Apa Itu Kepribadian Introvert? Kenali Ciri-cirinya

Diposting pada

Apa Itu Kepribadian Introvert

Manusia diciptakan dengan sifat yang beragam oleh Tuhan. Ada manusia yang memiliki kepribadian baik dan ramah ada juga yang sebaliknya. Salah satu kepribadian yang banyak dimiliki oleh masyarakat di dunia yaitu itu introvert. Anda mungkin sudah pernah mendengar mengenai istilah ini. Disini kita akan membahas apa itu kepribadian introvert yang seringkali menjadi sebutan bagi seseorang yang memiliki sifat tertentu.

Kepribadian introvert merupakan lawan kata dari kepribadian ekstrovert. Manusia memang secara umum bisa dikategorikan dalam dua kepribadian ini. Apa itu kepribadian introvert sebenarnya sangat mudah didefinisikan secara nalar yaitu bentuk kepribadian seseorang yang cenderung tertutup atau bahkan ada yang menyebutnya juga pemalu.

Berbeda dengan kepribadian ekstrovert yang senang untuk tampil didepan umum dan memiliki keterbukaan terhadap orang lain, introvert cenderung senang menyendiri dan terkadang tidak mudah bergaul dengan orang baru.

Kebanyakan orang menganggap jika sifat introvert merupakan sifat yang negatif dibandingkan dengan ekstrovert. Akan tetapi sebenarnya sifat atau kepribadian introvert bukanlah sesuatu yang negatif asalkan bisa dikendalikan dengan baik oleh pemilik sifat tersebut.

Ciri-Ciri Introvert

Di dunia ini ada banyak orang yang memiliki sifat introvert atau tertutup. Sebenarnya sangat mudah untuk bisa mengidentifikasi apakah seseorang termasuk berkepribadian introvert atau ekstrovert.

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert biasanya lebih senang menyendiri berlama-lama dibandingkan berbaur dengan orang banyak. Mereka tidak suka terlalu dilihat oleh banyak orang. Orang-orang dengan kepribadian ini juga cenderung akan mudah kehabisan energi apabila berlama-lama di tempat umum atau di tengah keramaian. Untuk mengembalikan energi pada jiwa mereka, orang introvert membutuhkan waktu untuk menyendiri di kamar atau di ruangan sambil melakukan kegiatan yang mereka sukai.

Kebanyakan orang-orang introvert lebih suka untuk membaca buku di kamar atau bahkan bermain handphone. Mereka juga memiliki teman akan tetapi tidak terlalu banyak. Teman-teman yang mereka miliki mungkin hanya beberapa akan tetapi sangat akrab atau bisa menjadi teman sejati.

Meskipun orang dengan kepribadian introvert memiliki sifat yang tertutup, bukan berarti mereka tidak bisa tampil di depan umum. Kadang orang introvert banyak juga yang mampu berpidato di depan umum atau bahkan menjadi public figur. Hanya saja mereka bukan orang yang banyak berbicara, atau lebih suka berbicara seperlunya.

Kepribadian introvert bukan berarti mereka tidak bisa bersosialisasi dengan masyarakat. Mereka hanya tidak suka basa-basi atau terlalu ramah dengan orang yang baru dikenal. Bagi orang introvert, memiliki satu atau dua teman sejati sudah cukup. Dihadapan orang-orang yang sudah sangat dekat mereka juga bisa menjadi pribadi yang sangat cerewet.

Ada Banyak Jenis Introvert

Apa itu kepribadian introvert memang penting untuk dibahas. Kepribadian ini sebenarnya masih bisa dibagi menjadi beberapa jenis. Ada introvert pemalu, introvert cemas, introvert pemikir, dan lain sebagainya. Jadi orang-orang yang memiliki kepribadian introvert tidak semuanya memiliki sifat yang sama persis.

Misalnya saja seseorang merupakan introvert yang pemalu, orang-orang seperti ini memang memiliki sifat yang tertutup serta dikombinasikan dengan sifat pemalu. Mereka mudah gugup apabila bertemu dengan orang baru atau bahkan merasa kesulitan untuk bisa bergaul dengan banyak orang.

Ada juga orang-orang yang memiliki sifat introvert pemikir. Kepribadian ini cukup positif karena meskipun mereka tertutup akan tetapi mereka juga senang berfikir tentang banyak hal. Ada banyak contoh tokoh-tokoh dunia yang memiliki kesuksesan besar dalam hidupnya dan ternyata mereka memiliki sifat introvert. Beberapa contoh pemilik kepribadian introvert yang sangat terkenal di dunia adalah Bill gates, JK Rowling, Mahatir Muhammad dan masih banyak lagi yang lainnya.

Memiliki sifat introvert bukan berarti tidak bisa menjadi orang-orang yang memiliki pengaruh besar. Banyak mereka yang sukses menjadi orang yang berpengaruh meskipun memiliki kepribadian introvert. Jika Anda memiliki kepribadian Tersebut sebaiknya jangan lantas membenci diri sendiri. Akan tetapi maksimalkan apa yang menjadi kelebihan dan tetap cintai apa yang menjadi kekurangan.

Apa itu kepribadian introvert cemas? Orang yang memiliki kepribadian introvert cemas biasanya mudah sekali gugup dan seringkali mengalami kecemasan. Orang yang memiliki sifat ini memang sebaiknya melatih diri untuk mengurangi perasaan cemas yang berlebihan.

Merubah kepribadian memang bukan hal yang mudah bahkan kepribadian seperti ini sangat sulit untuk diubah. Meskipun demikian apabila kepribadian yang buruk terus dibiarkan tanpa ada usaha untuk memperbaikinya tentu hal ini bisa menyengsarakan diri sendiri. Bagi Anda yang memiliki kecenderungan mudah cemas sebaiknya menghubungi psikolog atau berusaha mensugesti diri setiap hari agar ada progress menjadi pribadi yang lebih tenang.

Masih ada banyak jenis introvert lainnya yang dimiliki oleh seseorang. Tidak semua introvert memiliki kepribadian sama dengan kadar rasa malu atau tertutup yang tinggi. Selain introvert, kami juga mengulas cara mengatasi rasa malas berkerja.

Banyak Introvert yang Sukses

Memiliki kepribadian introvert atau tertutup sebaiknya jangan lantas berkecil hati. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa bahagia dan mencapai kesuksesan. Sudah ada banyak sekali orang introvert yang bisa sukses meraih cita-cita. Hal yang terpenting agar tetap bisa bahagia adalah syukuri apa yang telah Tuhan anugerahkan.

Sifat introvert apabila dilihat dari sudut pandang yang positif juga memiliki banyak sekali kelebihan. Setiap orang yang sudah diberi kelebihan masing-masing. Maksimalkan kemampuan diri dengan terus belajar dan meng-upgrade kemampuan.

Introvert bisa menjadi orang yang hebat apabila mampu mengelola pikiran dan perasaan. Jangan hanya karena mendengar perkataan orang, Anda lalu menganggap jika kepribadian yang Anda miliki sudah menghalangi semua hal. Memiliki pikiran yang selalu positif memberikan kekuatan sehingga meskipun berkepribadian tertutup tetap bisa membuktikan kemampuan yang dimiliki.

Introvert Parah Bisa menjadi Gangguan Psikologi

Jika memiliki kepribadian introvert yang sangat parah misalnya saja seperti tidak berani untuk keluar rumah atau sangat sulit untuk mendapatkan teman maka sebaiknya memeriksakan diri ke psikologis. Ciri dari gangguan psikologi adalah ketika sudah tidak bisa merasakan lingkungan serta tidak mampu mengubah ekspresi wajah.

Orang yang memiliki kepribadian sangat tertutup hingga tidak memiliki kemampuan untuk bersosialisasi bukan disebut dengan introvert. Ada istilah lain yang digunakan untuk menyebutkan orang yang memiliki kepribadian seperti ini.

Kelebihan Sifat Introvert

Perlu untuk Anda sadari bahwa seseorang dengan kepribadian Tersebut bukanlah orang-orang yang memiliki sifat negatif. Tuhan telah menganugerahkan kepada masing-masing individu kepribadian yang berbeda-beda. Ada orang yang memiliki sifat tertutup dan ada orang yang memiliki sifat sangat terbuka.

Orang dengan kepribadian introvert memiliki banyak kelebihan antara lain seperti memiliki sifat yang jujur, tidak terlalu banyak tingkah, romantis, tidak senang menyakiti orang lain, dan lain sebagainya. Anda yang memiliki kepribadian introvert hanya perlu untuk mensyukuri dan mencintai apa yang ada pada diri Anda.

Itulah informasi tentang apa itu kepribadian introvert yang dapat disampaikan. Selain introvert ada juga ekstrovert, apa itu kepribadian ekstrovert, simak pada situs https://jendelo.com/.  Semoga menambah wawasan dan menjadikan para introvert semakin mencintai diri sendiri dan semakin dicintai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *