Manfaat Sungai bagi Manusia yang Perlu Diketahui

Diposting pada

Manfaat Sungai bagi Manusia

Manfaat sungai bagi manusia tentunya sangat banyak sehingga kelestarian serta kebersihannya harus selalu dijaga. Tidak sedikit saat ini yang sudah tercemar dengan limbah pabrik yang menjadikannya tidak alami lagi, bahkan airnya menjadi berbau dan berubah warna.

Beberapa Manfaat Sungai bagi Manusia

Indonesia merupakan salah satu negara dengan wilayah perairan lebih luas daripada daratannya. Adanya sungai memberikan berbagai manfaat yang dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia dari berbagai sektor baik dalam segi ekonomi, maupun lainnya. berikut ulasannya:

  1. Pengairan Lahan Pertanian

Peran sungai dalam kehidupan sendiri sangat banyak, salah satunya adalah untuk pengairan lahan pertanian. Hal ini tentunya sangat penting karena untuk jenis selain tadah hujan meski pada musim kemarau tetap dapat ditanami padi, untuk itu diperlukannya pasokan air yang cukup.

Sungai sendiri mendapatkan aliran air dari waduk, hal ini sangat bermanfaat terutama saat musim kemarau tiba. Peran sungai tersebut memberi berbagai kemudahan terutama sebagai pengendali debit air yang mengaliri lahan agar tidak mengering sehingga hasil panen bisa semakin maksimal.

  1. Mengalirkan Air Hujan

Sifat khusus dari air sendiri adalah dapat mengalir dari ketinggian menuju lebih rendah. Saat hujan turun dengan debit yang tinggi tent dapat menyebabkan banjir jika tidak ditampung dengan adanya sungai. Apalagi dengan banyaknya sampah baik organik maupun plastik yang menghalangi aliran air.

Air hujan yang turun secara otomatis akan berkumpul ke sungai sehingga dapat meminimalisir terjadinya banjir. Sebab nantinya akan bermuara pada wilayah seperti laut, bendungan dan lainnya. Namun terkadang, ulah manusia menjadikan tempat tersebut saat ini beralih fungsi misalnya pembuangan sampah.

  1. Pengendali Banjir

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang masih menjadi masalah terbesar saat musim hujan, terutama pada wilayah perkotaan karena daerah resapan semakin sempit. Hal inilah mengapa sungai memiliki peran penting, karena aliran air dapat mengalir dan tidak mengendap.

Agar sungai dapat berfungsi semestinya perlu adanya kesadaran masyarakat menjaga lingkungan, salah satunya tidak membuang sampah sembarangan. Dan mengapa kita harus menjaga kelestaian lingkungan. Sebab, bisa menjadi penyebab banjir dan akhirnya semakin parah jika curah hujan tinggi, akan lebih efektif jika dibarengi dengan penghijauan.

  1. Bermanfaat untuk Menjalankan Berbagai Kegiatan Masyarakat

Kegiatan masyarakat di pedesaan sebagian masih memanfaatkan sungai untuk menjalankan kegiatan setiap harinya mulai dari mencuci pakaian, mandi, buang air besar maupun kecil dan sebagainya. Hal tersebut karena airnya masih jernih dan tidak berbau sehingga lebih aman.

Sumber aliran sungai biasanya dari mata air pegunungan, hal tersebut membuatnya masih jernih dan segar bahkan dapat diminum. Namun, dengan cara khusus agar kotoran atau benda asing tidak ikut masuk dalam tubuh. Perlengkapannya bisa menggunakan perpaduan pasir atau kain dengan tingkat kerapatan tinggi.

  1. Tempat Hidup Ikan dan Makhluk Air Lainnya

Meski tidak sebanyak di lautan namun sungai menyimpan makhluk air yang bermanfaat untuk manusia bisa untuk lauk atau mata pencaharian, misalnya udang, ikan, kerang, emas dan sebagainya. Alam sendiri membawa banyak manfaat bagi manusia sehingga penting untuk dirawat dengan baik.

Masyarakat pedesaan memanfaatkan sungai untuk keperluan karena masih banyak kekayaan alamnya. Hadirnya tempat tersebut menambah keasrian sehingga akan terasa sejuk. Bagi Anda yang ingin menenangkan pikiran wilayah tersebut dapat menjadi solusi terbaik untuk dikunjungi.

  1. Mencari Bafkah

Selain untuk mengendalikan banjir, sungai merupakan sumber nafkah bagi masyarakat misalnya saja penambang pasir, batu, ikan dan sebagainya. inilah mengapa pentingnya merawat keasriannya agar manfaatnya tetap bisa dinikmati sampai anak cucu kelak sehingga sumber mata air tidak mengering.

Terdapat beberapa kekayaan alam yang ada di sungai mulai dari ikan, mas dan masih banyak lainnya. Saat ini tempat tersebut semakin dangkal di beberapa daerah karena beberapa hal sehingga harus sering dikeruk tanahnya agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, yaitu sebagai daerah resapan air.

  1. Tempat Rekreasi

Selain berfungsi untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, sungai juga bermanfaat sebagai tempat rekreasi yang sangat tepat untuk menenangkan diri. Alhasil, pikiran akan semakin fresh dan siap untuk menjalankan kesibukan sehari-hari (terdapat beberapa wahana menarik sayang jika terlewat).

Beberapa daerah menyulap sungai menjadi wahana wisata menyenangkan dan memacu adrenalin, misalnya arung jeram, flying fox dan sebagainya. Kejernihan serta kesejukan alamnya menjadi daya tarik tersendiri serta memberi efek positif untuk pikiran dan tubuh sehingga menjadi lebih rileks dan tenang.

  1. Pembangkit Listrik

Manfaat sungai bagi manusia selanjutnya adalah sebagai pembangkit listrik, aliran yang ada dapat digunakan untuk memutar baling-baling atau biasa disebut kincir air, kemudian mengaktifkan generator. Proses tersebut menghasilkan listrik sehingga dapat menyuplai kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Listrik sendiri merupakan kebutuhan pokok masyarakat modern saat ini, terutama pada wilayah padat penduduk, karena hampir semua kegiatannya berkaitan erat dengan perangkat teknologi. Misalnya handphone , laptop, lampu, mesin cuci, magic com dan masih banyak lainnya.

  1. Sarana Perjalanan atau Transportasi

Sungai yang memiliki tingkat kedalaman tinggi sering difungsikan sebagai tempat transportasi tradisional. Misalnya menggunakan rakit, perahu kayu yang dijalankan menggunakan dayung dan sebagainya. Manfaatnya sendiri sangat banyak sehingga kehadirannya dapat menjalankan roda perekonomian.

Masyarakat pedesaan sering menggunakannya sebagai alat transportasi utama atau khusus menyeberangi sungai. Alasannya adalah, tingkat kedalamannya yang tinggi serta arusnya kuat membuatnya berbahaya jika dilalui tanpa bantuan perahu tersebut.

  1. Tempat Meditasi yang Tepat

Alam merupakan tempat yang menenangkan karena jauh dari hiruk-pikuk suara kendaraan berlalu lalang maupun gangguan lainnya, terutama bagi orang dengan kepribadian introvert. Ketenangan bisa didapatkan sehingga dapat menenangkan pikiran yang kalut karena kesibukan atau permasalahan.

Sebagian besar orang akan tenang saat mendengarkan aliran air ataupun kesejukan yang ditimbulkannya sehingga sangat cocok jika difungsikan untuk menenangkan diri. Tekanan kehidupan seringkali membuat pikiran kalut bahkan lebih parahnya dapat menimbulkan depresi, untuk itu perlu segera ditangani.

  1. Tempat Bermain Anak-anak

Anak-anak tentu senang bermain di air sehingga fungsi lain dari sungai yaitu dapat digunakan untuk bermain bersama teman mulai dari berenang, berpetualang dan sebagainya. Jadi tidak mengherankan jika sebagian anak wilayah pedesaan pintar dalam menyelam.

Meski begitu pengawasan anak saat bermain di dalam air perlu diperkuat lagi, karena banyak kasus yang sudah terjadi karena arus kuat membuat tubuh kecilnya terseret. Hal itu mengakibatkan cidera bahkan merenggut nyawa. Inilah pentingnya kehati-hatian serta selalu waspada saat bermain pada alam bebas.

Manfaat sungai bagi manusia tersebut bisa menjadi tambahan informasi. Penting diperhatikan, agar wilayah tersebut menjalankan fungsinya dengan baik, sangat perlu dijaga dan dirawat agar dapat mewariskannya kepada anak serta cucu atau generasi selanjutnya sehingga mereka bisa menikmati alam dengan baik. Namun semua itu tergantung pribadi masing-masing. Pada situs https://jendelo.com/ juga terdapat manfaat hutan mangrove dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *