7 Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Orang Banyak

Diposting pada

Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Orang Banyak

Sekarang ini kemampuan publik speaking menjadi kebutuhan sangat penting dalam dunia kerja. Bagaimana tidak, melalui skill tersebut orang akan dapat menyampaikan ide atau gagasan dengan baik. Oleh karena itu, pahami dahulu bagaimana cara mengatasi rasa takut berbicara di depan orang banyak.

Apa Saja Penyebab Timbulnya Rasa Takut Berbicara di Depan Khalayak?

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang merasa takut untuk berbicara atau berpendapat di depan umum. Bisa jadi karena faktor internal maupun eksternal, untuk memudahkan penjelasanya dapat diuraikan sebagaimana berikut ini:

  1. Merasa Minder

Ada beberapa orang merasa minder dengan apa adanya dirinya sehingga ketika disuruh untuk berbicara didepan umum dia akan merasa semua orang menghakimi kekurangan. Bahkan ia merasa tidak memiliki apapun untuk ditonjolkan.

Perasaan ini menimbulkan gejala tidak berani speak up di depan publik. Dengan begitu akan sulit berekspresi dan mengemukakan pendapatnya. Bahkan, kini banyak perusahaan menghendaki kemampuan publik speaking yang mumpuni.

  1. Kurang Menguasai Materi

Alasan seseorang gugup ketika berbicara di depan umum salah satunya adalah tidak menguasai materi sehingga sebelum maju akan merasa gugup sendiri. Alasan utamanya yaitu dihantui akan rasa tidak mampu menjawab pertanyaan atau sanggahan nantinya.

Untuk itu, sebaiknya sebelum tampil dihadapan publik siapkanlah segala materi yang mumpuni dan mental serta fisik yang kuat. Namun, setidaknya ada suatu dasar atau pegangan yang dijadikan bahan untuk memperkuat argumentasi ketika berbicara didepan umum.

  1. Kurang Percaya Diri dengan Penampilan

Penampilan atau look seseorang sering kali mempengaruhi tingkat kepercayaan dirinya. Cara meningkatkan rasa percaya diri dalam penampilan Anda ada di situs jendelo. Beberapa orang pasti akan lebih memilih tampil dengan gaya yang keren agar orang lain memberi kesan positif nantinya.

Namun jangan salah penampilan saja tidak menjadi patokan orang akan merasa percaya diri. Apalagi jika tidak diimbangi dengan rasa nyaman untuk tampil dihadapan publik. Sebab, setiap orang yang memandang nantinya pasti akan ikut merasakan.

  1. Takut Sebelum Mencoba

Keadaan mental setiap orang pasti akan berbeda-beda apalagi dengan sosok yang memang belum memiliki kebebasan untuk mengemukakan pendapat di hadapan umum. Pasti akan dihantui oleh rasa ketakutan yang tak berakar.

Setidaknya tanamkan dalam diri bahwa, meski keadaan sangat tidak menguntungkan atau dihantui rasa takut. Sebenarnya, itu hanya toxic dan semua orang pasti tidak akan tahu kecuali dia mencobanya, untuk itu sangat lah penting adanya latihan mental.

  1. Sulit Membiasakan Diri

Ada beberapa orang meski telah memiliki tekad untuk tampil di depan publik, maupun berusaha mengatasi rasa takut atau kurang percaya dirinya di hadapan publik namun mengalami kesulitan. Langkah yang harus dilakukan adalah mulai membiasakan diri.

Biasanya kesulitan ini muncul ketika seseorang tidak yakin dengan potensi yang ia miliki, tidak merasa percaya diri dan merasa memiliki banyak kelemahan. Akan tetapi, hal ini dapat diminimalisir dengan berbagai cara peningkatan rasa percaya diri seseorang.

Beberapa Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Ada beberapa cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri ketika berbicara dihadapan umum. Berikut 7 cara mengatasi rasa takut berbicara di depan umum, yaitu bagi orang yang belum terbiasa wajib mencobanya:

  1. Melawan Rasa Malu

Setiap orang pasti memiliki rasa malu, hal inilah yang menghantui seseorang ketika akan maju di hadapan umum. Salah satu usaha untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan berpikir santai dan menganggap semua orang adalah sama.

Biasanya, orang akan membayangkan hal-hal yang membuatnya merasa santai bisa jadi orang lain menganggapnya batu, teman main atau sebagainya. Tujuan utamanya adalah agar perasaan menjadi rilex. Dengan kata lain, ketika semua telah teratur maka semua akan mengalir sebagaimana mestinya.

  1. Mengajukan Beberapa Pertanyaan

Salah satu cara untuk membiasakan diri berbicara didepan umum adalah dengan mencoba untuk mengajukan beberapa pertanyaan ketika berkumpul atau rapat. Dengan begitu, akan terbentuk perspektif bahwa berbicara di depan umum tidak serumit bayangan sebelumnya.

Mulailah terbiasa berbicara di depan umum dengan berbagai langkah sederhana, karena bagaimanapun juga kemampuan publik seseorang akan menentukan bagaimana karier kerjanya nanti.

  1. Mempersiapkan Diri Sebaik Mungkin

Sebelum maju untuk menyampaikan materi di hadapan publik setidaknya paham betul dengan isi atau hal-hal yang melingkupinya. Tidak dapat dipungkiri karena ketika seseorang paham betul dengan apa yang akan dikatakan nantinya akan menambah rasa percaya dirinya.

Kuasai diri sebelum menguasai panggung begitulah istilahnya, agar ketika di hadapan publik tidak merasa grogi dan dapat tampil maksimal. Bagaimanapun juga persiapan mental dan materi merupakan hal yang sangat utama.

  1. Berbicara dengan Logat atau Gayanya Sendiri

Prinsip utamanya adalah bahwa apa yang engkau miliki adalah hal unik dan ciri khas yang menjadi point utama daya tarik seseorang. Hal ini perlu ditanamkan dalam hati, bagaimanapun juga ketika tampil dihadapan publik jadilah diri sendiri.

Pembawaan diatas panggung nanti akan sangat terpengaruh dengan apa yang menjadi gaya pembawaan seseorang. Untuk itu, bawalah sesantai mungkin yakni cukup dengan menjadi apa adanya. Sebab, ketika dipaksakan justru akan terkesan tidak bagus pembawaanya.

  1. Sebisa Mungkin Lakukan Kontak Mata dengan Audience

Salah satu cara untuk menghindari rasa gugup adalah dengan menganggap biasa audience ketika berada diatas panggung. Sebisa mungkin usahakan melakukan kontak mata, hal ini akan memberi kesan bahwa seseorang telah memiliki kemampuan menguasai panggung.

Setelah melakukannya, maka akan didapat ketika seseorang telah memenuhi beberapa persyaratan yakni dimulai dari kebiasaan. Intinya, langkah utama bagi pemula yakni dengan menganggap bahwa audience hanyalah orang biasa atau membayangkan hal lain yang bersifat santai.

  1. Lakukan Latihan Secara Intens

Berlatih merupakan kunci utama untuk menguasai panggung ketika berbicara di depan publik. Sekali dua kali mungkin masih terlihat kaku. Namun, ketika telah dilakukan berulang maka akan menjadi kebiasaan dan akan terlihat biasa sewaktu berada diatas panggung.

Bagaimanapun juga, latihan dapat diterapkan bagi seseorang yang telah berminat dan niat sungguh-sunguh. Jika tidak maka semua akan percuma, mulailah dengan hal kecil dan sederhana sebelum akhirnya berubah menjadi suatu tindakan yang bermakna.

  1. Berdoa Sebelum Maju

Langkah terakhir untuk menampilkan yang terbaik sebelum maju keatas panggung adalah berdo’a agar sewaktu diatas panggung tidak grogi. Do’a sangatlah penting untuk menambahkan ketenangan dan kemudahan sewaktu berada diatas panggung.

Biasanya orang akan mulai berdo’a ketika hendak maju, hal ini akan menjadi motivasi diri untuk menampilkan yang terbaik dan berusaha tampil maksimal. Tidak dapat dipungkiri karena setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menutupi kelemahan dan memperlihatkan kelebihan.

Demikian ulasan mengenai 7 cara mengatasi rasa takut berbicara di depan orang banyak. Selain itu, Anda juga perlu tau cara memotivasi diri agar bangun lebih pagi. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi sebelum akhirnya menjadi seorang yang membiasakan diri dalam publik speaking. Bagaimanapun juga skill ini banyak dibutuhkan dalam dunia kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *