Manfaat Hutan Mangrove (Hutan Bakau)

Diposting pada

Manfaat Hutan Mangrove

Alam yang ada disekitar kita perlu untuk selalu dijaga. Kerusakan alam akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup setiap makhluk yang ada di sekitar. Laut menjadi salah satu tempat yang banyak dihuni oleh makhluk hidup. Untuk menjaga keberlangsungan hidup makhluk yang ada di sekitar pantai dan laut maka kita perlu untuk menjaga hutan mangrove yang ada di sekitar pantai. Anda perlu mengetahui tentang manfaat hutan mangrove.

Seperti yang kita tahu bahwa biasanya di pinggir pantai terdapat hutan mangrove. Hutan ini memiliki perbedaan yang sangat jelas dari hutan pada umumnya. Hutan mangrove sering juga disebut dengan hutan bakau. Tanaman utama yang tumbuh di dalam hutan mangrove adalah tanaman bakau.

Tidak semua jenis tanaman bisa tumbuh dengan baik di pinggir pantai. Hal ini dikarenakan pantai memiliki kandungan garam yang tinggi sehingga hanya tanaman tertentu yang bisa tumbuh di sana. Hutan mangrove biasanya tumbuh subur di pinggir pantai dan memiliki manfaat yang luar biasa. Di sini kita akan membahas tentang manfaat hutan mangrove terhadap lingkungan dan juga keberlangsungan makhluk hidup.

Mengetahui Manfaat Hutan Mangrove

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa hutan mangrove yang ditanam di pinggir pantai memiliki manfaat yang luar biasa. Mereka yang tidak mengetahui tentang manfaat untuk menganggap bahwa hutan mangrove adalah sesuatu yang biasa saja atau bahkan terlihat menutupi pantai. Mengapa kita harus menjaga kelestarian lingkungan. Mengetahui manfaat dari hutan mangrove, Anda akan semakin peduli terhadap lingkungan serta bisa ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitar pantai.

Mencegah Terjadinya Abrasi

Manfaat hutan mangrove yang pertama dan sangat penting untuk Anda ketahui adalah mampu membantu mencegah terjadinya abrasi. Anda tentu sudah sering mendengar mengenai apa itu abrasi. Abrasi adalah terkikisnya pantai akibat ombak sehingga menyebabkan pantai semakin sempit. Apabila terjadi abrasi dibiarkan maka akan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang lebih parah.

Banyak dari para pecinta dan pemerhati lingkungan yang berusaha untuk menghindari abrasi dengan melakukan penanaman tanaman bakau. Akar-akar dari tumbuhan bakau sangat efektif untuk menjaga pantai agar terhindar dari abrasi.

Anda perlu untuk mengetahui tentang bahaya dari abrasi. Apabila pantai terus terkikis dan air laut semakin kuat maka itu artinya kemungkinan terjadi penyempitan bibirnya pantai atau bahkan penggerusan sekitar pantai akan semakin luas

Menjadi Tempat Tinggal Berbagai Macam Menantang Laut

Hutan mangrove merupakan tempat yang sangat nyaman untuk tinggal berbagai macam binatang laut. Anda bisa menemukan berbagai macam hewan laut yang tinggal di sekitar hutan mangrove misalnya saja seperti kepiting, kerang, lobster, ikan-ikan kecil dan berbagai macam binatang laut lainnya.

Apabila hutan mangrove dilestarikan dan tumbuh subur, masyarakat di sekitar hutan mangrove juga bisa mendapatkan berbagai hasil tangkapan yang bisa dikonsumsi. Alam yang selalu terjaga akan menyuguhkan sesuatu yang indah dan tak ternilai harganya.

Bisa Anda bayangkan sendiri apabila tidak ada hutan mangrove di sekitar pantai. Masyarakat sekitar harus bersusah payah untuk mendapatkan tangkapan laut apalagi jika terjadi kerusakan lingkungan.

Alam akan selalu adil dan memberikan timbal balik yang seimbang bagi manusia. Apabila manusia menjaga alam maka alam akan memberikan yang terbaik bagitu juga sebaliknya. Jadi kita sebagai manusia perlu untuk menjaga alam agar kelestariannya selalu terjaga

Menyediakan Oksigen Bagi Makhluk yang Ada Di Sekitar

Manfaat hutan mangrove yang berikutnya yaitu bisa menjadi penghasil oksigen untuk lingkungan di sekitarnya. Semakin subur hutan mangrove tentu udara di sekitar juga akan semakin segar. Suasana pantai biasanya sangat panas karena jarang terdapat pepohonan. Akan tetapi jika Anda berada di pantai yang terdapat banyak tanaman bakau tentu suasananya akan terasa lebih sejuk.

Saat ini hutan mangrove sudah semakin sedikit. Bahkan bukan hanya hutan mangrove saja akan tetapi hutan yang ada di daratan indonesia juga semakin berkurang. Banyaknya pembangunan membuat udara di sekitar semakin tercemar. Semakin sedikit hutan yang ada di dunia tentu membuat udara juga akan semakin memburuk.

Untuk menghindari terjadinya kerusakan lingkungan dan polusi udara yang terlalu padat sebagai kita berusaha untuk melestarikan lingkungan sejak sekarang. Salah satu bentuk kelestarian lingkungan adalah dengan melestarikan hutan mangrove.

Membantu Membersihkan Lingkungan

Alam laut dan pantai seringkali mudah tercemar dengan berbagai macam limbah. Mangrove mampu membantu untuk mengurangi pencemaran air di sekitar pantai. Anda bisa melihat betapa pantai yang terdapat hutan mangrove terlihat lebih bersih.

Mangrove atau tanaman bakau mampu menyerap dan menguraikan limbah seperti deterjen, minyak dan jenis limbah lainnya. Air laut yang bersih bisa menjadi tempat tinggalnya nyaman bagi berbagai macam binatang laut, sehingga manusia bisa memanfaatkan.

Bersihnya lingkungan di sekitar hutan mangrove membuat banyak hewan senang tinggal di sana. Anda bisa menemukan berbagai macam binatang laut yang hidup dengan bahagia di sekitar akar-akar tumbuhan bakau.

Memperindah Pemandangan Sekitar Pantai

Manfaat hutan mangrove berikut ini yang tidak kalah menarik adalah mampu memperindah pemadangan disekitar pantai. Saat ini hutan mangrove bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk mempertahankan kelestarian lingkungan sekitar pantai. Sudah banyak hutan mangrove yang saat ini diubah menjadi objek wisata.

Adanya tanaman bakau di sekitar pantai membuat suasana di sekitar pantai akan terasa lebih menyenangkan. Hutan mangrove bisa membentuk sebuah pulau di tengah perairan karena mampu mengumpulkan partikel-partikel sehingga membentuk gundukan seperti pulau kecil. Adanya hutan mangrove di sekitar pantai membuat pemandangan bawah laut juga semakin indah. Semakin banyak binatang yang hidup di sekitar hutan mangrove tentu juga membantu masyarakat untuk bisa mendapatkan sumber makanan dengan lebih mudah.

Ada begitu banyak manfaat hutan mangrove yang bisa didapatkan manusia dan juga bahkan bagi makhluk hidup lainnya. Saat ini keberadaan hutan mangrove di Indonesia semakin berkurang. Banyaknya project pembangunan di pinggir pantai membuat banyak hutan mangrove harus di hilangkan. Padahal hutan angrove memiliki peranan yang sangat penting bagi kelestarian lingkungan dan juga binatang yang tinggal ke sana.

Setelah Anda mengetahui tentang beberapa manfaat hutan mangrove bagi lingkungan dan juga manusia, Anda perlu untuk sadar dan berusaha untuk ikut melestarikan hutan mangrove. Bagi yang berada di sekitar pantai dan dekat dengan hutan mangrove ajaklah masyarakat di sekitar untuk melestarikan dan menjaganya. Apabila di sekitar pantai sudah mulai terjadi abrasi atau erosi baiknya segera ditanami tanaman bakau agar kerusakan yang lebih parah bisa dihindari.

Demikian informasi tentang manfaat hutan mangrove bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar. Manfaat sungai bagi manusia juga sangat penting, yang dikutip dari situs https://jendelo.com/. Semoga kita semakin mencintai lingkungan danĀ  keberadaan hutan mangrove Indonesia. Jika informasi ini bermanfaat jangan ragu untuk membagikan kepada yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *