Cara Mencegah Hipertensi yang Wajib Anda Tahu

Diposting pada

Cara Mencegah Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini sering disebut juga dengan tekanan darah tinggi. Banyak orang yang tidak menyadari jika ternyata hipertensi dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Ketika seseorang sudah terserang hipertensi sebaiknya berhati-hati karena memiliki resiko terkena berbagai penyakit mematikan seperti stroke, jantung, dan diabetes. Sebelum penyakit hipertensi terjadi sebaiknya Anda mengetahui cara mencegah hipertensi.

Seseorang yang sudah memiliki riwayat penyakit hipertensi sebaiknya berhati-hati dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Apabila tekanan darah tinggi dan tubuh memiliki kolesterol yang tinggi Maka dapat menyebabkan penyakit jantung hingga stroke. Anda tentu tidak ingin hal itu terjadi bukan? Penting sekali bagi Anda untuk menjaga kesehatan karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Seseorang bisa diketahui mengalami penyakit hipertensi apabila melakukan pemeriksaan tekanan darah. Apabila Anda belum dinyatakan memiliki penyakit hipertensi bukan berarti lantas tidak melakukan pencegahan. Banyak orang yang awalnya menyepelekan hipertensi karena tekanan darahnya normal akan tetapi setelah lanjut usia ternyata terserang penyakit ini.

Cara Mencegah Hipertensi yang Mudah

Penting sekali melakukan pencegahan agar Anda terhindar dari masalah kesehatan yang mematikan. Disini kita akan membahas tentang beberapa cara mencegah hipertensi yang bisa dilakukan:

Makan Makanan Sehat Bernutrisi

Apabila Anda ingin terhindar dari penyakit berbahaya akibat hipertensi sebaiknya mulai sekarang konsumsi makanan sehat. Kebanyakan masyarakat modern seperti sekarang lebih senang mengkonsumsi junk food meskipun mereka sudah tahu resiko yang akan dihadapi di masa depan. Konsumsi makanan sehat menjadi salah satu cara mencegah hipertensi yang efektif.

Hindari Konsumsi Garam Berlebih

Cara mencegah hipertensi yang selanjutnya adalah mencoba untuk mengurangi konsumsi garam setiap harinya. Apabila Anda terbiasa mengkonsumsi makanan yang asin atau cenderung senang makanan yang asin maka mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut.

Kurang Mengkonsumsi Kopi

Kandungan kafein yang ada pada kopi mampu meningkatkan tekanan darah. Cara cegah hipertensi apabila Anda merupakan pecinta kopi adalah dengan mengurangi mengkonsumsi kafein.

Ada banyak minuman sehat yang bisa anda konsumsi untuk menggantikan kopi. Memang bagi mereka yang sudah sangat mencintai kopi akan sangat sulit untuk menghentikan kebiasaan minum kopi. Hanya kesadaran akan pentingnya kesehatan yang mampu menghentikan atau paling tidak mengurangi minum kopi. Berilah jeda pada tubuh untuk beristirahat. Tubuh jangan hanya diberikan minuman-minuman yang kurang sehat seperti kopi yang mengandung banyak kafein.

Rajin Berolahraga

Berolahraga memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh kita. Selain membantu untuk mencegah hipertensi, olahraga juga sangat baik untuk menyehatkan organ tubuh salah satunya jantung. Manfaat olahraga secara teratur akan membuat Anda terhindar dari hipertensi.

Olahraga yang paling baik adalah olahraga yang dilakukan secara rutin dan tidak memaksakan diri. Anda dapat memilih olahraga terbaik sesuai dengan kesukaan.

Diet

Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, cara mencegah hipertensi yang paling direkomendasikan adalah dengan melakukan diet. Anda bisa mulai melakukan diet dengan berolahraga serta mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Pola hidup sehat yang dilakukan secara teratur akan membantu Anda untuk mendapatkan bentuk tubuh proporsional dengan berat badan yang ideal.

Minum Minuman Sehat

Cara mencegah penyakit hipertensi yang selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi minuman yang sehat terutama air putih. Minuman yang paling baik adalah air putih. Selain itu Anda juga harus menghindari minuman yang mengandung alkohol dan juga soda.

Orang-orang yang terbiasa mengkonsumsi minuman tidak sehat seperti minuman keras, minuman bersoda, kopi dan minuman instan lainnya akan beresiko mengalami hipertensi bahkan penyakit-penyakit yang membahayakan organ tubuh.

Berhenti Merokok

Bagi para perokok sebaiknya mulai sekarang menyadari bahwa kesehatan adalah hal yang paling penting. Rokok sudah terbukti menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami berbagai macam penyakit berbahaya. Bahkan di dalam bungkus rokok sudah diberi informasi mengenai bahayanya. Jika Anda ingin berhenti merokok, simak tips berhenti merokok yang terbukti ampuh di situs https://jendelo.com/.

Apabila Anda ingin terhindar dari hipertensi, sekarang hentikan kebiasaan merokok. Anda yang tidak merokok juga berhati-hati apabila ada salah satu anggota keluarga yang senang merokok. Perokok pasif sama-sama bisa mendapatkan dampak negatif meskipun tidak merokok secara langsung.

Faktor Penyebab Hipertensi

Perlu untuk anda ketahui mengenai resiko penyakit hipertensi. Apabila anda mengetahui faktor penyebabnya maka akan lebih mudah untuk melakukan pencegahan. Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena hipertensi antara lain:

Lanjut Usia

Seseorang yang berusia diatas 65 tahun memiliki resiko yang lebih besar terserang hipertensi. Pada usia ini pembuluh darah sudah tidak bekerja sebaik ketika masih muda. Konsumsi makanan di usia muda juga berpengaruh pada kesehatan di usia 65 tahun. Mulai sekarang Anda sebaiknya mulai melakukan pola hidup sehat.

Obesitas

Seseorang dengan kelebihan berat badan juga berisiko memiliki penyakit hipertensi. Timbunan lemak yang berlebih juga meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya seperti stroke dan jantung.

Banyak Konsumsi Garam

Banyak orang yang tidak sadar bahwa mengkonsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan hipertensi. Mulai saat ini sebaiknya Anda kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung garam berlebih sebagai cara mencegah hipertensi .

Faktor Keturunan

Seseorang yang memiliki keturunan hipertensi biasanya juga memiliki risiko terkena hipertensi lebih tinggi. Bagi yang memiliki orang tua atau kakek nenek yang memiliki potensi dan juga berhati-hati.

Kurang Buah dan Sayur

Buah dan sayur memiliki fungsi yang sangat penting dalam menstabilkan tekanan darah. Jika Anda tidak suka mengkonsumsi buah dan sayur tentu akan lebih mudah terserang hipertensi.

Terlalu Banyak Minum Kopi

Para pecinta kopi tidak menyadari bahwa kebiasaannya bisa meningkatkan risiko terkena hipertensi. Batasi konsumsi kopi dan ganti dengan minuman yang sehat agar tubuh terhindar dari penyakit berbahaya.

Minuman Keras

Mengkonsumsi minuman keras bukan hanya merusak organ tubuh akan tetapi juga menyebabkan hipertensi. Selain minuman keras tidak ada manfaatnya bagi tubuh minuman keras justru menyebabkan kerusakan pada organ tubuh.

Jarang Olahraga

Tubuh yang jarang bergerak atau olahraga memiliki resiko hipertensi yang lebih tinggi. Olahraga mampu membantu untuk melancarkan peredaran darah dan menyehatkan jantung.

Masyarakat modern seperti sekarang banyak sekali yang bekerja di kantor atau di depan komputer sehingga jarang sekali bergerak. Tubuh yang jarang bergerak tentu akan terasa kaku. Selain itu peredaran darah juga menjadi tidak lancar karena jarang dilatih. Anda perlu mensiasati diri agar tetap bisa berolahraga meskipun bekerja di depan komputer selama berjam-jam.

Ada begitu banyak sekali jenis olahraga yang bisa anda lakukan setiap hari. Mulailah dengan olahraga ringan seperti senam, peregangan, joging atau olahraga lainnya asalkan dilakukan secara rutin.

Itulah informasi mengenai cara mencegah hipertensi serta apa saja faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena hipertensi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda agar lebih menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *