Cara Menghemat Pengeluaran Dapur

Diposting pada

Cara Menghemat Pengeluaran Dapur

Kebutuhan rumah tangga memang apabila dihitung-hitung sangatlah besar. Apalagi jika ternyata dalam suatu keluarga terdapat banyak anggota keluarga. Sebenarnya pengeluaran bulanan bisa diminimalisir. Masih banyak orang yang belum mengetahui tentang bagaimana manajemen pengeluaran yang tepat. Bagi setiap ibu rumah tangga penting sekali untuk mengetahui cara menghemat pengeluaran dapur.

Kemampuan ibu rumah tangga dalam berhemat, sangat berpengaruh terhadap kehidupan ekonomi serta keharmonisan keluarga. Hal inilah yang membuat Anda perlu untuk mengetahui tentang cara menghemat pengeluaran. Tanpa manajemen keuangan yang tepat, ibu rumah tangga akan sangat mudah mengalami stres karena ternyata uang bulanan yang dimiliki tidak bisa memenuhi semua kebutuhan dengan baik.

Cara Menghemat Pengeluaran Dapur Sederhana dan Efektif

Setiap harinya keluarga memang harus mengeluarkan biaya untuk memenuhi kebutuhan. Salah satu kebutuhan rumah tangga yang sangat penting dan biasanya mampu membuat pengeluaran bulanan terlihat sangat besar adalah pengeluaran untuk kebutuhan dapur. Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan namun sangat efektif untuk membantu menghemat pengeluaran dapur:

1. Mencatat Setiap Kebutuhan Dapur

Tips pertama yang wajib untuk dilakukan agar menghemat pengeluaran dapur bisa efektif adalah mencatat setiap kebutuhan dapur. Mencatat pengeluaran dapur dilakukan setiap bulannya sebelum Anda berbelanja.

Ketika Anda mencatat pengeluaran tentu tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Catat mulai dari kebutuhan pokok yang paling penting, barulah Anda mencatat kebutuhan dapur yang menjadi kebutuhan pelengkap. Mulailah dengan mencatat kebutuhan seperti beras, sayur-mayur, bumbu dapur dan lain sebagainya. Selanjutnya Anda baru bisa mulai mencatat tentang jajanan anak-anak atau cemilan keluarga.

Kiranya ada catatan yang harus dikoreksi misalnya ingin mengurangi cemilan atau mengganti dengan makanan yang lebih murah maka tinggal lakukan sesuai dengan kebutuhan. Semakin cerdas Anda mencatat dan memanajemen kebutuhan dapur pengeluaran dapur dapat diminimalisir.

2. Minimalisir Membeli Bahan Makanan Instan

Cara menghemat pengeluaran dapur yang berikutnya yaitu mengurangi atau meminimalisir membeli bahan makanan dalam kemasan. Misalnya saja anda biasanya senang membeli makanan dalam kaleng seperti sarden, daging beku atau yang lainnya maka gantilah dengan bahan makanan yang lebih terjangkau. makanan dalam kemasan atau dalam kaleng harganya akan sangat mahal jika dibandingkan dengan makanan segar yang dijual di pasar.

Dengan mengganti makanan kaleng maka anda bisa menghemat pengeluaran dapur bahkan hingga ratusan ribu rupiah. Ada banyak sekali jenis makanan yang sudah dibumbui dan dijual dalam kemasan, padahal jika anda membuatnya sendiri tentu bisa mendapatkan lebih banyak bahan makanan dengan kualitas yang bahkan lebih baik.

3. Hindari Makan-makan di Luar

Banyak dari ibu rumah tangga yang malas masak dan akhirnya hanya mengandalkan membeli makanan di luar. Kebiasaan seperti inilah yang membuat pengeluaran bulanan tidak terkontrol. Bisa Anda hitung sendiri jika Anda membeli makanan di luar misalnya satu porsi Rp10.000 sedangkan dalam sekali makan Anda membeli 5 porsi sekaligus. Uang Rp50.000 apabila digunakan untuk berbelanja bahan makanan pokok bukan hanya bisa dikonsumsi 1 kali makan saja, akan tetapi bisa di makan berkali-kali.

Hal yang terpenting agar bisa menghemat pengeluaran dapur adalah jangan malas masak. Ibu rumah tangga yang malas masak secara otomatis akan memiliki pengeluaran bulanan yang membengkak.

Memasak bahan makanan yang ada di rumah memang terkadang terasa melelahkan, apalagi jika Anda bekerja sebagai wanita karir. Namun jika memang Anda ingin menghemat pengeluaran sebaiknya luangkan waktu untuk memasak. Buatlah masakan sederhana yang mudah. Selain itu Anda juga bisa mengkreasikan bahan makanan sekali racik yang bisa dimasak berkali-kali, seperti membuat nugget, ikan yang sudah dibumbui sehingga tinggal goreng, lauk pauk lainnya yang memungkinkan Anda tidak harus kerepotan meracik makanan setiap hari.

4. Membeli Kebutuhan Dapur Di Pasar

Cara menghemat pengeluaran dapur berikutnya yang juga sangat efektif adalah berbelanja di pasar tradisional. Harga makanan atau bahan dapur yang dijual di pasar tradisional biasanya jauh lebih murah dibandingkan bahan makanan yang dijual di supermarket.

Selain itu Anda juga bisa melakukan perbandingan harga antara pasar satu dengan yang lainnya atau pedagang satu dengan yang lainnya agar bisa mendapatkan harga terbaik.

Berbeda dengan berbelanja di supermarket, membeli bahan makanan di pasar memberi kesempatan untuk Anda melakukan tawar menawar. Kemampuan menawar yang Anda miliki sangat membantu untuk mendapatkan harga termurah sehingga pengeluaran semakin hemat.

5. Memanfaatkan Diskon

Jika Anda terpaksa harus belanja di supermarket atau minimarket cobalah untuk membeli produk-produk diskon. Memanfaatkan diskon yang ada Misalnya saja produk sabun atau keperluan lain juga sangat membantu untuk menghemat pengeluaran.

Meskipun ada banyak diskon yang bisa Anda temukan bukan berarti semua produk diskon harus dibeli. Tetap pastikan jika anda hanya membeli produk yang memang dibutuhkan. Wanita sangat mudah tergiur dengan produk diskon yang terkadang tidak terlalu dibutuhkan. Anda harus cerdas dalam mengelola keuangan  sampai membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

6. Memanfaatkan Pekarangan Untuk Menanam Sayuran

Cara menghemat pengeluaran dapur berikutnya yang wajib untuk Anda coba adalah dengan menanam sayuran di pekarangan rumah. Jika Anda memiliki lahan di belakang atau di depan rumah, tidak ada salahnya jika digunakan sebagai tempat untuk menanam berbagai macam sayuran seperti kangkung, selada, tomat dan berbagai macam sayuran lainnya.

Anda bisa menanam tanaman hidroponik atau bahkan membuat taman gantung yang berisi sayur mayur. Ada banyak sekali jenis sayuran yang bisa ditanam di pekarangan. Apabila tanaman tumbuh subur maka Anda tidak harus membeli sayur-mayur di pasar karena sudah memilikinya di rumah. Dan ini, tips agar anak suka makan sayur setiap hari yang terdapat pada situs Jendelo.

7. Jangan Belanja Menggunakan Kartu Kredit

Kebiasaan ibu-ibu modern seperti saat ini adalah berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Penggunaan kartu kredit sangat rentan membuat pengeluaran menjadi membengkak. Sebaiknya Anda berbelanja dengan uang cash dan sesuai dengan apa yang telah dibuat dalam daftar belanja.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, tetap jadikan belanjaan pokok sebagai prioritas dan hindari membeli produk yang tidak terlalu dibutuhkan. Kebanyakan wanita ketika berbelanja di pasar atau di supermarket akan sangat tergiur untuk membeli produk-produk yang terkadang bukan kebutuhan. Mengikuti keinginan tidak akan pernah ada habisnya. Kiranya Anda ingin membeli sesuatu yang bukan kebutuhan maka sebaiknya direncanakan dengan baik dan buatlah target setiap bulannya.

Cara menghemat pengeluaran dapur seperti yang telah disebutkan di atas apabila dipraktekkan secara serius akan sangat efektif. Apabila pengeluaran bulanan tidak pernah dimanajemen dengan serius tentu Anda tidak akan pernah bisa menabung atau bahkan terjebak hutang karena selalu merasa kurang.

Itulah beberapa cara menghemat pengeluaran dapur yang bisa anda lakukan. Selain cara menghemat pengeluaran dapur, Anda juga harus tau tips mengatur keuangan keluarga agar tidak boros. Semoga informasi ini dapat membantu anda untuk lebih bijak memanfaatkan uang untuk pengeluaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *