8 Cara Memotivasi Diri untuk Berolahraga

Diposting pada

Cara Memotivasi Diri untuk Berolahraga

Melakukan olahraga adalah kebiasaan yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Akan tetapi banyak juga yang sangat malas berolahraga dan sangat sulit untuk memotivasi diri. Olahraga memiliki manfaat yang luar biasa. Bagi Anda yang saat ini sedang ingin memulai untuk olahraga akan tetapi masih malas, ada cara memotivasi diri untuk berolahraga.

Melakukan olahraga secara rutin dapat membantu untuk menyehatkan badan. Selain itu rajin berolahraga juga bisa membuat Anda memiliki bentuk tubuh ideal. Memiliki bentuk tubuh yang ideal adalah impian semua orang. Akan tetapi untuk memilikinya dibutuhkan usaha serta latihan yang keras.

Bagi yang sedang memiliki program untuk menurunkan berat badan atau membentuk tubuh, sebaiknya melakukan olahraga yang rutin dan teratur. Dengan berolahraga secara teratur nantinya tubuh akan lebih sehat dan memiliki bentuk yang lebih indah.

Cara Memotivasi Diri untuk Berolahraga yang Mudah

Olahraga secara teratur memang bisa dilakukan apabila seseorang memiliki motivasi yang tinggi. Namun tidak mudah bagi seseorang untuk bisa rutin melakukan olahraga. Ada saja alasan yang membuat seseorang malas berolahraga. Anda yang saat ini masih sangat malas maka penting untuk mengetahui cara memotivasi diri untuk berolahraga:

1.       Berkaca dan Melihat Bentuk Tubuh

Cara motivasi diri untuk berolahraga yang pertama adalah mencoba untuk berkaca dan lihat pada bentuk tubuh Anda. Hal ini bukan berarti Anda harus merendahkan diri atau menghina diri sendiri. Berkaca dalam hal ini adalah mengatakan pada diri Anda bahwa sebenarnya Anda bisa memiliki bentuk tubuh yang lebih baik daripada sekarang.

Cara ini sangat efektif terutama bagi Anda yang memiliki bentuk tubuh yang gemuk. Olahraga sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan dan juga membentuk tubuh. Banyak yang akhirnya memiliki bentuk tubuh ideal karena rutin melakukan olahraga.

Anda bisa mencari motivasi misalnya saja dari orang-orang yang sudah berhasil menurunkan berat badan. Dengan melihat kepada keberhasilan orang lain, Anda akan semakin bersemangat untuk bisa memiliki bentuk tubuh seperti yang Anda inginkan. Cara memotivasi diri untuk selalu bersyukur yang wajib Anda ketahui dari situs Jendelo.

2.       Menempelkan Gambar Idola

Cara memotivasi yang selanjutnya adalah Anda bisa mencari gambar idola atau orang yang mampu menginspirasi Anda. Misalnya saja saat ini sedang ada orang yang dikagumi, jadikan orang tersebut sebagai motivasi.

Ketika seseorang sedang menyukai sesuatu atau mengagumi seseorang maka akan berusaha untuk memantaskan diri. Anda akan berusaha untuk membuat orang tersebut menyukai Anda. Hal ini sangat efektif untuk membuat Anda semangat berolahraga.

Selain itu Anda juga bisa mencari inspirasi misalnya dari artis atau karakter favorite yang bisa Anda contoh semangat berolahraganya. Memiliki idola yang senang berolahraga bisa membuat Anda semakin bersemangat untuk merutinkan kegiatan yang menyehatkan ini.

3.       Ingat akan Pentingnya Menjaga Kesehatan

Berolahraga bukan hanya untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal. Tetapi olahraga juga sangat efektif membantu untuk menyehatkan badan. Olahraga secara rutin dan teratur mampu membakar lemak atau bahkan kolesterol dalam tubuh. Berjalan kaki sudah terbukti mampu meningkatkan kekuatan jantung. Apabila Anda ingin terhindar dari penyakit jantung yang berbahaya maka caranya adalah dengan berolahraga paling tidak rutin berjalan kaki.

Melakukan olahraga sebelum terjadi penyakit adalah bentuk pencegahan yang sangat tepat. Tubuh yang bugar membuat Anda merasa lebih bersemangat ketika menjalani aktivitas sehari-hari.

4.       Ajak Teman untuk Ikut Berolahraga

Melakukan olahraga sendirian terkadang terasa sangat berat. Berbeda halnya apabila Anda memiliki teman yang sama-sama juga menyukai olahraga. Cara memotivasi diri untuk berolahraga ini sangat efektif dan bisa membantu Anda semakin bersemangat berolahraga setiap hari.

Ajaklah taman atau sahabat untuk melakukan olahraga bersama. Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan mulai dari senam, jogging, berenang, gym, dan lain sebagainya. Pilihlah olahraga yang paling Anda senangi supaya semakin bersemangat menjalaninya.

5.       Buatlah Jadwal yang Jelas

Cara memotivasi diri untuk olahraga selanjutnya yaitu Anda sebaiknya melakukan olahraga dengan jadwal yang jelas. Apabila Anda merencanakan kegiatan olahraga akan tetapi tidak membuat jadwal yang jelas tentu akan sulit untuk meluangkan waktu.

Anda bisa merencanakan olahraga di pagi hari atau sore hari minimal 20 menit. Buatlah jadwal secara tertulis lalu tempelkan di dinding kamar. Dengan membuat jadwal yang jelas, Anda akan dengan mudah melihat jadwal tersebut dan ingat kapan waktu untuk berolahraga.

6.       Memilih Tempat dan Jenis Olahraga yang Tepat

Cara memotivasi diri untuk berolahraga berikutnya yang bisa Anda lakukan yaitu memilih tempat berolahraga serta jenis olahraga yang sesuai. Anda tentu akan malas melakukan olahraga apabila jenis olahraga tersebut tidak sesuai dengan keinginan. Cara mengatasi rasa malas yang wajib Anda ketahui. Bagi yang senang olahraga badminton akan lebih bersemangat untuk melakukan olahraga badminton.

Ada begitu banyak cabang olahraga yang bisa Anda pilih. Tentukan jenis olahraga yang kiranya Anda bersemangat melakukannya, atau Anda bisa juga berganti-ganti jenis olahraga agar tidak merasa bosan.

Selain itu tempat berolahraga juga mempengaruhi semangat. Misalnya saja ada yang melakukan olahraga senam, pilih tempat yang membuat Anda merasa percaya diri melakukannya.

Tempat olahraga yang bagus dan nyaman bisa membuat semangat berolahraga juga meningkat. Banyak dari mereka pecinta olahraga yang senang melakukan olahraga di tempat yang memiliki pemandangan bagus atau fasilitas yang lengkap.

7.       Buatlah Tulisan Motivasi

Cara berikutnya adalah Anda bisa membuat tulisan atau gambar yang memotivasi. Tulisan-tulisan motivasi yang ada di dinding kamar sangat efektif untuk mendoktrin pikiran sehingga secara otomatis Anda akan lebih bersemangat melakukan olahraga.

Untuk membuat tulisan motivasi tidak telah sulit. Alat yang dibutuhkan hanyalah kertas dan pulpen atau spidol. Tulis apa yang membuat Anda semakin tertarik dengan olahraga. Buatlah kata-kata yang seolah sedang berkata pada diri Anda sendiri.

8.       Buat Target Pencapaian Olahraga

Cara memotivasi diri untuk berolahraga lain yang juga bisa Anda lakukan adalah membuat target pencapaian. Saat Anda ingin melakukan olahraga tentu ada target yang ingin dicapai. Tuliskan target Anda misalnya dalam waktu 1 bulan bisa menurunkan berat badan 5 kg. Ada banyak sekali target yang bisa ada buat. Semakin berat target yang harus dicapai tentu usaha juga semakin keras.

Dengan membuat target seperti ini, semangat untuk bisa mencapai target yang diharapkan juga semakin tinggi. Jangan sampai Anda hanya berolahraga tanpa memiliki target apapun. Tuliskan pencapaian yang didapatkan setelah rutin berolahraga. Target pencapaian yang didapat akan memompa semangat untuk bisa mencapai target yang lebih besar.

Apabila Anda memiliki motivasi, kegiatan olahraga akan terasa lebih ringan. Melawan rasa malas dibutuhkan strategi apalagi jika Anda tipe orang yang tidak terlalu menyukai olahraga. Cara memotivasi diri untuk berolahraga yang telah disebutkan di atas bisa membantu untuk lebih bersemangat dan menghilangkan rasa malas berolahraga. Semoga informasi yang telah disampaikan bisa bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *