Cara Mengatasi Rasa Malas yang Wajib Anda Ketahui

Diposting pada

Cara Mengatasi Rasa Malas

Malas merupakan kebiasaan yang perlu dihilangkan karena membawa banyak dampak negatif, selain itu dapat menghalangi seseorang mencapai kesuksesan serta cita-citanya. Cara mengatasi rasa malas perlu Anda ketahui agar lebih produktif dan tidak membuang-buang waktu berharga.

Beberapa Cara Mengatasi Rasa Malas

Tentu tidak sedikit kegiatan yang terbengkalai karena sifat tersebut. Itulah pentingnya mengapa harus diatasi, terlebih jika nantinya membawa banyak dampak negatif terutama pada masa yang akan datang.  Sebaiknya Anda perhatikan beberapa cara jitu berikut ini:

  1. Menciptakan Pola Hidup Sehat

Rasa malas sendiri dapat muncul karena kelelahan, untuk itu Anda perlu melakukan olahraga secara rutin baik yang berat maupun ringan. Manfaat lainnya yakni kegiatan tersebut bisa membuat pikiran lebih fokus sehingga saat bekerja akan semakin cepat, maksimal, serta memberi hasil bagus.

Jika seseorang memiliki pikiran yang lebih fokus bisa lebih semangat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Selain itu juga dapat menambah dengan berdoa, manfaatnya sendiri sangat banyak. caranya cukup mudah, yaitu setiap akan melakukan suatu hal maka awali dengan berdoa lebih dulu.

  1. Lawan Rasa Bosan

Rasa bosan tentu dapat datang sewaktu-waktu, hal tersebut normal saja namun perlu diperhatikan jangan sampai terlalu lama. Cobalah membangkitkan semangat misalnya dengan bermain, membuat sistem belajar menjadi menarik, menjalankan hobi dan masih banyak lainnya.

Kegiatan tersebut dipercaya dapat mengatasi rasa bosan setelah menjalankan kegiatan sehari-hari, untuk meminimalisir hal ini Anda bisa mencari cara khusus. Cobalah menargetkan pekerjaan dengan durasi waktu tertentu, kemudian jika dapat melaluinya berikan reward.

  1. Memberi Hadiah pada Diri Sendiri

Tentunya sebuah kerja keras yang dilakukan setiap harinya membuat tubuh lelah, untuk itu memberi hadiah merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan. Sebenarnya tidak perlu mewah, karena meski hanya sederhana namun dapat membuat bahagia.

Misalnya saja membuat sebuah target tertentu, kemudian Anda berjanji pada diri akan membeli ice cream jika itu berhasil. Hal tersebut meski terkesan sederhana namun dapat memberi semangat dalam menjalankan tugas sehingga rasa malas akan menghilang dengan sendirinya.

  1. Lakukan Meditasi

Penghilang rasa malas selanjutnya adalah melakukan meditasi meski hanya sebentar. Kegiatan tersebut dapat memberi ketenangan sehingga akan membuat mudah berkonsentrasi. Gunakan metode yang tepat agar bisa mendapatkan hasil maksimal, jika perlu dapat meminta bantuan ahlinya.

Meditasi ini sangat bermanfaat karena dapat memberi hawa positif sehingga rasa malas dapat dinetralkan. Penanaman semangat dalam diri penting untuk dilakukan karena agar keberhasilan bisa diraih dengan perjuangan dan juga kerja keras, hal penting lainnya adalah adanya dukungan.

  1. Istirahat yang Cukup

Cara mengatasi rasa malas selanjutnya adalah istirahat yang cukup. Tubuh lelah seringkali memunculkan kemalasan, untuk itu selalu sempatkan beristirahat beberapa menit atau jam di sela sela menjalankan kesibukan setiap harinya. Mengatur pola tidur bisa membantu agar otak dapat berkonsentrasi lebih.

Tubuh yang setiap hari digunakan untuk menjalankan kegiatan berat tentu akan lelah dan perlu diistirahatkan. Lama waktu tidur yang baik adalah sekitar 7-9 jam setiap harinya, tujuannya agar menjadi lebih segar dan siap melakukan kegiatan di hari esok.

  1. Jalani Hobi Anda

Jika merasa bosan ataupun lelah, sebaiknya diistirahatkan terlebih dahulu badan dan pikiran Anda untuk menjalankan hobi misalnya saja memasak, menggambar dan sebagainya. Fungsinya yaitu menghibur diri agar nantinya lebih semangat lagi, terutama saat menjalankan tanggung jawab berat.

Kesibukan sehari-hari sebenarnya bukan penghalang untuk Anda menjalankan hobi. Sempatkan melakukannya untukku meski hanya sebentar, caranya yakni beri jadwal khusus misalnya setiap hari sati jam pada pukul 09.00 WIB atau lainnya.

  1. Buat Jadwal Harian

Jadwal harian ini akan membantu untuk menjalankan berbagai hal tanpa ada tertinggal atau lupa. Anda bisa memanfaatkan buku catatan khusus dengan hiasan atau mengaplikasikan sticky note. Tulis semua kegiatan pada hari tersebut yang ingin dilakukan mulai dari pagi sampai tidur.

Tempelkan pada lokasi yang mudah dilihat, misalnya saja pada laptop, meja belajar, pintu, tembok kamar atau tempat khusus. Hal ini bisa memberi ruang bagi Anda untuk menjalankan kegiatan lainnya misalnya bermain bersama teman, nongkrong atau bahkan mengikuti kegiatan di luar rumah.

  1. Set Goals

Seseorang memulai perjuangannya tentu memiliki tujuan tertentu, tanpanya pasti hidup tidak akan terarah. Jika belum ada, sebaiknya tentukan sejak dini agar dapat mencapainya dengan persiapan maksimal. Contohnya, saat ingin berkuliah di perguruan tinggi maka harus belajar dari jauh hari.

Saat Anda sudah memiliki goals, rasa malas tentu akan bisa dikesampingkan. Agar lebih semangat lagi cobalah mengingat orang-orang yang mendukung Anda, seperti orang tua, keluarga, teman, pasangan atau lainnya. Perasaan tidak mau mengecewakan akan muncul dengan sendirinya.

  1. Mulai dari Hal Kecil

Menyemangati diri tidak harus langsung pada hal yang besar, coba mulai dengan kegiatan kecil. Sebagai contoh, saat Anda akan belajar materi baru maka bisa memakai sistem 20 menit, maksudnya adalah selama tenggang waktu tersebut dijadikan untuk fokus, lalu 5 menit istirahat.

Jalankan sistem tersebut secara rutin, untuk mengefektifkan sistem belajar. Jika sudah menjadi kebiasaan semua akan jauh lebih mudah, bahkan waktu tersebut bisa bertambah tanpa keterpaksaan. Meminimalisir rasa malas tidak harus langsung dengan hal besar, karena bisa beresiko cepat bosan.

  1. Motivasi diri sendiri

Memotivasi diri sendiri dipercaya dapat membangkitkan semangat lebih ampuh daripada jika mendapat pengaruh dari luar. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuka pembicaraan bisa dalam hati maupun di depan kaca, pilih kata-kata sederhana yang mengandung makna mendalam. Selain itu Anda juga perlu bersyukur, dengan cara memotivasi diri untuk bersyukur.

Selain karena jenuh atau rasa capek, malas dapat disebabkan oleh kurangnya motivasi diri. Saat ini kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan untuk menunjang hal tersebut yaki dengan mencari baik tulisan, audio dan visual melalui beberapa platform mulai dari website, Youtube atau lainnya.

  1. Jangan Sering Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan seringkali disebabkan karena masih banyaknya waktu yang tersedia. Pada kenyataannya semakin Anda mengulur waktu maka kesempatan memberikan kinerja maksimal akan berkurang, selain iu tentunya jika terjadi suatu hal tidak terduga kemungkinan besar tugas tersebut akan terbengkalai.

Meski Anda merasa tugas hanya sedikit, sebaiknya segera kerjakan sehingga jika nantinya ada tambahan tidak bertumpuk. Sebab jika itu terjadi kemungkinan besar rasa malas semakin menjadi. Saat terdapat banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, maka pilih sesuai tingkatan prioritas.

Cara mengatasi rasa malas tersebut dinilai efektif, namun sebelumnya perlu membangkitkan niat dalam diri agar hasilnya lebih maksimal lagi. Carilah kegiatan yang Anda senangi, jika tidak cocok dengan satu metode maka pindah pada lainnya, karena setiap orang memiliki sifat berbeda. Namun, semua itu tidak harus mahal dan lakukan apa yang disukai selagi itu bersifat positif. Pada situs https://jendelo.com/ juga terdapat cara mengatasi rasa takut berbicara di depan orang banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *