cara menghindari stress

Cara Menghindari Stress yang Efektif dan Terbukti Ampuh

Diposting pada

Stress merupakan salah satu masalah mental yang kerap dialami seseorang. Gangguan tersebut disebabkan oleh beragam faktor. Namun, Anda tidak perlu khawatir dan sebaiknya tetap tenang saat menghadapi masalah apapun. Cukup temukan cara menghindari stress yang jitu dan efektif untuk diterapkan.

Cara Menghindari Stress yang Mudah untuk Dipraktikkan

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang sangat rentan mengalami stress. Oleh sebab itu, perlu adanya antisipasi sejak dini agar tidak mudah terserang gangguan tersebut. Mulai dari menerapkan pola hidup yang benar, memotivasi diri dan banyak lagi lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak tips berikut ini!

1. Biasakan Tersenyum dalam Kondisi Apapun

Cara mudah menghindari stress adalah dengan memperbanyak senyum. Dalam keadaan apapun, jangan sampai memasang mimik wajah tidak senang ataupun cemberut. Namun, pastikan senyum tersebut dilakukan dengan tulus.

Senyum yang berhubungan dengan otot-otot sekitar wajah dan juga mulut memang terbukti efektif kurangi stress. Secara medis, senyuman memang dapat membantu turunkan detak jantung yang membantu hilangkan stress pada diri seseorang. Meski begitu, membiasakan diri untuk tersenyum tidaklah mudah. Anda perlu melatih diri terlebih dahulu.

2. Dengarkan Lagu Kesukaan

Selain dengan senyuman, ternyata stress juga bisa diatasi dengan mendengarkan lagu atau musik. Lantunan yang ada dijamin dapat mengurangi stress pada diri Anda. Bahkan, hal tersebut sudah dibuktikan oleh penelitian bahwa saat mendengarkan musik tertentu, hormon Kortisol atau hormon stress menjadi berkurang.

Kebetulan, jenis musik yang diperdengarkan saat itu adalah paduan suara Latin. Dimana, para siswa lebih bisa terhindar dari stress ketika mendengarkan musik tersebut sebelum pidato ataupun mengerjakan soal-soal matematika dan sebagainya. Karena itu, tenangkan diri Anda dengan lagu-lagu kesukaan agar stress berkurang.

3. Menceritakan Masalah pada Teman

Salah satu penyebab seseorang berpotensi tinggi untuk stress adalah suka menyendiri dan pendiam. Hal itu disebabkan karena mereka cenderung memendam masalah sendiri. Padahal, dengan bercerita seseorang bisa menghindari atau setidaknya mengurangi stress mereka.

Oleh karena itu, saat menghadapi masalah tertentu yang bisa membuat stress, pastikan Anda bercerita kepada orang yang dipercaya. Bisa kepada sahabat dekat, keluarga atau kekasih. Meski terkadang mereka tidak bisa memberikan solusi, setidaknya setelah bercerita Anda tidak akan merasa sendiri dan kondisi mental menjadi lebih baik.

4. Atur Napas dengan Baik

Ternyata, ada teknik pernapasan khusus yang bisa membantu menghindari stress. Bahkan, di dalam penelitian dijelaskan bahwa reaksi fight or flight tubuh atas rasa takut dan juga tekanan akan dapat diturunkan ketika seseorang fokus pada pernapasannya. Bahkan, ini sangat efektif untuk menghindari pikiran negatif.

Caranya sangat mudah, cukup duduk dengan nyaman kemudian tarik napas dalam-dalam lewat hidung. Jika sudah, hembuskan napas secara perlahan sembari mengeluarkan kata-kata yang menenangkan. Untuk lebih efektifnya, lakukan teknik tersebut setidaknya selama 10 menit dan rasakan khasiatnya.

5. Sayangi Diri Anda

Cara menghindari stress berikutnya adalah dengan lebih menyayangi diri sendiri. Salah satu faktor yang menyebabkan stress adalah karena pikiran-pikiran yang buruk mengenai diri sendiri. Seperti menyalahkan, menjelek-jelekkan hingga meragukan diri sendiri.

Kini saatnya Anda menghilangkan berbagai pikiran negatif tersebut dan mulai lebih menghargai diri agar tidak mudah stress. Selalu beritakan kata yang positif dalam diri agar Anda lebih tenang saat menghadapi situasi apapun. Dengan demikian, seseorang akan menjadi pribadi yang tidak mudah stress dan tetap yakin bahwa semua akan baik-baik saja.

6. Pandai Membagi Waktu

Mengelola waktu dengan baik juga menjadi salah satu trik ampuh hindari stress. Hal ini disebabkan karena jadwal yang terlalu padat dan tidak tertata menjadi faktor penyebab stress terbesar. Bahkan, mayoritas orang mengalami stress karena masalah pekerjaan yang kurang kondusif.

Oleh sebab itu, sebaiknya mulai hari ini Anda perlu membuat jadwal yang tertata. Khususnya saat mengerjakan tugas-tugas penting yang menjadi prioritas. Hindari kegiatan yang dirasa tidak penting bagi Anda. Sesudah itu, pastikan membuat jadwal khusus untuk refreshing atau menghibur diri karena ini adalah kunci utama hindari stress.

7. Manfaatkan Bantuan Orang Lain

Selain beberapa cara jitu di atas, Anda juga bisa mencoba tips berikut ini yaitu dengan mencari bantuan. Beberapa orang mengaku semakin bertambah stress ketika menghadapi suatu masalah sendiri. Apalagi jika ia termasuk orang dengan kepribadian introvert.

Oleh sebab itu, agar tidak tambah stress sebaiknya carilah bantuan dari orang lain khususnya saat hadapi masalah. Akan lebih baik lagi jika bantuan tersebut dari orang-orang yang profesional dan telah berpengalaman. Cara semacam ini terbukti sangat efektif bagi beberapa orang.

8. Konsumsi Minuman yang Disukai

Stress juga dapat dihindari dengan mengkonsumsi aneka minuman lezat. Dalam hal ini, Anda bisa meminum teh, susu, kopi, jus, milkshake, air putih dan banyak lagi lainnya. Namun, pastikan mengkonsumsi jenis minuman yang disukai agar semakin rileks.

Salah satu bahan yang cukup ampuh atasi stress adalah teh hijau. Minuman satu ini memiliki kandungan yang bisa membantu menenangkan diri. Namun, jika tidak menyukainya Anda bisa mengkonsumsi aneka minuman lain yang disukai dan bisa membuat perasaan senang.

9. Istirahat yang Cukup

Tips lainnya yang dapat dilakukan untuk menghindari stress adalah istirahat cukup. Hal itu disebabkan karena tidur menjadi syarat mutlak dalam meningkatkan dan menjaga kesehatan mental seseorang. Kekurangan tidur ternyata bisa menjadi pemicu seseorang alami stress.

Bahkan, saat dalam keadaan stress seseorang biasanya akan kurang tidur. Hal inilah yang akan menambah stress pada diri Anda. Oleh sebab itu, pastikan memiliki porsi tidur yang memadai. Setidaknya 7 sampai dengan 8 jam dalam sehari. Akan lebih efektif jika dibarengi dengan tidur siang.

10. Olahraga Teratur

Tidak hanya masalah tidur yang bisa menghindarkan seseorang dari stress, olahraga juga bisa dilakukan agar terhindar dari stress. Tidak harus olahraga yang berat seperti gym dan sebagainya, namun juga bisa dengan olahraga ringan seperti jalan-jalan di pagi hari, push up dan sebagainya.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat melepaskan Endorfin sehingga suasana hati menjadi lebih tenang. Dengan begitu, stress akan hilang dengan melakukan olahraga ringan. Akan lebih baik jika bisa melakukan meditasi seperti yoga. Pikiran akan lebih jernih dan terhindar dari galau.

Stress bisa berdampak buruk seperti depresi apabila tidak dihindari. Selain beberapa cara menghilangkan stress di atas, masih ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan. Misalnya dengan mengkonsumsi cokelat atau melakukan kegiatan menyenangkan seperti jalan-jalan di mall.

Pastikan Anda menghindarkan diri dari stress karena itu bisa memicu masalah kesehatan lain seperti tekanan darah tinggi. Di samping itu, orang yang sering mengalami stress juga lebih rentan alami penuaan dini. Pastikan hidup damai, tenang dan bahagia agar lebih bermakna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *