Cara Menghilangkan Milia

Cara Menghilangkan Milia yang Alami, Praktis dan Aman

Diposting pada

Salah satu masalah wajah yang kerap membuat tidak nyaman adalah milia. Merupakan sebuah kista kecil yang tidak hanya mengganggu orang dewasa, namun juga pada bayi. Bentuknya seperti bintil berwarna putih dan bergerombol di wajah. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara menghilangkan milia yang aman dan mudah.

Milia sendiri disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya adalah adanya sel kulit mati, terlalu lama tersengat sinar matahari langsung, menggunakan krim tertentu dalam jangka waktu lama, efek dari perawatan memakai laser, kulit yang terbakar, penuaan dini dan lain sebagainya.

Beberapa Cara Menghilangkan Milia yang Efektif

Meskipun cukup mengganggu tampilan pada wajah, Anda tidak perlu khawatir karena itu tidak berbahaya dan bisa diatasi dengan beberapa cara. Berikut adalah cara-cara yang banyak dipraktikkan dan cukup efektif atasi milia:

1. Krim Retinoid dengan Kandungan Vitamin A yang Ampuh

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menghilangkan milia pada wajah adalah krim Retinoid. Manfaatnya telah dibuktikan oleh beberapa riset. Terlebih, di dalamnya ada kandungan vitamin A yang ampuh untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Cukup dengan menggunakan Retinoid setiap hari dengan cara mengoleskannya pada wajah yang terkena milia. Namun, saat menggunakan krim jenis ini, disarankan untuk melengkapinya dengan tabir surya jika terpapar sinar matahari langsung.

2. Rutin Membersihkan Wajah Jadikan Kulit Sehat dan Cerah

Kunci utama dari kebersihan dan kesehatan wajah adalah rajin membersihkannya. Cara ini cukup ampuh, tidak hanya mengatasi dan mencegah milia, namun juga mencegah jerawat dan masuknya kotoran pada pori-pori wajah.

Pakailah sabun cuci wajah yang tepat secara rutin setidaknya sebanyak dua sampai tiga kali sehari. Ini sangat efektif untuk atasi berbagai masalah wajah. Termasuk menjadikan kulit lembut.

3. Menggunakan Air Mawar sebagai Anti Inflamasi

Selain kedua cara di atas, ada juga cara alami yang tidak kalah efektif dijadikan pilihan, yakni menggunakan air mawar. Tips ini terbilang ampuh untuk seseorang dengan kulit sensitif. Bahkan, kandungan inflamasinya dapat menyegarkan wajah.

Milia bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan ini. Caranya cukup dengan menyemprotkan airnya ke wajah dalam keadaan bersih sebanyak tiga kali sehari. Akan tetapi, saat pemakaian perlu berhati-hati dan jangan sampai mengenai mata karena bisa menyebabkan iritasi.

4. Kentang sebagai Anti Oksidan Alami

Milia juga bisa dihilangkan dengan menggunakan kentang. Kandungan Anti Oksidan di dalamnya sangat baik dalam menghilangkan bintik-bintik milia serta menormalkan produksi minyak yang berlebih. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah, cukup dengan mengupas kentang dan menyimpannya di kulkas.

Setelah beberapa saat, parut kentang. Hasil parutan tersebut kemudian diolasken kepada semua area kulit wajah, khususnya yang terkena milia. Diamkan sampai olesan tersebut benar-benar mengering. Terakhir, bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil maksimal, gunakan sebanyak tiga kali dalam sehari.

5. Lidah Buaya sebagai Masker Alami

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi milia adalah menggunakan masker lidah buaya. Kandungannya yang kaya dapat membersihkan wajah dari milia dalam waktu singkat. Hal itu lantaran gel dari lidah biaya sendiri meresap secara sempurna pada kulit wajah.

Adapun cara aplikasinya yakni dengan memisahkan gel dari kulitnya. Kemudian aplikasikan ke wajah sebagai masker. Dengan pemakaian yang tepat, kandungan Anti Oksidan dalam bahan ini akan menyembuhkan radang pada wajah sehingga menjadi lebih halus sempurna.

6. Menggunakan Vitamin C dari Lemon Segar

Selain beberapa pilihan di atas, lemon ternyata juga merupakan salah satu cara menghilangkan milia. Lemon memiliki kandungan vitamin C dan juga Asam Sitrat yang terbukti ampuh dalam menghilangkan milia. Tidak hanya itu, ia juga bisa mencerahkan wajah serta menghilangkan bekas noda.

Caranya cukup mudah, peras lemon sampai mendapatkan air buahnya. Kemudian, beri garam sedikit dan aduk hingga merata. Sesudah itu, oleskan pada bagian wajah yang terdapat milia memakai kapas. Jika sudah, bilas menggunakan air hangat dan diamkan sekitar 20 menitan. Lakukan secara rutin pada malam hari.

7. Gula Pasir yang Ampuh Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain berbagai cara di atas, Anda juga bisa memilih gula pasir sebagai solusi menyembuhkan milia. Peran dari gula pasir sendiri adalah menjadi Exfoliator yang berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati, termasuk milia pada wajah. Fungsinya akan semakin optimal jika ditambah bahan lain seperti minyak zaitun dan lemon.

Cara pengaplikasiannya sangat mudah, cukup dengan mencampurkan perasan air lemon sebanyak setengah buah, minyak zaitun sebanyak satu sendok makan dan gula pasir sebanyak 2 sendok makan. Oleskan campuran tersebut ke seluruh permukaan wajah sebagai masker.

8. Masker Madu Manuka yang Efektif Perangi Milia

Masker madu Manuka adalah pilihan lain yang cukup efektif untuk hilangkan milia. Khasiatnya telah terbukti secara ilmiah sehingga aman digunakan. Terlebih jika dicampurkan dengan kayu manis, maka hasilnya akan lebih optimal.

Campurkan beberapa sendok madu Manuka murni dengan kayu manis sebanyak satu sendok. Kemudian, panaskan campuran tersebut ke dalam microwave selama kurang lebih 30 detik. Jika sudah, oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit. Terakhir, bilas dengan menggunakan air bersih.

9. Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Beberapa Cara Menghilangkan Milia yang Efektif

Siapa sangka ternyata pasta gigi menjadi salah satu solusi atasi milia pada wajah. Hal ini disebabkan karena kandungan Fluoride di dalamnya yang ampuh mengempeskan serta menghaluskan wajah. Caranya cukup dengan mengaplikasikan pasta gigi pada bagian wajah yang terkena milia.

Gunakan secara tipis-tipis dan merata. Sesudah itu, diamkan selama kurang lebih 20 menit kemudian bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara ini setidaknya dua kali dalam sehari. Pastikan saat menggunakan pasta gigi, wajah dalam kondisi bersih.

10. Tomat sebagai Anti Oksidan dan Vitamin Alami

Berikutnya, Anda bisa menggunakan tomat sebagai bahan alami atasi milia. Kandungan berbagai vitamin di dalamnya sangat ampuh dalam mengangkat masalah pada wajah. Caranya, siapkan tomat segar sebanyak satu buah.

Kemudian, iris tomat tersebut menjadi dua. Pastikan mencucinya terlebih dahulu agar terbebas dari kuman dan bakteri. Langkah selanjutnya adalah memeras tomat dan mengosokan pada semua area wajah, khususnya yang terdapat milia. Diamkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara teratur setidaknya tiga kali dalam sehari.

11. Menerapkan Facial Steam

Cara lain yang bisa dicoba untuk mengatasi milia adalah dengan uap wajah. Tidak hanya milia, berbagai masalah pada wajah bisa diminimalisir dengan metode ini. Caranya juga sangat praktis. Pastikan sebelumnya wajah dalam kondisi bersih.

Masukkan air hangat ke wajah, lalu tambahkan minyak esensial secukupnya. Letakkan atau hadapkan wajah ke dalam wadah tersebut. Lakukan selama 10 menit. Setelah pori-pori terbuka, akan lebih baik jika dilanjutkan dengan menerapkan masker pada wajah.

Beberapa cara menghilangkan milia di atas sangat aman dan efektif apabila dilakukan secara teratur. Ingat, jangan sekali-kali memencet milia karena itu bisa membuatnya semakin parah, bahkan bisa meninggalkan bekas noda hitam di wajah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *