Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Diposting pada

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan memang tak perlu diragukan lagi. Minyak dari buah yang namanya disebutkan dalam Al-Quran ini, biasanya digunakan sebagai alternatif minyak untuk memasak agar lebih sehat. Usut punya usut, minyak zaitun ini tak hanya digunakan sebagai alternatif dalam memasak. Ternyata, ada segudang manfaat minyak zaitun bagi kesehatan yang perlu kita tahu. Yuk, intip apa saja manfaat minyak zaitun ini!

Didalam buah zaitun, terkandung omega-3 dan omega-6, 15mg vitamin E yang dapat mencukupi 72% kebutuhan harian dalam tubuh, serta terdapat pula kandungan 61mg vitamin K yang dapat mencukupi 75% kebutuhan harian bagi tubuh.

Tak hanya diperkaya dengan vitamin yang baik bagi kesehatan, ternyata minyak zaitun ini tidak memiliki kandungan kolesterol, karbohidrat serta lemak di dalamnya. Inilah alasan mengapa minyak zaitun baik bagi kesehatan tubuh kita.

Dengan kandungan yang kaya akan kebaikan ini, manfaat minyak zaitun bagi kesehatan sudah tak perlu diragukan lagi. Dalam dunia kecantikan, jelas sudah bahwa minyak zaitun mampu menjaga kelembapan kulit. Tak cukup dengan itu, masih ada banyak manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh yang belum banyak orang tahu. Penasaran? Berikut penjelasannya!

Ini 7 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Orang Tahu

  1. Baik Untuk Memelihara Kesehatan Jantung

Siapa sangka ternyata minyak zaitun baik untuk memelihara kesehatan jantung. Pada umumnya, pasien penyakit jantung akan diminta untuk melakukan diet mediteranian, ternyata minyak zaitun adalah bagian pokok yang tak bisa dilepaskan dari diet mediteranian ini.

Didalam minyak zaitun tak terdapat kandungan kolesterol yang berbahaya bagi tubuh, inilah mengapa mereka yang mengkonsumsi minyak zaitun dalam keseharian cenderung terhindar dari penyakit kardiovaskuler, termasuk disana hipertensi, stroke dan juga hiperlipidemia. Dimana jenis penyakit ini disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol serta trigliserida yang ada di dalam darah.

Tak hanya itu, minyak zaitun yang dikonsumsi secara teratur, terbukti dapat membantu serta mengurangi terjadinya peradangan, mengatasi masalah pada dinding lapisan dalam pembuluh darah, mengatasi trombosisi serta menjaga metabolisme karbohidrat di dalam tubuh kita.

  1. Meminimalisir Terjadinya Peradangan Usus Kronis

Kasus Ulcerative colitis adalah jenis peradangan usus kronis yang paling umum ditemui. Ternyata, penyakit ini bisa dihindari dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur. Peneliti dan ilmuwan asal Inggris, mengatakan bahwa peradangan usus kronis dapat diminalisir dengan mengkonsumsi lebih banyak asam oleat.

Kandungan asam oelat ini dapat ditemukan dalam minyak zaitun. Asam oleat akan bekerja dengan memblokir sejumlah senyawa aktif yang terdapat di dalam usus yang dapat memperburuk peradangan akibat penyakit ini. Sebab hal inilah, penderita peradangan usus kronis dianjurkan untuk banyak menerima asupan asam oleat, salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut, Mencegah Rambut Bercabang dan Mengatasi Ketombe

Bukan minyak zaitun namanya jikalau tak mampu menjadi solusi dari banyak persoalan pada manusia. Dalam dunia kecantikan, minyak zaitun tak hanya bekerja untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Minyak zaitun dipercaya sebagai obat untuk perawatan rambut yang tak perlu diragukan lagi keajaibannya.

Minyak zatun diperkaya dengan kandungan vitamin A dan vitamin E, dimana vitamin ini mampu mengatasi masalah rambut kering atau bercabang akibat terpapar sinar matahari dan juga polusi.

Bagaimana cara mengaplikasikannya? Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menuangkan minyak zaitun di telapak tangan secukupnya, setelahnya langsung usapkan ke kulit kepala dan ujung rambut yang masih sedikit basah. Minyak zaitun baik diaplikasikan ketika rambut masih setengah basah agar air yang tersisa dapat menghilangkan sensasi berminyak pada rambut.

Ternyata, tak hanya berguna dalam mengatasi rambut keringdan bercabang, minyak zaitun yang dicampurkan dengan sari lemon ampuh dalam mengatasi ketombe yang bersarang abadi di kulit kepala. Asam alami yang didapati dari sari lemon akan bekerja dalam mengikis lapisan ketombe, minyak zaitun akan mengambil alih dalam menjaga kelembapan lapisan kulit kepala.

Untuk merasakan khasiat minyak zaitun dengan campuran sari lemon ini caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan minyak zaitun dengan sari lemon, setelahnya tambahkan air seperlunya. Aplikasikan ke kulit kepala, pijat secara lembut. Diamkan selama lebih kurang 20 menit, lalu bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini maksimal seminggu sekali agar khasiat minyak zaitun dalam mengatasi masalah pada kulit kepala segera Anda rasakan.

  1. Mengurangi Resiko Depresi

Tahukah Anda bahwa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan lainnya adalah dapat mengurangi resiko stress atau depresi. Penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang lebih suka mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak trans, dipercaya memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terserang depresi atau stress, jikalau dibandingkan dengan orang yang lebih suka mengkonsumsi makanan sehat.

Ternyata, konsumsi lemak trans atau lemak jahat yang berlebihan tak hanya meningkatkan resiko penyakit berbahaya, tetapi dapat pula meningkatkan resiko terkena stress ataupun depresi.

  1. Meminimalisir Resiko Kanker Payudara

Satu dari sekian penyakit mematikan yang sebisa mungkin dihindari seorang wanita adalah kanker payudara. Kanker payudara bisa terjadi dan disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Dari tahun ke tahun, angka kematian yang disebabkan oleh kanker payudara terus menunjukkan angka peningkatan. Mengkonsumsi minyak zaitun dipercaya ampuh dalam mengurangi resiko kanker payudara.

Didalam minyak zaitun ini, terdapat kandungan yang tak didapati dari minyak nabati lainnya, yakni kandungan yang dapat mengurangi aktivitas sel-sel kanker dalam tubuh kita. Selain itu, minyak zaitun juga dipercaya mampu mencegah kerusakan pada DNA serta mempercepat kematian sel-sel tumor dalam tubuh.

  1. Mengurangi Resiko Obesitas

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang memilih menggunakan minyak zaitun untuk memasak adalah untuk menghindari resiko berat badan berlebih, atau dikenal dengan istilah obesitas.

Obesitas adalah penyakit yang disebabkan oleh berat badan berlebih, akibat konsumsi lemak jahat secara terus-menerus. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak, dapat meningkatkan berat badan secara besar-besaran.

Sebagian orang yang menyadari bagaimana mengerikannya obesitas dan pengaruh lemak bagi tubuh, memilih untuk sebisa mungkin menghindari jenis makanan yang menjadi sumber lemak bagi tubuh. Salah satu alternatif yang  bisa digunakan adalah dengan menggunakan minyak zaitun dalam memasak.  Minyak zaitun adalah konsetrat lemak. Dengan begini, mengkonsumsi minyak zaitun tak akan membuat berat badan bertambah sekalipun dikonsumsi dalam jumlah banyak.

  1. Menjaga Kesehatan Usus

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan selanjutnya yang tak banyak diketahui orang adalah dapat menjaga kesehatan serta kebersihan dari usus. Minyak zaitun kaya akan kandungan antioksidan yang akan berperan dalam mencegah serta mengurangi resiko berbagai penyakit kronis.

Selain itu, didalam minyak zaitun terdapat pula kandungan senyawa yang sifatnya antibakteri sehingga mampu membunuh kuman serta menghambat pertumbuhan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Apabila minyak zaitun ini dikonsumsi, senyawa antibakteri yang ada didalamnya akan bekerja dengan baik dalam membunuh Helicobacter pylori, yakni bakteri jahat yang menghuni usus manusia serta dapat menyebabkan terjadinya ulkus lambung bahkan kanker perut.

Terjawab sudah apa saja manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh. Setelah membaca ulasan ini, apakah Anda masih ragu dalam mengkonsumsi minyak zaitun dalam kehidupan sehari-hari? Selain itu Anda juga dapat menemukan cara menghemat listrik di rumah dan tips mengatur keuangan keluarga agar tidak boros hanya di situs Jendelo.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *