Manfaat Sunat

Manfaat Sunat (Khitan) bagi Kesehatan Anak Laki-Laki

Diposting pada

Manfaat Sunat (Khitan) bagi Kesehatan Anak Laki-Laki

Khitan atau yang umum dikenal dengan sunat merupakan perintah dalam agama. Tidak hanya itu, ternyata ada berbagai manfaat sunat (khitan) bagi kesehatan anak laki-laki yang jarang diketahui publik. Dengan berbagai manfaat yang ada, tentu sunat penting untuk dilakukan oleh setiap anak laki-laki.

Berbagai Manfaat Sunat (Khitan) bagi Kesehatan Anak Laki-Laki

Manfaat utama sunat dalam agama adalah mendapatkan pahala lantaran telah menjalankan perintahNya. Namun, ternyata di sisi lain ada beragam manfaat untuk kesehatan. Hal ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian secara ilmiah. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh:

1. Mencegah Infeksi Kandung Kemih

Salah satu manfaat dari sunat untuk laki-laki adalah mencegah terjadinya infeksi kandung kemih. Infeksi kandung kemih sendiri terbilang gangguan kesehatan yang cukup serius sehingga memerlukan penanganan khusus bagi seseorang yang terserang penyakit ini.

Bagi seorang laki-laki yang tidak sunat, maka ia akan kesulitan dalam membersihkan glans lantaran terdapat kulub di penisnya. Risikonya adalah kulup akan dapat dikotori oleh urin yang dapat mengundang bakteri. Inilah yang menyebabkan terjadinya infeksi kandung kemih.

2. Mencegah Kanker Prostat

Selain dapat mencegah terjadinya infeksi kandung kemih, ternyata khitan juga ampuh dalam mencegah kanker prostat pada laki-laki. Bahkan, ini juga dipercaya efektif dalam mencegah seseorang terkena risiko kanker penis ganas. Manfaat lainnya yakni dapat menghindarkan pasangan dari risiko kanker serviks saat berhubungan intim.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh penelitian yang menunjukkan bahwa laki-laki yang disunat saat usianya lebih dari 35 tahun, risiko kanker prostat yang dapat dicegah mencapai 45%. Adapun untuk yang melakukan sunat di usia satu tahun, maka risikonya menurun sampai dengan 14%.

3. Terhindar dari Risiko Fimosis

Manfaat berikutnya dari sunat ini berkaitan dengan hubungan seks, dimana manfaatnya dapat menghindarkan seseorang dari fimosis. Hal ini dikarenakan laki-laki yang sunat tidak perlu lagi menarik kulubnya saat berhubungan seks.

Mengingat sebagian laki-laki merasa kesulitan menarik kulub karena lubangnya kecil. Sedangkan kepala penisnya semakin membesar. Hal ini menyebabkan penis mengalami radang atau balantis. Oleh karena itu, dilakukannya khitan salah satunya adalah untuk memudahkan saat berhubungan intim.

4. Menghindarkan Penyakit Seksual

Khitan atau sunat sangat penting dilakukan karena salah satu manfaatnya adalah mencegah terjadinya penyakit menular seksual. Ketika disunat, kulup yang membungkus ujung penis seseorang akan dibersihkan dengan cara dipotong.

Proses pemotongan dan pembersihan tersebut membuat laki-laki terhindar dari penyakit menular secara seksual. Di antara contoh penyakit menular berbahaya yang dapat dihindari dengan sunat adalah HPV atau Human Papilloma Virus. Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga bisa menghindarkan dari Sifilis dan Herpes.

5. Menghindarkan Penularan HIV

HIV merupakan salah satu penyakit menular berbahaya yang salah satu cara penularannya dengan berhubungan seks. Namun, tahukah Anda bahwa salah satu cara mencegah penularan penyakit mematikan tersebut adalah dengan sunat?

Manfaat sunat dalam menghindarkan penularan HIV itu telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Di antaranya adalah riset yang dilakukan di Kenya dan Uganda. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa risiko terinfeksi HIV pada pria yang disunat menurun sebanyak 60%.

6. Dapat Mencegah Paraphimosis

Manfaat sunat (khitan) bagi kesehatan anak laki-laki berikutnya adalah mencegah Paraphimosis. Ini merupakan kondisi dimana kulup tidak dapat ditarik di posisi yang semestinya. Hal itu disebabkan karena kulup tersangkut di bagian belakang kepala penis yang menjadikan aliran darah ke ujung penis menjadi terbatas.

Paraphimosis tergolong penyakit yang berbahaya bahkan bisa berujung pada infeksi dan jaringan mati. Dengan melakukan sunat, risiko anak laki-laki terkena Paraphimosis sangat kecil. Namun, apabila seseorang yang belum sunat mengalami gangguan tersebut, maka dianjurkan untuk melakukan sunat segera agar tidak kambuh.

7. Kondisi Penis Menjadi Lebih Bersih dan Sehat

Ini adalah manfaat utama dari sunat, yaitu kebersihan serta kesehatan penis semakin terjaga dengan baik. Hal itu disebabkan karena seseorang yang telah disunat lebih mudah dan praktis dan mencuci penis. Kemudahan ini dapat menjaga kesegaran penis sehingga dapat terhindar dari gangguan bakteri.

Kondisi tersebut sangat berbeda dengan anak laki-laki yang tidak disunat. Ia akan cenderung lebih sulit menjaga kebersihan penis lantaran proses pencuciannya lebih susah dibandingkan dengan orang yang sunat. Karenanya, pria yang tidak sunat dianjurkan untuk mencuci kulup secara rutin.

8. Terhindar dari Risiko Belantitis

Selanjutnya, sunat juga bermanfaat bagi kesehatan anak laki-laki dalam mencegah terjadinya Belantisis. Belantitis sendiri merupakan kondisi dimana kepala penis seseorang mengalami bengkak atau meradang. Peradangan tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Di antaranya adalah karena terjadi infeksi seksual menular, iritasi pada bagian kulit, infeksi jamur dan lain sebagainya. Akan tetapi, Belantitis tersebut sangat jarang dijumpai pada laki-laki yang telah dikhitan. Dengan demikian, penis akan terhindar dari pembengkakan.

9. Menghindarkan Seseorang dari Infeksi

Selain beberapa manfaat yang disebutkan di atas, sunat juga bermanfaat untuk menghindarkan infeksi. Hal ini juga dibuktikan oleh penelitian bahwa anak yang disunat memiliki risiko terkena infeksi yang lebih sedikit dibandingkan dengan anak yang tidak disunat. Khususnya untuk jenis infeksi saluran kemih.

Bahkan, Canadian Medical Association Journal menyebutkan bahwa anak laki-laki yang disunat memiliki risiko infeksi lebih rendah mencapai 88%. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2012. Oleh karena itu, sudah terbukti bahwa sunat bermanfaat dalam mencegah infeksi pada organ intim seseorang.

10. Penis Lebih Mudah Menerima Rangsangan

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari sunat bagi anak laki-laki adalah membuat penis lebih sensitif akan rangsangan. Hal ini akan sangat bermanfaat saat berhubungan intim dengan pasangan nantinya. Itu disebabkan karena dengan sunat, bagian glans atau kepala penis menjadi lebih mudah terangsang.

Kemudahan dalam menerima rangsangan tersebut juga dipengaruhi oleh tidak adanya kulub yang menyelimuti kepala penis. Sehingga, sentuhan dan sebagainya menjadi lebih mengena. Mengingat, glans atau kelapa penis sendiri menjadi titik rangsang bagi seorang laki-laki.

11. Kepuasan Seksual Meningkat

Sunat ternyata juga sangat berpengaruh kepada kesehatan seksual. Salah satunya adalah dalam rangka meningkatkan kepuasan saat berhubungan dengan pasangan. Di samping itu, risiko infeksi HPV pun juga cenderung lebih rendah, termasuk untuk pasangan perempuan. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan pada laki-laki dewasa pada tahun 2011.

Bahkan, dalam penelitian disebutkan bahwa ada setidaknya 40% perempuan yang mengaku lebih puas dalam berhubungan seksual terhadap pasangan atau laki-laki yang telah disunat. Kepuasan dalam berhubungan sedikit banyak juga akan berdampak pada kesehatan tubuh dan psikis seseorang.

Berbagai manfaat sunat (khitan) bagi kesehatan anak laki-laki di atas bisa diperoleh apabila diimbangi dengan menjaga kebersihan serta kesehatan organ vital tersebut. Oleh karena itu, untuk anak laki-laki yang hingga hari ini masih belum sunat, sebaiknya segera lakukan anjuran tersebut.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *