Apakah saya cocok jadi pengusaha

Apakah Saya Cocok Jadi Pengusaha? Berikut Jawabannya

Diposting pada

“Apakah saya cocok jadi pengusaha?” Kalimat seperti itu pasti sering kali terpikirkan oleh sebagian orang yang bermimpi memiliki sebuah profesi. Memang terkadang untuk meraih cita-cita ada hal-hal yang harus dipikirkan dan diselami lebih dalam lagi supaya tidak salah jalan.

Ciri-ciri Anda Cocok Jadi Pengusaha

Jika Anda sangat penasaran tentang passion yang ada dalam diri sendiri, terlebih mengenai pertanyaan-pertanyaan seperti “apakah saya cocok jadi pengusaha?”, maka berikut ini adalah ciri-cirinya. Dengan begitu, bisa ditentukan apakah cocok berkarir di bidang ini ataukah tidak:

1. Berjiwa Pemimpin

Salah satu karakter kuat seorang pengusaha adalah memiliki jiwa pemimpin. Pasalnya, ketika menjalankan sebuah bisnis tentu ia akan mengatur banyak orang sebagai bawahannya. Istilah mudahnya di sini Anda akan jadi bos.

Sebagai seorang bos tentu harus bisa memimpin dalam segala hal untuk mengambil keputusan yang tepat. Maka, tak heran jika karakter ini akan terus melekat dalam diri pengusaha sehingga bisa dipercaya banyak orang.

2. Berani Mengambil Resiko

Sebagai seorang pengusaha modal utama yang wajib dimiliki adalah tidak takut menghadapi resiko apapun. Sebab, bagaimana jadinya bisnis jika pelakunya sendiri tidak berani menghadapi kegagalan?

Tentu risiko dalam berbisnis ada banyak sekali hingga kadang kala jadi tantangan menarik. Maka, di sini yang perlu Anda perhatikan adalah siapkah jadi seseorang yang tidak takut gagal? Jika iya, maka lanjutkanlah impian jadi seorang wirausahawan sukses.

3. Suka Bergaul dan Ramah

Sebagai seorang pebisnis memiliki sifat ramah dan suka bergaul kerap kali menempel pada dirinya. Hal ini tentu bukan pertanda negatif, akan tetapi justru sebaliknya karena akan bisa jadi peluang untuk maju.

Memiliki banyak teman apalagi ramah akan menguntungkan jalannya bisnis Anda. Sebab, bisa jadi hal ini akan memberikan jaringan atau koneksi penting untuk usaha tersebut sehingga jadi semakin maju dan terbantu.

4. Tidak Mudah Puas

Salah satu mental pebisnis dalam menjalankan usahanya dia tidak akan pernah merasa cepat puas akan hasil yang diperoleh. Hal ini bukan semata tentang keuntungan yang diperoleh, akan tetapi lebih dari itu.

Misalkan saja selalu berusaha untuk berinovasi atau mengembangkan produk yang Anda miliki dengan mengeluarkan ide-ide baru. Tentu langkah ini akan jadi angin segar bagi perusahaan tersebut.

5. Percaya Diri dan Bermental Baja

Untuk jadi seorang pengusaha rasa percaya diri yang tinggi memang sangat dibutuhkan. Apalagi dalam menampilkan produk hasil karya sendiri. Bahkan, tak jarang akan menghadapi orang-orang yang mencela usaha tersebut dan bukan hal mustahil pula jika itu adalah keluarga sendiri.

Maka, untuk bisa bangkit jadi seorang pengusaha yang Anda idamkan harus benar-benar memiliki rasa percaya tinggi. Bahkan kemampuan dalam mengontrol mental hingga jadi seseorang yang kuat juga diperlukan.

6. Mudah Beradaptasi

Mudah beradaptasi yang dimaksud di sini bukan hanya tentang sebuah pertemanan atau lingkungan baru saja. Akan tetapi lebih dari itu, bahwa sebagai pengusaha bisa jadi sewaktu-waktu akan dihadapkan pada kenyataan atau pilihan sulit.

Baik itu tentang produk yang tiba-tiba merugi, tren pasar berubah, perekonomian perusahaan seret dan sebagainya. Maka, sebagai pemimpin atau pengusaha sudah sepatutnya mudah beradaptasi dengan keadaan tersebut dan tentu tidak mudah panik.

7. Menyukai Tantangan

Sudah bukan rahasia lagi jika seorang pengusaha pasti akan melewati zona nyamannya. Maksudnya di sini adalah mereka akan selalu menerima setiap tantangan yang datang dengan tangan terbuka sehingga akan memberikan hal baru bagi perusahaan tersebut.

Apalagi untuk bisa keluar dari zona nyaman bukanlah hal mudah dan diperlukan nyali besar. Terlebih banyaknya tekanan hidup tak jarang banyak orang mundur, karena tidak mau mengambil resiko dengan masuk ke area tidak menguntungkan.

8. Mempunyai Segudang Ide

Banyak orang mengatakan jika seorang pengusaha yang baik akan selalu memiliki segudang ide sebagai cadangan. Bahkan strategi-strategi bisnis yang diterapkan bisa jadi sulit ditebak sehingga bisa jadi perusahaan sekuat baja.

Meskipun suatu ketika akan banyak orang yang bisa menebak langkah atau strategi tersebut. Namun, bukan hal mustahil untuk merubahnya dalam waktu dekat karena lagi-lagi Anda selalu memiliki banyak rencana cadangan.

9. Selalu Ingin Show Up

Jadi seorang pebisnis secara tidak langsung akan membuat Anda untuk selalu ingin menunjukkan diri sendiri dan bahkan kemampuan yang dimiliki. Hal ini dilakukan supaya orang lain mengetahui usaha tersebut.

Bahkan bukan tidak mungkin orang lain akan mengakui kredibilitas sehingga akan membuat bisnis tersebut semakin dipercaya banyak kalangan. Inilah yang nantinya akan jadi modal awal jadi wirausahawan.

10. Memulai dari 0

Membangun sebuah bisnis dan memulai nya dari 0 adalah hal yang paling Anda nikmati bahkan bisa jadi dibangga-banggan dan jadi cerita untuk orang lain. Dalam hal ini maksudnya bukan hanya dari segi materi saja.

Akan tetapi bisa jadi juga dari segi kemampuan diri sendiri entah hard skill maupun soft skill. Terlebih sebagai pengusaha sudah sepatutnya jadi pribadi yang ringan tangan, telaten, ulet dan gesit dalam membangun bsinis.

Tanpa adanya modal karakter seperti ini akan sulit untuk memulai bisnis. Coba bayangkan saja jika Anda mudah menyerah ketika baru memulai, maka bisakah usaha tersebut berkembang?

11. Pemikiran Logis

Meskipun seorang pengusaha cenderung bebas dengan segala kreatifitas yang dimiliki. Akan tetapi bukan berarti setiap langkah pilihannya akan sulit untuk dilogika. Bahkan mental seorang pebisnis akan membuat pikirannya tidak terpuaskan jika keputusan tersebut tidak logis.

Bagi seorang pengusaha apapun keputusan yang diambil untuk setiap usahanya harus bisa dilogika alasannya. Penolakan tanpa alasan tentu akan membuatnya berpikir keras dan bisa jadi membuat mereka tidak tenang.

12. Pandai Melihat Peluang

Peluang adalah harta karun terbesar bagi pengusaha. Pasalnya ia tidak datang setiap waktu dan sekalinya dimanfaatkan dengan maksimal akan memberikan keuntungan luar biasa bagi siapapun yang mengambilnya.

Maka dari itu, selain memiliki karakter-karakter di atas, sebagai calon pengusaha juga diharuskan pandai melihat peluang yang datang. Jika tidak, maka tinggal menjawab saja kesempatan itu akan jadi milik Anda ataukah orang lain? terlebih dalam hal membaca tren pasar.

13. Bisa Memotivasi Diri Sendiri

Untuk bisa jadi seorang wirausahawan sukses dengan kepercayaan diri tinggi dan mental kuat diperlukan motivasi sebanding pula. Namun, perlu diketahui jika hal ini tidak hanya diperoleh dari orang lain saja.

Bahkan banyak orang mengatakan jika motivator terbaik adalah diri sendiri sehingga harus jadi kekuatan Anda. Memang terkadang cara berpikir seperti ini sangat dibutuhkan untuk bisa membuat bangkit jika mengalami keterpurukan.

Demikianlah sedikit bacaan mengenai pengusaha. Jika Anda adalah salah satu orang yang memiliki mimpi ini maka perjuangkan dan tekuni. Namun, jika masih ragu dan terus bertanya “apakah saya cocok jadi pengusaha?” Maka pikirkan ulang dan coba cari tahu alasannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *