Ide Bisnis di Daerah Wisata Minim Modal

Diposting pada

Ide Bisnis di Daerah Wisata

Indonesia terkenal di manca negara akan keindahan alamnya, sehingga setiap tahunnya jumlah wisatawan baik lokal maupun dari luar negeri semakin meningkat. Sektor pariwisata yang ada juga selalu dikembangkan, terbukti dari banyaknya ide bisnis di daerah wisata yang bermunculan. Seperti ide bisnis di desa yang menjanjikan.

Setiap ide baru yang hadir di dunia pariwisata ini menjadikan Indonesia kaya akan tempat – tempat wisata baru, sehingga wisatawan yang datang tidak akan merasa jenuh dan tentunya memiliki lebih banyak pilihan untuk menghabiskan waktu berlibur mereka.

Selain itu fasilitas yang di miliki setiap tempat wisata juga sangat mempengaruhi dari tempat itu sendiri, mulai dari fasilitas umum, transportasi, tempat makan, hingga penginapan. Tentunya dengan fasilitas yang lengkap tempat wisata itu menjadi lebih ramai pengunjung, tidak seperti tempat wisata yang hanya memberikan fasilitas sekenannya.

Bertambahnya tempat wisata yang ada tidak hanya menguntungkan bagi si pemilik tempat usaha tersebut, melainkan penduduk sekitar dan daerah itu juga turut berkembang. Kemudian perkembangan pada sektor pariwisata juga akan sangat berimbas pada kemajuan ekonomi negara kita tercinta ini, sehingga secara tidak langsung kita juga turut ambil bagian dalam proses memajukan Indonesia.

Beberapa Ide Bisnis Minim Modal

Tinggal di daerah wisata tentunya manjadi sebuah nilai lebih untuk memulai sebuah usaha, namun terkadang modal yang di miliki terbatas. Sebenarnya modal sendiri bukanlah sebuah halangan, karena Anda sudah memiliki nilai lebih ketimbang orang yang tinggal di daerah lainnya, Anda cukup memperhatikan aspek lainnya di luar lokasi.

Bagi Anda yang hendak mencoba peruntungan di dunia pariwisata, mungkin bisa mencoba beberapa ide bisnis di daerah wisata sebagai berikut.

  1. Tempat Penginapan

Tentunya tempat penginapan menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan ketika sedang berlibur, baik untuk sekedar menaruh barang agar aman ataupun beristirahat setelah seharian berkeliling daerah sekitar. Tempat penginapan yang aman dan nyaman tentunya sangat dicari oleh setiap wisatawan yang ada.

Tempat penginapan sendiri tidak melulu harus hotel yang besar dan mewah, apabila Anda memiliki rumah ataupun sekedar kamar kosong mungkin bisa mencoba menyewakannya. Tidak sedikit wisatawan yang ada lebih memilih menyewa kamar dari rumah warga sekitar, karena selain harga yang lebih terjangkau tentunya, mereka juga bisa berbaur dengan masyarakat lokal.

Dengan menyewakan rumah ataupun kamar kosong yang Anda miliki, tentunya modal yang harus dikeluarkan lebih sedikit ketimbang membangun sebuah tempat penginapan baru. Akan tetapi untuk selalu memperhatikan kondisi bangunan yang ada dan selalu rutin membersihkannya, agar wisatawan yang menginap merasa nyaman.

  1. Tour Guide

Bisnis yang satu ini cukup menjanjikan, terutama untuk kota – kota besar dengan sejarah yang panjang di dalamnya. Wisatawan baik lokal maupun manca negara tidak sedikit yang menyewa seorang tour guide, baik untuk mengantarnya berkeliling maupun menceritakan sejarah dari tempat wisata tersebut.

Untuk menjadi tour guide tentunya modal yang perlu dikeluarkan akan sangat minim, bahkan terkadang tidak memerlukan modal sedikitpun. Sebagai warga lokal tentunya Anda sudah sangat hafal dengan setiap jalan yang ada, sehingga tanpa perlu usaha lebih untuk menghafal rute yang perlu dilalui agar sampai ke tempat tujuan.

Akan tetapi untuk menjadi seorang tour guide, Anda juga harus bisa memahami bahasa asing minimal bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Karena tidak lucu apabila ada wisatawan manca negara yang menyewa jasa Anda, namun karena keterbatasan bahasa Anda malah tidak tahu apa yang mereka katakan.

  1. Bisnis Kuliner

Indonesia terkenal akan keberagaman suku dan budaya di setiap daerahnya, tidak terkecuali makanan khas dari masing – masing daerah yang ada. Berbisnis kuliner sendiri cukup menjanjikan, bahkan di luar dari daerah wisata sendiri.

Namun bisnis kuliner yang sukses biasanya antara ide kuliner yang baru ataupun makanan khas yang memang di daerah lainnya tidak ada. Bahkan tidak sedikit orang yang membuat inovasi makanan baru dan akhirnya malah makanan tersebut menjadi khas dari daerah tersebut.

Untuk memulai bisnis desa wisata yang satu ini sebenarnya modal yang dibutuhkan tidaklah besar, Anda bisa memanfaatkan apa yang ada di rumah. Seperti yang dikutip dari situs https://jendelo.com/ tentang peluang bisnis online yang cocok untuk ibu rumah tangga. Pada bisnis kuliner rumahan ini, Anda bisa memanfaatkan fasilitas online yang ada, seperti sosial media ataupun menggunakan jasa ojek online demi menarik minat pelanggan.

Meskipun ide bisnis di daerah wisata yang satu ini cukup minim modal, namun Anda tetap harus selalu memperhatikan kualitas yang ada, baik dari segi rasa maupun kesegaran bahan. Apabila Anda memilih bisnis kuliner, jangan pernah sekalipun kepikiran menggunakan cara kotor demi mendapatkan keuntungan yang besar.

  1. Penyewaan Kendaraan

Usaha wisata tanpa modal selanjutnya adalah penyewaan kendaraan, bagi Anda yang memiliki kendaraan lebih tentu bisa mencoba usaha yang satu ini. Bisnis penyewaan kendaraan ini tentu cukup menjanjikan, karena kebanyakan wisatawan ingin mudah mencapai tempat wisata satu dengan lainnya.

Namun apabila Anda cukup berminat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai ide bisnis di daerah wisata yang satu ini. Pertama tentu Anda harus meminta kartu identitas pelanggan sebagai jaminan, agar kalau – kalau terjadi hal yang tidak di inginkan Anda sudah tahu harus mencarinya kemana ataupun segera melaporkan pemilik identitas ke pihak berwajib.

Apabila Anda memiliki uang lebih, mungkin bisa mencoba memasang alat pelacak pada kendaraan yang disewakan, sehingga kapanpun Anda bisa melacak keberadaannya. Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut tentunya baik Anda maupun si penyewa sama – sama merasa tidak dirugikan dan lebih nyaman.

  1. Cinderamata

Selain kuliner khas biasanya para wisatawan mencari kerajinan khas dari daerah tempat mereka berlibur sebagai oleh – oleh bagi kenalan maupun keluarga di tempat asal. Apabila Anda memiliki kelebihan dalam bidang kerajinan, tentunya bisnis yang satu ini layak untuk dicoba.

Cinderamata sendiri bisa berupa apa saja, baik itu pakaian, gelang, atau bahkan sekedar gantungan kunci, namun agar wisatawan terkesan tentunya cinderamata haruslah mewakili tempat wisata tersebut. Modal yang diperlukan juga tidaklah banyak, Anda cukup memanfaatkan barang yang ada di sekitar kemudian disulap dengan ide – ide yang ada di pikiran Anda. Tentunya cinderamata yang sangat sederhanapun bisa menjadi sangat bernilai apabila Anda pandai mengolahnya.

Bahkan dengan modal yang sedikit Anda sudah bisa memulai usaha sendiri, seperti pada 5 contoh usaha di bidang pariwisata di atas. Tentunya keterbatasan modal tidak akan mempengaruhi seseorang untuk sukses, selama orang itu mau berusaha dan tekun pasti akan ada jalannya.

Itulah pembahasan kami kali ini seputar ide bisnis di daerah wisata minim modal, sekiranya dari beberapa ide di atas dapat bermanfaat dan juga dapat menginspirasi apabila Anda hendak memulai bisnis di bidang pariwisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *