Apa Itu Kepribadian Ekstrovert?

Diposting pada

Apa Itu Kepribadian Ekstrovert

Manusia yang ada di dunia ini memiliki kepribadian yang beragam. Dalam ilmu psikologi, terdapat kepribadian yang disebut dengan ekstrovert. Kepribadian ini termasuk kebalikan dari introvert. Anda perlu mengetahui tentang apa itu kepribadian ekstrovert. Dengan mengetahui pengertian ekstrovert, Anda bisa membedakan kepribadian seseorang serta lebih memahami sifat dari setiap individu.

Apa itu kepribadian ekstrovert sebenarnya sangat mudah untuk diketahui. Orang-orang yang memiliki kepribadian ini merupakan mereka yang senang dengan kehidupan di luar diri mereka. Artinya, orang-orang dengan kepribadian ekstrovert senang untuk bersosialisasi dan berhubungan dengan dunia luar.

Kepribadian ekstrovert merupakan kepribadian seseorang yang senang dengan dunia luar. Orang ekstrovert memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Kepribadian mereka sangat bertolak belakang dengan orang introvert. Apa itu kepribadian introvert, untuk lebih jelasnya kunjungi situs Jendelo.com. Orang introvert lebih suka menyendiri dan tidak terlalu menyukai keramaian.

Ciri-ciri Kepribadian Ekstrovert

Memiliki kepribadian ekstrovert artinya memiliki kemampuan sosialisasi yang tinggi serta rasa percaya diri yang bagus. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri orang yang memiliki kepribadian ekstrovert:

Mudah Bersosialisasi

Ciri kepribadian ekstrovert yang pertama yaitu memiliki kemampuan bersosialisasi yang sangat bagus. Mereka mudah berkenalan dengan orang baru karena keramahannya. Mereka tidak canggung untuk menyapa terlebih dahulu orang yang ditemui meskipun belum pernah bertemu sebelumnya.

Kelebihan ini membuat orang berkepribadian extrovert tidak akan kehabisan teman atau kesepian ketika melakukan perjalanan sendiri. Misalnya saja seseorang ekstrovert sedang berada di dalam bus, mereka tidak canggung untuk menyapa orang yang berada disampingnya. Bahkan mereka juga memiliki rasa sosial yang baik sehingga senang untuk berbagi.

Pandai Berbicara

Ciri selanjutnya dari orang yang berkepribadian extrovert adalah memiliki kemampuan berbicara yang bagus. Kemampuan mereka dalam berbicara membuat orang orang ekstrovert sangat cocok dengan pekerjaan yang mengharuskan banyak bicara. Mereka bisa saja menjadi seorang presenter, MC, pembawa berita, penyiar radio, pengacara, sales atau yang lainnya.

Kemampuan bicara yang bagus sangat sejalan dengan rasa percaya diri yang tinggi. Tidak mudah bagi seseorang untuk bisa merangkai kata-kata kecuali mereka memiliki percaya diri yang bagus. Orang-orang ekstrovert senang mendapat perhatian dan mereka juga senang dipuji. Orang ekstrovert cenderung suka berbicara sehingga mereka bukan tipe pendengar yang baik.

Mampu Mencairkan Suasana

Orang dengan kepribadian ekstrovert memiliki kemampuan yang bagus terutama dalam hal mencairkan suasana. Ketika suasana sedang sepi karena tidak ada orang yang memulai pembicaraan, orang-orang ekstrovert selalu mempunyai cara untuk membuat suasana lebih hangat.

Mereka senang membicarakan hal-hal yang lucu atau bahkan hal-hal sepele yang akhirnya membuat orang lain tertarik untuk ikut serta. Orang-orang seperti ini mudah bergaul dengan siapa saja baik itu sesama ekstrovert atau bahkan dengan introvert. Keberadaan orang-orang ini dianggap sebagai ice breaker.

Senang dengan Kerja Berkelompok

Ciri ekstrovert berikutnya yaitu mereka senang bekerja kelompok. Orang dengan kepribadian ini senang dengan interaksi sosial dan kumpul bersama orang lain. Bagi mereka berada di dalam ruangan yang sepi sendirian adalah hal yang sangat menyebalkan. Mereka tidak betah berlama-lama sendirian sehingga selalu berusaha mencari cara agar bisa kembali ke dunia mereka yaitu bersama dengan teman-teman.

Ketika ada tugas atau pekerjaan, kepribadian ekstrovert senang untuk mengerjakan bersama-sama. Pekerjaan akan menjadi semakin mudah apabila mereka berkelompok dan melakukan diskusi. Hal ini sangat bertolak belakang dengan orang-orang berkepribadian introvert. Apabila introvert diajak melakukan pekerjaan berkelompok mereka akan lebih sulit berkonsentrasi dibandingkan mengerjakan sendiri.

Senang Berorganisasi

Dalam kehidupan bermasyarakat atau bahkan di lingkungan sekolah, orang berkepribadian ekstrovert juga sangat senang berorganisasi. Mereka sangat aktif menyampaikan pendapat atau bahkan bisa menduduki posisi yang bagus misalnya saja sebagai ketua. Pendapat mereka sangat dibutuhkan karena bisa menjadi bahan pertimbangan bagi orang-orang yang tidak terlalu senang berbicara.

Anda tentu bisa dengan mudah mengamati orang-orang extrovert di sekitar. Di lingkungan kampus orang-orang ekstrovert biasanya senang berorganisasi misalnya saja menjadi anggota bem, atau berbagai macam organisasi kampus lainnya. Sedangkan di lingkungan masyarakat kebanyakan orang ekstrovert menjadi ketua perhimpunan pemuda atau bahkan ditunjuk sebagai ketua kelompok organisasi masyarakat.

Tidak semua extroverts senang dan bisa memiliki posisi yang tinggi di tengah masyarakat atau organisasi. Akan tetapi memang mereka sangat aktif serta mudah bergaul dengan orang lain.

Memiliki Rasa Percaya Diri Tinggi

Mengetahui tentang apa itu kepribadian ekstrovert tidaklah sulit karena ciri khas mereka memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Rasa percaya diri yang dimiliki oleh orang-orang ekstrovert membuat mereka mudah mencapai keinginan atau impian.

Para ekstrovert sangat percaya diri untuk tampil di depan banyak orang. Bahkan meskipun mereka memiliki kemampuan yang minim, rasa percaya diri yang dimiliki membuat mereka terlihat profesional.

Rasa percaya diri yang dimiliki bisa menjadi kelebihan yang memberi manfaat akan tetapi ada juga yang justru membuat mereka tidak bisa mengontrol diri. Tingkat kepercayaan diri dari seorang ekstrovert tentu saja tidak selalu sama. Ada yang memiliki rasa percaya diri sangat tinggi namun ada juga yang sedang-sedang saja.

Terlihat Energik dan Ceria

Mengetahui tentang apa itu kepribadian ekstrovert memang cukup menarik karena mereka memiliki sifat-sifat yang unik, termasuk memiliki sifat yang selalu terlihat energik dan ceria.

Orang dengan kepribadian ini memang apabila sedang bahagia mereka akan sangat mudah menunjukkannya. Begitu juga ketika mereka sedang bersedih.Orang-orang ekstrovert lebih sering terlihat bahagia dan bersemangat. Akan tetapi orang lain tidak pernah tahu apakah mereka memiliki masalah atau tidak.

Sifat yang terlihat energik dan ceria memang membuat mereka banyak disukai oleh teman-teman serta tidak membosankan. Meskipun demikian orang-orang dengan kepribadian ini tetap memiliki kelemahan. Mereka juga pandai menyembunyikan sesuatu termasuk ketika mereka sedang berbohong.

Memiliki Kemampuan Memimpin yang Bagus

Orang dengan kepribadian ekstrovert banyak dipercaya oleh masyarakat sebagai seorang pemimpin. Kemampuan mereka berbicara yang bagus serta rasa percaya diri yang tinggi memang menjadi modal yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin. NamunĀ  tidak selalu orang ekstrovert yang menjadi pemimpin, di dunia ini banyak juga orang-orang dengan kepribadian introvert yang berhasil memimpin sebuah perusahaan atau bahkan negara.

Hanya saja cara kepemimpinan ekstrovert dan introvert akan terlihat sangat jelas. Orang ekstrovert cenderung memimpin dengan ketegasan serta tidak terlalu banyak basa-basi karena mereka cenderung berpikir pendek. Hal ini bisa saja menjadi sesuatu yang positif namun terkadang juga bisa menjadi sesuatu yang negatif.

Sekarang anda tidak perlu merasa bingung lagi mengenai apa itu kepribadian ekstrovert. Informasi mengenai apa itu kepribadian ekstrovert serta ciri-cirinya akanĀ  membantu anda untuk mengenali kepribadian seseorang dengan lebih mudah.

Demikian informasi tentang apa itu kepribadian ekstrovert. Ada banyak lagi informasi seputar kepribadian, seperti cara menghadapi orang sombong. Semoga menambah wawasan Anda dan bisa membantu untuk mengenali orang lain atau bahkan dari Anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *