cara memotivasi diri untuk diet

Cara Memotivasi Diri untuk Diet yang Perlu Dilakukan

Diposting pada

Memiliki tubuh yang ideal dan menarik tentu menjadi keinginan setiap orang. Solusi untuk mendapatkannya adalah diet bagi yang memiliki berat badan berlebih. Namun, seringkali seseorang mengalami kendala saat menjalankannya sehingga berhenti di tengah jalan. Itu karena ia membutuhkan cara memotivasi diri untuk diet agar lebih semangat dalam menjalankannya.

Berbagai Cara Memotivasi Diri untuk Diet yang Efektif

Cara Memotivasi Diri untuk Diet yang Efektif

Motivasi untuk diet sangat penting untuk mendorong semangat seseorang. Terlebih di saat-saat kemalasan serta kelengahan sedang melanda. Motivasi untuk diet bisa datang dari siapa saja. Akan tetapi, yang paling ampuh dan mengena adalah dari diri sendiri. Berikut beberapa cara memotivasi diri agar diet berhasil:

1. Tulis Tujuan Diet di Dinding Kamar

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk memotivasi diet adalah menulis tujuan di dinding kamar. Fungsi dari tulisan tersebut adalah sebagai pengingat bahwa diet yang Anda lakukan memiliki tujuan tertentu. Misalnya untuk mendapatkan tubuh sehat dan ideal.

Buat tulisan menarik di dinding kamar dengan ukuran yang cukup besar. Bisa juga dengan memfotonya dan menjadikan gambar tersebut sebagai wallpaper handphone. Ini cukup efektif sebagai penggugah semangat di saat-saat lengah. Meskipun merasa lengah saat diet adalah hal yang wajar, namun pastikan itu tidak berlarut-larut.

2. Temukan Jenis Diet yang Mudah dan Efektif

Semangat untuk diet tidak hanya dipengaruhi oleh seberapa kuat tujuan diet tersebut. Tetapi juga dipengaruhi oleh jenis diet yang dipilih. Diet yang terlalu ketat dan menyiksa cenderung membuat seseorang merasa bosan, malas dan kurang semangat. Belum lagi risiko dan efek buruknya bagi kesehatan.

Sebaliknya, diet yang mudah dan menyenangkan akan membuat Anda merasa betah dan nyaman. Bahkan, lama kelamaan akan menjadi kebiasaan. Oleh karena itu, pilih diet yang benar-benar mudah serta efektif dilakukan. Jenis diet bisa dipilih setelah mempelajari apa saja jenis diet yang mudah.

3. Cari Teman atau Komunitas Diet

Pengaruh lingkungan sangat penting untuk kesuksesan diet. Jika Anda berteman dan sering berkumpul dengan orang-orang yang suka makan, nongkrong dan sebagainya maka kemungkinan diet bisa gagal. Itulah kenapa, komunitas dan teman sangat penting untuk dipertimbangkan saat sedang menjalani program diet.

Untuk itu, carilah teman yang sama-sama sedang menjalani program diet atau setidaknya teman yang sedang menjalani pola hidup sehat. Anda dan teman tersebut akan saling memotivasi satu sama lain. Bahkan jika perlu Anda bisa bergabung ke komunitas diet, baik dalam perkumpulan atau sekedar grup online.

4. Hindari Diet yang Terlalu Menguras Kantong

Diet pun juga butuh biaya, terlebih jika Anda memilih jenis diet tertentu yang membutuhkan makanan khusus dengan biaya mahal. Pola diet yang terlalu menguras kantong akan membuat seseorang mudah mengeluh karena mempengaruhi kondisi keuangan.

Jika kondisi keuangan sedang menurun, itu akan menyebabkan proses diet terhambat bahkan berhenti. Oleh karena itu, usahakan untuk menghindari diet yang terlalu menguras kantong. Selain lebih efektif karena murah meriah, itu juga akan membantu menjaga kestabilan finansial Anda.

5. Gunakan Metode Before After

Cara memotivasi diri untuk diet berikutnya adalah dengan melakukan proses cek secara berkala. Seperti yang dilakukan oleh para selebgram saat ini, banyak dari mereka yang melakukan testimoni before after untuk program dietnya. Ini sangat penting untuk menjaga semangat dalam proses diet.

Selain dalam bentuk foto yang nyata, Anda juga perlu mengecek berat badan secara berkala. Dengan mengecek berat badan, maka akan bisa mengetahui dengan jelas kemajuan dari diet yang dijalankan. Akan lebih baik lagi jika dibarengi dengan memasang foto before after di kamar atau sosial media. Selain memotivasi diri sendiri, ini juga efektif untuk memotivasi teman yang lain.

6. Jadikan Diet sebagai Gaya Hidup Sehat

Diet sebenarnya bukan hanya untuk memperoleh berat badan ideal, namun juga untuk menerapkan gaya hidup sehat. Orang yang gaya hidupnya sehat bisa hidup lebih sejahtera dan bermakna. Akan tetapi, banyak yang belum memahami hal ini sehingga menganggap diet dan hidup sehat sebagai sesuatu yang terpisah.

Oleh sebab itu, mulailah untuk menjadikan diet sebagai gaya hidup. Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, tubuh akan ideal dan lebih sehat meski dalam porsi yang kecil. Hal ini juga perlu dibarengi dengan olahraga secara rutin setiap hari guna membakar lemak tubuh.

7. Tanamkan Pentingnya Usaha Diet yang Sungguh-Sungguh dalam Diri

Sesuatu yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan memberikan hasil terbaik. Sebaliknya, jika hanya main-main saja, hasilnya kurang maksimal bahkan bisa gagal. Oleh karena itu, tanamkan dalam diri untuk selalu bersungguh-sungguh dalam proses diet yang dilakukan.

Kesungguhan tersebut bisa dimulai dengan niat dalam hati. Sampaikan juga kepada orang terdekat yang dipercaya bahwa Anda berniat untuk diet. Namun, setelah itu harus dibarengi dengan usaha sungguh-sungguh setiap hari sampai berhasil dalam program diet yang dijalani.

8. Pasang Gambar Figur dengan Postur Tubuh Idaman

Setiap orang yang memiliki cita-cita pasti punya idola tersendiri, termasuk dalam hal diet. Hingga saat ini, sudah ada banyak sekali orang yang berhasil menjalani program diet mereka. Baik itu figur tertentu atau orang biasa. Pastikan Anda memiliki figur yang digemari setidaknya satu orang sebagai motivasi untuk diet.

Baca-baca kiat apa saja yang dimiliki oleh sosok tersebut sehingga badannya sangat cantik. Jangan lupa pula untuk memasang foto figur tersebut di dinding kamar. Atau jika tidak minimal letakkan di wallpaper laptop atau smartphone sebagai pengingat serta pendorong untuk lebih semangat jalani proses diet.

9. Buat Target Tertentu

Selain beberapa cara di atas, masih ada cara lain yang dapat memotivasi diet seseorang. Di antaranya dengan membuat target tertentu. Pastinya target-target yang berhubungan dengan program tersebut. Misalnya target selesainya program diet dengan capaian tertentu.

Anda pun juga bisa membuat target mingguan, bulanan bahkan tahunan. Target satu ini dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing orang. Misalnya seseorang dengan tubuh obesitas atau terlalu gemuk pastinya memerlukan waktu diet yang lebih lama.

10. Lakukan Evaluasi Mandiri

Evaluasi dalam program diet perlu dikontrol secara berkala. Tujuannya tidak lain untuk mempelajari apakah diet yang dilakukan telah memberikan hasil atau belum. Selain itu, upaya ini juga dalam rangka mengecek apakah jenis diet yang dipilih cocok untuk Anda.

Untuk itu, lihatlah dengan seksama apakah diet yang dipilih telah sesuai dengan keinginan atau belum. Jika belum segera temukan solusi untuk mengatasinya. Bisa dengan cara berganti ke jenis diet yang lain.

Itulah beberapa cara memotivasi diri untuk diet yang dapat dilakukan dengan praktis dan mudah. Pilih satu atau lebih dari beberapa rekomendasi di atas. Jangan lupa untuk selalu menjaga mood dan semangat supaya proses diet yang dilakukan menjadi sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *