cara mengatasi anak susah makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan yang Dijamin Ampuh

Diposting pada

Setiap ibu pasti merasa resah jika anak susah makan. Selain berdampak pada pertumbuhan dan asupan gizinya, ini juga bisa memicu penyakit tertentu. Oleh karena itu, sebagai ibu harus pandai-pandai mencari solusi. Pastikan menemukan cara mengatasi anak susah makan yang efektif.

Beberapa Cara Mengatasi Anak Susah Makan yang Cocok Diterapkan

Mengatasi Anak Susah Makan

Pada dasarnya, ibu harus kreatif dalam menciptakan kreasi agar buah hati menjadi lahap makan. Mulai dari segi menu makanan yang dipilih hingga mengatur pola makan anak agar stabil. Berikut adalah beberapa cara yang cukup efektif atasi anak yang susah makan yang bisa Anda terapkan:

1. Buat Jadwal Makan Anak

Hal utama yang perlu diperhatikan berhubungan dengan pola makan anak adalah jadwal makan. Jadwal makan anak yang tidak teratur akan membuatnya cenderung mood-moodan untuk makan. Kadang ia semangat makan dan terkadang malas karena berbagai faktor.

Dengan pola makan yang terjadwal dengan baik, anak akan menyesuaikan diri dengan sendirinya. Dengan demikian, makan akan menjadi kebiasaan sehari-hari yang tetap dilakukan tanpa membuat ibu kerepotan. Karenanya, pastikan anak makan di jam yang sama setiap harinya.

2. Pilih Menu yang Bervariasi

Menu yang itu-itu saja cenderung membuat anak merasa malas dan bosan untuk mengkonsumsinya. Oleh karena itu, penting memvariasikan menu setiap harinya. Misalnya saja, jika pagi sudah mengkonsumsi jenis menu A, maka hindari memberikan menu yang sama saat siang dan malam hari.

Adapun pilihan menu yang beragam tersebut akan membuat anak merasa tertarik untuk mencicipinya. Sebagai referensi, Anda bisa melihat menu-menu untuk anak di internet yang sangat bervariasi. Bahkan, jika tidak tahu cara memasaknya bisa melihat tutorial di Youtube.

3. Masak Menu yang Lezat

Cara lain yang tidak kalah penting untuk menggugah selera makan anak adalah dengan membuat menu yang lezat. Meskipun masih anak-anak, mereka tentu bisa membedakan mana masakan lezat dan mana yang sebaliknya. Dengan demikian, masakan lezat ini sangat penting.

Makanan yang lezat pastinya terdiri dari komponen bumbu yang pas. Meskipun tidak mudah, Anda harus berusaha menciptakan menu-menu yang menggoyang lidah anak. Bisa dengan cara meminta resep ke teman ataupun melihat berbagai tutorial memasak yang ada.

4. Sediakan Beberapa Jenis Makanan dalam Sekali Makan

Satu jenis makanan kadangkala membuat anak merasa kurang tertarik untuk memakannya. Untuk itu, akan lebih baik jika menyediakan beberapa menu dalam sekali makan. Misalnya dengan menyediakan sayuran, daging, kacang-kacangan dan saus dalam satu wadah.

Cara satu ini juga dalam rangka mengantisipasi apabila anak kurang suka dengan salah satu menu yang tersedia. Diharapkan ia akan tetap memakan menu lainnya dengan lahap. Tips ini wajib dilakukan, khususnya bagi para ibu yang belum begitu mengenal apa saja makanan yang disukai dan tidak disukai anak.

5. Sajikan Makanan dalam Bentuk Menarik

Beberapa Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya adalah dengan menyajikan makanan dalam bentuk yang menarik. Sebelum itu, pastikan dahulu wadah yang digunakan makan memiliki bentuk lucu dan unik. Sedikit banyak, wadah ini juga berpengaruh kepada mood atau ketertarikan anak untuk makan.

Kemudian, untuk makanan Anda bisa membentuknya menjadi berbagai karakter dan model yang kekinian. Misalnya dengan membentuk nasi seperti boneka, memotong sayuran yang imut dan unik serta berbagai cara lain yang membuat makanan menjadi lucu. Dengan model-model makanan yang menarik, anak pun akan cenderung suka dan lahap.

6. Beri Pujian Saat Anak Makan dengan Lahap

Kepercayaan orang tua, khususnya ibu sangat penting untuk seorang anak. Buah hati akan semakin percaya diri jika ibu memberinya pujian atas apa yang ia lakukan, termasuk dalam hal makan. Usahakan untuk memberi pujian saat anak makan dengan lahap.

Selain itu, beri juga sanjungan ketika ia menghabiskan makanan yang ibu sediakan di atas meja. Hal ini akan mendorong sang anak untuk tetap melakukan hal yang sama agar mendapatkan kebanggaan dari ibu. Jangan sekali-kali memarahi ataupun membentak anak karena masalah makan karena ini bisa berdampak buruk pada pola makannya.

7. Jangan Menunjukkan Camilan Tertentu saat Makan

Sebagian anak lebih suka camilan dibandingkan dengan makanan yang berfungsi memenuhi kebutuhan tubuh. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu untuk tidak menunjukkan camilan apapun ketika anak sedang makan.

Tujuannya agar anak bisa lebih fokus kepada makanan yang sedang dikonsumsi. Bahkan, beberapa orang tua mengaku anaknya lebih lahap dan habis jika tidak tergoda oleh jenis makanan lain seperti camilan. Hal penting lain adalah jangan pernah memberikan minum di tengah-tengah waktu makan anak.

8. Kenalkan Anak dengan Menu-Menu Sehat dan Kekinian

Semakin hari, semakin banyak menu-menu baru yang kekinian. Di antara menu-menu tersebut tidak hanya lezat namun juga sehat. Oleh karena itu, ibu perlu eksperimen menu-menu baru tersebut. Hal ini sangat penting agar anak mendapatkan asupan gizi terbaik dan makan dengan lahap setiap harinya.

Dengan menu baru yang kekinian, anak akan tertarik dan lebih terdorong untuk makan. Hal itu didasari oleh anak yang penasaran dengan rasa makanan tersebut. Jika rasanya enak, ia akan ketagihan dan dijamin lahap saat makan.

9. Kenali Makanan Kesukaan Anak

Ibu memang harus benar-benar mengenal anaknya, termasuk soal makanan yang dikonsumsi. Sambil jalan, anak akan mengenal apa saja jenis makanan yang disukai. Hal ini sebaiknya tidak dilewatkan oleh ibu karena berhubungan dengan menu-menu yang akan dihadirkan berikutnya.

Pastikan mengenal apa saja makanan yang disukai anak. Jika anak suka, maka ia tidak akan susah untuk makan. Sebaliknya, hindari menu-menu yang sekiranya sang anak kurang lahap. Mengingat setiap anak memiliki kesukaan dan minat yang berbeda-beda.

10. Temani Anak saat Makan

Dukungan orang tua untuk pertumbuhan anak sangat penting. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika mereka menemani sang anak saat makan. Bahkan, ikut makan bersama dengan anak agar ia lebih bersemangat lagi.

Sembari memotivasi anak agar lebih suka makan, upaya tersebut juga untuk melatih anak mengatur pola makan sehari-hari. Cara satu ini terbukti efektif untuk meningkatkan nafsu makan sang anak. Hanya saja, ibu harus lebih bersabar selama proses berlatih.

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti memberi suplemen penambah nafsu makan dan sebagainya. Pada intinya, anak harus mendapatkan gizi yang cukup dan seimbang. Dengan penambahan vitamin, setidaknya mereka tercukupi asupannya.

Itulah beberapa cara mengatasi anak susah makan yang bisa dipraktikkan oleh para orang tua. Pastikan memperhatikan pola makan dan asupan anak dengan baik agar mereka hidup sehat dan tumbuh dengan baik. Jika masih mengalami kebingungan, konsultasikan hal itu kepada yang sudah berpengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *