11 Cara Memotivasi Diri untuk Selalu Bersyukur

Diposting pada

Cara Memotivasi Diri untuk Selalu Bersyukur

Cara memotivasi diri untuk selalu bersyukur nyatanya cukup sulit dilakukan. Terutama bagi orang-orang yang seringkali membandingkan kehidupan dengan rekan, saudara atau bahkan anggota keluarganya sendiri. Lalu bagaimanakah solusi terbaiknya? dan bagaimana cara memotivasi diri untuk rajin berkerja?

Beberapa Cara Memotivasi Diri untuk Selalu Bersyukur

Salah satu mindset yang perlu ditanamkan bagi setiap orang ialah bahwa masing-masing individu telah diberikan rezeki masing-masing. Jadi jangan lupa untuk bersyukur atas nikmat tersebut lantaran sudah memperoleh sesuai dengan porsinya. Lantas bagaimana cara memotivasi diri untuk selalu bersyukur?

  1. Mengubah Mindset

Cara pertama yang perlu Anda ubah yakni pola pikir. Mindset ini selalu berdampak pada kesehatan baik fisik maupun mental. Jadi buanglah pemikiran jika hidup pasti susah dan selalu berada di bawah. Jangan sampai membandingkan dengan orang-orang dimana posisinya berada di atas.

Misalnya jika Anda seorang pekerja dengan gaji 1,5 juta perbulannya. Jangan mengeluh akan jumlah penghasilan tersebut. Ubahlah mindset seperti ini “Syukurlah, 1,5 juta bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari” Pikiran seperti ini tentu jauh lebih positif jika diterapkan dalam hati.

  1. Menulis Hal-Hal Positif Setiap Harinya

Adakalanya tidak bersyukur bisa saja karena lupa karena banyak hal positif sudah diperoleh di saat itu. Jadi tipsnya Anda dapat menulis beberapa rezeki yang telah didapatkan. Hal ini memang perlu dilakukan agar senantiasa mengucap syukur. Tulislah baik di buku saku atau bahkan di HP saja.

Sebagai contoh, jika Anda sedang menjalani hari namun justru menemui banyak hal yang buruk dan merepotkan, maka carilah satu saja rezekinya dan langsung menulisnya. Kebiasaan seperti ini dapat dimulai dengan sesuatu sederhana misalnya istirahat cukup, bangun lebih awal dan kesehatan.

  1. Yakin atas Rezeki Masing-Masing

Meyakini bahwa setiap manusia akan mendapatkan rezeki sesuai porsinya menjadi salah satu cara agar Anda senantiasa bersyukur. Hal ini pun sekaligus menghindarkan dari rasa dengki atas raihan orang lain. Tentu bukan hal mudah untuk melakukannya namun kebiasaan seperti ini perlu ditanamkan.

Misalnya jika Anda sedang berfokus untuk menjadi fotografer namun masih sepi pesanan. Keahlian dalam bidang fotografi tentu bisa digunakan secara lebih baik demi menjemput rezeki misalnya membantu teman agar promosi lebih menarik atau lainnya. Jadi berusahalah untuk tetap maksimal.

  1. Jangan Sering Berandai-andai

Tidak sering melakukan pengandaian akan hal-hal yang belum dimiliki nyatanya membuat Anda menjadi gemar bersyukur. Pasalnya kebiasaan seperti ini bisa memberikan kesadaran jika kekayaan, pencapaian duniawi atau lainnya memang lebih pantas dimiliki oleh orang lain.

Jangan ada lagi pikiran seperti “seandainya punya ini, pasti saya bisa melakukan ini” dan semacamnya. Jauhkan untuk berpikir jika hal-hal yang disesali bisa diputar kembali dan mengubah keadaan sekarang. Tentu saja Anda menjadi kurang bersyukur dan hanya berfokus pada pengandaian tersebut.

  1. Menerima Semua Peristiwa dengan Positif

Menerima semua peristiwa yang ada pada hidup baik bahagia atau pahit merupakan sifat qanaah dalam kehidupan. Proses penerimaan seperti ini tentu juga tidak mudah dan harus diiringi dengan pembelajaran mengenai kejadian tersebut sehingga dapat mengambil hikmah positifnya.

Perlu Anda sadari jika semua hal yang terjadi pasti memiliki pembelajaran bagi setiap individunya. Jadi berhenti untuk menolak dan tidak menerima segala kejadian tersebut. Misalnya apabila gagal dalam tes masuk PTN, maka terimalah dengan lebih ikhlas dan persiapkan diri di penerimaan selanjutnya.

  1. Mengurangi Mengeluh

Hal lain yang perlu dikurangi ialah kebiasaan untuk selalu mengeluh. Tentu saja banyaknya keluhan seperti ini hanya akan menjauhkan dari rasa bersyukur lantaran memandang semua kejadian dari segi negatifnya saja misalnya karena dimarahi bos kantor, deadline tidak kunjung kelar atau sedang sakit.

Keluhan tersebut hanya akan membuat Anda kerdil, tidak berkemampuan dan mendatangkan banyak hal negatif karena belum memiliki niat untuk memperbaiki apa yang sedang terjadi. Biasakan selalu berterima kasih atas kehidupan dan menerimanya dengan ikhlas baik itu kejadian senang atau buruk.

  1. Tidak Sering-Sering Melakukan Perbandingan dengan Pencapaian Orang Lain

Sebagai makhluk sosial yang hidup selalu berdampingan, tentu menjadi hal sulit jika tidak melihat raihan orang lain. Pencapaian mereka terkadang malah dianggap sebagai sisi negatif karena memiliki rasa iri padahal kesuksesan tersebut bisa dijadikan untuk memotivasi diri sendiri agar lebih baik.

Anda bisa mempelajari bagaimana cara seseorang untuk meraih kesuksesan tersebut bukan malah membandingkan dengan raihan diri sendiri. Perbandingan tersebut hanya akan membuat perasaan seperti menyalahkan kemampuan karena tidak bisa sebanding dengan mereka.

  1. Melakukan Kegiatan Sosial

Kegiatan sosial yang membuat Anda terjun langsung ke masyarakat tentu akan bertemu secara langsung dengan orang-orang kurang mampu. Salah satu contoh sederhananya ialah, datangi panti jompo atau panti asuhan agar bisa menjumpai anak-anak dimana mereka memiliki keterbatasan.

Banyak melakukan kegiatan sosial natanya membantu Anda bertemu, bersosialisasi, membuka wawasan kehidupan dengan banyak orang yang memiliki latar belakang beragam. Secara tidak langsung, akan muncul rasa syukur karena sejauh ini telah hidup lebih layak daripada mereka.

  1. Melihat ke Bawah

Artinya, Anda perlu melihat lebih jeli dimana masih banyak orang yang belum seberuntung dengan kehidupan mereka. Tentunya hal ini akan memunculkan rasa syukur begitu mengetahui ada beragam anak-anak masih hidup di jalanan dan belum merasakan bagaimana makan enak setiap harinya.

Anda bisa berbagi kebahagiaan dengan mereka agar setidaknya ikut merasakan betapa bahagianya jika mendapatkan sesuatu yang dianggap sederhana oleh sebagian orang. Amati juga apabila masih banyak dari manusia tersebut hidup dalam keterbatasan, semisal kurang lengkap anggota tubuhnya.

  1. Sering-Sering Melakukan Me Time

Me time ini bisa Anda lakukan secara rutin dan berkala. Tujuannya adalah sebagai refleksi, refreshing atau bahkan evaluasi. Cobalah untuk melakukan rehat sejenak dengan melakukan hobi tanpa adanya gangguan dari orang lain seperti menonton drama korea, travelling atau memasak.

Melakukan sebuah perjalanan sendirian nyatanya bisa membuka pikiran, mata hati dan sudut pandang yang sebelumnya belum pernah dirasakan. Anda juga lebih peka dengan keadaan sekitar. Harapannya agar mampu melihat lingkungan dari cara berbeda dan tentunya menjadi pribadi lebih bersyukur.

  1. Meningkatkan Iman

Terakhir, bagi manusia yang beragama, beribadah dan menjalin hubungan baik dengan pencipta tentu bisa meningkatkan rasa syukur. Sering-seringlah untuk mengucap rasa syukur kepada-Nya. Hal ini pun dapat dimulai dari sesuatu paling sederhana misalnya masih diberikan kehidupan di hari ini.

Hal-hal yang terlihat sangat sederhana dan sudah terjadi sebelumnya menjadi alasan mengapa harus sering bersyukur. Cobalah untuk selalu mengamati, pasti masih ada orang-orang kurang beruntung sehingga mereka tidak bisa melakukan kegiatan seperti Anda setiap harinya.

Cara memotivasi diri untuk selalu bersyukur bukan hal yang mudah. Selain itu, cara memotivasi diri untuk berolahraga di situs jendelo penting untuk Anda ketahui. Anda bisa mencoba agar terbiasa melakukannya dengan memulai dari sesuatu sederhana seperti masih diberikan kesempatan bernafas, melihat dan tidur cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *