapi semua makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan juga akan banyak yang musnah.

Manusia senang sekali berbuat kerusakan hingga akhirnya mereka sendiri yang merasakan akibatnya. Perusakan lingkungan sangat berdampak pada berkurangnya sumber makanan. Pada akhirnya manusia akan kesulitan untuk menemukan makanan yang sehat dengan harga yang murah karena harus bergantung dengan produk-produk dari pabrik.

8.       Lingkungan yang Lestari Menyeimbangkan Kehidupan

Menjaga kelestarian lingkungan artinya adalah menjaga keseimbangan kehidupan. Apabila ekosistem terjaga tentu kita juga bisa merasakan betapa semuanya berjalan dengan baik. Udara yang segar, tanah yang subur, sumber daya alam yang melimpah, pemandangan yang indah, semuanya bisa didapatkan asalkan lingkungan tetap terjaga kelestariannya.

Untuk dapat mewujudkan lingkungan yang lestari maka kita sebaiknya berusaha untuk menjaganya. Hindari melakukan perilaku yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan seperti melakukan penebangan liar, buang sampah sembarangan, pembakaran lahan, boros energi, senang merusak alam, senang merusak fasilitas, perburuan liar dan lain sebagainya.

Semua perilaku yang negatif akan berdampak buruk bagi kehidupan kita. Untuk mendapatkan hal-hal positif kita juga harus berusaha untuk melakukan hal positif. Prinsip ini harus dipahami dan dipegang teguh oleh setiap manusia agar terwujud kehidupan yang seimbang.

Demikian informasi tentang alasan-alasan mengapa kita harus menjaga kelestarian lingkungan. Semoga informasi ini meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Wajib tahu, ini manfaat kunyit dan cara budidayanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *