Cara Menghilangkan Rasa Iri Hati terhadap Orang Lain secara Bijak

Diposting pada

Cara Menghilangkan Rasa Iri Hati terhadap Orang Lain

Cara menghilangkan rasa iri hati terhadap orang lain penting untuk diketahui, apalagi sebagai manusia yang tidak bisa lepas dari lingkungan sosial baik langsung maupun melalui platform digital. Sifat tersebut perlu dihindari karena bisa memicu perpecahan antara teman, saudara, maupun kerabat.

Beberapa Cara Menghilangkan Rasa Iri Hati terhadap Orang Lain

Iri hati merupakan salah satu sifat yang perlu dihindari, hal tersebut dapat membuat pikiran dan hati menjadi tidak tenang. Bahkan jika sudah mencapai tingkat lebih parah bisa menimbulkan tindakan nekat, tujuannya adalah agar lebih tinggi daripada orang lain. Berikut beberapa cara mencegahnya:

  1. Jangan Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Terlalu sering membandingkan diri dengan orang lain merupakan salah satu kegiatan yang tidak sehat, karena akan membuat semangat hidup menurun. Saat hal tersebut terjadi akan muncul berbagai pikiran buruk karena seseorang yang ingin mendapatkan nama di depan khalayak bisa saja menghalalkan segala cara.

Objek iri biasanya setiap orang sangat beragam, bisa karena tampilan fisik, harta, jabatan, dan masih banyak lainnya. Saat memiliki sifat tersebut seseorang akan sulit menemukan kebahagiaan dalam dirinya secara murni, sejatinya hal tersebut bisa diperoleh dar hati yang pandai bersyukur.

  1. Temukan Alasan Mengapa Muncul Rasa Iri

Sebelum membuang rasa iri sebaiknya ketahui terlebih dahulu alasan mengapa hal tersebut dapat muncul, tujuannya agar mudah dalam menanganinya. Misalnya Anda tidak suka jika teman atau tetangga memiliki kendaraan baru, jabatan lebih tinggi atau bahkan ingin menjadi bintang kelas.

Setelah menemukan mengapa rasa iri tersebut dapat muncul, bangun pikiran positif bahwa usaha mereka mendapatkan hal tersebut tidak mudah bahkan bisa saja melebihi Anda. Mungkin tidak terlihat karena saat orang lain tertidur mereka bekerja tanpa kenal lelah untuk mendapatkan hasil sesuai target.

  1. Fokus pada Kelebihan

Tidak sedikit seseorang yang masih bingung bagaimana menemukan bakat mereka sehingga seringkali merasa iri dengan kemampuan teman, padahal jika dapat menemukannya bisa jadi membuatnya lebih unggul. Sebaiknya fokus untuk mengembangkan passion serta lakukan yang terbaik.

Saat sifat iri muncul tiba-tiba segera alihkan pada kesibukan lainnya, jangan sampai kecemburuan membutakan mata. Selain itu membangun kedekatan dengan Tuhan merupakan salah satu cara jitu untuk menghindarkan dari efek buruk, karena jiwa spiritual yang kuat bisa memberi efek positif.

  1. Fokus Mengembangkan Bakat

Bakkat merupakan salah satu hal yang perlu dikembangkan dan ditemukan karena setiap orang tentu memiliki ciri khas yang tidak semuanya dapat melakukannya. Saat iri tiba-tiba muncul sebaiknya fokus dengan kemampuan yang Anda miliki, kemudian kembangkan dengan menambah skil lainnya.

Saat ini skil merupakan salah satu hal penting dalam dunia kerja terutama soft skill, misalnya kemampuan berbicara di depan umum, kepemimpinan atau bisa juga mengendalikan emosi. Jika Anda dapat meninggalkan kebiasaan membandingkan hidup, pastinya akan terasa lebih nyaman.

  1. Berada di Lingkungan yang Mendukung

Lingkungan dapat mempengaruhi sifat seseorang sehingga cari yang membangun dan mendukung sehingga bakat dan kelebihan bisa lebih terlihat, namun perlu diperhatikan jangan pernah menampakkan sifat sombong. Hal tersebut justru akan membuat masyarakat membenci Anda.

Cariah lingkungan baik tongkrongan atau masyarakat yang agamis sehingga jika sedang stress atau overthinking bisa mengikuti kajian, dan juga dinasehati oleh orang yang tepat. Perubahan tersebut dapat terjadi secara berkala sehingga jangan menuntut yang instan (singkat).

  1. Jauhi Hal yang Menimbulkan Pikiran Negatif

Pikiran negatif dapat muncul kapan saja dan dimanapun berada, sebaiknya sibukkan diri dengan hal positif misalnya membaca buku, menghadiri kajian, seminar, dan beribadah. Perlu Anda ketahui jika sosial media merupakan salah satu platform yang membuat banyak orang overthinking bahkan insecure.

Sebaiknya persempit waktu Anda bermain media sosial. Salah satu caranya yaitu dengan membatasi jamnya dan sibukkan dengan berbagai kehgiatan pengmbangan diri dan hobi. Sebagai contoh, jika Anda menyukai fotografer maka terus pelajari mulai dari cara mencari komposisi, sampai membuat hasil bagus.

  1. Berikan Pujian Kepada Orang Lain

Cara menghilangkan rasa iri hati terhadap orang dengan memberikan pujian, meski terlihat mudah namun penerapannya memiliki tingkat kesulitan tinggi. Masalah tersebut dapat timbul karena sifat egois maupun sombong di diri seseorang, sebaiknya paksa dan lakukan secara rutin kepada orang sekitar. Mungkin jika Anda bertanya pada diri sendiri, mengapa saya tidak mempunyai teman bergaul akan jadi sulusinya.

Pujian merupakan hal positif sehingga jika nantinya muncul rasa iri maka akan mencari cara dengan jalan yang benar. Misalnya ketika melihat teman lebih berprestasi maka cara menyusulnya adalah belajar dengan giat sera terus berusaha dengan mengikuti kursus atau lainnya.

  1. Belajarlah untuk Menghargai Diri Sendiri

Menghargai diri sendiri cenderung sulit untuk dilakukan jika Anda fokus pada kelebihan orang lain, untuk membangunnya cobalah ucapkan terima kasih dengan menghadap di cermin. Selain itu apresiasi keberhasilan yang sudah dicapai meski dengan cara sederhana.

Jika dapat menghargai diri sendiri maka sifat percaya diri akan muncul dan aura positif bisa berkembang. Sebenarnya tidak mengapa jika iri dengan orang lain untuk memacu semangat dalam meraih tujuan, namun perhatikan porsinya dan selalu seimbangkan dengan kerja keras meski jatuh bangun.

  1. Berpikir Logis

Sikap iri hati sering timbul akibat melihat pencapaian orang lain, untuk itu berpikir logis merupakan salah satu hal penting untuk dilakukan. Hindari hanya memandang keberhasilannya saja namun lihat dan contoh bagaimana usaha untuk mencapainya, karena pengharapan tanpa usaha tidak pernah sampai.

Cobalah untuk membangun pikiran positif bahwa, terkadang apa yang Anda miliki belum tentu ada dalam kehidupan orang lain sehingga akan menumbuhkan rasa syukur tinggi. Sebenarnya indikator kebahagiaan bukan hanya karena pangkat atau harta, melainkan ketenangan jiwa.

  1. Mengeluarkan Emosi

Masalah dalam hidup seringkali membuat seseorang menyimpan berbagai pikiran negatif sehingga menjadikan kurang menikmati apa yang sudah ada dalam diri dan sekitar. Tanda-tandanya adalah sering mengeluh, muncul sikap iri, mudah marah marah, dan juga sok pintar.

Sebaiknya jika merasa beban hidup lebih berat dari orang lain cari hiburan untuk merefresh otak, namun hindari seperti dengan mengkonsumsi narkotika, maupun hal negatif lainnya. Cukup kunjungi tempat liburan yang menenangkan, menarik diri dari keramaian namun hindari melamun, atau hal ceroboh.

  1. Memiliki Komitmen

Prinsip hidup memang sangat penting untuk dimiliki seseorang, tujuannya agar tidak mengikuti arus yang belum jelas. Komitmen kepada diri sendiri sangat penting untuk menghilangkan rasa iri kepada orang lain, misalnya saja berkaitan dengan pengembangan bakat dan kemampuan.

Saat Anda memiliki komitmen maka tidak akan terfokus untuk mencapai target pribadi dan tidak terlalu fokus dengan pencapaian orang lain. Tentunya, hal tersebut dapat membentuk mental health dan membuatnya semakin sehat sehingga muncul sikap positif yang akan menguntungkan.

Demikian penjelasan terkait cara menghilangkan rasa iri hati terhadap orang yang dapat Anda lakukan agar hidup lebih positif. Selain itu, di website https://jendelo.com/ terdapat tips menghadapi orang egois yang wajib anda baca. Selalu bangun lingkungan yang sehat serta perkuat kedekatan dengan Tuhan YME.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *