Kenali Gejala-Gejala Usus Buntu

Diposting pada

Kenali Gejala-Gejala Usus Buntu

Apabila tubuh mengalami masalah biasanya akan menunjukan sinyal atau gejala. Salah satu jenis penyakityang banyak dialami oleh masyarakat adalah usus buntu. Penyakit ini cukup menyiksa karena dapat menyebabkan gejala yang parah. Bahkan kebanyakan dari penderita usus buntu harus melakukan operasi untuk meredakan gejala-gejala yang muncul. Kenali gejala-gejala usus buntu agar bisa dilakukan penanganan yang dapat dan tepat.

Apabila suatu gejala penyakit cepat untuk dikenali maka akan bisa dilakukan penanganan yang cepat. Semakin cepat penyakit mendapatkan pengobatan tentu gejala bisa segera dihilangkan. Penanganan cepat juga efektif untuk menghindari penyakit yang semakin parah.

Kenali gejala-gejala usus buntu apabila memang ingin terhindar dari masalah kesehatan yang lebih parah. Namun sebelum membahas mengenai gejala usus buntu maka Anda perlu mengetahui apa penyebab dari penyakit satu ini. Dengan mengetahui apa penyebab usus buntu Anda bisa melakukan pencegahan.

Penyebab Terjadinya Usus Buntu

Penyakit usus buntu merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Usus buntu dapat disebabkan karena adanya peradangan pada bagian usus atau bahkan terjadi penyumbatan.

Banyak orang yang beranggapan bahwa mengkonsumsi makanan tertentu dapat menyebabkan penyakit ini. Bahkan banyak orang awam yang mengatakan jika mengkonsumsi makanan seperti cabai, jambu atau makanan berbiji kecil dapat menyebabkan terjadinya usus buntu. Anggapan ini mungkin saja  benar atau mungkin saja tidak. Pernyataan dari orang awam tentu perlu untuk diperjelas oleh para dokter ahli agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Sebenarnya setiap manusia memiliki saluran yang disebut dengan usus buntu. Akan tetapi usus buntu ini tidak menjadi masalah asalkan tidak terjadi peradangan. Usus buntu bisa mengalami masalah apabila terjadi penumpukan atau penyumbatan baik itu seperti kotoran, lendir atau bahkan adanya parasit yang menyebabkan pembusukan di sekitar usus tersebut.

Apabila kotoran yang menyumbat tersebut menumpuk maka dapat menyebabkan serangan bakteri sehingga radang pada usus buntu akan menimbulkan gejala yang menyakitkan. Ketika Anda merasakan gejala penyakit usus buntu sebaiknya jangan langsung menyimpulkan bahwa itu adalah usus buntu, akan tetapi berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Gejala Usus Buntu

Seperti yang sering terjadi pada penyakit lain, penyakit usus buntu juga bisa menunjukkan gejala yang sangat jelas. Apabila tubuh mengalami masalah, tubuh biasanya akan mengirimkan sinyal agar bisa mendapatkan perawatan. Berikut ini adalah beberapa gejala usus buntu yang perlu untuk dikenali:

Nyeri Perut

Gejala pertama yang sering muncul ketika seseorang terkena infeksi usus buntu adalah dapat menyebabkan nyeri perut. Rasa nyeri pada bagian perut ini diakibatkan karena adanya infeksi pada bagian usus sehingga menyebabkan perut mengalami masalah yang cukup serius.

Nyeri yang terjadi bukan seperti nyeri biasa akan tetapi terasa lebih berat sehingga sangat menyiksa. Para penderita usus buntu akan merasa tersiksa dengan gejala nyeri yang terjadi pada perut. Apabila tubuh mengalami nyeri perut memang sebaiknya segera diperiksakan agar segera bisa diobati.

Demam

Gejala usus buntu selanjutnya yaitu seseorang bisa saja mengalami demam ringan atau bahkan demam tinggi. Ketika tubuh mengalami masalah pada bagian tertentu, tubuh akan tunjukkan sinyal atau gejala untuk memberitahu bahwa terjadi masalah pada tubuh. Demam adalah gejala yang umum terjadi ketika tubuh terserang penyakit.

Umumnya demam yang terjadi ketika seseorang mengalami usus buntu adalah sekitar 38 derajat celcius atau bahkan lebih. Apabila tubuh sudah mencapai suhu di atas normal maka jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Mual

Ketika tubuh merasa tidak nyaman maka bisa saja menyebabkan perasaan mual hingga muntah. Pencernaan yang terganggu membuat proses pencernaan makanan juga tidak berjalan dengan lancar. Rasa mual yang disertai rasa nyeri pada bagian perut sebaiknya segera diperiksa. Peradangan yang terjadi pada usus apabila semakin parah  maka tubuh juga akan menunjukkan gejala semakin kuat.

Tidak Nafsu Makan

Rasa nyeri yang terjadi pada perut memang disebabkan karena adanya infeksi pada saluran pencernaan. Tentu ketika sistem pencernaan mengalami masalah, tubuh juga tidak akan merasa nafsu makan. Banyak dari penderita usus buntu yang tidak berani mengkonsumsi makanan karena ketika ada makanan yang masuk justru mengalami masalah buang air besar.

Meskipun muncul rasa tidak nafsu makan, tetapi ketika seseorang mengalami gejala penyakit usus buntu tetap harus mengkonsumsi makanan.Tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi agar metabolisme tetap berlangsung.

Sembelit

Ketika terjadi infeksi atau peradangan pada usus biasanya gejala yang muncul adalah gejala gangguan pencernaan seperti sembelit hingga diare. Apabila Anda mengalami konstipasi yang cukup parah disertai dengan gejala-gejala lainnya seperti yang tadi disebutkan, maka sebaiknya segera memeriksakan diri.

Diare

Selain sembelit, beberapa penderita usus buntu bahkan mengalami diare yang cukup parah. Apabila diare tidak disertai dengan gejala lain tentu Anda tidak akan curiga jika hal ini disebabkan adanya infeksi pada usus buntu. Akan tetapi jika diare disertai dengan gejala lain misalnya saja demam hingga nyeri perut sebaiknya Anda memastikan apakah mengalami penyakit usus buntu atau bukan.

Kenali gejala-gejala usus buntu dengan benar agar tidak mengalami gejala yang ke semakin parah. Penyakit usus buntu biasanya dapat diobati dengan melakukan operasi. Akan tetapi ada juga beberapa pasien yang bisa sembuh dari penyakitnya ini tanpa harus dioperasi.

Berhati-Hati dengan Usus Buntu

Penyakit usus buntu memiliki gejala yang cukup kuat apalagi jika infeksi atau peradangan semakin parah. Anda harus berhati-hati dengan penyakit ini. Kenali gejala-gejala usus buntu dengan benar agar Anda bisa segera melakukan penanganan yang tepat.

Perlu untuk diketahui bahwa infeksi usus buntu apabila dibiarkan semakin parah bisa sangat membahayakan. Biasanya gejala usus buntu terasa sangat kuat sehingga memaksa penderita untuk segera melakukan tindakan.

Penyumbatan yang terjadi pada usus buntu dapat menyebabkan infeksi yang serius. Bakteri akan sangat mudah untuk berkembang biak pada peradangan yang di sana terdapat tumpukan kotoran. Apalagi usus buntu mengalami infeksi maka dapat menyebabkan pembengkakan bahkan bisa mengalami kebocoran. Hal yang sangat dikhawatirkan adalah apabila usus buntu mengalami pecah dan akhirnya bakteri serta kotoran menyebar ke seluruh bagian perut.

Penyakit usus buntu memang merupakan penyakit yang cukup berat dan harus segera ditangani. Apabila Anda merasakan gejala gejala seperti yang telah disebutkan di atas, segera hubungi dokter dan periksakan diri. Semakin cepat Anda mendapatkan penanganan maka penyakit usus buntu juga akan semakin mudah untuk disembuhkan.

Jangan biasakan menunggu atau menunda pemeriksaan hingga akhirnya penyakit yang diderita semakin parah. Infeksi yang terjadi pada usus buntu sebaiknya jangan disepelekan. Demikian informasi mengenai gejala usus buntu yang bisa disampaikan. Kenali gejala-gejala usus buntu dengan benar dan apabila Anda ingin memastikan mengenai kondisi kesehatan yang dialami bisa langsung memeriksakan diri ke rumah sakit. Di situs jendelo.com juga terdapat informasi tentang cara mencegah hipertensi dan cara menghilangkan komedo dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *