20 Ide Bisnis di Desa yang Menjanjikan

Diposting pada

 Ide Bisnis di Desa

Bagi sebagian orang mungkin berpikir bahwa berwirausaha menjanjikan bisa dilakukan di kota. Namun tidak demikian, ada banyak pula pebisnis dari daerah terpencil yang sukses juga. Salah satu usaha menjanjikan terangkum dalam 20 ide bisnis di desa yang sangat manjur.

Beberapa Tips Memunculkan Ide Bisnis di Desa

Sebelum mengetahui lebih jauh ada apa saja peluang berbisnis yang dapat Anda jalankan di desa. Perlu terlebih dahulu mengerti atau memahami bagaimana tips mencari ide usaha agar bisnis dijalankan nantinya bisa mendapatkan keuntungan lebih maksimal. Seperti ide bisnis di daerah wisata minim modal serta peluang usaha di lokasi dekat sekolah yang dikutip dari situs Jendelo.com.

Berikut ini merupakan tips mencari ide bisnis untuk Anda:

  1. Melakukan Survey Peluang dan Kebutuhan Desa

Hal pertama hal perlu Anda lakukan ialah dengan memperhatikan dan mengamati. Mengenai apa saja kebutuhan masyarakat desa yang belum terselesaikan atau bisa juga peluang bisnis masih memiliki prospek tinggi untuk dijalankan.

  1. Mengetahui Minat dan Bakat yang Anda Miliki

Dalam menjalankan sebuah bisnis usahakan sesuai dengan apa yang menjadi minat dan bakat Anda. Hal ini akan berdampak positif pada usaha sedang dijalankan. Mengapa? Karena Anda akan sangat serius serta senang ketika melakukan kegiatan tersebut.

  1. Lakukan, Amati, Tiru dan Modifikasi

Amati tiru modifikasi sering disebut dengan ATM. Akan tetapi maksudnya Anda dapat belajar kepada seseorang yang telah ahli, kemudian melakukan metode tersebut pada bisnismu. Namun di modifikasi terlebih dahulu supaya menjadi lebih hebat dan efektif.

Ide Bisnis Menjanjikan

Setelah mengetahui tips mencari ide usaha. Berikut merupakan 20 ide bisnis di desa yang dapat Anda gunakan sebagai referensi sebelum benar-benar menentukan mau berwirausaha:

  1. Jualan Pulsa

Perkembangan teknologi komunikasi merambah dengan cepat hinggap di akses oleh masyarakat desa. Di mana hal itu membuat kebutuhan orang akan pulsa dan paket internet semakin meningkat. Tentu membuat bisnis ini menjadi ladang keuntungan yang besar.

  1. Jasa Laundry

Siapa bilang hanya orang kota yang butuh jasa laundry? Ya, sekarang ini warga desa pun sudah membutuhkannya. Usaha semacam ini dapat dilakukan di rumah dengan modal mudah. Manfaatkan bagian teras serta modal memasang banner promosi, mesin cuci dan setrika.

  1. Toko Kelontong

Kebutuhan bahan pokok pada masyarakat tergolong tinggi, baik itu di pedesaan atau perkotaan. Namun sayang, warga harus melewati jarak tempuh jauh guna berbelanja. Melihat peluang ini, Anda bisa membuka toko kelontong menyediakan aneka kebutuhan pokok.

  1. Membuka Bimbingan Belajar

Kesadaran masyarakat saat ini akan pendidikan meningkat tinggi. Dimana untuk Anda dapat menjadi peluang usaha besar di pedesaan dengan membuat bimbingan belajar. Bahkan, hanya cukup memanfaatkan kemampuan tertentu bisa membukanya.

  1. Warung Makan

Bila Anda hobi memasak di rumah dan hasil masakan mendapat apresiasi baik orang di sekitar. Peluang terbaik untukmu ialah usaha kuliner atau bisa juga dengan membuka warung makan. Bisa dikatakan usaha ini tidak akan ada matinya malah akan terus berkembang.

  1. Warung Internet & Foto Copy

Membuka warung internet dan fotokopi masih tetap jadi bisnis yang menjanjikan di pedesaan. Keuntungan menjalankan usaha ini ialah minimnya pesaing dengan bidang serupa di desa. Selain itu, guna menambah pemasukan, dapat pula menjual makanan atau minuman.

  1. Menjual Bibit

Pada masyarakat desa umumnya masih memiliki lahan yang cukup luas. Anda bisa menjadikannya peluang untuk bercocok tanam dan mengembang biakan berbagai bibit sesuai dengan trend perkebunan sekarang ini. Misalnya bibit cabai ataupun bibit sayuran.

  1. Ternak Ayam Kampung

Kebutuhan masyarakat luas akan daging ayam kampung semakin tahun mengalami peningkatan. Sebab hal tersebut ini bisa menjadi peluang besar bagi Anda yang ingin memiliki usaha. Karena komoditas atau pasar nya masih sangat luas bisa juga dijual ke luar kota.

  1. Ternak Ikan Lele

Masih memiliki lahan cukup luas untuk dijadikan kolam atau empang. Anda dapat memilih usaha ternak lele menjadi pilihan. Pekerjaan yang dilakukan mudah yakni memelihara indukan hingga menetaskan telur kemudian merawatnya hingga besar lalu dijual.

  1. Bisnis Online

Sekarang ini pun jaringan internet memang tersebar luas hingga ke desa. Modal yang digunakan memulai bisnis online bisa mulai dari 0 rupiah. Bahkan, Anda juga dapat menjadi dropshipper, reseller atau marketer dengan online bisa menjual ke seluruh Indonesia

  1. Jasa Menjahit

Pada masyarakat desa biasanya memiliki keahlian menjahit dan cukup bermodal mesin jahit, Anda bisa menjalankan bisnis yang menjanjikan berhasil. Sebab saat ini kebutuhan akan fashion masih sangat dibutuhkan apalagi untuk bagian permak serta perbaikan baju.

  1. Membuka Pom Bensin Mini

Di pedesaan akses kendaraan ke pom bensin masih cukup jauh. Untuk menyelesaikan masalah ini dapat dengan bergabung kemitraan bersama Pertamina. Ini bisa membuat Anda bisa mendirikan pom bensin mini sendiri, alhasil tentu lebih menarik dibanding botol ecer.

  1. Angkringan

Apabila daerah Anda ramai dilalui oleh kendaraan dari luar desa atau kota. Mencoba bisnis kuliner dengan membuka angkringan tidak ada salahnya. Sebab akan sangat menguntungkan serta modal ringan, karena hanya perlu menyediakan makanan dengan harga merakyat.

  1. Jasa Potong Rambut

Bisnis yang mulai meningkat kepopuleran saat ini ialah jasa pangkas rambut. Bila Anda memiliki keahlian khusus dalam bidang ini, itu dapat menjadi potensi dan peluang menguntungkan bagimu. Apalagi usaha cenderung punya minimnya pesaing.

  1. Membuat Produk Kerajinan Lokal

Daerah Anda memiliki sebuah kerajinan lokal khas atau merupakan sebuah tujuan wisata bagi masyarakat luar wilayah. Menggunakan keahlian dan kreatifitas bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan bagimu.

  1. Mengembangkan Jamur Tiram

Bila Anda menginginkan punya pendapatan harian cukup besar. Membudidayakan jamur tiram dapat jadi solusi dan berpeluang tinggi. Sebab daerah pedesaan sangat cocok untuk dijadikan lokasi budidaya. Selain itu, modalnya pun sedikit serta bahan mudah diperoleh di desa.

  1. Menanam Sayur Organik

Sekarang ini kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi bahan organik tanpa pengawet kian tinggi, khususnya di kota. Sedangkan perkotaan sendiri memiliki lahan yang telah tercemar. Untuk itu dengan menanam sayur tidak menggunakan bahan kimia menjadi peluang besar.

  1. Jasa Pasang dan Sewa Wifi

Pedesaan kian berkembang, bila Anda paham dan mengerti tentang pemasangan serta provider wifi. Ini bisa jadi peluang ladang yang sangat menjanjikan. Sebab masyarakat desa pun kini sudah melek akan teknologi internet. Apalagi sekarang pembelajaran secara online.

  1. Mendirikan Apotik

Biasanya pada daerah pedesaan masih sulit untuk mendapatkan akses beli obat, sehingga mengharuskan mereka ke kota dahulu. Untuk itu mendirikan apotek di desa berpeluang tinggi. Namun bila Anda tidak punya keahlian farmasi, maka harus kerja sama dengan ahli nya.

  1. Salon Kecantikan

Menginginkan kecantikan wajah bukan hanya diinginkan oleh orang kota saja, melainkan warga desaan juga perlu. Mendirikan sebuah salon kecantikan dapat menjadi peluang bagi Anda, sebab juga mempermudah gadis desa melakukan perawatan.

Nah itu tadi merupakan deretan 20 ide bisnis di desa dapat dipilih untuk menjadi pekerjaan. Semoga bermanfaat dan segera menemukan usaha yang cocok sesuai dengan keinginan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *