Cara Menghadapi Orang Sombong! Anda Wajib Mengerti

Diposting pada

Cara Menghadapi Orang Sombong

Cara menghadapi orang sombong memang memiliki trik khusus, karena jika ditanggapi dengan salah maka bisa mengakibatkan berbagai hal buruk. Cobalah untuk mengajaknya menjalankan kegiatan amal atau sosial yang dapat membuatnya merasa bahagia serta kebersamaan.

Bagaimana Cara Menghadapi Orang Sombong?

Seseorang menjadi sombong memiliki beberapa sebab sehingga sebelum menilainya sebaiknya lakukan pendekatan untuk melihat sebenarnya apa yang membuatnya melakukan hal tersebut. Bisa jadi karena kebiasaan hidup, kurangnya kasih sayang atau lainnya. Tak perlu kesal, ini tips menghadapi orang egois di situs Jendelo.

Berikut ini cara efektif menghadapinya:

  1. Tegur dengan Sopan

Menegur orang yang sombong sah kan secara halus, karena jika tidak maka bisa membuatnya tersinggung. Misalnya saja sering ajak mereka pada kajian sesuai dengan keyakinannya atau dengarkan ceramah saat didekatnya tanpa menunjukkan rasa tidak suka atau malah menggurui.

Menunjukkan sopan santun pada orang yang mungkin tidak menunjukkan sikap tersebut dapat membuat banyak nilai positif. Sebaiknya tanggapi perilaku mereka layaknya api yang dipadamkan dengan air agar dapat menetralkan.

  1. Percaya Diri

Jangan memperlihatkan kelemahan pada orang yang bersikap sombong, karena akan membuka ruang mereka semakin merendahkan. Cukup tetap percaya diri dan jangan menanggapinya terlalu dalam karena bukan membuatnya berhenti malah terus memanjang dan memanas.

Kesombongan sejatinya sikap yang akan membuat seseorang dipandang kurang baik. Saat ini semakin banyak perkembangan sikap tersebut bahkan bukan hanya di dunia nyata saja melainkan pada platform online seperti sosial media, website, komentar Youtube, TikTok dan sebagainya.

  1. Hindari persaingan

Persaingan sendiri dapat menyulut permusuhan sehingga bukan membuat masalah terselesaikan melainkan akan semakin memanas. Perilaku sombong terdapat beberapa tingkatan ada yang hanya mendeskripsikan dengan perkataan, perilaku, bahkan pada perilaku fisik seperti bullying.

Bersaing sejatinya hanya menguras energi dan tentunya kurang bermanfaat, sebaiknya disikapi dengan bijak jika ada orang yang sombong mendekati Anda. Jika tidak suka bisa meninggalkannya dengan alasan logis dan tentunya tetap sopan, maka jangan sampai menyakiti hatinya.

  1. Sindir Secara Halus

Cara menghadapi orang sombong selanjutnya adalah dengan menyindir secara halus, tujuannya adalah agar tidak terlalu terlihat frontal. Tunjukkan kepedulian Anda dengan hal sederhana agar mereka bisa mengerti dengan sendirinya bahwa perilaku tersebut kurang benar dan banyak yang tidak menyukainya.

Menyindir secara halus bisa dilakukan dengan cara, saat mereka bercerita tentang kelebihannya maka tanggapi menggunakan kata-kata sopan. Tujuannya agar tidak terjadi perselisihan atau malah cekcok yang berakibat fatal, bahkan bisa memutuskan hubungan persahabatan atau persaudaraan.

  1. Jangan membalas kesombongannya

Kesombongan dibalas dengan perilaku yang sama, berarti ibarat Anda menghidupkan api dengan angin kencang, bukannya padam melainkan akan semakin menjadi. Sebaiknya respon dengan perilaku sederhana atau bahkan jika sudah tidak tahan abaikan mereka atau alihkan pembicaraan pada topik bermanfaat.

Kemajuan teknologi saat ini membuka ruang masyarakat dengan sifat demikian menunjukkannya untuk mendapatkan pengakuan khalayak luas, semakin dihujat maka kemungkinan besar akan terkenal. Menyikapi fenomena tersebut dengan bijak akan sangat membantu menetralkannya.

  1. Dekati Mereka dengan Kesederhanaan

Memberi perlakuan berbeda merupakan salah satu jalan untuk menghadapi seseorang sombong. Sebagai contoh Anda bisa memberikan hadiah sederhana pada mereka. Namun bukan dengan maksud merendahkan melainkan untuk menyadarkannya bahwa berharga atau tidaknya dilihat dari siapa yang pemberinya.

Selain itu, juga bisa mengajaknya ke tempat sederhana misalnya warung pinggir jalan untuk menunjukkan bahwa yang kenikmatan bukan hanya didapat pada perilaku bermewah-mewahan. Tunjukkan sikap kepedulian serta kehangatan, agar mereka berubah dengan sendirinya tanpa adanya paksaan.

  1. Tanggapi Perilaku Mereka dengan Senyuman

Seorang yang berperilaku sombong terkadang sering berlaku diluar batas, jika hal tersebut terjadi sebaiknya hadapi dengan senyuman. Perlu Anda perhatikan, apabila tindakannya sudah keterlaluan sebaiknya laporkan pada pihak yang ditakutinya atau menghindar.

Terciptanya permusuhan sering kali karena sikap tenggang rasa yang kurang, apabila tidak menyukai perilaku tersebut sebaiknya usahakan untuk menyadarkannya bahwa mereka sudah salah. Jika tidak berhasil jalan terbaik adalah menghindari jangan menunjukkan kemarahan dengan tersenyum.

  1. Jangan Mudah Tersinggung

Mudah tersinggung dapat menimbulkan pertengkaran bahkan menjadikan hubungan Anda berjarak. Usahakan untuk menanggapinya dengan santai, jika sudah tidak tahan mendengarnya alihkan pembicaraan. Selain itu, juga dapat menghindar dengan mencari alasan yang logis.

Saat Anda dihadapkan dengan teman, keluarga, tetangga atau lainnya yang sombong apabila kurang suka bisa langsung diungkapkan atau diam dan menghindarinya (jika tidak ingin membuatnya tersinggung). Hal tersebut terbukti ampuh untuk menghadapi serta menetralkan perilaku mereka.

  1. Hadapi dengan Santai

Jika Anda ingin mereka cepat diam maka jangan meresponnya, karena semakin ditanggapi akan merasa tertantang dan malah memberikan pernyataan. Yaitu agar terlihat tetap memiliki kedudukan tinggi dibanding lainnya. Sebaiknya tetap bersikap santai dan jangan menunjukkan ketidak sukaan.

Menghadapi orang sombong dengan santai selain membuatnya cepat diam dan menghindar juga bisa memberi ruang untuk mengetahui kelemahan mereka, alhasil bisa jadi hal tersebut bisa membuat Anda dapat merubahnya menjadi seseorang lebih baik lagi dan tidak sombong.

  1. Tetap Bersikap Tenang

Jangan terburu-buru menunjukkan sikap tidak senang karena akan memicu pertengkaran, usahakan menahan marah jika sudah tidak tahan sebaiknya Anda menghindar dan menenangkan diri. Ha tersebut bertujuan agar mereka bosan mengganggu dan berhenti jika tidak mendapatkan respon.

Kemarahan atau ketidaksukaan yang Anda tunjukkan akan membuat orang tersebut berpikir bahwa misinya berhasil dan akan tetap menunjukkan sikap tersebut. Hal inilah mengapa pentingnya bersikap bodamat dan tenang meski ingin marah atau melampiaskan kekesalan dengan caci maki.

  1. Beri Pujian

Seorang yang sombong terkadang mereka ingin dipuji, untuk itu apresiasi mereka namun dengan kata-kata yang dapat membuatnya sadar. Anda juga dapat memberi pendekatan dengan mengajak kerja sosial, misalnya saja menjadi relawan, mencari donasi, kegiatan alam dan sebagainya.

Pujian tersebut bukan untuk membuatnya semakin tinggi hati, melainkan menyadarkannya bahwa masih ada orang di atasnya. Selain itu sering ajak mereka untuk merenungi jika masih banyak yang membutuhkan atau tantang untuk mendonasikan sebagian hartanya untuk menunjang kebutuhan masyarakat lainnya.

  1. Bersikap Cuek

Jika perlakuan mereka sudah diluar batas wajar sampai bermain fisik, maka tindakan tegas bisa menjadi solusi utama agar tidak semakin menjadi. Seorang yang sombong biasanya akan melakukan hal tersebut saat menganggapnya menjadi yang lebih berkuasa misalnya senior pada junior, atasan dan bawahan atau lainnya.

Menyikapi hal demikian memang harus lebih selektif dan bijak, pahami terlebih dahulu penyebab mereka menjadi sombong, bisa jadi karena ingin mendapat perhatian lebih, dipandang berkuasa, dihormati atau lainnya. setelah itu Anda bisa mencari celah untuk menyikapinya.

Itulah Cara menghadapi orang sombong yang perlu Anda terapkan, usaha menyikapi setiap perilaku mereka dengan bijak, pahami kelemahannya dan sadarkan dengan hal tersebut. Serta cara menghilangkan rasa iri hati terhadap orang lain secara bijak. hadapi dengan pendekatan khusus agar lebih efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *