Manfaat Peregangan (Stretching) Jika Dilakukan Secara Rutin

Diposting pada

Manfaat Peregangan (Stretching)

Sebelum melakukan aktivitas atau memulai hari-hari, penting sekali bagi kita untuk melakukan peregangan. Peregangan termasuk salah satu bentuk olahraga sederhana yang memiliki manfaat luar biasa. Biasanya sebelum melakukan olahraga yang berat atau beraktivitas sehari-hari seseorang akan melakukan peregangan. Tanpa di lakukan peregangan, olahraga berat nantinya justru bisa menyebabkan masalah pada tubuh. Manfaat peregangan (stretching) penting untuk diketahui agar kita tidak menyepelekannya.

Masih banyak orang yang sebelum melakukan aktivitas tidak pernah melakukan peregangan atau stretching. Padahal sebelum beraktivitas atau setelah bangun tidur jika dilakukan stretching maka tubuh akan merasakan banyak manfaat.

Manfaat Peregangan Bagi Tubuh

Dengan mengetahui manfaat peregangan (stretching) tentu Anda nantinya bisa semakin rajin untuk melakukannya.  Berikut ini adalah beberapa manfaat luar biasa yang akan didapatkan apabila Anda rutin melakukan peregangan sebelum melakukan aktivitas atau olahraga:

Menjadikan Tubuh Semakin Lentur

Manfaat peregangan yang pertama adalah mampu menjadikan tubuh semakin lentur. Bagi Anda yang sering beraktivitas yang berkaitan dengan gerakan berat, stretching adalah hal yang wajib untuk dilakukan.

Anda tentu pernah melihat dan mengamati orang bekerja sebagai seorang binaragawan atau bahkan penari yang selalu melakukan peregangan sebelum melakukan aktivitas. Bukan hanya mereka yang akan melakukan kegiatan olahraga saja yang sebaiknya melakukan peregangan, Anda yang setiap hari harus beraktifitas juga perlu untuk melakukan stretching.

Lakukanlah penguluran atau stretching selama beberapa menit dengan gerakan sederhana. Otot tubuh yang ditarik selama stretching menjadikannya lebih lentur sehingga Anda juga akan memiliki tubuh yang lincah. Jika Anda melakukanya setiap hari maka manfaat olahraga secara teratur yang bisa langsung dirasakan.

Menarik Otot Yang Kaku

Manfaat peregangan (stretching) berikutnya yang juga penting untuk Anda ketahui yaitu sangat efektif untuk menarik otot yang kaku. Tubuh yang tidak pernah dilakukan penguluran biasanya otot akan terasa kaku sehingga sulit untuk digerakkan. Ciri dari otot kaku adalah tidak lentur dan terasa berat apabila harus digerakkan untuk beraktivitas.

Agar otot tidak kaku maka salah satu cara yang sangat efektif adalah dengan melakukan stretching. Anda bisa melakukan stretching mulai dari bagian kepala lalu turun ke bagian tangan hingga ke bagian kaki. Otot-otot tersebut setelah di stretching akan terasa lebih nyaman dan leluasa untuk digerakkan.

Mengatasi dan Menghindari Nyeri

Banyak orang yang mengalami masalah seperti nyeri punggung atau bahkan nyeri pinggang. Masalah masalah seperti ini bisa terjadi akibat kesalahan saat beraktivitas atau karena adanya gangguan pada otot. Penting sekali bagi Anda untuk melakukan penguluran setiap hari terutama sebelum melakukan aktivitas agar bisa terhindar dari masalah nyeri seperti ini.

Apabila Anda akan melakukan olahraga berat misalnya saja berenang, bermain bola atau jenis olahraga lainnya, tanpa dilakukan penguluran nantinya otot bisa mengalami cedera. Otot yang kaku juga mudah mengalami gangguan apalagi jika tiba-tiba dipaksa untuk melakukan gerakan yang kuat dan cepat.

Selain mampu membantu menghindari otot mengalami nyeri, melakukan penguluran juga sangat membantu untuk meringankan masalah pada otot. Misalnya saja Anda mengalami nyeri punggung karena salah posisi tidur atau yang lainnya, cobalah untuk melakukan penguluran pada bagian yang sakit secara rutin maka masalah otot nyeri akan berkurang.

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat peregangan (stretching) berikutnya yang juga tidak kalah menarik yakni mampu membantu melancarkan peredaran darah. Otot yang kaku biasanya karena jarang digerakkan atau tidak mendapatkan latihan yang cukup. Jika Anda memiliki otot yang kaku itu artinya peredaran darah juga kurang lancar.

Melakukan stretching pada bagian otot tubuh akan sangat membantu untuk menarik pembuluh darah Sehingga nantinya juga akan berdampak pada lancarnya aliran darah. Apabila aliran darah lancar tentu akan ada banyak manfaat luar biasa bagi tubuh. aliran darah yang lancar membuat organ-organ tubuh bekerja secara optimal serta menjadikan Anda lebih bugar.

Menjadikan Tubuh Semakin Lincah

Sebelum melakukan aktivitas yang berat, tubuh perlu untuk dipersiapkan terlebih dahulu. Untuk mempersiapan tubuh agar siap untuk diajak beraktivitas atau melakukan kegiatan sehari-hari maka cobalah melakukan stretching.

Melemaskan otot tubuh dengan stretching secara otomatis membuat gerak tubuh juga semakin leluasa. Otot yang sudah dilemaskan juga semakin lincah apabila diajak untuk bergerak cepat. Jika Anda memiliki otot yang kaku atau apabila digunakan untuk bergerak sebentar saja sudah terasa capek itu tandanya Anda harus melakukan olah raga. Lakukan olahraga sederhana dan sebaiknya dimulai dengan stretching.

Setelah melakukan stretching, otot akan terasa lebih ringan sehingga ketika Anda beraktivitas, misalnya saja seperti berlari, berenang, berjalan atau melakukan aktivitas apapun juga akan terasa lebih santai.

Menghindari dan Mengurangi Stres

Manfaat peregangan (stretching) lain yang juga sangat luar biasa yaitu membantu untuk mengurangi stres. Di dalam tubuh kita memang ada hubungan yang erat antara otak dengan semua organ tubuh. Apabila otot kaku maka peredaran darah menjadi tidak lancar sehingga seseorang akan mudah mengalami stres. Untuk membantu mengurangi stres Anda hanya perlu untuk memanajemen pikiran serta mencoba untuk melemaskan otot-otot agar peredaran darah kembali lancar.

Jika peredaran darah lancar tentu pasokan oksigen menuju otak serta organ-organ lain juga akan semakin optimal. Hal ini sangat efektif untuk menjadikan pikiran lebih tenang dan tubuh terasa lebih nyaman.

Memang stress bisa dipicu akibat masalah-masalah dari luar yang terkadang tidak ada hubungannya dengan otot. Akan tetapi dengan melakukan stretching maka secara tidak langsung Anda sedang mencoba untuk memanjakan diri dan membuat saraf-saraf serta pembuluh darah bekerja dengan baik.

Tips agar stres segera hilang dan terhindar dari stres setiap harinya adalah dengan melakukan sugesti diri setiap pagi dengan pikiran yang positif. Kombinasikan dengan olahraga ringan seperti stretching dan minum air putih secara teratur. Karena, manfaat minum air putih sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Membantu Memperbaiki Postur Tubuh

Banyak orang yang memiliki postur tubuh tidak sesuai dengan harapan misalnya saja kurang tinggi, punggung yang bengkok, kaki yang sedikit kurang lurus dan lain sebagainya.

Masalah seperti ini memang bukan masalah yang mudah untuk diatasi apalagi jika ternyata memang disebabkan oleh faktor keturunan. Namun bagi Anda yang merasa jika masalah tersebut bukan faktor keturunan dan dapat diatasi dengan terapi rutin seperti stretching maka sebaiknya melakukan stretching setiap hari agar postur tubuh bisa semakin membaik.

Sudah banyak orang yang membuktikan jika melakukan stretching rutin dengan posisi atau cara yang tepat bisa membantu memperbaiki postur tubuh. Anda hanya perlu melakukannya dengan sungguh-sungguh dan teratur agar hasilnya bisa terlihat. Dibutuhkan kesabaran yang besar untuk bisa memiliki postur tubuh sesuai dengan keinginan. Kombinasikan dengan olahraga lain yang bisa membentuk tubuh Anda semakin ideal.

Demikianlah informasi tentang manfaat peregangan (stretching) yang sangat luar biasa bagi tubuh. Lakukan stretching secara rutin dengan gerakan-gerakan sederhana agar Anda bisa merasakan manfaatnya manfaatnya dengan nyata. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Dan jangan lupa kunjungi situs kami Jendelo.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *