cara menghilangkan sifat boros

Cara Menghilangkan Sifat Boros yang Akan Membuat Hidup Anda Tertata

Diposting pada

Hemat pangkal kaya. Penggalan peribahasa tersebut tidak hanya sekedar kata-kata, namun memberikan makna yang nyata. Kebiasaan boros adalah kebalikannya. Orang yang boros cenderung memiliki finansial yang tidak tertata. Jika sudah menjadi kebiasaan, sifat tersebut akan sulit untuk dihilangkan. Namun, ada beberapa tips jitu mengenai cara menghilangkan sifat boros yang akan diulas berikut ini.

Beberapa Cara Menghilangkan Sifat Boros yang Mudah Dilakukan

Menghilangkan Sifat Boros

Ada banyak cara yang dapat diterapkan untuk menghilangkan sifat boros. Meski begitu, semua kembali kepada komitmen diri masing-masing. Semakin sungguh-sungguh Anda menjalankannya, maka kemungkinan untuk berhasil semakin besar. Berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Buat Skala Prioritas dalam Belanja Apapun

Membuat skala prioritas sangat penting untuk menghindari pengeluaran yang tidak terkontrol. Dengan skala prioritas yang jelas, maka seseorang tidak akan cenderung membeli hal-hal yang di luar kebutuhan. Oleh karena itu, buat daftar belanja secara rutin. Tulis di kertas atau laptop untuk lebih mudahnya.

Pastikan hanya mencatat kebutuhan pokok alias yang benar-benar diperlukan. Misalnya biaya makan atau pembelian bahan pokok per bulan; sabun-sabun; bayar listrik; kos; cicilan dan lain sebagainya yang harus dipenuhi setiap bulannya. Agar lebih rutin, buat skala prioritas belanja tiap awal bulan.

2. Membawa Uang Secukupnya saat Keluar

Borosnya seseorang terkadang bukan hanya karena ia memiliki sifat tersebut. Melainkan karena ada uang di dompet yang membuat mata lapar untuk membeli ini dan itu. Oleh sebab itu, pastikan saat keluar Anda tidak membawa uang terlalu banyak. Cara ini terbukti sangat efektif untuk mencegah pemborosan.

Misalnya Anda keluar untuk membeli kebutuhan bahan makanan selama satu minggu. Perkirakan saja berapa uang yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan begitu, meskipun belanja di mall tetap aman karena tidak ada uang lebih untuk dibelanjakan barang yang lain.

3. Lakukan Semua Hal secara Mandiri

Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang memiliki sifat boros adalah kebiasaan bergantung pada orang lain. Misalnya menggunakan jasa loundry untuk mencucikan baju; memanfaatkan jasa catering untuk makan harian; menggunakan jasa antar untuk membeli barang tertentu dan lain sebagainya.

Ketergantungan tersebut sedikit banyak akan menguras sebagian isi kantong Anda. Meskipun kesannya hanya sedikit, namun juga dikalkulasikan semua pasti akan banyak juga. Lain halnya jika semua dikerjakan sendiri, mulai dari mencuci, masak hingga belanja, itu akan menjadikan seseorang lebih hemat. Kecuali jika sedang terpaksa.

4. Hindari Acara yang Tidak Penting

Cara menghilangkan sifat boros selanjutnya adalah menghindari kegiatan yang tidak penting. Terlebih untuk Anda yang saat ini masih terbilang muda. Tidak jarang anak muda nongkrong sana sini, kumpul ke sana kemari, padahal itu sejatinya tidak penting dan sama sekali tidak memberikan manfaat.

Alih-alih membawa manfaat, kegiatan-kegiatan semacam itu cenderung menghabiskan uang. Entah untuk membeli makanan, baju, uang bensin dan sebagainya. Maka dari itu, biasakan sejak sekarang untuk tidak mengikuti kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat karena bisa mendidik Anda menjadi pribadi yang boros.

5. Lakukan Evaluasi Gaya Hidup secara Berkala

Terkadang seseorang menjalani hidupnya mengalir saja tanpa disadari. Jika pola hidup tersebut mengarah kepada hal positif, itu tidaklah masalah. Namun, jika ternyata mengarah kepada hal negatif seperti kebiasaan hidup boros dan hedon akan membawa dampak buruk pada masa depan nanti.

Oleh karena itu, sebagai pengingat, pastikan Anda melakukan evaluasi gaya hidup secara berkala. Lihat diri sendiri, apakah sudah mengatur keuangan dengan baik atau justru sangat boros dalam mengalokasikan keuangan pribadi. Semakin sering melakukan evaluasi diri, maka seseorang akan semakin cerdas mengendalikan keuangan dan lebih hemat.

6. Belajar untuk Membiasakan Menabung

Tips jitu untuk menghilangkan kebiasaan boros adalah dengan rajin menabung. Namun, membiasakan diri untuk menyisihkan sebagian penghasilan bukanlah hal yang mudah. Untuk awal-awal harus memaksa diri terlebih dahulu, namun lama kelamaan akan menjadi kebiasaan.

Jika sudah terbiasa menabung, semua akan terasa ringan. Oleh sebab itu, pastikan menyisihkan berapa nominal yang akan dimasukkan ke dalam tabungan di awal setelah Anda gajian. Baru kemudian sisa uang yang ada di bagi-bagi sesuai dengan kebutuhan dan prioritas.

7. Jangan Mudah Tergoda dengan Promo

Berbagai promo di toko online memang kerap menggoda. Namun, pastikan Anda tidak tergiur dengan hal itu kecuali untuk membeli kebutuhan pokok atau prioritas. Hal penting yang harus dipahami adalah membeli barang promo tersebut akan menjadi kebiasaan.

Tangan pun akan terasa gatal jika tidak membuka tawaran promo di toko online. Hal seperti inilah yang akan melatih Anda hidup boros. Maka dari itu, tidak perlu terlalu terobsesi dengan yang namanya diskon. Lakukan semua ala kadarnya saja yang penting kebutuhkan pokok tercukupi.

8. Hindari Memakai Kartu Kredit

Belanja apapun menggunakan kartu kredit memang lebih praktis dan mudah. Namun, jika ditelisik lebih dalam, hal itu bisa melatih seseorang menjadi orang boros. Apalagi, belanja menggunakan layanan kredit ini seolah tidak terasa.

Dengan demikian, saat menghabiskan banyak uang untuk membeli barang tidak penting pun juga tidak akan terasa. Ini sangat berbahaya jika dibiarkan, terlebih kartu kredit sistemnya adalah membayar tagihan, bukan sistem tabungan seperti kartu ATM.

9. Biasakan Beramal Kepada Orang yang Membutuhkan

Cara Menghilangkan Sifat Boros yang Mudah Dilakukan

Selain beberapa cara di atas, untuk menghilangkan sifat boros seseorang juga perlu melihat ke bawah. Di antaranya dengan membantu orang-orang yang membutuhkan. Selain menabung, jangan lupa untuk melatih diri berbagi serta beramal kepada kalangan tidak mampu.

Cara tersebut sangat efektif untuk melatih diri berhemat. Dengan melihat penderitaan orang yang kekurangan, Anda akan semakin bersyukur dengan apa yang saat ini dimiliki dan tidak akan mudah menghambur-hamburkan uang.

10. Buatlah Pengingat untuk Tidak Boros

Tips lain yang tidak kalah efektif adalah dengan membuat pengingat khusus supaya tidak boros. Bisa melalui gambar atau stiker di dinding kamar ataupun pada wallpaper handphone. Dengan cara ini, Anda akan selalu ingat kapan pun untuk mengendalikan diri dari kebiasaan boros.

Selain itu, bisa juga dengan menempelkan stiker khusus di dompet bertuliskan jangan boros. Dengan demikian, diharapkan akan berpikir ulang ketika akan membeli ini dan itu.

11. Cari Teman yang Memiliki Pola Hidup Hemat

Jangan lupa pula untuk mencari teman dengan gaya hidup hemat agar bisa menular kepada Anda. Tidak bisa dipungkiri bahwa lingkungan akan sangat berpengaruh kepada kebiasaan dan karakter seseorang. Oleh sebab itu, hindari komplotan teman yang suka foya-foya. Pilih teman yang sederhana dan pandai mengatur keuangan.

Itulah beberapa cara menghilangkan sifat boros yang cukup efektif jika dilakukan dengan serius. Orang yang hemat akan dapat hidup dengan lebih baik di masa depan. Karena ia akan selalu merasa cukup dan bersyukur atas apa yang dimiliki saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *