Cara Bangkit dari Keterpurukan

Cara Bangkit dari Keterpurukan

Diposting pada

Setiap orang pastinya ingin sukses dalam hidup. Namun, untuk mendapatkan sebuah keberhasilan, tidak jarang seseorang menjumpai yang namanya keterpurukan. Kegagalan dalam hidup adalah hal yang wajar. Meski demikian, Anda harus mampu bangkit dan berusaha kembali untuk meraih kesuksesan dengan mengikuti berbagai tips cara bangkit dari keterpurukan.

Beberapa Cara Bangkit dari Keterpurukan yang Perlu Dilakukan

Bangkit dari Keterpurukan

Saat menjumpai yang namanya kegagalan, jangan pernah merasa putus asa. Pastikan hidup Anda tidak berhenti sampai disitu karena waktu akan senantiasa berputar. Berikut adalah kiat-kiat agar seseorang dapat bangkit dari keterpurukan hidup.

1. Anggap Saja Keterpurukan Sebagai Pintu Sukses

Seolah sudah menjadi teori kehidupan bahwa sebelum mencapai keberhasilan, manusia perlu mengalami kegagalan. Namun, hanya manusia tangguh yang bisa terus survive dan melewatinya. Karena tidak jarang keterpurukan terjadi berkali-kali. Hal penting ini harus benar-benar Anda pahami.

Dengan menganggap bahwa kegagalan sebagai jalan mencapai titik keberhasilan, maka seseorang tidak akan pernah berhenti ketika melewatinya. Ia akan senantiasa berproses dengan baik dan berusaha sekuat tenaga untuk menjalaninya. Bahkan mengevaluasi kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan. Ilmu inilah yang diajarkan oleh banyak orang sukses dunia.

2. Mengambil Pelajaran dari Pengalaman

Bersedih saat mengalami kegagalan itu adalah hal yang wajar. Akan tetapi, jangan sampai terlalu larut di dalamnya karena itu akan menghambat kesuksesan Anda. Justru perlu menggali lagi apa yang menyebabkan keterpurukan itu terjadi. Hal ini akan memberikan pengalaman berharga untuk lebih baik lagi di masa depan.

Orang yang mau mengevaluasi kegagalan akan selangkah lebih maju untuk mendapatkan kesuksesan hidup. Bahkan, keterpurukan yang pernah dialami tersebut akan menjadi motivasi tersendiri agar seseorang lebih semangat dalam menjalani kehidupan yang keras ini.

3. Ciptakan Rasa Bangga dalam Diri Karena Pernah Gagal

Kiat untuk bangkit dari keterpurukan hidup adalah bangga terhadap kegagalan yang pernah dirasakan. Ada banyak jenis kegagalan yang dialami manusia, baik itu berhubungan dengan karir, sekolah, relasi dengan kekasih, rumah tangga, keluarga, finansial dan banyak lagi lainnya.

Ada banyak orang besar yang sukses dan bangga jika ia pernah gagal. Di antaranya adalah penulis kondang internasional J.K Rowling. Sebelum sukses dan mendunia, karyanya pernah ditolak oleh banyak penerbit. Selain itu, ada juga Jack Ma dari Alibaba Group yang beberapa kali pernah gagal masuk ke universitas.

4. Berfikir ke Depan

Terlalu larut dalam kesedihan karena keterpurukan akan berdampak buruk pada masa depan Anda. Sedangkan kesuksesan tengah menanti di depan sana. Namun, untuk mendapatkannya diperlukan kerja keras dan kerja cerdas. Karenanya, Anda harus selalu berusaha siang malam serta tidak berhenti di tengah jalan.

Berfikirlah ke depan dan fokus pada kesuksesan meski gagal berkali-kali. Teruslah bekerja dan bekerja secara maksimal dengan memandang ke depan. Iringi langkah dengan penuh optimisme karena itulah kunci utama meraih keberhasilan hidup.

5. Senantiasa Menjaga Pikiran

Cara bangkit dari keterpurukan berikutnya adalah selalu menjaga pikiran. Pastikan pikiran Anda selalu dalam kondisi sehat karena itu akan mendorong kehidupan yang positif. Dengan selalu menjaga pikiran, maka setiap tindakan Anda akan lebih terarah, bahkan bisa menjadi kebiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Hindari pikiran-pikiran yang negatif dan tetap tanamkan dalam diri bahwa Anda akan melakukan yang terbaik hari ini dan di hari esok. Dengan demikian, seseorang tidak akan fokus pada hal-hal negatif yang mengarah kepada kegagalan.

6. Tanamkan Bahwa Bukan Anda yang Gagal

Selain beberapa cara di atas, penting juga untuk dipahami dan ditanamkan dalam benak bahwa sebenarnya Anda tidak gagal. Hanya saja, cara dan strategi yang digunakan kurang maksimal sehingga dibutuhkan langkah serta inisiatif lain.

Hal itu dapat diibaratkan dengan seseorang yang menggoreng kerupuk namun gosong. Agar ke depannya lebih baik lagi, perlu dipahami bahwa yang gagal bukanlah orangnya, melainkan kerupuknya. Sehingga perlu metode dan solusi baru agar ke depan kerupuk tersebut berhasil digoreng dan tidak lagi gosong.

7. Ingat-Ingat Lagi Kesuksesan yang Pernah Diraih

Kadang kala seseorang merasa bahwa apa yang dilakukan selalu gagal. Berbeda saat melihat orang lain yang seringkali mudah mencapai cita-citanya. Dalam hal ini, Anda perlu melihat lagi ke belakang dan mengingat kembali kesuksesan yang pernah diraih dahulu. Khususnya kesuksesan terbesar dalam hidup.

Dengan mengingat kesuksesan yang pernah diraih di masa lalu, maka Anda akan kembali bersemangat lagi untuk maju dan bergerak. Ingat-ingat pula kebahagiaan yang diperoleh dari itu, mulai dari memperoleh hadiah, kebanggan keluarga bahkan penghargaan dari sekitar. Inilah yang akan membuat seseorang bangkit dari keterpurukan.

8. Mengevaluasi Planning ke Depan

Setelah semua langkah di atas berhasil dilakukan, cara berikutnya agar bangkit dari keterpurukan adalah mengevaluasi rencana-rencana ke depan. Pastikan planning Anda jelas dan benar-benar terarah agar proses menggapainya lebih mudah.

Sesudah itu, pikirkan pula langkah yang lebih baik untuk dilakukan. Apa saja trik baru yang bisa membantu meraih keberhasilan hidup lebih cepat dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk lebih terbuka dengan cara-cara baru dan kekinian yang dirasa lebih baik dan efektif.

9. Gagal Bukanlah Cerminan Diri

Jangan pernah merasa malu karena pernah gagal dan terpuruk meski kegagalan tersebut terjadi berulang-ulang. Jangan pula merasa bahwa Anda sangat rendah di hadapan lainnya. Hal itu disebabkan karena gagal bukan cerminan dari kepribadian sebenarnya sehingga tidak perlu merasa minder ataupun malu.

Tanyakan kembali pada diri apakah ingin bangkit atau sebaliknya. Karena jika bertekad untuk bangkit, Anda tidak perlu mempedulikan apa yang orang lain lihat dan katakan. Kalaupun mereka menghakimi atas kegagalan yang terjadi, biarkan saja itu berlalu dan jangan sampai diambil hati karena itu sejatinya bukan masalah bagi Anda.

10. Berikan Sedikit Waktu

Memulihkan diri dari keterpurukan juga membutuhkan waktu. Karena itu, berikan waktu kepada diri Anda untuk menenangkan diri dan menata masa depan selanjutnya. Pastikan move on dari kegagalan tersebut dan tidak terlalu larut dalam kesedihan.

Habiskan beberapa hari atau minggu untuk memulihkan diri. Bisa diisi dengan berlibur, jalan-jalan bersama teman dan lain sebagainya. Namun, ketika waktunya telah habis Anda harus segera bangkit dan melakukan rencana-rencana brilian.

11. Berbaur dengan Orang dan Lingkungan yang Tepat

Berada di lingkungan yang salah bisa membuat seseorang semakin terpuruk. Sebaliknya, untuk mendorong semangat baru, Anda perlu berbaur dengan orang yang tepat. Misalnya dalam hal bisnis, pastikan menjalin relasi dengan orang yang sukses dan benar-benar pandai di bidang tersebut.

Berteman dengan mereka akan mempercepat kesuksesan Anda karena dorongan dan semangat untuk maju semakin tinggi. Salah satu akses agar Anda dapat memiliki relasi kuat dan lingkungan yang tepat adalah dengan cara memperbanyak bacaan seputar pendidikan di Academic Indonesia.

12. Jangan Pernah Lelah Mencoba

Mental orang sukses di bidang apapun adalah tidak ada kata menyerah di tengah jalan. Karena itu, mereka akan terus mencoba dan mencoba meskipun banyak menuai kegagalan. Seperti Thomas Alva Edison yang baru bisa sukses setelah 10.000 kali mencoba.

Pada intinya, jangan pernah patah semangat karena tidak ada orang yang sukses tanpa terpuruk di awal. Pastikan tetap maju dan bergerak dalam hidup ini.

Beberapa cara bangkit dari keterpurukan di atas cukup efektif untuk dilakukan. Lakukan semuanya dengan sepenuh hati disertai semangat tinggi agar hidup menjadi lebih baik.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *