Manfaat dan Cara Budidaya Jeruk Nipis

Diposting pada

Manfaat dan Cara Budidaya Jeruk Nipis

Siapa yang tidak suka dengan buah-buahan? Apalagi jeruk yang memiliki beragam rasa khas (ada masam dan juga manis). Buah ini juga mempunyai beragam jenis dan salah satu poin yang akan dibahas pada ulasan ini ialah manfaat dan cara budidaya jeruk nipis.

Mengenal Manfaat dan Khasiat dari Jeruk Nipis

Jeruk nipis sendiri merupakan tanaman buah yang memiliki musim panen tahunan dan berasal dari Asia. Dengan kandungan vitamin dan mineral yang begitu melimpah. Menjadikan buah ini mempunyai beragam khasiat untuk kesehatan manusia.

Berikut merupakan daftar manfaat serta khasiat dari buah jeruk nipis bagi kesehatan manusia:

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sering kali ditemui bahwa suplemen tubuh banyak yang menggunakan vitamin C dalam kandungan pembuatan nya. Hal tersebut karena jeruk nipis sendiri adalah sumber alami dari vitamin C.

Apabila Anda rajin minum air perasan jeruk nipis. Maka kandungan antioksidan di dalamnya yang berupa flavonoid dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Tentunya akan membuat kondisi kesehatan tetap menjadi bugar.

  1. Mencegah Risiko Kanker

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata buah ini juga dapat digunakan sebagai pencegah penyakit kanker. Hal tersebut terjadi karena jeruk nipis mempunyai kandungan limonoid.

Kandungan limonoid sendiri dalam jeruk nipis berperan menjadi penangkal radikal bebas pada tubuh. Hal tersebut bisa menurunkan beberapa risiko jenis kanker seperti leukimia, kanker lambung dan kanker usus besar.

  1. Meredakan Radang Tenggorokan

Saat sedang menderita radang tenggorokan tentu yang Anda rasakan sangatlah tidak enak dan nyaman karena akan mengalami kesulitan saat hendak menelan makanan. Tidak heran jika kerap kali seseorang menganjurkan untuk mengkonsumsi jeruk nipis sebagai obat.

Ternyata hal tersebut benar dapat menyembuhkan. Caranya peras sebuah jeruk nipis dalam secangkir gelas kemudian cukup tambahkan 3 sendok makan madu. Setelah itu, sudah bisa di konsumsi dan supaya segera sembuh dianjurkan meminumnya 2 kali sehari.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Menjadi salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia menjadikan Penyakit jantung menjadi sebuah ancaman nyata setelah sekian lama hingga saat ini. Beruntungnya, penelitian memberitahukan bahwa jeruk nipis bisa menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung.

Hal tersebut karena kandungan vitamin C tinggi pada jeruk nipis. Membuat buah ini bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang jadi faktor risiko utama penyakit jantung. Selain itu juga, dapat melindunginya dari aterosklerosis.

  1. Menghilangkan Bau Badan atau Ketiak

Bagi Anda yang sering mengeluh atau minder dengan bau badan. Jeruk nipis bisa menjadi alternatif mudah untuk menghilangkan masalah tersebut. Sebab pada buah ini kaya akan vitamin C, flavonoid, serta kandungan lainnya.

Cara penggunaan nya sebagai penghilang bau ketiak pun mudah. Cukup dengan menggunakan jeruk nipis seperti ketika mengaplikasikan deodoran pada ketiak Anda. Untuk mendapat hasil maksimal gunakan sesudah mandi.

  1. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Zat besi ialah nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh guna membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh badan. Apabila kadarnya terlalu rendah dapat mengakibatkan anemia defisiensi besi. Gejala nya seperti mudah lelah, pucat, serta kulit dan rambut kering.

Biasanya orang dengan pola makan vegan memiliki risiko lebih besar mengalami penyakit ini. Nah, untuk membantu pencegahan dapat mengkonsumsi makanan tinggi vitamin C. Seperti jeruk nipis sehingga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

  1. Menyeimbangkan Ph Tubuh

Ph adalah keseimbangan antara asam dan basa yang ada dalam tubuh. Ini menjadi hal penting digunakan sebagai faktor penentu apakah badan sehat atau tidak. Apabila kandungan tersebut tak seimbang maka dapat kemungkinan Anda bisa jatuh sakit.

Salah satu manfaat lain Jeruk nipis ialah dapat digunakan untuk menyeimbangkan pH Tubuh. Dengan kata lain. bila telah seimbang akan membuat Anda tetap bugar sepanjang waktu.

  1. Menghilangkan Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan sebuah kristal mineral kecil yang menimbun di dalam ginjal. Hal ini mengakibatkan timbulnya rasa sakit ketika buang air kecil. Benda tersebut dapat terbentuk saat Anda mempunyai kandungan pembentuk batu tingkat tinggi pada urin, seperti kalsium.

Jeruk nipis memang memiliki kandungan asam sitrat tinggi. Maka, bisa debagai pencegah batu ginjal dengan menambahkan kadar sitrat dan mengikat mineral pembentuk batu dalam urin. Dapat disimpulkan orang sering mengkonsumsi buah ini lebih rendah mengalami batu ginjal.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Suatu penelitian menemukan bahwa perempuan yang rutin memakan makanan dengan kandungan vitamin C tinggi dari sumber alami seperti jeruk nipis. Memiliki kecenderungan risiko mengalami kulit keriput dan kering pada masa tua yang lebih rendah.

Hal ini karena jeruk nipis mempunyai kandungan yang bisa membuat kesehatan kulit tetap terjaga, kencang dan kuat. Sehingga membantu tetap awet muda. Seperti vitamin C tinggi dan Antioksidan di dalamnya.

Cara Membudidayakan Jeruk Nipis

Nah setelah membahas khasiat nya, sesuai di awal akan menjelaskan manfaat dan cara budidaya jeruk nipis. Kini akan menerangkan proses pembudidayaan nya. Perlu Anda ketahui mengelola tanaman ini telah dilakukan sejak lama di Indonesia.

Maka tidak mengherankan mungkin beberapa sudah tidak asing lagi. Untuk itu berikut merupakan tahapan mengelola budidaya jeruk nipis:

  1. Menentukan Metode Penanaman Jeruk Nipis

Sebelum melakukan penanaman jeruk nipis. Anda perlu mengetahui, bahwa terdapat dua metode tanam yang dapat dilakukan, yakni generatif dan vegetatif.

Metode generatif dikerjakan menggunakan biji yang telah tua dengan melakukan penyemaian biji terlebih dahulu baru kemudian memindahkannya ke media tanam. Sedangkan vegetatif, dilakukan secara cangkok pada salah satu cabang batang tanaman yang sudah berumur. Selain jeruk nipis di situs Jendelo.com juga terdapat manfaat dan cara budidaya bawang putih serta manfaat kunyit dan cara budidayanya.

  1. Mempersiapkan Bibit Jeruk Nipis

Faktor utama yang menyebabkan jeruk nipis dapat cepat berbuah ialah terdapat pada bibit. Langkah itu didapat sesuai dengan pilihan metode penanamannya.

Pembudidayaan jeruk nipis menggunakan cara vegetatif dengan cangkok dapat lebih cepat berbuah. Bila dibandingkan metode generatif atau secara penanaman biji yang membutuhkan waktu hingga 4-5 tahun baru dapat memiliki buah.

  1. Penanaman Buah Jeruk

Dalam penanaman tanaman jeruk nipis Anda harus menggunakan lahan atau yang subur. Bila belum sebelum menanam bisa menambahkan pupuk kompos terlebih dahulu. Selain itu juga perlu menetralkan Ph tanah yang dapat dilakukan dengan menggunakan kapur dolomit.

Jarak penanaman juga perlu diperhatikan di mana itu berfungsi supaya pohon jeruk nipis memperoleh sinar matahari yang rata. Selisih tanaman nya ialah 4 x 3 meter dan lubang digali 2 minggu sebelum melakukan penancapan tanaman nya.

  1. Merawat Tanaman Jeruk Nipis

Langkah selanjutnya ialah merawat tanaman jeruk nipis. Namun, perawatannya harus dilakukan secara rutin seperti pemangkas, menyiram, membersihkan gulma dan memupuk. Dari hal itu semua memiliki tujuan masing-masing.

Pertama, pemangkasan dilakukan supaya penyakit pada dahan tidak menyebar ke lainnya. Kedua pembersihan gulma agar pohon tetap sehat. Berikutnya tambahkan pupuk pada jeruk nipis. Langkah ini dilakukan 2 kali saja, ketika awal penanaman dan saat telah mulai berbuah.

  1. Proses Panen

Ketika masa panen tiba usahakan petik buah yang memiliki warna kekuningan dahulu. Sebab apabila terlalu matang atau kuning akan jatuh sendiri pohon saat ditiup angin. Jeruk nipis pada satu pohonnya bisa mencapai lebih 500 buah dalam tiap tahunnya.

Demikian itu tadi manfaat dan cara budidaya jeruk nipis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba menanam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *