Cara Menghilangkan Komedo dengan Mudah dan Cepat

Diposting pada

Cara Menghilangkan Komedo

Komedo merupakan salah satu masalah kulit wajah yang dianggap sangat mengganggu baik untuk wanita maupun laki-laki, karena membuat tampilan wajah kurang bagus bahkan terlihat kusam. Bagi Anda yang mengalami masalah tersebut, maka perlu memahami beberapa penjelasan terkait cara menghilangkan komedo agar bisa meminimalisir, mencegah ataupun mengatasinya sedari dini.

Beberapa Cara Menghilangkan Komedo

Komedo sendiri sebenarnya merupakan minyak alami dari kulit yang mengendap sehingga akan muncul kembali meski dihilangkan. Bentuknya berupa bintik-bintik timbul, terdiri dari dua jenis yaitu hitam dan putih, agar penampilan tetap terjaga berikut beberapa cara menghilangkannya:

  1. Tea Tree Oil

Bahan ini dipercaya dapat menghilangkan kotoran dan minyak, berguna untuk meminimalisir timbulnya komedo berlebih pada area wajah. Selain itu Tea tree oil juga memiliki kandungan anti-komedogenik (antibakteri dan antiinflamasi) sehingga sangat cocok untuk meringankan masalah kulit tersebut.

Agar dapat mendapatkan manfaatnya, Anda cukup mengoleskan Tea tree oil pada area wajah yang berkomedo. Jika ingin lebih optimal maka campurkan dengan minyak zaitun, jojoba oil, atau minyak kelapa untuk menimbulkan aroma menenangkan serta membuat kulit tampak lebih lembab dan segar.

  1. Terapi uap

Selain menggunakan bahan alami seperti buah, madu, dan sebagainya terapi uap dapat menjadi rujukan untuk meminimalisir efek komedo berlebihan pada wajah. Fungsinya yakni untuk membuka pori-pori, dengan begitu kotoran yang menyumbat akan keluar sehingga membuatnya lebih bersih.

Langkah yang harus Anda lakukan cukup mudah yaitu rebus air dalam panci tunggu sampai mendidih, setelah itu tuangkan ke dalam baskom cukup lebar. Selanjutnya arahkan wajah pada arah uap setidaknya 5-10 cm sambil tutupi kepala dengan handuk tipis, lakukan terapi ini sekitar 5-10 menit.

  1. Putih telur

Selain digunakan untuk berbagai masakan bahan tersebut berkhasiat mengencangkan kulit serta membantu menghilangkan komedo. Putih telur menjadi pilihan karena supaya bau amisnya tidak terlalu pekat, agar lebih maksimal Anda juga bisa mencampurkan air perasan jeruk lemon sekitar 2 sendok saja.

Proses pembuatan masker alami ini adalah dengan mencampurkan 3 butir telur yang diambil putihnya dengan dua sendok makan air perasan jeruk lemon. Selanjutnya oleskan pada kulit untuk menghilangkan komedo dengan jari atau kuas, sebelumnya pastikan menggunakan bahan lembut agar tidak iritasi.

  1. Madu

Madu sendiri merupakan salah satu bahan kaya akan manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Kandungannya mampu membuat wajah lebih lembab sehingga dapat mencegah tersumbatnya pori-pori oleh sel kulit mati, tujuannya agar tidak kering ataupun kusam. Pastikan mencuci muka sebelum mengaplikasikannya.

Manfaat lainnya yakni dapat difungsikan untuk menghilangkan komedo dengan cara oleskan madu pada area wajah yang diinginkan, kemudian biarkan selama kurang lebih 20 menit. Lalu bilas menggunakan air bersih, agar hasilnya memuaskan lakukan perawatan serupa 3-4 kali dalam satu minggu.

  1. Mentimun

Selain menjadi lalapan atau jus timun juga berkhasiat untuk menghilangkan komedo karena mengandung antioksidan serta antiinflamasi. Cara ini bisa dilakukan di rumah dengan biaya cukup ekonomis, bahan bahannya bisa ditemukan dengan mudah baik pada pasar maupun supermarket. Berikut ulasannya:

  • Siapkan buah mentimun setengah saja, kemudian potong kecil-kecil.
  • Siapkan juga 1 sendok teh perasan air lemon dan air bersih.
  • Masukkan semua bahan kedalam blender, kemudian dilumatkan sampai halus.
  • Masukkan ke dalam botol, kemudian letakkan pada lemari es selama 10 menit.
  • Aplikasikan ramuan tersebut pada wajah kurang lebih 15 menit.
  • Setelah itu bilas sampai bersih dengan air hangat, kemudian disusul dengan air dingin.
  • Tujuannya yakni untuk membuka dan menutup pori-pori.
  • Lakukan perawatan tersebut secara teratur satu minggu sekali, seperti langkah tersebut.
  1. Stroberi

Kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) pada stroberi bermanfaat untuk mengontrol minyak berlebih serta mengangangkat sel kulit mati. Selain itu juga terdapat asam salisilat yang dipercaya bisa baik dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo. Caranya cukup mudah dan Anda tidak perlu khawatir.

Langkah-langkahnya yaitu jelaskan beberapa biji stroberi terlebih dahulu, kemudian campur dengan madu atau air perasan lemon. Lumurkan bahan tersebut pada area wajah yang berkomedo sambil dipijat halus, tunggu sekitar 10-15 menit kemudian bilas hingga bersih.

  1. Lidah Buaya

Cara menghilangkan komedo selanjutnya adalah lidah buaya yang memiliki sifat antibiotik bermanfaat untuk menangkal gangguan kulit. Keunggulan lainnya dipercaya dapat mengencangkan wajah, serta mengecilkan pori-pori sehingga meminimalisir munculnya jerawat maupun komedo.

Caranya cukup mudah yaitu tinggal oleskan gel yang pada lidah buaya pada wajah berkomedo, biarkan kurang lebih 10-15 menit. Setelah selesai, pertama cuci menggunakan air hangat, kemudian susu dengan yang bersuhu norma atau dingin untuk menutup pori-pori.

  1. Kulit Jeruk

Jeruk merupakan buah kaya akan manfaat, kandungan vitamin C bagus untuk mengobati berbagai permasalahan kulit, namun disini yang dimanfaatkan adalah kulitnya. Bagian tersebut dipercaya dapat menghilangkan komedo dan jerawat agar wajah semakin bersih. Caranya sebagai berikut:

  • Jemur kulit jeruk di bawah panas matahari sampai kering.
  • Selanjutnya angkat dan haluskan sampai tidak ada gumpalan, jika perlu saring.
  • Ambil 1 sendok makan bubuk kulit jeruk, campurkan 2 sendok makan air mawar.
  • Letakkan kedua bahan tersebut pada mangkuk kecil, kemudian aduk hingga merata.
  • Aplikasikan ramuan tersebut pada wajah yang berkomedo, biarkan sampai mengering.
  • Selanjutnya gosok dengan lembut menggunakan tangan yang basah.
  • Cuci muka Anda sampai bersih menggunakan air dingin.
  • Lakukan hal tersebut secara rutin sampai komedo hilang.
  1. Scrub Kopi dan Gula

Jika bahan tersebut biasanya digunakan untuk membuat minuman namun juga bermanfaat menghilangkan komedo membandel pada area wajah. Perpaduan keduanya dinilai sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati agar terlihat lebih segar dan cerah.

Cara mengaplikasikannya pada wajah cukup mudah yaitu siapkan dua sendok bubuk kopi murni kemudian campurkan dengan sedikit air, usahakan tidak terlalu lembek. Selanjutnya masukkan satu sendok gula pasir kasar aduk sampai merata, masukkan bahan tersebut pada area kulit yang diinginkan.

  1. Teh hijau

Teh hijau mengandung banyak manfaat karena kaya akan vitamin E serta antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yakni penyebab timbulnya komedo pada kulit. Caranya cukup mudah yakni dengan menempelkannya pada wajah, sebelumnya bersihkan terlebih dahulu.

Tunggu kisaran 15-30 menit kira-kira sampai ampasnya mengering, lalu bilas menggunakan air. Bagi Anda yang ingin lebih simpel bisa mengaplikasikan seduhan teh hijau yang dijadikan es, caranya yakni dengan mengoleskan pada area wajah secara merata atau pada bagian kulit berkomedo saja.

Itulah beberapa cara menghilangkan komedo secara alami bisa Anda terapkan di rumah dengan biaya ekonomis. Sebelumnya pastikan kulit cocok saat menjadi media pengplikasian bahan tersebut untuk meminimalisir terjadinya iritasi, karena terdapat beberapa jenis kulit yang berbeda langkah penanganan. Jika Anda ingin menghilangkan jerawat, simak cara menghilangkan jerawat memakai masker alami dan cara menghilangkan jerawat sederhana di situs https://jendelo.com/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *