Apakah Saya Cocok Jadi Dokter

Apakah Saya Cocok Jadi Dokter? Simak Ulasan Berikut

Diposting pada

Memiliki karir yang bagus tentu menjadi impian semua orang. Bahkan untuk bisa meraihnya diperlukan usaha keras. Ada banyak contoh impian dan bisa menjanjikan prospek kerja bagus seperti pada mahasiswa kedokteran. Hanya saja, apakah Saya cocok jadi seorang dokter?

Kenali Sifat ini Dalam Dirimu!

Dalam kehidupan menjadi seorang dokter memang sangat berarti. Pasalnya pekerjaan ini menjadi garda terdepan untuk menyembuhkan atau menyelamatkan nyawa manusia secara fisik. Maka dari itu, jika Anda ingin menjadi bagian dari karir tersebut, kenali terlebih dahulu potensi yang dimiliki.

1. Suka Tantangan

Jika Anda memiliki sebuah impian besar dan jelas, maka langkah pertamnya yaitu harus mengenali potensi pada diri sendiri. Hal ini penting dilakukan untuk menentukan apakah impian tersebut cocok dengan passion yang dimiliki ataukah tidak sama sekali.

Salah satu yang harus dikenali dalam diri sendiri untuk menjadi seorang dokter yaitu menyukai tantangan. Pasalnya orang seperti ini tidak akan takut untuk mengambil resiko apapun. Terlebih di dunia kesehatan, pemikiran tersebut sangat dibutuhkan saat menghadapi pasien.

2. Teliti

Teliti adalah sifat dalam diri Anda yang harus dimiliki jika ingin menjadi seorang dokter. Orang dengan tingkat kecermatan tinggi pasti sangat menguntungkan dalam dunia medis. Sebab, setiap harinya mereka akan berkutat dengan nyawa seseorang.

Mulai dari mendiagnosa penyakitnya, kemudian memberikan resep obat-obatan yang diperlukan. Apabila dengan begitu banyak tanggung jawab namun tidak teliti, tentu hal ini akan berakibat fatal untuk pasien dan Anda sendiri sebagai dokternya.

3. Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Sebagai seseorang yang menginginkan posisi menjadi dokter, maka ia tidak boleh menyerah begitu saja jika sesuatu terasa sulit atau sedang menghadapi masalah. Orang yang bijaksana akan terus belajar untuk menutupi kelemahannya.

Maka, dalam hal ini Anda pun juga harus mengenali diri sendiri. Apakah rasa ingin tahu tersebut akan tinggi ketika menemukan masalah dalam bidang kesehatan atau sedang menangani pasien nantinya. Cara ini juga berguna untuk belajar lebih banyak dan terus menambah pengalaman.

4. Tekun dan Rajin Belajar

Dari dulu hingga sekarang, pekerjaan seorang dokter dikenal memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi apalagi hubungannya dengan hidup matinya makhluk hidup. Memang untuk berkarir di dunia ini bukanlah jalan yang mudah.

Oleh karena itu, jika Anda benar-benar berniat untuk menjadi seorang dokter harus memiliki modal pengetahuan yang kuat. Satu-satunya cara tentu belajar dengan tekun dan rajin supaya memiliki bekal ilmu mumpuni.

Apa saja Tanda Anda Cocok jika jadi Dokter?

Setelah mengenali diri Anda lebih jauh dan menganalisanya, maka berikut ini yang akan menjawab pertanyaan Anda mengenai apakah Saya cocok menjadi seorang dokter?

1. Peduli dengan Sesama

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki rasa peduli tinggi? Atau minimal sedikit saja rasa empati kepada sesama? Jika iya, maka ini bisa menjadi modal awal untuk meneruskan impian menjadi seorang dokter.

Pasalnya seseorang dengan rasa kepedulian tinggi, maka secara tidak langsung ketika menghadapi pasien, ia akan berusaha semaksimal mungkin karena mengerti akan kesulitannya. Apalagi tujuan utama dari seorang dokter adalah untuk menolong sesama bukan sebagai ajang adu gengsi.

2. Menguasai Ilmu Biologi

Apabila melihat dari sisi pengetahuan, maka hal utama yang harus Anda pahami secara mendalam adalah ilmu biologi (mempelajari tentang makhluk hidup). Sebab, seorang dokter nantinya memang akan terus berurusan dengan tubuh manusia atau hewan.

Maka, sebagai syarat utama dalam ilmu pengetahuan harus menguasai materi ini. Namun jika sebaliknya Anda tidak menyukai biologi, sebaiknya mundur teratur saja. Karena hal tersebut nantinya justru akan mempengaruhi pikiran dan bisa jadi akan merasa tertekan.

3. Komunikatif

Sebagai seseorang yang bermimpi menjadi dokter, jangan sampai salah paham bahwa pekerjaan ini tidak dituntun untuk komunikatif. Sebaiknya jauh-jauhkan pemikiran seperti itu, karena Anda setiap harinya akan bertemu pasien berbeda dengan karakter dan keluhan yang tidak sama.

Maka, dalam hal ini Anda juga dituntut untuk komunikatif supaya bisa berkomunikasi secara lancar dengan sang pasien. Coba bayangkan saja jika seperti itu, apakah akan saling diam lantas masuk untuk diperiksa dan keluar begitu saja? Tentu tidak, sebab mereka pasti butuh keterangannya.

4. Selalu Memperhatikan Detail

Bagian ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sikap teliti yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun, memang benar jika di dalam pekerjaan tersebut Anda harus bisa memperhatikan setiap detail apapun. Karena semua tindakan akan berpengaruh terhadap keputusan saat perawatan.

Adanya sikap selalu mempertimbangkan tiap detail yang ada baik sadar atau tidak, hal ini akan memberikan hasil terbaik atas kesembuhan sang pasien. Maka dari itu, sebagai seorang dokter harus benar-benar menjaga sikap ini.

5. Cepat Tanggap

Salah satu tuntutan sebagai tenaga medis khususnya dokter harus bisa menjadi pribadi yang cepat tanggap alias cekatan. Pada dasarnya, ini untuk mengantisipasi adanya kejadian tak terduga, baik pasien kritis, drop, despresi dan sejenisnya.

Bayangkan saja, apa yang terjadi pada pasien jika seorang dokter tidak memiliki sikap cekatan. Ada seseorang sedang kritis, namun tenaga medis justru masih kebingungan harus menyiapkan ini itu dengan ritme lambat, tentu akan berdampak buruk bagi pasiennya.

6. Mental Pemberani dan Kuat

Menjadi tenaga medis apalagi dokter bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Sebab, setiap detail langkahnya akan mempertaruhkan nyawa manusia. Bahkan tak jarang akan dihadapkan dengan berbagai hal tak terduga.

Maka dari itu, modal paling dasar yang harus dimiliki oleh seorang dokter adalah mental kuat dan pemberani. Apalagi jika tengah menghadapi berbagai penyakit pada pasien, darah, luka parah, membedah, operasi dan sebagainya.

7. Kemampuan Analisan yang Baik

Dalam dunia kedokteran setiap detail temuan baru, ilmu pengetahuan bahkan penyakit yang pertama muncul sekalipun akan menjadi hal luar biasa bagi mereka. Dalam bidang ini akan terus berkembang seiring dengan usia zaman.

Apalagi setiap hari dihadapkan dengan banyak pasien dengan kondisi tubuh, penyakit, keluhan, alergi dan lain-lain yang berbeda. Bahkan meskipun penyakit sama tetapi bisa jadi ada perbedaan. Oleh karena itu, sebagai seorang dokter harus bisa menganalisa dengan sangat baik.

8. Pribadi Terbuka dan Menyenangkan

Menjadi seorang dokter sudah tentu sehari-harinya akan berinteraksi terus dengan banyak orang. Baik itu pasien, keluarganya, sesama pekerja atau lainnya. Untuk bisa menjalin hubungan baik maka diperlukan cara komunikasi yang tepat pula.

Salah satunya menjadi pribadi terbuka dan menyenangkan ketika diajak berbicara. Terlebih kepada pasien karena mereka yang sakit pasti membutuhkan setiap detail penjelasan dan solusi terbaik dari Anda.

Itulah sedikit informasi tentang ciri khas yang melekat pada tenaga medis. Bisa jadi hal ini juga akan menjawab pertanyaan Anda untuk berkarir di sana mengenai ‘apakah Saya cocok jadi dokter?’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *