Apa Itu Prokrastinasi dan Bagaimana Mengatasinya?

Diposting pada

Apa Itu Prokrastinasi dan Bagaimana Mengatasinya

Dalam kehidupan ini memang selalu ada saja hal yang mempengaruhi hati. Terkadang seseorang merasa bersemangat dan terkadang juga merasa sangat malas. Perasaan ini sangat wajar terjadi. Salah satu hal yang sering dilakukan oleh seseorang akibat dari hal-hal yang mempengaruhi pikiran adalah prokrastinasi. Apa itu prokrastinasi dan bagaimana mengatasinya?

Mungkin Anda baru mendengar istilah prokrastinasi sekarang. Akan tetapi banyak orang sebenarnya sudah mengalami apa itu prokrastinasi. Perlu untuk anda ketahui apa itu prokrastinasi dan bagaimana mengatasinya?

Pengertian Prokrastinasi

Prokrastinasi merupakan suatu keadaan dimana seseorang merasa malas untuk melakukan suatu pekerjaan dan menundanya hingga menjelang deadline. Hal seperti ini sering terjadi pada banyak orang dan bahkan Anda juga pernah mengalaminya.

Prokrastinasi sebenarnya sesuatu yang wajar akan tetapi apabila hal ini berlangsung secara terus-menerus tentu akan menyebabkan masalah baru. Ketika Anda sering menunda pekerjaan maka pekerjaan akan semakin lama diselesaikan. Orang-orang yang mengalami hal ini biasanya cenderung membutuhkan tekanan atau motivasi agar bisa mulai untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan yang mereka miliki.

Hal-Hal yang Menyebabkan Prokrastinasi

Biasanya mereka yang sering mengalami prokrastinasi adalah para karyawan atau bahkan mahasiswa. Pekerjaan akan dapat diselesaikan apabila mereka sudah mengetahui bahwa batas waktu itu sudah hampir habis. Selama waktu untuk mengerjakan tugas masih panjang mereka akan lebih suka untuk bersantai atau melakukan hal lainnya yang dianggap lebih penting.

Pada akhirnya pekerjaan menjadi sangat berat karena harus dilakukan dalam waktu yang singkat. Bahkan ada juga yang sengaja untuk mengerjakan pada waktu terakhir sehingga pekerjaan melebihi batas waktu yang diberikan.

Anda tentu sudah mengetahui tentang apa itu prokrastinasi sekarang. Selanjutnya Anda juga harus mengetahui tentang apa saja yang menyebabkan prokrastinasi terjadi pada seseorang.

Mood yang Kurang Baik

Ketika suasana hati Anda sedang tidak baik tentu untuk melakukan kegiatan termasuk pekerjaan akan terasa sangat malas. Ada banyak hal yang bisa membuat mood Anda rusak misalnya saja karena ada masalah di kantor atau bahkan bertemu dengan orang yang tidak Anda sukai.

Perlu untuk Anda sadari bahwa masalah dalam hidup ini tidak akan pernah berhenti. Hal yang terpenting adalah Anda mampu mengelola suasana hati agar tetap bisa melakukan pekerjaan yang menjadi kewajiban Anda. Apabila Anda tidak bisa mengelola hati tentu akan sulit untuk bisa kembali bersemangat dalam menjalani aktivitas.

Senang Mengerjakan Tugas yang Mudah

Manusia memang kebanyakan lebih suka untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih mudah dahulu dibandingkan yang sulit. Apabila Anda cenderung sedang mengerjakan tugas yang mudah terlebih dahulu maka akan merasa berat untuk mengerjakan tugas yang sulit.

Cara yang tepat agar Anda terhindar dari prokrastinasi adalah dengan mendahulukan sesuatu yang sulit agar nantinya apabila Anda sudah selesai akan merasa ringan karena tinggal pekerjaan yang mudah-mudah saja.

Tidak Memiliki Semangat Atau Motivasi

Memang penting bagi seseorang untuk mengetahui apa itu prokrastinasi dan bagaimana mengatasinya. Hal ini karena banyak sekali orang yang kebingungan dengan kebiasaan mereka melakukan prokrastinasi.

Seseorang akan cenderung melakukan prokrastinasi apabila tidak memiliki semangat atau motivasi dalam mengerjakan tugas tersebut. Salah satu contohnya adalah ada pekerjaan yang banyak akan tetapi berpikir bahwa gaji yang didapatkan tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan.

Seorang juga bisa mengalami tidak semangat dalam bekerja karena banyak hal misalnya saja karena memiliki lingkungan yang kurang baik, mengalami banyak masalah, terlalu lelah dan lain sebagainya.

Menganggap Tugas Pekerjaan Tidak Terlalu Penting

Pola pikir seseorang memang berbeda-beda. Ada seseorang yang selalu berpikir positif dalam banyak hal akan tetapi ada juga orang yang cenderung berpikiran negatif termasuk saat mengerjakan tugas.

Apabila sejak awal seseorang merasa jika tugas atau pekerjaan yang mereka miliki tidak terlalu penting maka akan lebih senang untuk melakukan prokrastinasi. Jika Anda termasuk orang yang sedang melakukan prokrastinasi cobalah untuk berpikir ulang dan melihat segala sesuatu secara positif.

Setiap pekerjaan apapun apabila dilakukan secara serius maka hasilnya juga akan sangat baik di masa yang akan datang. Tidak ada hal positif yang apabila dilakukan akan membawa Anda kepada keterpurukan.

Menganggap Pekerjaan Tidak Sesuai Minat

Apabila seseorang sudah menganggap jika pekerjaan yang dimiliki tidak sesuai dengan kemampuan dan minat mereka tentu akan cenderung melakukan prokrastinasi

Penting sekali bagi seseorang untuk memahami pekerjaan yang dilakukan serta mensyukuri pekerjaan yang dimiliki. Tanpa adanya pola pikir positif seperti ini, prokrastinasi akan terus berlanjut.

Bagaimana Cara Mengatasi Prokrastinasi?

Penting bagi anda untuk mengetahui tentang apa itu prokrastinasi dan bagaimana mengatasinya. Prokrastinasi memang bukan sesuatu yang menjadi masalah besar. Akan tetapi tetap saja akan memberi dampak yang buruk bagi kehidupan Anda dan pekerjaan. Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi prokrastinasi.

Mencari Motivasi

Apabila Anda mulai merasa malas untuk melakukan tugas sebaiknya cobalah untuk mencari motivasi yang bisa mengembalikan semangat. Bagaimana cara memotivasi diri untuk rajin berkerja. Ada banyak cara yang bisa dilakukan misalnya saja dengan melihat kepada keluarga serta orang-orang yang terus berada di samping Anda.

Memulai dari yang Tersulit

Penting sekali bagi seorang yang sering melakukan prokrastinasi untuk mengubah pola berpikir dan cara bekerja. Jika awalnya senang untuk mendahulukan hal-hal yang mudah, mulai sekarang Anda sebaiknya memulai pekerjaan dari yang paling sulit.

Harus Berani Memulai

Apabila Anda tidak pernah memulainya maka pekerjaan tidak akan pernah selesai. Kunci dari menghindari prokrastinasi dan mengatasinya adalah dengan berani memulai dengan langkah kecil.

Fokus dan Cari Ketenangan

Penyebab dari seseorang melakukan prokrastinasi adalah karena memiliki lingkungan yang kurang baik serta kesulitan untuk fokus. Saat akan mulai mengerjakan pekerjaan atau tugas cobalah untuk mematikan handphone dan fokus dengan pekerjaan Anda.

Bersyukur dengan Tugas dan Pekerjaan

Terkadang Anda merasa malas untuk bekerja atau menyelesaikan tugas karena merasa malas. Cara mengatasi rasa malas yang wajib Anda ketahui di situs https://jendelo.com/. Padahal di luar sana ada banyak orang yang ingin berada di posisi Anda saat ini. Selalu lihat kepada yang berada dibawah Anda agar semakin bersemangat dan mensyukuri pekerjaan.

Cari Lingkungan Positif

Penting sekali untuk memiliki lingkungan positif agar Anda juga memiliki semangat untuk bekerja. Apabila Anda berada pada lingkungan orang-orang yang malas dan cenderung kurang memiliki visi yang jelas dalam hidup maka hal ini juga akan berpengaruh terhadap pekerjaan dan hidup Anda.

Sadari akan Tujuan Anda

Perlu untuk disadari bahwa pekerjaan yang anda miliki dahulu adalah sesuatu yang Anda impikan. Renungi dan pikirkan kembali apa tujuan Anda agar kembali bersemangat untuk menyelesaikan tugas dengan cepat.

Setelah Anda mengetahui tentang apa itu prokrastinasi dan bagaimana mengatasinya maka selanjutnya tinggal mempraktekkannya. Prokrastinasi adalah sesuatu yang wajar terjadi akan tetapi jika dilakukan secara terus-menerus dan bahkan semakin buruk sebaiknya segera di atasi.

Demikian informasi tentang apa itu prokrastinasi dan bagaimana mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *